Gowes Jelajah Sejarah – Situs Pasir Angin dan Benteng Belanda

Area Bogor dan sekitarnya sudah sejak baheula dari zaman prasejarah purbakala telah dihuni oleh manusia. Banyak peninggalan sejarah mengenai jejak keberadaan manusia dari zaman prasejarah, zaman kerajaan dan zaman perang kemerdekaan.

Beberapa situs sejarah di Bogor sempat saya kunjungi dan masih sangat banyak situs yang belum saya kunjungi. Salah satunya adalah Museum atau Situs Pasir Angin .. pengen sekali main kesini. Tertunda tunda … Akhirnya kesempatan datang juga. Jam 7 berangkat dari rumah .. mengarah ke tikum di daerah Cibubur, sampai di tikum menunggu sejenak dan om Adi datang.

Langsung let’s go … melewati Cibinong tembus ke jalan raya Bogor dan berbelok ke arah Dramaga menyusuri kolong Tol Lingkar Luar Bogor. Mendekat kampus IPB Dramaga jalanan menjadi macet panjang, terus macet sampai melewati Cibungbulang – pertigaan yang mengarah ke Gunung Salak. Selama selap selip dikemacetan … aroma sampah terus tercium …. banyak truk mengangkut sampah yang ikut terjebak, mungkin ini memang jam angkut sampah warga Bogor dan tempat pembuangan sampah akhir sepertinya melalui area sini.


Selepas kemacetan terlihat bentangan gunung kapur Ciampea, gunungnya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu jauh jaraknya dari jalan raya. Terus gowes … jalanan rolling naik turun umumnya karena melewati lembah yang ada sungai sungainya dan ketika menuruni suatu lembah lagi dan sebelum mencapai jembatan di dasar lembah ada belokan ke kiri, sepeda berbelok ke jalan kecil dan terus menurun sekitar +- 30 meteran sampailah di gerbang destinasi … Situs Pasir Angin.

gerbang pertama di bawah

gerbang kedua di atas

Baca lebih lanjut

Iklan

Gowes Piknik ke hutan Pinus Gunung Pancar

Beberapa kali saya pernah main ke hutan pinus gunung Pancar. Pertama kali kesana sambil sesepedahan ditahun 2008, suasananya masih sepi … warung hanya ada satu dua dan hanya di area dekat pemandian air panas alam. Bertahun tahun kemudian main lagi kesana .. tidak banyak berubah .. hanya warungnya bertambah dan masih disekitar pintu masuk air panas, karena selain ada pemandian air panas alami juga di dekat area ini terdapat titik start pesepeda downhill.

Dan terakhir ditahun 2016 main lagi kesana … suasananya jadi berantakan … banyak warung warung di kanan kiri jalan di area hutan pinus. Warung dengan terpalnya yang berwarna warni … hutan pinus yang harusnya berkesan alami asri .. malah jadi berkesan kumuh.

Mendengar kabar katanya sekarang sudah ditata dan dipercantik dengan wisata kekinian … wisata selfie. Penasaran ingin lihat lagi kesana …. berangkatlah saya gowes piknik,lewat Jatiwaringin – Cibubur – Citeureup – Sirkuit Sentul dan mulai berbelok mengarah ke atas … menanjak perlahan.

Setelah melewati perempatan ke Jungle Land … tanjakan mulai terasa dan terus menanjak sampai ke gunung Pancar. Dari perempatan ini jaraknya tidak terlalu jauh lagi untuk sampai ke gerbang gunung Pancar. Selama perjalanan dari Sentul Sirkuit kearah sini, akan melalui banyak makanan khas daerah sini .. yaitu sate kiloan … harganya sih relative lebih mahal dari pada harga sate biasa di Jakarta, soal rasa .. tergantung selera.


