Geopark Gua Agung Garunggang Sentul

 

cver

Di Sentul banyak sekali tempat wisata yang menarik. Tempat wisata modern ; jungleland, ah poong, taman budaya, sentul paradise dll. Wisata alamnya juga banyak ; pemandian air panas gunung pancar, air terjun … banyak banget – curug leuwi opat, curug kencana, dll. Tapi kalau geopark … hanya ada satu … geopark gua Agung Garunggang. Geopark yang jaraknya relatif dekat dari Jakarta. Tempat unik ini harus saya kunjungi … wajib …

Jam 5.57 tong … saya keluar dari rumah menuju tikum di daerah Cikeas, janjian ketemu disana jam 7. Debu2 pagi musim kemarau menemani perjalanan. Tiba jam 6.58 di tikum Alfa Midi Cikeas. Om Mukti dari gowesforhealth sudah nongkrong aja disana … Ini adalah gowes pertama kalinya bareng om mukti. Chit Chat dulu .. ngobrolin prediksi harga saham di NYSE dan ekonomi global … ergghh ketahuan banget boong-nya. Pokoknya tanpa pakai lama kita meluncur gowes. Melewati pabrik semen Cibinong dan sampailah di Citereup. Berhenti sebentar di pasar sambil beli kacamata, karena om mukti lupa bawa kacamata. Kacamata itu penting buat sesepedaan … menambah gaya, menambah pede ketika menanjak, menambah kegantengan … pokoknya banyak deh.

Slide2

beli kacamata biar gaya waktu gowes di pasar citereup

Musyawarah sebentar dulu … apakah mau lewat perumahan Bellanova sentul yang terus menanjak halus atau kearah jalan Tajur Citereup yang rolling naik turun. Menurut GPS lebih dekat lewat Tajur Citereup. Ya sudah diputuskan lewat sana. Melewati Pasir Mukti dan terus naik .. eh kadang menurun dan menanjak lagi lebih tinggi .. Om mukti menunjukkan keperkasaan dengkulnya … padahal sepedanya berat bangettt … tidak tahu apa saja yang dibawanya ….. ngos-ngosan saya mengikuti beliau … bikin lapar jadinya.

Pitstop makan dulu di desa Tajur ..ngobrol2 sama orang yang juga sedang makan disana … bapak ini mengklaim dirinya adalah turunan keluarga kerajaan Padjajaran …. tercatat di buku tebal … buku rahasia … yah sayang … rahasia ya … padahal saya ingin sekali baca …. siapa tahu nama saya juga ada disana.

Slide3

perjalanan di jalan raya Tajur Citereup

Untung kita makan dulu .. karena selepas pitstop ini tanjakan lebih berat …. dan sampailah kita di pertigaan … lurus menuju Jonggol dan belok kanan ke jalanan tanah menanjak menuju gua garunggang.

Slide4

percabangan .. belok kanan menuju geopark garunggang

Dititik inilah dimulai “kebahagiaan” … menanjak curam ke atas …. bisa dilalui sukses dengan termehek mehek. Sampai di puncak bukit … kita memandang hamparan perbukitan sentul yang luas … dan gersang sekali … gundul plontos .. hampir tidak ada pepohonan …. jam 10 kurang .. panas menyengat terasa benerrrr … dan terlihat sepi sekali, seluas mata memandang tidak ada perkampungan.

Slide5

di puncak bukit pertama … memandang bukit2 dan lembah2 yang harus dilalui

Dari puncak bukit terlihat jelas … jalanan tanah yang meliuk liuk yang harus dilalui … jalanan dilembah dan bukit2 lain yang harus didaki. Yang membuat heran …. didaerah perbukitan Tajur Sentul ini … terlihat banyak sekali cabang2 jalan tanah yang dibuka … buat apa ya?? Disebelah bukit lainnya bahkan … lagi dibuat jalan yang besar … kemungkinan itu untuk semacam perumahan atau resort. Kalau sekarang beli .. murah kali yauww … 🙂

Slide6

diantara lembah dan tanjakan yang harus dilalui

Dari puncak ini .. menuruni lembah kecil dan naik lagi …. turun lagi lembah dan naik lagi … dari sini menurun curam panjang ke dasar lembah …. asyikkkk .. sampailah di jembatan …. ini adalah dasar lembahnya …. artinya …. kita akan menanjak gila gila-an … jalan berpasir gembur ini sulit sekali digowes … akhirnya tun tun bike (ttb) … mendorong2 sepeda mendaki bukit terjal… sesuatu bangett … pasir gemburnya membuat ban terbenam kedalam pasir .. sulit untuk didorong … membutuhkan tenaga ekstra dan ditambah sengatan sinar matahari yang aduhaiii … peluh deras mengucur … napas ngos-ngos-an dan tenaga terkuras habis bis … #DaripadaTerkurasDompet …
Om mukti benar benar frustasi … wk wk wk … tersiksa mendorong sepedanya yang berat.

