3 Wisata Alam Budaya Tangsel ; Situ Gintung, Rumah Puspo dan Kandang Jurang Doank

Slide1

Idenya dilemparkan om adi, saya hanya menangkap saja. Sebagai penangkap sudah selayaknya saya melakukan jemput bola mengajaknya kesana… *bulettt, jadi yang diajak mengajak…

Kembali duo goweser beda kelurahan ini mengudara … maksudnya debu2 jalanan kalimalang yang mengudara. Melewati cawang, condet, pasar minggu dan terus menyusuri pinggir tol Pondok Indah. Enjoy2 aja gowes beduaan, kadang saya di depan, kadang om adi yang narik.

Slide2

potong kompas dari Condet tembus ke Pasar Minggu

Tak terasa sudah mendekat ke tujuan pertama… Situ Gintung. Saya baru mendengar dan tahu ada situ ini ketika terjadi musibah jebolnya dam penahan situ gintung ditahun 2009 *kemana aja sehhh…
Dan akhirnya untuk pertama kalinya saya menggelindingkan ban sepeda saya di Situ Gintung.

“ om adi kenapa kita ke Situ Gintung ? ” … “nganu .. eeuuu .. dulu saya ngapelnya kesini om ..” oalahhh ini gowes clbk dong … 🙂 mengenang masa2 indah … sudut2 romantis .. saya sih seneng2 aja gowes kesini .. wong belum pernah kesini

SITU GINTUNG
Masuk melalui kampus Univ Muhammadiyah Jakarta, menyusuri sungainya yang langsung menuju pintu dam Situ Gintung. Pintu dam ini yang jebol pada hari Jum’at 27 Maret 2009. Dijalanan ini ada tugu monumen peringatan tragedy tahun 2009.

Slide4 Baca lebih lanjut

Iklan

Menikmati Pantai berpasir di Tangerang – Pantai Tanjung Pasir

Slide1

Pingin jalan jalan ke pantai ah … jadi anak pantai
Tapi kalau ke pantai daerah Bekasi di musim hujan begini jalannya hancur penuh kubangan air dan lumpur. Mending ke pantai daerah Tangerang saja … jarang saya mendengar wisata pantai daerah Tangerang. Penasaran seperti apa …

Minggu pagi matahari bersinar dengan cerahnya .. secerah hati orang2 yang bangun pagi … yeayyyy …
Jam 6 lebih saya menggowes sepeda menuju Kampung Melayu, Senen, Kota, Teluk Gong, Dadap dan terus mengarah kearah pantai yang saya tuju.

Melewati tempat2 yang belum pernah saya lalui … ini yang pertama kalinya. Tidak ada yang special …. meskipun jalanan relatif tidak ramai tapi debu debu jalanan sangat banyak … berterbangan … jalanan bisa di katakan gersang .. jarang ada pepohonan … yang terasa berbeda .. udaranya lebih panas … maklum lebih dekat ke pantai.

Beberapa kali saya potong kompas melalui pesawahan dan kampung kampung, secara jarak lebih dekat, tapi kecepatan jadi lebih lambat.

Slide2

ambil short cut … melewati pesawahan Tangerang

Pemandangan sudah mulai berbeda, di kanan kiri tampak tambak tambak yang sangat luas, dipinggir jalan banyak warung yang menjajakan udang … hmmm kayaknya enak untuk makan.

Slide3

Area tambak yang luas ketika mendekati pantai Tanjung Pasir

Baca lebih lanjut

Green Canyon Karawang – Curug Ciomas

Slide1

Green Canyon ada di Karawang ???
iya beneran .. mungkin karena sukses Green Canyon yang di Pangandaran … akhirnya buka franchise di Karawang … Tempat lainpun kalau mau buka franchise-nya silahkan hubungi nomornya …. #BohongBanget

Kalau ke Pangandaran kan kejauhan .. ya sudah akhirnya saya pergi ke Karawang saja.
Minggu pagi waktu mau berangkat hujan gerimis … ya gimana … sudah saya jalan saja. Jam 6-30-an saya samperin om adi yang siap dengan sepeda lipatnya menunggu saya di Bekasi di portal untuk menuju galaxy lain … perumahan grand galaxy. Lanjut .. gowes beriringan berdua .. diem dieman .. kayak lagi ngambek ngambekan … hanya sekali sekali kita ngobol … selebihnya diem lagi .. lha iyalah masa sepedaahan berjejeran terus berdua … diklaksonin motor mobil …