Sebelum masuk ke gerbang sudah ada 2 area wisata, satu menyajikan wisata selfie seperti rumah2-an, menara pandang, dll-nya dan satu lagi wisata adventure seperti motor off road 4 roda (ATV) dan berbagai wahana petualangan lainnya. Baca lebih lanjut

Mencari kesejukan di Situ Rawa Gede Bogor

Tidak hanya Bekasi, Bogor juga punya situ yang bernama Situ Rawa Gede.
Setelah versi Bekasi saya kunjungi maka tak afdol jika tidak mengunjungi situ Rawa Gede versi Bogor.

Minggu pagi matahari bersinar ceria .. padahal beberapa hari ini pagi selalu hujan, cocok deh .. saya berangkat dari daerah Kalimalang jam 6.40-an dan 20 km-an kemudian sampailah di tikum di minimarket di daerah Cileungsi. Menunggu sebentar dan Om Adi datang cengengesan … ketika lagi ngobrol2 sambil ngemil snack perbekalan … ada seorang pria dengan penampilan preman datang dan duduk dekat banget dihadapan kita sambil melihati kita terus, menantang menatap mata kita … kita pura pura cuek .. pura pura ngga takut … saya pikir bakalan rame nih .. untung kita berdua … cepat cepat ngemilnya dan cuss berangkat … hmmm ngapain si preman itu .. mungkin pengen ikutan dibonceng disepeda kali ya …


Dari minimarket Cileungsi kita berangkat mengarah ke Sentul tapi selepas pasar Citeureup kita belok kiri mengambil arah ke Sukamakmur. Selama perjalanan mengarah ke Sukamakmur .. beberapa kali ketemu rombongan pengantin .. ada yang mengarah ke atas dan ada yang mengarah kebawah .. dan beberapa kali melewati acara pernikahan di pinggir jalan, otomatis agak mengganggu lalulintas …. hmmm kayaknya lagi musim kawin nih.

bentangan gunung kapur Klapanunggal

di puncak Sukamakmur Bogor

Perjalanan ke Sukamakmur ini jalannya rolling naik turun tapi didominasi tanjakan tanjakan yang menguras banyak tenaga. Diperjalanan kita ketemu dengan rombongan pesepeda dari Citeureup … mereka sebelumnya hendak menuju curug Ciherang tapi akhirnya jadi ikut kita menuju Rawa Gede. Baca lebih lanjut

Wisata Instagramable Sentul – Butterfly Garden Wisata Padi Emas Sentul

Zaman Now adalah mencari destinasi wisata yang instagramable … yang bisa tampil kece kalau difoto. Sudah banyak tempat wisata yang dikemas agar menarik untuk difoto. Sebagai traveller kekinian …#MainKlaimAja … biarin … begitu mendengar ada spot kece di daerah Sentul .. saya merasa mesti kesana … kalau ngga …. ya ngga apa apa juga sih.

Nama tempatnya Butterfly Garden posisinya di Sentul bawah dekat Sentul sirkuit … wah cocok deh untuk trip ½ hari.

Tanpa banyak ba bi bu … hanya ada beberapa hal yang mesti diurus dahulu .. #SamaAjaDong .. diminggu pagi, jadi baru meluncur keluar dari rumah jam 7 lebih. Lewat jalur biasa … Jatiwaringin – Pondok Gede – Cibubur – Cibinong .. dan setelah melewati pintu Gerbang Sentul Sirkuit tak lama kemudian sampai deh di destinasi … sudah didepan gerbang masuk Royal Sentul. Kayaknya masih kepagian … sudah saya jalan jalan dulu sampai Taman Budaya Sentul … foto foto dulu di lapangan dekat sini … dan balik lagi ke destinasi utama .. meluncur turun kebawah .. yeayyyy.

Sampai kembali di gerbang masuk Royal Sentul … suasana gerbangnya seperti area ini belum dibuka untuk umum … ada tulisan under construction tapi sebenarnya sudah dibuka untuk umum. Jadi saya masuk saja … bangunan bangunan rukonya bentuknya unik .. lancip futuristic. Bangunan bangunan ruko ini umumnya adalah tempat kuliner … sudah banyak yang buka dan menyajikan berbagai macam jenis makanan dan minuman … coffee shop juga ada. Tidak tahu masih agak pagi atau memang belum terlalu banyak yang tahu .. jadi area kuliner ini tidak ramai. Dekorasi di area kuliner ini juga menarik … lampion dan payung payung digantung .. bagus deh untuk spot foto.

