Berwisata Seru ke Taman Bunga Matahari Bekasi

Taman Bunga Matahari di Bekasi … wow keren
Bertambah lagi destinasi wisate Bekasi … wisata kekinian .. wisata selfie.

Berangkatlah saya kesana .. melewati Metropolitan mall dan terus berkelok kelok menyusuri perkotaan Bekasi. Setelah berkilo kilo meter gowes … bangunan rumah di sisi kanan kiri mulai berkurang .. berganti dengan hamparan pesawahan.

Kondisi Bekasi yang mengarah ke pantai … suasananya lebih hangat … maksudnya lebih panas udaranya, ditambah lagi pepohonan yang jarang, berbeda dengan Bekasi kearah timur yang masih banyak rimbunan pepohonan. Satu perbedaan kontras lagi dengan arah ke Timur Bekasi … di antara hamparan pesawahan disini banyak komplek perumahan … bahkan baru baru … tapi rumahnya kecil kecil sederhana … mungkin ini rumah ekonomis bersubsidi

Ketika di daerah Gabus …. di hamparan pesawahan terihat beton pancang berjejer banyak dan panjang …. apaan ??? … setelah di perhatikan baru saya ngeh … ini adalah pembangunan tol JOR II … wah ternyata melintas daerah sini juga … ckckck

Setelah Gabus .. saya banyak sekali melewati hamparan pesawahan berhektar hektar … padinya masih menghijau. Udaranya makin panas menyengat … lihat jam masih jam 8-an .. untung saya sudah pakai sunblock, berhenti dulu dan pasang manset supaya tangan tidak tambah hitam.

Destinasi semakin mendekat .. memasuki area perkampungan … ada rumah rumah tapi hamparan sawah masih mendominasi … gowes perlahan dan … sampailah di tujuan. Dibagian depanya ditutup oleh banner panjang dan besar dengan gambar gambar bunga matahari dan bertuliskan “Taman Bunga Matahari”.

Bayar tiket masuk Rp. 5.000,- jam 9-an …. suasana masih sepi dan saya adalah pengunjung pertama .. belum ada yang lain … horeee


Baca lebih lanjut

Iklan

Nongkrong Cantik di Bekasi – Taman Suplesi

Mau nongkrong murah meriah
Nongkrong nongkrong cantik
Di tepi kali

Main aja ke Taman Suplesi.

Lokasinya bisa dikatakan berada di kotanya Bekasi … tidak jauh dari perempatan Metropolitan Mall (Metmall) Bekasi atau tepatnya dibelakang Islamic Center Bekasi.

Sekitar 15 menitan gowes nyantai saya sudah sampai di taman ini. Saya masuk dari arah jalan Mayor Hasibuan … yang ada di seberang Metmall. Ini adalah akses masuk dari belakang, akses depan ke Taman Suplesi dari Jl Rawa Tembaga.

Kalau masuk dari akses belakang, kita akan menyusuri cabang aliran sungai Kalimalang, ikuti aja jalan paving blok ini dan akan tembus ke Taman Suplesi. Jalanan setapak ini kabarnya nanti akan di percantik sebagai bagian dari Taman Suplesi.

akses masuk belakang ke Taman Suplesi

Taman Suplesi didesain unik dari pipa pralon dan besi lengkungan yang berwarna cerah … instagramable untuk foto foto. Aliran sungainya juga bersih … jadi sangat nyaman untuk duduk duduk di pinggir kali menikmati suasana pagi hari atau sore hari. Jika kesini di malam hari suasananya akan lebih dramatis dengan pantulan sinar lampu di tiang tiang taman.

Baca lebih lanjut

Pencarian Kursi yang konon kursi Raja di Bekasi

Ditemukan kursi raja di Bekasi …. itulah kabar yang saya dengar.
Kursi ukiran unik yang tetimbum didalam tanah … itulah kabar yang saya dapatkan.

Saya putuskan untuk melakukan expedisi … ehh perjalanan pengen tahu alias penasaran alias kepo.


Menggelindinglah sepeda di minggu pagi, melewati Kalimalang , Kemang Pratama, Narogong berbelok masuk ke jalan Bantar Gebang Setu dan mulai berbelok belok masuk jalan jalan kampung .. dari jalan kecil sampai gang gang … sesekali melintas jalan besar dan masuk kembali ke jalanan kampung.
Blusukan di pelosok Bekasi ini bagi orang kota pasti membuat heran … masih ada area Bekasi yang benar benar serasa di kampung … pohon pohon rindang lebat … rumah rumah kampung yang berhalaman luas tanpa pagar … melewati kebun kebun … melewati pesawahan … benar benar serasa dikampung banget yang jauh dari Jakarta. Baca lebih lanjut

Menengok Kampung Budaya Karawang

Kabarnya di Karawang ada kampung budaya.
Kampung budaya ini sudah lama … tapi koq tidak terdengar ya ..