Slide7

melalui tanjakan yang paling curam

Slide8

tanjakan pasir yang gembur .. sulit di gowes dan di dorong

Slide9

menemukan pohon rindang yang dapat dipakai berteduh adalah suatu kenikmatan

Slide10

tanjakan terjal terakhir sebelum titik parkir mobil

Dengan segenap perjuangan dan doa … sampailah di titik parkir mobil pick up. Waktu mendorong-dorong sepeda .. ketemu dengan mobil pick up yang berisi para pecinta alam. Dari sini berubah menjadi jalan setapak … menuruni satu lembah … naik lagi dan menurun terus kebawah …. sampailah jua di Gua Garunggang. Jam 11-an dengan jarak 52 km.

Slide11

jalanan berubah menjadi single track yang menurun

Gua Agung Garunggang, kawasan ini kurang lebih seluas 6.000 sd 7.000 m2 dan merupakan kawasan geopark atau warisan geologi yang sangat unik. Kalau dilihat dari alur2 yang ada di batu, seperti terkikis oleh aliran air .. Menurut guide yang ada disini .. tempat ini diketemukan sejak tahun 60-an dan mulai di dibersihkan dari semak2 tahun 2013. Menurut dia sih … ini adalah peninggalan kerajaan .. Disini ada 4 gua yang bisa ditelusuri. Guide ini menarik bayaran Rp.12.500/orang katanya sebagai tiket masuk. Kalau mau di anter masuk gua-nya kena lagi tambahan Rp. 12.500/orang.

Slide15

struktur batu yang sangat unik unik .. berlapis lapis

Slide17

hamparan bebatuan yang seperti terkikis air

Untuk menuju kesini selain melalui jalan raya Tajur Citereup, bisa juga dicapai melalui arah Jungle Land Sentul … untuk yang hiking .. lebih baik dari arah perumahan sentul, setelah melewati jungle land dilanjutkan mengarah keatas dan di pertigaan ke kanan gunung pancar ambil arah kiri. Siap2 melihat papan petunjuk yang mengarah ke gua garunggang. Parkir mobil di daerah sini.

Tumpukan batu2 alam ini sangat unik dan keren … bentuknya aneh2 dan bertumpuk tumpuk tidak seperti batu2 biasa. Dipikir pikir … aneh juga ya … bagaimana prosesnya sehingga batu2-an ini bentuknya jadi seperti ini … hayo coba pikirkan …
Para pecinta alam sedang briefing dan bersiap siap untuk menjelajah gua. Sedangkan om mukti mulai melakukan ritual keren …. memasak air untuk membuat kopi dan memasang hammock.

Slide14

disalah satu celah .. perhatikan alur2 di batu seperti terkikis aliran air

Slide16

salah satu gua yang paling sering dikunjungi … karena bagian dalamnya cukup luas untuk orang berdiri

Slide18
Slide13Slide12

Ahhh …. Enak bangettt … ngopi di alam bebas seperti ini … lalu dilanjutkan tiduran di hammock …. indahnyaaaa ….
Setelah berkeliling mengagumi keindahan bebatuan ini … kita bersiap siap untuk berangkat pulang. Jam 2 kurang kita cabut. Berdasarkan nasehat si guide, lebih baik ambil arah ke puncak 2 (istilahnya begitu) jalannya lebih banyak menurun dan nanti muncul di daerah Sentul sirkuit. Oke … oke ….kita ikutin nasehatnya.

Slide19

perjalanan pulang dari Gua Garunggang menuju titik parkiran mobil

Memang perjalanan menuju puncak dua ini .. banyak jalanan menurun, meskipun ada tanjakan2-nya tidak parah2 banget … permasalahannya …. jam 2-an siang ini … panas menyengat ….air yang telah diisi sekedarnya di warung di gua. Langsung cepat habis ….. gaswatt …. area perbukitan ini tidak ada warung …. bener2 dipanggang … tenaga nge-drop …. serasa dehidrasi … dalam keputus-asaan … kita menemukan kelompok pemburu babi hutan … yang sedang parkir … banyak sekali mobilnya, sampai puluhan mobil … anjingnya juga banyak …. Diarea sisi jalan di bukit seberang … masih ada hutan lebat .. sepertinya hutan lindung, disana masih banyak babi hutannya.
Suasana ramai begini menarik seorang pedagang dari desa datang … ada bapak2 bawa kardus pakai motor menjajakan air. Allhamdulillah … langsung saja kita sikattt.

