Keindahan Curug Leuwi Hejo

coverhej

Artis artis saja sudah kesini…
Masak saya yang bukan artis tidak kesini. Tempat ini lagi nge-heitss, lagi kondang. Sudah selayaknya dan sewajarnya kalau saya juga datang kesini… Menikmati keindahan alam Curug Leuwi Hejo.
Minggu pagi saya sudah ada di parkiran ruko daerah perumahan Sentul Bogor.
Start gowes dari sini.. mengarah melewati pintu gerbang Jungle Land, terus menyusuri jalanan desa sampai percabangan kanan ke arah gunung pancar dan kiri ke Curug Leuwi Hejo.
Dari sini jalanan menanjak semakin terasa… diselingi turunan2 pendek dan menanjak kembali.

Slide1Sekarang sudah banyak plang yang dipasang di pinggir jalan menginformasikan tempat2 wisata di daerah sini ; curug leuwi Hejo, curug kembar, curug barong, curug kencana, pemandian air panas kawah merah dll.. di daerah sini banyak banget wisata curugnya (air terjun).

Slide3Hal lain yang berbeda… di beberapa spot.. suka ada anak kecil me-minta2 sumbangan… bahkan ada sekelompok pemuda desa yang mencegat pemotor dan pemobil “memalak” retribusi… gilee…sayang kalau terus dibiarkan seperti ini …

Jalanannya sebagian besar sih aspal lumayan tapi di beberapa tempat masih ada jalanan yang hancur… pakai mobil sedan sih masih bisa.. tapi mesti hati2 banget. Meskipun masih ada jalanan jelek… Pemandangan alam terutama lembah2-nya memberikan hiburan selama perjalanan.

Slide4

Slide5Setelah melalui beberapa tanjakan yang curam… terutama sehabis jembatan kayu… akhirnya tiba di belokan yang ada penunjuk “Leuwi Hejo”…. yeayyyyy
Masuk jalanan tanah yang berdebu tebal… karena disini adalah semacam area penambangan tanah. Kebayang kalau musim hujan.. pasti ribet jika masuk kesini.

Slide6Mobil2 sih parkir disini, berhubung masih pagi.. belum ramai mobil parkir. Sepeda bisa terus di gowes… lama2 jalanannya menjadi kecil. Jika diperhatikan.. ini adalah akses baru untuk menuju curug, dibuat mungkin oleh warga desa sini.
Sampai di gerbang loket mesti bayar Rp 12 ribu. Warung2 disini sudah semakin banyak… sampai disuatu titik sepeda tidak boleh lanjut.. karena jalanan tangga turun menyempit… kanan kiri warung2. Kelihatannya jadi berantakan dan kumuh… sayang ya… tidak diatur supaya rapih dan enak dilihat.

Slide13Sepeda dititipkan diwarung sekalian makan mie goreng … laperrr juga habis gowes nanjak2 begini. dari warung ini sudah terlihat dan terdengar arus sungainya. Ini adalah sungai Cileungsi, kata penjaga warung sih… setahun ini mulai ramai wisatawan kesini. Didekat sini ada 2 spot yang digembar gemborkan… Leuwi Hejo dan curug Barong. Lokasi curug barong ada di atasnya leuwi hejo. Orang daerah sana menyebutnya curug bengkok tapi sekarang lebih popular curug leuwi hejo.

Slide7Slide14Di area sini sudah dibuatkan toilet2, tempat penitipan barang dan tempat ganti baju, fasilitasnya sudah okelah… hanya sayang tidak ditata saja.
Ketika jalan mendekat leuwi hejo… ternyata ada lagi retribusi Rp 5.000 “kunaon ieu teh jang… ?” katanya karena ini desa berbeda…. eleuh2….
Sungai disini batunya gede2… dan airnya…. memang jernih… dan segeeerr
Untuk mencapai leuwi hejo… harus menyusuri batu2 disungai ini… hati2 saja melangkah…

Slide10Sampailah di Leuwi Hejo….. memang kerennn… batu2 sungai, kanan kiri tebing yang menjulang…. dan meskipun musim kemarau airnya lumayan deras. Ada kolam yang jernih dan cukup dalam… sehingga bisa lompat dari atas batu…. kalau berani. Posisi air terjun yang diapit tebing dan air kolam yang terlihat hijau karena terkena sinar matahari … makanya dinamakan Curug Leuwi Hejo.
Airnya dinginnn… brrrr… Kalau musim penghujan…. airnya pasti banyak dan derasss…

Setelah lihat2 leuwi hejo … penasaran ke curug barong… ternyata mesti hiking menanjak ke atas bukit… jalanan setapak… dan lumayan lebat…. tidak ada penunjuk jalan… sampailah lagi di sungai… dan ada seperti air terjun kecil…. tempatnya bisa dibilang sepi… tidak tahu apakah ini curug barong???

Slide11

Slide12

apakah ini curug barong ??