Agak kebelakang – dibalik komplek ruko ruko ini, ada taman yang kece .. keren banget deh untuk jadi spot foto biar makin eksis di medsos. Banyak banget spot menarik disini … tinggal kluyuran kesana kesini aja. Baca lebih lanjut

Terbang ke Puncak Langit tembus ke Kampung Awan

Terbang … ???

Sok aja kalau bisa
Dari zaman dahulu manusia selalu ingin bisa terbang .. bahkan terbang sampai bulan, mungkin inilah saatnya saya untuk mendaratkan kaki di bulan.

Dengar kabar selentingan katanya ada Puncak Langit … cari di internet juga masih sulit ketemu .. ini hoaks atau bukan ya … zaman sekarang mesti check and recheck .. banyak banget berita hoaks wara wiri .. soalnya zaman now .. hoaks yang terus disampaikan berulang ulang bisa dianggap fakta, bahkan beberapa kali destinasi wisata yang saya kunjungi berdasarkan info dari internet ternyata hoaks … jadi ini mesti di check … tapi check-nya mesti langsung ke site … welehhh.

Ngga apa apa deh sekalian jalan jalan … daripada kurang piknik … khawatir jadi sibuk posting dan menyebarkan apa yang tidak kita suka … kan mendingan posting dan menyebarkan apa yang kita suka .. 🙂

Rute yang dilalui biasa aja .. lewat Jatiwaringin, Pondok Gede, Cibubur, Citeureup .. sampai deh di Sentul … gampang ya. Rehat dulu sejenak … duduk dipinggir jalan yang adem .. sambil ngeteh dan makan camilan dulu … soalnya mau nanjak ke atas, butuh energi. Beres ngemil .. Nah dari bundaran Sentul di bawah mulai deh ngerayap ke atas. Ngelewatin Taman Budaya Sentul lalu belok kanan kearah Km Nol Sentul. Dari mulai ngerayap .. saya tidak ketemu goweser yang juga naik ke atas. Kadang hanya ketemu goweser yang turun dari atas … koq sepi ya. Mungkin tanggal muda .. pada jalan jalan ke mall … #Sotoy.

Pokoknya berusaha gowes konstan … terus aja pelan pelan, ngelewatin berbagai rumah makan yang menjual view dan tema outdoor, terlihat mobil mobil sudah ada yang berdatangan. Ketika lewat Edensor Hill … resort dan café saya berhenti … melihat ke lembah dan terlihat air terjun dengan debit yang cukup besar dikejauhan … itulah curug Cibingbin .. pernah ke curug ini .. tahun 2016. Dari sini sudah dekat untuk ke warung Km Nol Bojongkoneng Sentul, destinasi utama goweser yang bermain ke Sentul. Menanjak sedikit dan sampailah di titik Km Nol.

Disini sih .. lumayan banyak goweser sedang rehat di warung. Saya hanya berhenti sebentar mengamati, sekalian belajar jadi pengamat .. termasuk profesi kekinian … Kalau masuk warung disini bisa kelamaan ngobrol ngobrol .. jadi saya lanjut lagi untuk menuntaskan misi utama. Menanjak lagi … mengarah ke vila yang gede banget disini … pokoknya wuah deh … Berhenti dulu sejenak didekat vila tersebut … ada bangunan daerah khas Toraja .. hmmm … akhirnya sampai juga gogowesan ini di Toraja … haha.

gogowesan akhirnya sampai juga di Toraja 🙂

Baca lebih lanjut

Yuk .. Berendam Air Belerang di Gunung Peyek

Pergi ke Gunung Peyek adalah pengalihan destinasi … bukan pengalihan isu.
Semalam sudah all set .. supaya pagi2 tinggal cap cus wes.