Jadi ada ga sih .. kampung budaya Karawang ??

Perlu saya tengoki untuk memastikan keberadaannya.

Minggu pagi sepeda pergi menggelinding jalanan Kalimalang.
Perjalanan ini gampang … Ikuti saja terus jalan Kalimalang, dari Jaktim ke Bekasi .. ke Cikarang .. Deltamas .. melewati jembatan siphon Cibeet .. dan masuk ke area Karawang.

Baca lebih lanjut

Wisata Kekinian .. ehh Kekunoan — Situs Cibuaya Karawang

Destinasi Situs Cibuaya termasuk yang sudah lama ada dalam list … ngendon lama.
Tertunda tunda karena untuk kesana lumayan jauh … +- 70 km dan melewati berkilo kilo meter daerah yang gersang ke arah pantai Karawang. Tapi kalau musim hujan juga kurang safe … khawatir hujan pas di daerah hamparan kosong blong pesawahan … takut tersambar petir. Karena untuk mencapai sana melewati hektaran hamparan pesawahan … Karawang-kan terkenal sebagai lumbung padi bagi Jawa Barat.

Akhirnya tekad dibulatkan … mumpung beberapa hari ini tidak hujan, sepertinya mulai musim summer .. ehh kemarau … momen yang pas.

Malamnya sudah all set … gembolan dan perlengkapan sudah nemplok di sepeda … tapi berangkatnya tetap jam 7 pagi. Melewati Kalimalang dan tembus ke jalan awal Pantura dari arah Bekasi. Minggu pagi jalanan tidak terlalu ramai .. malah lebih sepi .. mungkin karena tanggal tua kali ya : )


Terus saja menyusuri jalur Pantura Bekasi …. selepas terminal bis Cikarang mulai berbelok keluar dari jalur utama Pantura. Sepanjang perjalanan masih melalui area pemukiman padat dikanan kiri. Disatu titik mulai berbelok menyusuri sungai irigasi dengan melalui jalanan setapak tanah. Suasana berubah seperti di kampung banget …. meskipun sungai irigasi ini hitam seperti tercemar sesuatu tapi penduduk di desa ini tetap menggunakannya untuk mencuci baju. Mereka terbiasa menggunakan saluran ini dari zaman dulu .. dari airnya masih jernih sampai hitam seperti sekarang.

Menyusuri irigasi ini dan tembus jalanan tanah yang membelah area pesawahan. Beberapa kali saya gowes melalui jalanan desa yang kanan kirinya sawah dan belok lagi ke jalanan tanah yang membelah pesawahan. Jalanan tanah ini sebenarnya adalah shortcut. Baca lebih lanjut

Mencari kesejukan di Situ Rawa Gede Bogor

Tidak hanya Bekasi, Bogor juga punya situ yang bernama Situ Rawa Gede.
Setelah versi Bekasi saya kunjungi maka tak afdol jika tidak mengunjungi situ Rawa Gede versi Bogor.

Minggu pagi matahari bersinar ceria .. padahal beberapa hari ini pagi selalu hujan, cocok deh .. saya berangkat dari daerah Kalimalang jam 6.40-an dan 20 km-an kemudian sampailah di tikum di minimarket di daerah Cileungsi. Menunggu sebentar dan Om Adi datang cengengesan … ketika lagi ngobrol2 sambil ngemil snack perbekalan … ada seorang pria dengan penampilan preman datang dan duduk dekat banget dihadapan kita sambil melihati kita terus, menantang menatap mata kita … kita pura pura cuek .. pura pura ngga takut … saya pikir bakalan rame nih .. untung kita berdua … cepat cepat ngemilnya dan cuss berangkat … hmmm ngapain si preman itu .. mungkin pengen ikutan dibonceng disepeda kali ya …


Dari minimarket Cileungsi kita berangkat mengarah ke Sentul tapi selepas pasar Citeureup kita belok kiri mengambil arah ke Sukamakmur. Selama perjalanan mengarah ke Sukamakmur .. beberapa kali ketemu rombongan pengantin .. ada yang mengarah ke atas dan ada yang mengarah kebawah .. dan beberapa kali melewati acara pernikahan di pinggir jalan, otomatis agak mengganggu lalulintas …. hmmm kayaknya lagi musim kawin nih.

bentangan gunung kapur Klapanunggal

di puncak Sukamakmur Bogor

Perjalanan ke Sukamakmur ini jalannya rolling naik turun tapi didominasi tanjakan tanjakan yang menguras banyak tenaga. Diperjalanan kita ketemu dengan rombongan pesepeda dari Citeureup … mereka sebelumnya hendak menuju curug Ciherang tapi akhirnya jadi ikut kita menuju Rawa Gede. Baca lebih lanjut

