Menikmati Udara Segar kota ; River Walk Epicentrum Kuningan

cover epic

Mau bengong .. mau memikirkan dunia atau si dia .. #EmangDiaMikirin ..
merenungi arti kehidupan … mencari inspirasi … tidak perlu jauh2 keluar kota … cari saja spot di dalam kota yang sepi … adem .. banyak pepohonan … angin semilir … air mengalir … pertanyaannya didalam kota Jakarta dimana ???

Slide1

Ada beberapa tempat sih … satu tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya adalah ke River Walk Epicentrum Kuningan Jakarta. Pasti banyak yang tahu tempat ini … wong tempatnya di kota Jakarta yang ramai begini …. tapi pasti lebih banyakkk lagi yang tidak tahu kayaknya …

Slide2

air sungainya bersihhh

Tempatnya enak untuk bersantai … menikmati udara pagi, sore … bahkan siang juga oke disini … ngadem di bawah pohon. Tempatnya tidak terlalu ramai .. dan aman … banyak satpam di sekitar sini, karena disekitarannya kantor gedung2 bertingkat dan apartment. Cafe atau resto2 juga banyak di gedung Epicentrum Walk. Tinggal melangkah sebentar saja.

Slide3

banyak ikannya

Slide4

Baca lebih lanjut

Geopark Gua Agung Garunggang Sentul

 

cver

Di Sentul banyak sekali tempat wisata yang menarik. Tempat wisata modern ; jungleland, ah poong, taman budaya, sentul paradise dll. Wisata alamnya juga banyak ; pemandian air panas gunung pancar, air terjun … banyak banget – curug leuwi opat, curug kencana, dll. Tapi kalau geopark … hanya ada satu … geopark gua Agung Garunggang. Geopark yang jaraknya relatif dekat dari Jakarta. Tempat unik ini harus saya kunjungi … wajib …

Jam 5.57 tong … saya keluar dari rumah menuju tikum di daerah Cikeas, janjian ketemu disana jam 7. Debu2 pagi musim kemarau menemani perjalanan. Tiba jam 6.58 di tikum Alfa Midi Cikeas. Om Mukti dari gowesforhealth sudah nongkrong aja disana … Ini adalah gowes pertama kalinya bareng om mukti. Chit Chat dulu .. ngobrolin prediksi harga saham di NYSE dan ekonomi global … ergghh ketahuan banget boong-nya. Pokoknya tanpa pakai lama kita meluncur gowes. Melewati pabrik semen Cibinong dan sampailah di Citereup. Berhenti sebentar di pasar sambil beli kacamata, karena om mukti lupa bawa kacamata. Kacamata itu penting buat sesepedaan … menambah gaya, menambah pede ketika menanjak, menambah kegantengan … pokoknya banyak deh.

Slide2

beli kacamata biar gaya waktu gowes di pasar citereup

Musyawarah sebentar dulu … apakah mau lewat perumahan Bellanova sentul yang terus menanjak halus atau kearah jalan Tajur Citereup yang rolling naik turun. Menurut GPS lebih dekat lewat Tajur Citereup. Ya sudah diputuskan lewat sana. Melewati Pasir Mukti dan terus naik .. eh kadang menurun dan menanjak lagi lebih tinggi .. Om mukti menunjukkan keperkasaan dengkulnya … padahal sepedanya berat bangettt … tidak tahu apa saja yang dibawanya ….. ngos-ngosan saya mengikuti beliau … bikin lapar jadinya.

Pitstop makan dulu di desa Tajur ..ngobrol2 sama orang yang juga sedang makan disana … bapak ini mengklaim dirinya adalah turunan keluarga kerajaan Padjajaran …. tercatat di buku tebal … buku rahasia … yah sayang … rahasia ya … padahal saya ingin sekali baca …. siapa tahu nama saya juga ada disana.

Slide3

perjalanan di jalan raya Tajur Citereup

Untung kita makan dulu .. karena selepas pitstop ini tanjakan lebih berat …. dan sampailah kita di pertigaan … lurus menuju Jonggol dan belok kanan ke jalanan tanah menanjak menuju gua garunggang.

