Main Lagi ke Curug terdekat dari Jakarta – Curug Citeureup Asri

Main ke curug dari Jakarta tidak perlu pergi jauh jauh, ke Citeureup aja. Tidak perlu berlama lama bermacet macet … apalagi kalau kesananya digowes .. πŸ™‚
Curug ini masuk kategori curug terdekat kedua dari Jakarta, yang pertama terdekat adalah curug Parigi di Bekasi … dan kedua .. ya inilah .. curug Citeureup Asri.

Di Citeureup memang ada curug, tidak ngetop sepertinya hanya orang2 lokal saja yang tahu keberadaan curug ini … pernah kesini tapi waktu itu masih musim hujan .. tidak bisa turun ke sungai karena airnya melimpah.

Jam 8.05 tiba di tikum minimarket daerah jalan Raya Gunung Putri, om Adi tepat baru saja mendarat .. chit chat sebentar dan berangkat lagi.

Melewati pabrik semen, pasar yang crowded sama angkot2 yang berhenti seenaknya, belok kiri mengarah ke Tajur Citeureup belok kiri lagi masuk jalanan kampung bulak belok bulak belok… “wah baru kali ini saya lewat jalan ini… ” Om Adi yang spesialis blusukannya di daerah Citeureup, Sukamakmur, Jonggol dan Sentul … ternyata masih ada area yang belum “terpetakan” sama dia.

Jalanannya kadang jelek kadang coran beton mulus .. diselang seling. Sebenarnya tidak terlalu jauh dari jalan raya .. +- 5 km-an.

Jalanan berubah menurun cukup curam kebawah … dan masuklah kita ke perumahan Citeureup Asri, sepeda diarahkan ke pinggir sungai.

perumahan tepat di sisi curug Citeureup

Baca lebih lanjut

Iklan

Berkelana ke 4 Batu Prasasti Bogor ; Prasasti Tapak Gajah, Prasasti Ciaruteun, Prasasti Batu Dakon dan Prasasti Pasir Muara

Bogor termasuk daerah yang sudah dihuni sejak zaman dahulu, sejak zaman prasejarah dan zaman kerajaan .. terbukti dengan banyak ditemukan bukti bukti peninggalan bersejarah, salah satu daerah yang terdapat beberapa benda bersejarah adalah Ciaruteun yang dialiri sungai bahkan disana ada beberapa sungai yang bertemu menjadi satu. Sungai besar yang bersatu adalah sungai Cianten dan sungai Ciaruteun. Disana ada 4 batu prasasti.

Destinasi menarik untuk dikunjungi, sekali kayuh 4 tempat terkunjungi … yeayyy.

Tapi jauh juga dari tempatku.. tercatat 73 km di cyclocomp ketika sampai kesana ..
ngga apa2 namanya juga berkelana asik.

Gowes melewati cawang, pasar kramat jati, lalu masuk ke daerah militer Cijantung.. nongol2 di Depok, melewati margonda … Stasiun KA Citayam yang crowded… sepeda saja harus berjuang selap selip.

Di daerah Citayam mulai berbelok potong kompas ke jalan jalan kampung yang kecil… kadang jalanan tanah, aspal hancur, ada juga aspal mulus.. potong kompas ini malah jadi lambat.. daerahnya masih asri … rumah2 jarang, banyak kebun2 … kapan lagi lewat sini .. enjoy aja.

potong jalan di daerah Citayam melalui jalanan kampung

Baca lebih lanjut

Perjalanan Melihat Bendungan Cipamingkis yang lain

Bendungan Cipamingkis yang lain… maksudnya …

Ini bukan bendungan yang tertukar, memang ada 2 bendungan Cipamingkis …. Siapa pula yang nukerin.
Bendungan Cipamingkis yang satu lagi, posisinya lebih ke hulu … pernah saya kunjungi. Sedangkan yang satu lagi, yang ini … belum pernah …. penasaran…

Berangkat gowes …. seperti biasa sudah agak siangan, jam 8 kurang … Kalimalang, Kemang Pratama, Narogong.. dan muncullah didaerah Mekarsari… jalanan tidak terlalu ramai dan jarang ketemu pesepeda … iyalah.. matahari sudah naik begini … kalau pagi2 pasti banyak.