Ternyata Minggu pagi .. hujan … lalu hujannya berhenti.
Diam termangu … mood langsung berubah … tapi sekarang hujan sudah berhenti … cuacanya masih gelap, awan hitam tebal memanyungi langit. Setelah ditimbang timbang … destinasinya saya rubah … cari yang relative lebih dekat … dan kalau bisa anget anget …. jadi inget saran ide destinasi dari blogger Adie Riyanto .. Gunung Peyek, ya oke .. cucok banget deh tempatnya … ada air panas alami.


Semua logistic dipindahkan kesepeda yang pakai spakbor … jam 7 kurang akhirnya baru cus wes.
Ehh..baru berangkat 500 meteran .. hujan lagi … berteduh di bawah pohon … berpikir lagi … #SokJadiPemikir … tapi bagi saya Gunung Peyek adalah harga tawar … ya .. bukan harga mati … jadi boleh berubah lagi .. atau … bahkan batal.

Meskipun niat mulai goyah … saya tetapkan untuk terus lanjuttt. Pakai perlengkapan hujan dan berangkatlah. Tapi didaerah Jariwaringin saya lepas jaket .. hujan sudah berhenti lagi .. gerahhh.
Gowes menuju Pondok Gede, melintasi halaman depan TMII dan muncul di daerah Kampung Rambutan .. lanjut ke Lenteng Agung belok ke daerah Setu Babakan … terus berbolak belok .. pokoknya lewat Sawangan .. muncul di Pasar Parung yang macet … tipikal khas kemacetan pasar … pedagang yang jualan sampai di bahu jalan .. angkot yang berhenti seenaknya … plus hal hal lainnya … intinya macetos lezatos.

Selepas pasar ini … destinasi sudah tidak terlalu jauh … tapi sempat pasang dan buka jaket lagi .. biasa hujan .. dan berhenti lagi hujannya. Lalu berbelok ke gang gang kecil perkampungan … melalui jalan pintas dan muncul di jalanan pintu masuk belakang jika ingin ke Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Tapi saya tidak kesana … pernah kesana tahun 2014 .. jadi tetap menuju ke Gunung Peyek … lokasinya sih bertetanggaan .. paling kurang dari 1 km. Baca lebih lanjut

Plesiran ke Kampung Adat Parung Panjang — Wana Cendana Gunung Dago

Gunung Dago … again …
3 X …. hatrick dalam hitungan 4 minggu …

Gimana ya … kepo … want to know … dengar kabar selentingan ada tempat wisata yang baru di bangun di Gunung Dago Parung Panjang. 2 kali kesana koq .. tidak melihat keberadaannya .. Kabarnya ada di sisi sebelahnya .. Searching di internet … tidak ketemu info tentang tempat wisata ini … Ya sudah … saya mesti kesana lagi .. mesti ke gunung Dago lagi.

Kembali gowes AKAP yang tidak bisa di hindari harus bener bener ngelakoni – Jakarta – Banten – Jabar . Jadi ingat kata teman saya … katanya prinsip hidup itu adalah ngelakoni … waktu itu saya tidak ngerti, hanya nyengir doang … sekarang baru saya mengerti — ehh sama ga sih konteks-nya … ngga tahu ah … pokoknya saya ngelakoni gowes ini aja.

Minggu pagi … mendung menggayut .. tidak cerah … berawan syahdu, hujan ngga ya …
Sudahlah tetap saya berangkat plesiran, rain gear sudah saya siapkan, tadinya jam 6 pagi inginnya sudah cuss … tapi ada aja yang mesti dilakoni .. eh dilakukan .. akhirnya jam 7 kurang baru cabut.

Pagi ini jalanan tidak terlalu ramai … mungkin karena tanggal tua kali ya, gowes melalui Kalimalang – Cawang – Condet – TB Simatupang – Ciputat … masuk sana sini muncul di Serpong … lanjut lagi masuk sana sini … sudah mendekat ke Gunung Dago. Rute kesana melalui beberapa tanjakan dan turunan .. rolling silih berganti … Untungnya sepanjang perjalanan dinaungi awan mendung .. tidak berasa panas … gowesnya enak dan nyaman.

