Walahar – ekspedisi susuri sungai Kalimalang

 

coveer war

Dari dulu maju mundur
Ke Walahar ga… ke Walahar ga… begitu seterusnya, kayak menghitung suara tokekkk…

Pengen banget ke walahar…. tapi ngebayangin… menyusuri jalanan kalimalang sepanjang itu….jalanan lurus yang membosankan ditambah panas terik dan motor yang garang2. Jadinya selalu menunda nunda.

Tapi saya niatin untuk kesana. Perlengkapan dan camilan serta pisang sudah di packing di gembolan belakang.

Jam 5an pagi, sudah ready.. masih gelap… mendung mau hujan ga ??…check aps cuaca (canggih ya sekarang..), katanya panas dan berawan. Ohhh ok ….sippp … jam 5.20 berangkat… masih gelap… nyalain lampu depan belakang.
Sampai kalimalang… motor2 jam 6 kurang begini sudah banyak… kenceng2… mau kemana ya mereka… mau olah raga kayaknya ya…

Gowes santai saja, di sisi paling pinggir … udara masih enak.. tapi debu2 sudah terasa. Terpaksa pakai kacamata, meskipun kacanya coklat tipis. Tapi bikin sedikit tambah gelap… ga apa2lah

Dulu jalanan kalimalang di daerah cikarang… hancur … sekarang sudah beton mulus. Jam 6.45-an sudah sampai di dekat gerbang Delta Mas…. tercatat 32 km…. horeeee tinggal setengah jalan lagi ke walahar.

IMG_0021

horeeee …. sudah 32 km … 1/2 pejalanan lagi ke walahar

Perjalanan ini track-nya hanya menyusuri sungai kalimalang… pokoknya dari daerah tol bekasi timur… bisa dibilang… hampir tidak ada pepohonan … gersang.. gowes pagi masih okelah panasnya.
Saya perhatikan sungai kalimalang ini beberapa kali melintasi lewat atas sungai2 yang melintang dibawahnya. Di satu titik malah… sungai kalimalang ini seperti underpass… melewati sungai kebawah… kerenn. Bisa dilihat di link ini.
Sebagai info ; sungai kalimalang adalah sungai buatan dari bendungan jatiluhur sampai ke pengolahan air di cawang, menjadi sumber air PAM bagi warga jakarta. Air sungainya bisa dikatakan relatif tidak kotor dibandingkan sungai lainnya yang ada di jakarta karena selalu dirawat.
Menyusuri kalimalang ini… kita melihat berbagai macam moda penyebrangan ; jembatan beton, jembatan kayu, perahu getek, rakit dan ada juga jembatan apung…

IMG_0030

rekayasa teknologi …. jembatan apung

IMG_0100

jembatan besi

IMG_0109

jeram kalimalang

Selepas… fly over tol cikampek… di daerah karawang… senang banget… karena sudah dekat – 10 km lagi.

Melewati gerbang pemakaman mewah Al-azhar dan pabrik uang – Perum Peruri gede banget kompleknya.

Baca lebih lanjut

Iklan

menemukan “sesuatu” di perkampungan Bekasi

cover

Tadinya sih hanya ingin gowes dekat2 aja …
Dipikir2 lagi … mending kearah bekasi yang belum saya blusuki
targetnya suatu area yang banyak danau2 kecilnya.
Dalam suatu area banyak danau … wow …

Pagi2 sudah mendung …
menyusuri jalanan kalimalang yang tidak macet … hati2 dengan pemotor
Pemotor ga bisa lihat jalanan kosong … langsung ngebut
mungkin mereka lagi berusaha mencatatkan waktu tercepat kualifikasi supaya besok senin pergi ngantor start-nya bisa lebih dulu ..…

memasuki jalan raya setu …. koq mendung tambah menggayut ya …
Disitu jadi ragu … lanjut atau muter balik …

Lanjut aja … kalau hujan paling basah ..
Mengarah ke Telajung … suasana sudah berubah lebih asri

IMG_0044a

traffic jam di kampung …

gowes santai saja sambil menikmati suasana daerah sini

berhubung track yang di buat di set di on foot jadi kadang gps menunjukkan arah ke jalan2 setapak tanah merah yang becek hancur karena hujan … sebisa mungkin saya hindari … daripada kotor2-an … terjebak di lumpur … jadi mencari jalan lain .. yang biasanya lebih memutar.

Melintasi daerah pengrajin batu bata … banyak sekali pengrajin batu bata disini … dampaknya banyak area2 tanah bolong yang jadi kubangan air yang besar bekas area penggalian. Tapi herannya .. jalanan di area ini .. kanan kirinya ditumbuhi pohon2 … asri dan adem.

IMG_0047a

pabrik pabrik batu bata

IMG_0056a

daerah pabrik2 bata .. banyak pepohonan di kanan kirin … asri

IMG_0053a

pabrik batu bata .. banyak bertebaran di daerah sini

Meskipun beberapa kali berhasil menghindari jalanan becek … tapi kadang2 … tidak bisa … harus nyemplung juga… di suatu titik berhasil memutari jalanan becek … tapi tetap ketemu jalanan hancur …. puter ga ya … di depan ada motor matic meliuk liuk melewati kubangan2 …. saya perhatikan ban motornya tidak banyak tanah menempel …. aman …. saya juga pasti bisaaaaa

Baca lebih lanjut