Melewati Taman Buah Mekarsari … terus ke arah Jonggol… menikmati jalanan rolling naik turun.. dan lebih banyak nanjaknya. Kendaraan bermotor sudah cukup ramai … bahkan bis2 pun sudah lalu lalang mengarah kearah Cariu Jonggol .. kearah Cianjur.

jembatan Cipamingkis Jonggol

Sampaillah di Jembatan Cipamingkis yang membelah jalan utama menuju Cariu. Jembatan ini dulu pernah ambrol …. tergerus derasnya sungai Cipamingkis. Dari atas jembatan terlihat sisi2 sungainya tergerus dan ambrol… memang dasyhat aliran sungai ini pada musim hujan.

Lewat sedikit.. dari jembatan ini.. kemudian belok ke kanan masuk jalanan kampung yang berbatu batu… gowes pelan… menikmati ajrut ajrutan sepeda rigid.. untung destinasi hanya sekitar 1.5 km-an lagi. Baca lebih lanjut

Citeureup juga punya curug : Curug Citeureup Asri

Ini adalah Informasi non A1 .. ya mungkin levelnya A4 … #KertasKali … di Citeureup ada curug.
Untuk memastikan info tersebut maka harus di check ke lapangan.

Sebenarnya agak ragu juga untuk pergi kesana di musim hujan ini …
kalau musim hujan air curugnya bisa terlalu meluber… kalau lewat jalanan tanah… becek.. kotor.. malas kotor kotoran.. maklum cowok metropolis.. anak mall …

Tapi dari beberapa destinasi yang mau saya tuju… ini yang agak mendingan. Destinasi lain melewati jalanan tanah yang cukup panjang… Ya sudah saya berangkat ke Citeureup aja … jam 8 kurang baru berangkat.. haha.. jadi makin siang aja.

Kalimalang, Pondok Gede terus melewati Bukit Golf Cibubur dan muncul sudah di daerah Citeureup… dekat ya.. Melewati dulu pabrik Semen lalu pasar Citeureup yang macet dan belok kiri .. terus aja .. lalu belok kiri lagi … mulai masuk jalanan kampung… ikutin terus panduan GPS.. berbelok belok … lalu menurun curam ke jalanan berbatu batu besar …. daripada nyungsep .. ga bisa nge-mall .. sepeda di tuntun aja … dan.. harus melewati galengan sawah… waww.. really.. mikir dulu.. cape ga ya.. angkat2 sepeda … pakai tanya segala … sudah angkattt… jalan perlahan.. galengan tanah ini licin … khawatir tikosedat.. terpelanting red. Kalau sampai tikosedat saya namakan ini curug Tikosedat aja, untung hal itu tidak terjadi. Baca lebih lanjut

Ngebolang ke Kampung Kolecer dan Curug Leuwi Bolang

Plan A adalah ngebolang ke suatu leuwi dan curug yang letaknya berdekatan … dua2nya tidak terkenal. Ancer2 lokasinya saya dapat dari googling sana sini. Ternyata realita berbeda … pindah ke plan B.. apa Plan B .. kita pikir dulu.

Seperti biasa.. berangkat siangan.. hampir jam 7 .. mendung .. tidak masalah .. kan tidak selamanya mendung itu kelabu .. lewat kalimalang, pondok gede, cibubur dan nongol di pertigaan area Cibinong. Jam 8 lewat sedikit saya lihat om Adi lagi bengong menanti di pelataran minimarket.

Duduk2 dulu sambil buka perbekalan dan saya mengutarakan niat mau pergi kemana …#FormalBangetYa
Tempatnya belum pasti dan tidak jelas .. kenyataan bisa berbeda… ” Ok .. tidak masalah.. kita let’s go ” kata om Adi. Easy going dan sabaran… cocok untuk di ajak ngebolang yang ga jelas jelas.

Cuss aja kita melaju .. lewat pabrik semen dan setelah pasar Citereup berbelok ke arah Sukamakmur. Jalanan rolling naik turun tapi di dominasi tanjakan tanjakan.

Disatu titik kita berhenti … heyy.. ada spot selfie.. komplit dengan sarana selfie : sayap, hati, dll. Sepertinya warga sekitar membuat wisata kekinian… wisata selfie. Dengan background lembah dan bentangan tebing kapur gunung klapanunggal yang indah cocok untuk jadi wisata selfie.