Jika sebelumnya saya berbelok ke jalan batu yang mengarah ke gunungnya, kali ini saya tetap mengikuti jalanan aspal memutari gunung ini .. sedikit menanjak dan di satu titik terlihat bentangan lembah dan hamparan pegunungan memanjang di kejauhan …. wah Parung Panjang masih hijau hijau begini …. kerennn, seperti serasa di Skotlandia … apaan … sok tahu banget .. dasar sotoy ..
Ketika berhenti menikmati pemandangan … ada 3 goweser juga yang ikut berhenti .. ngobrol ngobrol, ternyata mereka baru pertama kali gowes kearah sini … saya dong sudah 3 x .. haha .. apaan sih … yang begini aja dibanggain … Baca lebih lanjut

Berkelana ke Curug Country alias Curug Jodoh di Jonggol

Curug ini termasuk destinasi curug yang sudah lama “terdengar” kalau mencari curug di daerah Jonggol. Tapi seiring perjalanan waktu dan makin banyak destinasi destinasi wisata curug lain disekitar Jonggol dan makin populernya curug curug di daerah Sentul … Lama lama curug ini seperti makin tenggelam dan hampir tidak terdengar lagi.

Dari dulu pengen kesini .. tapi selalu ada 1.000 alasan untuk tidak pergi, akhirnya tanpa butuh satu alasanpun saya pergi kesana. Datang di di malam minggu .. ujug ujug aja … seperti dapat wangsit … curug Country … oke, sms om Adi “ke curug Country .. ikut ga “ … “ Ok aku ikut “

Besok paginya, biasalah pergi agak siangan dan jam 8.04-an tiba di tikum Metland Cileungsi … Om Adi lagi sibuk menunggu sambil focus sketching … sampai ga sadar kalau saya sudah duduk disebelahnya memperhatikan …. wah keren banget deh hasilnya .. top markotop … dengan pekerjaaannya sekarang berarti dia salah jurusan … hehe

Ngobrol2 dulu bahas sketching … biasa sok tahu mode saya on .. sambil makan leupet yang dibawa om Adi. Lalu cus deh kita gowes mengarah ke Cariu melewati Taman Buah Mekarsari. Hari ini jalanan lebih ramai … tidak hanya mobil .. tapi juga bis bis .. bahkan truk truk yang lewat, tidak tahu kenapa ramai begini .. apa orang2 udah pada gajian di pertengahan bulan begini ya … saya mikir sambil garuk garuk kepala yang tidak gatal.

Gowes meski agak hati hati … bis bis kalau menyalip .. mepet banget ke sepeda, selepas belokan ke alun alun Jonggol .. baru lalu lintas agak sedikit lengang, tapi kadang ramai kembali terutama di area tanjakan atau turunan panjang .. dimana truk truk berjalan pelan …. ngagokin kita kita aja … #banyak gaya.

gunung unik di jalanan Jonggol Cariu

Baca lebih lanjut

Muncak Tertunda – Gunung Dago Parung Panjang

Kepikiran mulu …
Daripada kepikiran mulu … mending dituntaskan saja.
Muncak ke Gunung Dago atawa Bukit Dago di Parung Panjang.
Yang lain mah muncak teh ka gunung Salak, Pangrango, Semeru, Rinjani … saya sih ke sini aja … anggaplah perjalanan panjang di mulai dari langkah kecil … hehe … menghibur diri.

Mau ga mau gowes AKAP kembali dilakoni, dari provinsi Jakarta ke provinsi Banten terus ke provinsi Jabar sekalian merayakan Last Sunday Ride tahun 2018.
Perjalanan gowes kesana tidak ada yang terlalu special rutenya … karena sebelumnya pernah kesana jadi agak hapal belokan belokannya tidak harus selalu lihat GPS.