Wisata Amphibi di Bekasi .. ada di Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede sudah diklaim dari dulu sebagai salah satu destinasi wisata di Bekasi, jika kita cari destinasi wisata Bekasi di internet, maka situ Rawa Gede akan muncul … maka berangkatlah saya kesana ketika itu tahun 2013. Tempatnya bisa dikatakan “nyempil”didalam area perkampungan .. dan bersebelahan dengan komplek Kemang Pratama tapi dibagian belakangnya. Dan ketika sampai disana … hmmm … kumuh dan banyak sampah disisinya, airnya lebih kehitaman .. boro boro ada wisatawan disini .. sepi, bahkan jadi orang aneh sendiri .. ada orang sepedaan kesini … jadi perhatian warga lokal … hehe.
Saya berusaha mengitari situ ini … masih ada area hijau hijaunya … pohon pohon dan semak semak yang rimbun dan ada jalan setapaknya … juga ada seperti area pemulung. Saya memang tidak berekpektasi lebih … ya menerima saja apa adanya.

Bertahun tahun berlalu .. sekarang adalah Zaman NOW … banyak tempat disulap menjadi destinasi kekinian … termasuk Situ Rawa Gede ini. Mendengar kabar tersebut berangkatlah saya kesini … mumpung lagi libur nasional di hari Kamis .. dan tidak jauh juga untuk kesini … Kurang dari satu jam perjalanan gowes saya sudah sampai di destinasi … di Situ Rawa Gede. Baca lebih lanjut

Wisata Instagramable Sentul – Butterfly Garden Wisata Padi Emas Sentul

Zaman Now adalah mencari destinasi wisata yang instagramable … yang bisa tampil kece kalau difoto. Sudah banyak tempat wisata yang dikemas agar menarik untuk difoto. Sebagai traveller kekinian …#MainKlaimAja … biarin … begitu mendengar ada spot kece di daerah Sentul .. saya merasa mesti kesana … kalau ngga …. ya ngga apa apa juga sih.

Nama tempatnya Butterfly Garden posisinya di Sentul bawah dekat Sentul sirkuit … wah cocok deh untuk trip ½ hari.

Tanpa banyak ba bi bu … hanya ada beberapa hal yang mesti diurus dahulu .. #SamaAjaDong .. diminggu pagi, jadi baru meluncur keluar dari rumah jam 7 lebih. Lewat jalur biasa … Jatiwaringin – Pondok Gede – Cibubur – Cibinong .. dan setelah melewati pintu Gerbang Sentul Sirkuit tak lama kemudian sampai deh di destinasi … sudah didepan gerbang masuk Royal Sentul. Kayaknya masih kepagian … sudah saya jalan jalan dulu sampai Taman Budaya Sentul … foto foto dulu di lapangan dekat sini … dan balik lagi ke destinasi utama .. meluncur turun kebawah .. yeayyyy.

Sampai kembali di gerbang masuk Royal Sentul … suasana gerbangnya seperti area ini belum dibuka untuk umum … ada tulisan under construction tapi sebenarnya sudah dibuka untuk umum. Jadi saya masuk saja … bangunan bangunan rukonya bentuknya unik .. lancip futuristic. Bangunan bangunan ruko ini umumnya adalah tempat kuliner … sudah banyak yang buka dan menyajikan berbagai macam jenis makanan dan minuman … coffee shop juga ada. Tidak tahu masih agak pagi atau memang belum terlalu banyak yang tahu .. jadi area kuliner ini tidak ramai. Dekorasi di area kuliner ini juga menarik … lampion dan payung payung digantung .. bagus deh untuk spot foto.

Agak kebelakang – dibalik komplek ruko ruko ini, ada taman yang kece .. keren banget deh untuk jadi spot foto biar makin eksis di medsos. Banyak banget spot menarik disini … tinggal kluyuran kesana kesini aja. Baca lebih lanjut

Piknik Kekinian di Kawung Tilu Bojong Rangkas

Ehh .. Ada tempat wisata kekinian baru nih .. namanya Kawung Tilu alias Kawung Tiga. Mumpung dihari minggu ini ada kesempatan .. saya jalan jalan kesana.

Berangkat jam 7 lebih … menunggu hujan berhenti dulu … sambil mikir mau jalan kemana … sebelumnya sih mau ketempat yang lain … berhubung dari subuh hujan, perasaan ini jadi bimbang. Akhirnya diputuskan ketempat yang gampang gampang aja … ketempat wisata kekinian aja.

Ternyata setelah pergi 2 km-an … kering … hujan lokal doang, mungkin hanya di rumah saya aja hujannya ….