Baca lebih lanjut

Leuwi terdekat dan curug Tertinggi di Sentul – Leuwi Asih, curug Handeleum dan curug Kalimata

Sentul memang daerah sejuta curug, banyak banget curug di Sentul. Ada 2 curug yang selama ini hanya dilewati saja ketika jalan jalan gowes kesana. Memang curug ini kalah popular dari Leuwi Hejo dan Curug Putri Kencana. Penasaran juga dengan curug dan leuwi ini .. leuwi Asih dan curug Kalimata. Daripada kepikiran kayak mikirin negara .. mending saya piknik aja kesana.

jam 6 pagi kurang titik sudah berangkat. Long weekend ikut keramaian orang pergi piknik ..

Sepanjang perjalanan relatif sepi .. tidak padat, bahkan pesepedapun tidak ketemu banyak dijalan. Pada kemana orang2 …

Mengarah ke Babakan Madang Sentul… jalanan tidak rame, menanjak terus ke atas dan sampailah di destinasi pertama.

perjalanan di daerah Babakan Madang Sentul

Baca lebih lanjut

Wisata kekinian di Depok – Kampung 3D Depok

Wowww .. 3D .. zaman now zaman 3D .. 2D sudah biasa. Kampung warna warni sudah banyak … dimana mana ada … tapi kalau kampung 3D masih sedikit. Salah satunya Kampung 3D di kota Depok.

Di era digitalisasi zaman now … banyak sekali terjadi perubahan. Perubahan terjadi dengan cepat.
Di kategori wisata aja sekarang ada wisata selfie … ga terbayangkan dulu ada wisata seperti ini. Tempat yang tidak memiliki keindahan alam, tidak memiliki nilai sejarah .. atau bisa dikatakan tempat yang β€œbiasa biasa saja” bisa dirubah menjadi tempat wisata. Dengan kreatifitas akan tercipta spot spot kece untuk selfie yang akan menarik orang orang untuk datang, seperti di Kampung 3D Depok ini.

gerbang masuk Kampung 3D Depok

Baca lebih lanjut

Yuk Main ke Jonggol – Curug Sedong dan Jonggol Garden

Jonggol memiliki banyak destinasi wisata, termasuk destinasi yang baru dan juga curug yang belum popular. Destinasi wisata baru yang kekinian adalah Jonggol Garden sedangkan wisata alam Jonggol yang belum popular adalah curug Sedong. Di radius kedua tempat tersebut ada lagi 2 tempat wisata lainnya yaitu goa Ciwadon dan curug Cimapag. Asyikk .. sekali main bisa ke beberapa tempat wisata. Tapi trip kali ini hanya ke tempat yang belum pernah saya dikunjungi yaitu curug Sedong dan Jonggol Garden

Gerimis datang di minggu pagi ini, saya menunggu sejenak dan 6-30-an gerimis berhenti saya berangkat.
Sampai di daerah Kalimalang .. gerimis turun lagi dan semakin rapat, berhenti pasang jaket hujan dan cuss gowes lagi. Sampai di Taman Galaxy .. kering, berhenti buka jaket lagi .. gerahhh. Berangkat lagi .. di daerah Pekayon turun hujan yang rapat … pasti basah deh kalau lanjut gowes, saya berhenti berteduh, kirim sms — ehh masih main sms-an — ke om Adi β€œ telat β€œβ€¦ menunggu sampai sedikit mereda … pasang jaket .. dan berangkat lagi … sampai Kemang pratama .. kering … panas pakai jaket … berhenti buka lagi … baru jalan sebentar .. hujan lagi .. eehhh .. ngeledek ni yee … oke oke … pakai jaket lagi … di daerah Narogong .. kerontang .. kering total … tidak hujan sama sekali disini … berhenti lagi buka jaket … dan tibalah di tikum metland jam 8 kurang .. padahal janjian jam 7.30 …

Ngobrol2 bentar sama komunitas sepeda yang sedang tikum juga disana .. biasalah ngomoning mau dibawa kemana politik dunia ini .. *boong bangettt … haha hihi sebentar … lalu kita lanjut jalan – saya dan om Adi. Baca lebih lanjut

Piknik ke Cibinong, mengunjungi situ situ dan stadion terbaik dunia

Cibinong umumnya hanya jadi pelintasan. Saya beberapa kali melintasi daerah ini untuk menuju ke tujuan lain. Meskipun seringnya saya melintas tapi pernah juga gowes piknik ke Cibinong, ke Danau Dora yang kayaknya jadi tempat paling hit di Cibinong dan ke Situ Cikaret, situ terbesar di Cibinong.