Saat pulang… di area leuwi hejo semakin banyak kelompok muda mudi berdatangan… dan hanya sedikit keluarga dengan anak kecil datang kesini…

Diparkiran juga sudah banyak sekali motor2… Gowes pulang… meskipun lebih banyak turunannya… tapi masih harus melewati beberapa tanjakan yang jelek dan curam…. padahal waktu berangkatnya koq tidak terasa curam ya… yaiyalah… kan waktu berangkat hepi dapet jalan menurun, kalau sekarang ditambah sengatan sinar matahari yang lebih panas … jadi terasa lebih cape.

Slide15

ini bukan apdetan status saya lho ..


Lokasi curug Leuwi Hejo ;
Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, kecamatan Babakan Madang, Sentul Bogor.
Koordinat Google Maps -6.592988, 106.954681

Minggu 4 Oktober 2015

Iklan

34 thoughts on “Keindahan Curug Leuwi Hejo

  1. Nitip mobil di ruko Sentul emang aman ya Kang? Udah beberapa kali juga liat foto curug Leuwi Hejo di Instagram. Semakin terkenal semakin males dateng ke sana, hahaha. 😄

    Eh, tapi di kawasan Sentul itu emang banyak “peminta-minta” di jalanan kampung. Kayaknya di sana udah diajarin buat minta-minta sedari kecil. Payah…

    • nitip mobil di ruko aman koq … pakai secure parking. Rata2 pesepeda yang bawa mobil parkir disini.
      memang kalau udah mainstream jadi bikin males .. tapi kata orang “lebih baik terlambat daripada tidak” .. he he

      banyak2nya yang minta2 ini .. apalagi masih anak2 kecil … bisa bikin rusak mental .. menyuburkan budaya mengemis … hikss sedihh

    • di sentul banyak tempat wisata alam untuk di eksplore …
      kalau ke leuwi hejo … mba evrina main ke atasnya lagi, sedikit hiking .. ada leuwi ce’pet dan leuwi lieuk …. sedikit terisolir, tapi amazing …

  2. Jawa Barat ini surganya Curug ya, cakep cakep lagi. Mulai yang aksesnya muda sampai yang nyempil dan harus menghadapi jalan terjal. Mandi paling seger, ya mandi di curug cuman kadang takut digigit lintah.

  3. Curug ini kayaknya makin kondang aja. Tapi secara umum, saya suka banget sm curug2 di Jabar, utamanya di TN Halimun Salak, banyak banget hehehe

  4. Makasih mas atas info blog ini,minggu kmrn 25 Okt’15 saya & teman kesana gowes mulai pertigaan stlh sentul city,tanjakannya ngehe..hehehe…trpksa dah ttb.Sampai Leuwi Hejo byr tiket msk 12rb,kita gowes sp bawah pas di tangga turun dkt air terjun sepeda kita tuntun krn curam.Just info kalo kesn mending pagi2 krn buanyaaak bgt yg dtg.Pulang kita gak lewat awal tp stlh jembatan bambu kita kekiri disitu ada single track buat penggemar xc seru dah.Sampai pertigaan kekanan bisa ke arah Citeureup,kalo kekiri balik lagi kearah awal pintu masuk.Ternyata gua Garunggang bisa sekaligus kita kunjungi pas turun dr leuwi hejo tanya penduduk setempat ada pos kamling kosong belok kanan. Demikian laporan nya..hehehe thanx mas.Salam gowes.

  5. Leuwi Hejo ini semacam weekend gateaway-nya anak2 Jakarta. Bahkan banyak yang bikin trip bareng ke sini. Kalau aku sih lebih pengen ke Ciletuh Sukabumi atau ke Jembatan Gantung di Gunung Salak gitu. Gak tau kenapa, tapi kayaknya kok pengen banget ya hahaha 🙂

    • wah cileteuh memang kerennnn …
      saya juga pengen bangetttt kesana, kayaknya mesti minimal 3 hari atau 4 hari biar puas sekalian explore disana … jalannya aja sudah lebih 10 jam-an untuk sampai kelokasinya ..

  6. haduhhhh, nyerah dah tanjakan ke Leuwi Hejo
    Hari minggu kmrn tgl 1 Nov’15 bareng temen2 dai Koskas Gowes ke Leuwi Hejo, saya berangkat dari Tikum PGC Cililitan jam 7, sampe tanjakan yg ada Pos dari kayu2 HUtan trs nanjak lagi keatas kira2 sampe jam 2, ane sama 2 org temen ga sanggup lanjut karena dah capek dan hujan deras juga. temen2 lain lanjut dan alhmadulilah bisa sampe atas sekitar jam 5 sore. besok2 kesana bawa MTB aja dehh ga bawa sepeda besi hehehe

    • ke daerah sini ada tanjakan2 yang ajib …. nanti pas pulangnya .. jika melalui jalan yang sama seperti perginya … akan ter-heran2 …. koq .. ada tanjakan parahhh begini … hahaha …. perginya hanya merasakan turunan curam aja … pulangnya plus cape …. akan lebih terasa “asyikkknya”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s