Slide20

pulang melalui jalan lain yang mengarah ke sentul sirkuit

Slide21

setelah aspal ini .. di depan ada aspal hotmix mulus sekali

Menyusuri jalanan tanah2 ini … akhirnya sampai dijalan aspal yang mengelupas … sepeda bisa lebih kencang …. dan jalanan berubah menjadi aspal hotmix mulus … horeeee … hebat .. didaerah sepi begini ada jalanan mulus begini. Tapi tidak lama .. jalanan berubah …. bolong2 … dan tak lama kemudian tiba disisi lapangan golf sentul … dan sampailah di sisi sentul sikuit …

Slide22

nongkrong di pinggir sirkuit sentul … pingin ikutan balapan

gn3

sepeda om mukti .. banyak tempelan stiker komunitas federal

Sampai di jalan raya sentul sirkuit .. lega bener … jam 4-an lebih … loading karbohidrat di warung padang, makan siang disore hari … dan gowes kembali dengan semangat … ditemani debu2 sore yang lebih ganas karena banyaknya kendaraan bermotor. Di Cikeas, kita berpisah … om mukti ke arah Bekasi dan saya kearah Jakarta timur.
Sampai dirumah jam 6.40 … Allhamdulillah dengan total 114 km.


Lokasi ; Goa Agung Garunggang , Karang Tengah 2, Babakan Madang, Sentul Bogor.

Koordinat Google Maps  -6.571959, 106.936335

Minggu 18 Oktober 2015

Iklan

50 thoughts on “Geopark Gua Agung Garunggang Sentul

  1. weh! jam 6.40 baru sampai rumah! nyepeda ekstrim ini namanya 😀

    Trek ke Gua Garunggang-nya cakep Kang. Bukit-bukit ada padang rumputnya gitu. Kayaknya, di musim hujan pun ya bakal susah juga deh Kang lewat jalan tanah situ. Pas kemarau jadi pasir berdebu. Klo musim hujan jadinya berlumpur, hehehe.

    Wah, yang namanya kawasan Sentul. Tempat-tempat wisatanya pada ditarikin duit. Tapi klo dah bayar mahal terus nggak ada sampahnya ya nggak apa-apa deh >.<

    • sekali kali gowes agak lamaan …. 🙂

      landscape perbukitan dan tanah kosongnya seperti di daerah Indonesia timur … kerenn
      kalau musim hujan … pasti ribet bangettt … mending naik mobil 4WD .. 😀

      jamannya sudah serba komersil … ramai sedikit ditarikin duit …
      tapi untungnya disini … bersih … bisa dikatakan relatif terjaga kebersihannya ..

  2. ih… merinding saya liat aktivitasnya, apalagi foto2nya gila banget
    kadang saya jadi mikir, kapan saya bisa kayak gini jalan2 naik sepeda
    wkwkwkwkkw

    eh ya mas, foto2nya kurang ditambahin caption, jadi pembaca (saya sih aslinya ha ha he) ga ngerti
    *sekadar usul

  3. Sempet-sempetnya beli kacamata ya? Hahahaha.

    Pemandangannya kalau lebih pagi, atau saat sore keren mungkin ya, walau rela berlumur debu hehehe.

    Joss tenan treknya ini.

  4. baaang itu ngegowes pake apaan sih??? pake kaki?? itu pantat dillapisin apa?? 😀
    ngebayanginnya aja udah capek bang..
    oh ya, satu lagi, saran yudi, ada baiknya jangan terlalu minum kopi sachet.. karena dia diambil dari sisa sisa kopi 😦

  5. Alamnya benar-benar adventure, cakep dah. Ini trek cakep buat uji ketahanan tubuh. Fotonya udah kayak prof aja, mantap.
    Saya pernah tinggal di daerah Babakan Madang gak tau gua cakep begini.

    • he he …. biasanya tahu tempat2 dari searching di google atau dari teman2 yang suka explore …
      yuk .. atuh kita jalan bareng …. naik sepeda ajalah … he he …. atau naik mobil atau motor juga bisa ding … 🙂

    • salam kenal om Greg …
      saya buat track-nya dari rumah di jaktim menuju gua garunggang, lewat citereup. Tapi waktu di daerah “gurun” tersebut kondisinya sangat berbeda antara track yang saya buat dengan kondisi track di lapangan. Jadi saya tanya2 orang yang ada di sana dan mencari jalan untuk ke titik tujuan. Sayangnya track yang dilalui sudah terhapus.
      Om greg bisa lihat titik tujuan di goggle maps. Kalau dari arah Sentul sekarang sudah ada papan petunjuknya untuk mengarah kesana.

      salam gowes

      • Sebenernya saya tertarik dengan track via “gurun”nya itu om sepertinya gak banyak aspal… 🙂
        Kalau track yang Om lalui untuk pulang ada gpsnya? sepertinya track tanahnya panjang juga…

      • di daerah gurun, tidak ada aspal .. tanah semua, kecuali ketika mendekat ke sirkuit sentul.
        sorry om Greg ,,, track di gps-nya waktu pulang sudah kehapus. Kalau waktu pulang hanya tinggal ikutin jalannya saja, jarang sekali percabangan. Anak2 sepeda biasanya sebut jalur anaconda.
        kalau waktu perginya dari jalur citeureup – jonggol, di daerah gurunnya banyak percabangan, kalau tidak di set target tujuan di GPS bakalan kesasar. Kalau musim hujan .. mendingan tidak lewat sini … bakalan ribet dan ber-kilo2 meter lagi 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s