Cibinong bukan menjadi destinasi wisata, kalah pamor dari tetangganya Sentul dan sekitaran kota Bogor. Tapi saya yakin … Cibinong punya tempat2 menarik.. saya memiliki keyakinan akan hal ini .. #SokYakin. Keyakinan ini butuh argumentasi untuk dibuktikan, saya akan jalan jalan ke Cibinong … piknik ke Cibinong.

Minggu pagi sebelum berangkat saya perhatikan dulu langit .. agak sedikit berawan tapi saya yakin..#YakinLagi … tidak akan hujan … Cuss deh saya go .. gowes maksudnya. Lewat Pondok Gede, Cibubur dan ketika akan melewati kolong tol Jagorawi di Leuwinanggung Cimanggis .. ehh di tutup, ada perbaikan. Ya sudah mesti berputar lumayan jauh. Pokoke gowes terus … gak terasa sudah sudah di Cibinong dan sampailah di tujuan pertama.

Situ Citatah
Situ ini tepat di pinggir jalan raya yang ramai, airnya terlihat bersih, dan bukan menjadi tempat wisata, dibiarkan apa adanya, tidak ada orang2 yang bermain main kesini. Paling ada sedikit pemancing dan rakit yang sedang menjala ikan. Di sisi jauh terlihat pemakaman Tionghoa. Situ ini seperti terlupakan begitu saja, sayang sekali tidak dikemas menjadi tempat wisata, padahal akses untuk menuju situ ini sangat mudah dan situ ini memiliki pulau di tengahnya yang bisa menjadi daya tarik wisata. Saya perhatikan tidak ada jalan untuk memutari situ ini.

situ Citatah tepat di pingir jalan raya yang ramai

Baca lebih lanjut

Must Visit curug di Sentul – Curug Putri Kencana

curug putri kencana.pngDari sekian banyak curug di Sentul Bogor ada dua komplek curug yang masuk kategori ” Must Visit ” yaitu Leuwi Hejo dan Curug Putri Kencana.

Selain kedua curug ini letaknya berdekatan dan di dalam satu areal ada beberapa curug (air terjun) dan leuwi (lubuk) keren yang dapat sekalian dikunjungi.

Leuwi Hejo saya pernah, curug Putri Kencana saya belum. Hal ini membuat saya galau.. menghapus kegalauan saya harus kesana… jam 8an sudah nongkrong di pinggir jalan daerah Citeurep, tak lama kemudian om Adi nongol.

Loading perbekalan dulu di minimarket dan cus meluncur ke sentul. Sepanjang perjalanan dari rumah sampai ke Sentul jarang sekali ketemu pegowes… entah mengapa..

Melalui jalanan Raya Babakan Madang terus menanjak dengan telaten, melewati pintu masuk Jungle Land terus keatas.
Selepas pertigaan kanan ke gunung pancar dan kiri ke Curug Putri Kencana, suasana pemandangan berubah banyak, sawah berundak, lembah, sungai berbatu batu dan hutan lindung lebat tidak jauh dari pandangan mata.

Melewati beberapa pintu masuk ke leuwi dan curug2 lain : curug leuwiasih, curug kalimata, kawah merah, dll. Kalau ada waktu silahkan mampir, saya lanjut terus sesuai misi yang diemban.

Tidak tahu berapa tanjakan penguras napas dan tenaga terlewati, kemudian menurun curam menuju jembatan di lembah. Sesampai di lembah kita berhenti dulu… bukan untuk menikmati pemandangan tapi untuk sejenak menarik napas bersiap siap menanjak kembali ke atas melewati tanjakan terngehe di daerah ini.

Ditanjakan ini pikiran fokus konsentrasi … hanya memikirkan kapan tanjakan ini berakhir … tidak terpecah oleh hutang ataupun tagihan yang belum terbayar … Om Adi dengan gahar langsung melesat.

Saya merayap dan.. yeayy.. sampai juga ke atas … girang banget apalagi jarak sudah dekat 1 km-an lagi.

Disatu titik kita belok kanan ke jalanan semen dan menanjak keatas melalui rumah2 penduduk melewati parkiran mobil. Mobil yang mau ke curug parkir disini, jalanan mengecil dan masih melewati rumah penduduk kemudian menuruni lembah hijau dan terlihat ada bendungan dari aliran sungai Sadon di bawah lembah. Baca lebih lanjut