Setelah menyusuri Kalimalang di daerah Bulak Kapal saya berbelok dan berjalan dibawah pembangunan … Hmm apa ini ya .. tol atau LRT, pokoknya jalan dibawahnya serasa benar2 diatapi .. sangat lebar … bakalan tidak akan kepanasan dan kehujanan.

Lalu muncullah di jalur Pantura .. jalur legend .. menyusuri jalur ini sampai disuatu daerah dan berbelok masuk kejalanan kampung dan berbelok lagi kejalanan yang lebih kecil dan berbelok lagi masuk pematang sawah yang panjang membelah pesawahan. Sekalian blusukan .. mencari pengalaman yang beda.

Agak deg degan juga gowes dipematang sawah .. khawatir byur kejebur, di spot yang risky .. sepeda dituntun saja. Ditengah pesawahan .. ketemu akamsi – anak kampung sini, yang bikin takjub … dibahunya hinggap seekor burung yang warnanya keren. Sangat jinak .. katanya ini adalah parkit Australia dipelihara dari kecil. Suka warna hijau .. lihat helm hijau yang saya pakai .. senang banget burung ini .. terbang berputar putar dan hinggap diatas helm .. Dipanggil2 Sama tuannya .. hanya terbang berputar dan hinggap lagi atas helm hijau saya .. bahkan saking jinaknya hinggap di stang sepeda … Lucu banget .. jadi pengen dibawa pulang .. haha.

Baca lebih lanjut

Terbang ke Puncak Langit tembus ke Kampung Awan

Terbang … ???

Sok aja kalau bisa
Dari zaman dahulu manusia selalu ingin bisa terbang .. bahkan terbang sampai bulan, mungkin inilah saatnya saya untuk mendaratkan kaki di bulan.

Dengar kabar selentingan katanya ada Puncak Langit … cari di internet juga masih sulit ketemu .. ini hoaks atau bukan ya … zaman sekarang mesti check and recheck .. banyak banget berita hoaks wara wiri .. soalnya zaman now .. hoaks yang terus disampaikan berulang ulang bisa dianggap fakta, bahkan beberapa kali destinasi wisata yang saya kunjungi berdasarkan info dari internet ternyata hoaks … jadi ini mesti di check … tapi check-nya mesti langsung ke site … welehhh.

Ngga apa apa deh sekalian jalan jalan … daripada kurang piknik … khawatir jadi sibuk posting dan menyebarkan apa yang tidak kita suka … kan mendingan posting dan menyebarkan apa yang kita suka .. 🙂

Rute yang dilalui biasa aja .. lewat Jatiwaringin, Pondok Gede, Cibubur, Citeureup .. sampai deh di Sentul … gampang ya. Rehat dulu sejenak … duduk dipinggir jalan yang adem .. sambil ngeteh dan makan camilan dulu … soalnya mau nanjak ke atas, butuh energi. Beres ngemil .. Nah dari bundaran Sentul di bawah mulai deh ngerayap ke atas. Ngelewatin Taman Budaya Sentul lalu belok kanan kearah Km Nol Sentul. Dari mulai ngerayap .. saya tidak ketemu goweser yang juga naik ke atas. Kadang hanya ketemu goweser yang turun dari atas … koq sepi ya. Mungkin tanggal muda .. pada jalan jalan ke mall … #Sotoy.

Pokoknya berusaha gowes konstan … terus aja pelan pelan, ngelewatin berbagai rumah makan yang menjual view dan tema outdoor, terlihat mobil mobil sudah ada yang berdatangan. Ketika lewat Edensor Hill … resort dan café saya berhenti … melihat ke lembah dan terlihat air terjun dengan debit yang cukup besar dikejauhan … itulah curug Cibingbin .. pernah ke curug ini .. tahun 2016. Dari sini sudah dekat untuk ke warung Km Nol Bojongkoneng Sentul, destinasi utama goweser yang bermain ke Sentul. Menanjak sedikit dan sampailah di titik Km Nol.

Disini sih .. lumayan banyak goweser sedang rehat di warung. Saya hanya berhenti sebentar mengamati, sekalian belajar jadi pengamat .. termasuk profesi kekinian … Kalau masuk warung disini bisa kelamaan ngobrol ngobrol .. jadi saya lanjut lagi untuk menuntaskan misi utama. Menanjak lagi … mengarah ke vila yang gede banget disini … pokoknya wuah deh … Berhenti dulu sejenak didekat vila tersebut … ada bangunan daerah khas Toraja .. hmmm … akhirnya sampai juga gogowesan ini di Toraja … haha.

gogowesan akhirnya sampai juga di Toraja 🙂

Baca lebih lanjut