Slide4

percabangan .. belok kanan menuju geopark garunggang

Dititik inilah dimulai “kebahagiaan” … menanjak curam ke atas …. bisa dilalui sukses dengan termehek mehek. Sampai di puncak bukit … kita memandang hamparan perbukitan sentul yang luas … dan gersang sekali … gundul plontos .. hampir tidak ada pepohonan …. jam 10 kurang .. panas menyengat terasa benerrrr … dan terlihat sepi sekali, seluas mata memandang tidak ada perkampungan.

Slide5

di puncak bukit pertama … memandang bukit2 dan lembah2 yang harus dilalui

Dari puncak bukit terlihat jelas … jalanan tanah yang meliuk liuk yang harus dilalui … jalanan dilembah dan bukit2 lain yang harus didaki. Yang membuat heran …. didaerah perbukitan Tajur Sentul ini … terlihat banyak sekali cabang2 jalan tanah yang dibuka … buat apa ya?? Disebelah bukit lainnya bahkan … lagi dibuat jalan yang besar … kemungkinan itu untuk semacam perumahan atau resort. Kalau sekarang beli .. murah kali yauww … 🙂

Slide6

diantara lembah dan tanjakan yang harus dilalui

Dari puncak ini .. menuruni lembah kecil dan naik lagi …. turun lagi lembah dan naik lagi … dari sini menurun curam panjang ke dasar lembah …. asyikkkk .. sampailah di jembatan …. ini adalah dasar lembahnya …. artinya …. kita akan menanjak gila gila-an … jalan berpasir gembur ini sulit sekali digowes … akhirnya tun tun bike (ttb) … mendorong2 sepeda mendaki bukit terjal… sesuatu bangett … pasir gemburnya membuat ban terbenam kedalam pasir .. sulit untuk didorong … membutuhkan tenaga ekstra dan ditambah sengatan sinar matahari yang aduhaiii … peluh deras mengucur … napas ngos-ngos-an dan tenaga terkuras habis bis … #DaripadaTerkurasDompet …
Om mukti benar benar frustasi … wk wk wk … tersiksa mendorong sepedanya yang berat.

Slide7

melalui tanjakan yang paling curam

Slide8

tanjakan pasir yang gembur .. sulit di gowes dan di dorong

Slide9

menemukan pohon rindang yang dapat dipakai berteduh adalah suatu kenikmatan

Slide10

tanjakan terjal terakhir sebelum titik parkir mobil

Baca lebih lanjut

Keindahan Curug Leuwi Hejo

coverhej

Artis artis saja sudah kesini…
Masak saya yang bukan artis tidak kesini. Tempat ini lagi nge-heitss, lagi kondang. Sudah selayaknya dan sewajarnya kalau saya juga datang kesini… Menikmati keindahan alam Curug Leuwi Hejo.
Minggu pagi saya sudah ada di parkiran ruko daerah perumahan Sentul Bogor.
Start gowes dari sini.. mengarah melewati pintu gerbang Jungle Land, terus menyusuri jalanan desa sampai percabangan kanan ke arah gunung pancar dan kiri ke Curug Leuwi Hejo.
Dari sini jalanan menanjak semakin terasa… diselingi turunan2 pendek dan menanjak kembali.

Slide1Sekarang sudah banyak plang yang dipasang di pinggir jalan menginformasikan tempat2 wisata di daerah sini ; curug leuwi Hejo, curug kembar, curug barong, curug kencana, pemandian air panas kawah merah dll.. di daerah sini banyak banget wisata curugnya (air terjun).

Slide3Hal lain yang berbeda… di beberapa spot.. suka ada anak kecil me-minta2 sumbangan… bahkan ada sekelompok pemuda desa yang mencegat pemotor dan pemobil “memalak” retribusi… gilee…sayang kalau terus dibiarkan seperti ini …

Jalanannya sebagian besar sih aspal lumayan tapi di beberapa tempat masih ada jalanan yang hancur… pakai mobil sedan sih masih bisa.. tapi mesti hati2 banget. Meskipun masih ada jalanan jelek… Pemandangan alam terutama lembah2-nya memberikan hiburan selama perjalanan.

Slide4

Slide5Setelah melalui beberapa tanjakan yang curam… terutama sehabis jembatan kayu… akhirnya tiba di belokan yang ada penunjuk “Leuwi Hejo”…. yeayyyyy
Masuk jalanan tanah yang berdebu tebal… karena disini adalah semacam area penambangan tanah. Kebayang kalau musim hujan.. pasti ribet jika masuk kesini.

Slide6 Baca lebih lanjut