Slide2

rehat di jalan Raya Jonggol Cariu

Melalui narogong .. lalu ke jalan raya jonggol menuju kearah Cariu, perjalanannya rolling naik turun tipikal jalan disini … ga masalah sih .. yang masalah .. koq matahari jadi panas menyengat. Pit Stop makan pagi selepas perumahan Citra Indah Cileungsi, menambah energy untuk melanjutkan perjalanan.

Didaerah Tonjong Jonggol, kita bertemu 5 pegowes dari Ciracas, ada orang tuanya … weh hebat si bapak ini .. mereka hendak menuju Cirata .. Setelah ngobrol ngobrol dan nego2 … hehh emangnya ngapain …

Mereka akhirnya ikut bareng kita menuju Ciomas .. pengen nyebur .. Dari sini perjalanan kurang lebih 10 km-an lagi. Sekarang keluar dari jalan raya Jonggol memasuki jalanan desa, tidak terlalu lebar dan beraspal hotmix mulus.

Slide3

Jalanan desa Tonjong menuju Curug Ciomas yang mulus

Ritme perjalanan menyesuaikan, nyantai saja … ada senior usianya di atas 60-an .. kata temannya masih balita karena giginya belum tumbuh semua 😀
Kalau cape .. berhenti .. selonjoran .. tidur2-an … bahkan ngopi2 dulu … bener2 bersantai.

ciomas2

hiyyy … ada yang buka baju

Jam 11-an tibalah di curug Ciomas … 63 km, posisinya ada pas di pinggir jalan desa. Berhubung hari minggu .. lumayan banyak pengunjungnya. Curug ini secara administrative masuk ke daerah Karawang .. di perbatasan Karawang Bogor. Untuk masuk ke area curug mesti bayar dulu 5.000 per orang .. masih murahlah … tempat ini kelihatannya dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Slide4

Baca lebih lanjut

Gowes 5 Taman – Sepat, Dadap Merah, Spathodea, Tabebuya & Tanjung

Slide1

Jarang saya kluyuran ke Jakarta Selatan …
Apalagi ke daerah Kebagusan … kenapa dinamakan begitu ya … apakah bagusnya terlalu berlebihan …

Daripada hidup penuh kepenasaranan … ya sudah kesana aja .. mumpung ada waktu setengah hari di hari minggu ini. Meskipun minggu pagi sedikit mendung .. tapi saya optimistis .. tidak akan hujan … matahari akan bersinar menyemangati saya .. yeeaaa… Apalagi di Jakarta banyak banget matahari .. suka diskon pula lagi .. 😀

Di daerah Jakarta Selatan ini ada beberapa taman baru … sekalian jalan jalan kesana ah … enakkan sekali pukul dapat .. ehh .. ga cocok kalimatnya kasar .. sekali dayung tiga empat pulau .. ehhh tapi ini kan didarat … ya sudah pokoknya begitu deh …
Siapa tahu kalau bermain ke taman dapat inspirasi … untuk menggubah sebuah lagu … untuk membuat puisi .. atau .. untuk beli barang … yaelahhh .. beli barang mah yang penting ada duit.

Minggu pagi … jalanan sudah cukup ramai .. namanya juga kota metropolitan yang selalu begadang … melewati cawang .. lalu condet .. karena saya set GPS untuk “ on foot mode “ .. jadi beberapa kali melewati gang2 kecil … tembus2 di daerah Pasar Minggu dan mengarah ke Depok. Sampai juga di daerah Kebagusan … jalannya tidak terlalu besar dan banyak belokan belokan. Tapi di daerah sini lebih banyak pohon dan lebih adem dibandingkan daerah timur. Kenapa ya daerah timur tidak banyak di tanami pohon2 …

Taman yang pertama saya kunjungi sesuai jalur perjalanan adalah Taman Sepat.

Taman Sepat
Jl. Sepat I, Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Koordinat Google Maps -6.305659, 106.832225

Slide2 Baca lebih lanjut