Yang menjadi tantangan gowes pagi ini adalah angin … beberapa hari ini angin bertiup kencang ,, dan pagi inipun tidak terkecuali angin kecang bisa dikatakan sepanjang perjalanan … sayangnya anginnya kalau tidak dari arah depan dari arah sisi datangnya jadi serasa gowes nanjak … menguras tenaga.
Lagi enak enak gowes “nanjak” di daerah Warung Buncit .. eh disalipin oleh rombongan MTB … pada kenceng kenceng … hebat … padahal beberapa orangnya gemuk … tapi koq diperhatikan .. tidak mengayuh pedal bisa melaju kenceng ya … ohh ternyata mereka ini adalah rombongan sepeda listrik. Asyik juga pakai sepeda listrik … ga cape. Baca lebih lanjut

Memandang Tidak Jauh dari Bukit Dago Parung Panjang

Parung Panjang .. Rumpin … daerah yang masih asing bagi saya, belahan dunia ini banyak yang belum saya kunjungi. Dari beberapa tempat menarik disana … ada satu tempat yang kayaknya oke juga untuk disambangi.
Daerah yang tinggi .. tapi tidak tinggi tinggi amat, suatu bukit yang disebut gunung Dago atau bukit Dago.

Jalan kesana agak sedikit males ….. ngebayangin waktu pulangnya harus melewati berkilo kilo meter jalanan kota yang ramai padat – angkot, motor motor dan mobil. Tapi gimana lagi… ya sudahlah .. go aja .. melihat belahan dunia yang belum pernah saya lihat … melihat sesuatu yang baru mendapatkan pengalaman baru.

Melewati Condet, TB Simatupang, Lebak Bulus, Ciputat… masuk jalan jalan kecil dan nongol nongol di daerah Serpong Tangerang … melewati beberapa perumahan besar .. terus aja.. menyebrangi sungai Cisadane yang lebar. Masuk lagi jalan jalan kecil dan melewati perumahan perumahan lama.. yang jalannya kecil dengan aspal terkelupas.

Masuk kampung keluar kampung… umumnya masih rimbun pepohonan.. wah .. mesti nyebrang sungai dengan jembatan bambu… bener bener kayak di kampung … penduduk disini masih nyuci pakaian di sungai.

Terus aja .. masuk sebentar jalan besar dan masuk lagi jalanan kampung… begitu berkali kali. Dan melewati gapura selamat datang di Jawa Barat… heiii.. perjalan ini melewati 3 provinsi.. DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat… bener bener AKAP .. Antar Kota Antar Provinsi.

Sekarang sudah masuk area Jabar.. kembali masuk kampung keluar kampung … Cuma bedanya sekarang jalanan lebih berdebu … ternyata didaerah daerah sini banyak truk tronton lewat angkut batu … ga aneh di beberapa tempat ada spanduk penolakan warga.

Ketika masuk keluar kampung .. tiba tiba menemukan di sisi jalan kampung ada jalan rata lebar, lurus dan beraspal bagus … saya berpikir .. wah disini juga ada pembangunan tol … ehh koq seperti ada menara control pesawat … pas lewat baca plang-nya .. Lanud Rumpin … gilee di Rumpin ada bandara .. ckckck. Baru tahu saya … kemane aje …
Check di internet ternyata ini adalah landasan peninggalan Jepang dan sekarang dikuasai oleh TNI AU sebagai Detasemen Angkatan Udara di bawah Komando Pangkalan Udara Atang Sanjaya Semplak Bogor dan sekaligus menjadi markas pasukan elit TNI AU .. Detasemen Bravo Paskhas.

Dari ngobrol2 dengan warga lokal … dikatakan bahwa tempat ini sering juga dijadikan area drag race, motor atau mobil … hmmm berarti bisa ngadain drag race sepeda dong disini ..
Setelah mengamati sebentar, perjalanan di lanjutkan … dan wahhh .. melewati area penelitian roket .. milik Lapan … disini toh para rocket scientist orang orang pintar itu kerja .. Baca lebih lanjut