jelajah kota Bekasi – Urban Discoveries

Beberapa kali kluyuran di pelosok Bekasi.
Tapi jarang jelajah kotanya, menyambangi tempat menarik.
tidak hanya sepintas melintas.

Ono opo nang Bekasi
Ado apo di Bekasi
Aya naon di Bekasi

Ada saatnya blusukan ke kampung dan ada saatnya kluyuran di kota.
Pagi mendung gowes santai melalui Kalimalang dari Jaktim menuju luar kota, menuju Bekasi. Jalanan Kalimalang amburadul oleh pembangunan tol Becakayu .. kadang jalan lebar .. kadang menyempit, kadang bergelombang .. kadang bolong bolong

dibawah proyek jalan tol Becakayu Kalimalang

Baca lebih lanjut

Mencari Inspirasi di Kebun Taman Sari

Ada tempat asyik di Bekasi
Namanya Kebun Taman Sari
Tempatnya adem dan tenang
Serasa bukan di Bekasi
Berasa di pedesaan

Mumpung selasa libur Nyepi bisa kluyuran.
Lokasi yang dituju tidak jauh dari rumah .. cocok untuk trip ½ hari sudah termasuk nyantai nyantai.

Libur Nyepi ini jalanan Kalimalang tidak terlalu ramai, gowes terus melalui Grand Galaxy, Narogong dan di daerah Jl Setu Bantar Gebang saya belok ke jalan kecil melalui kampung kampung, menghindari jalan utama.

Suasana langsung berubah … melewati pesawahan, kanan kiri masih rimbun pepohonan, masih ada rumah2 bilik bambu khas pedesaan. Udaranya segar … asyikkk.

melewati pesawahan Bekasi

Dibeberapa tempat memang sudah dan sedang dibangun mini cluster perumahan dan bahkan komplek2 perumahan yang skalanya lumayan besar. Tapi masih banyak area hijaunya … mudah2-an masih terjaga harmonisasi dengan alam dan petani untuk bercocok tanam .. tidak berubah semuanya menjadi perumahan.

masih banyak area rimbun pepohonan

Baca lebih lanjut

Spot unik kali CBL Bekasi – Kapal Terdampar

Unik dan aneh … ada kapal boat “markir” di CBL
apaaAAaa BCL ??? … bukan Ce Be eL
bukti bahwa wisata maritim Bekasi dari dulu sudah mau menggeliat .. ???

ini sih sungai BKT bukan kali CBL. Sungai BKT terlihat bersih dan terawat

Sesuatu yang unik layak untuk dikunjungi, meluncurlah saya kesana di minggu pagi ceria.
Menyusuri jalanan BKT mengarah ke Marunda dengan menggowes santai menikmati sinar matahari pagi, dan ternyata sekarang di beberapa tempat di area BKT ini jadikan area Car Free Day … bagus sih … tapi kadang badan jalan dijadikan tempat senam ibu ibu … ada yang bisa dilewati … ada yang harus melipir ke gang gang dulu.

area perumahan Harapan Indah Bekasi

Baca lebih lanjut

ketemu buaya darat di Taman Buaya Bekasi

taman-buaya-bekasi

dasar buaya …
eitsssss…

kenapa sih buaya jadi kambing hitam … setahu saya sih buaya bukan kambing.
Ya sudahlah … tidak perlu dipusingkan .. mending jalan jalan saja lihat si buaya ini di Taman Buaya Bekasi.

Beberapa kali saya hanya lewat luarnya doang… belum tergugah untuk masuk ke Taman Buaya.

Mumpung akan plesiran kesana, sekalian saya pilih rute untuk mampir ke tempat2 lain yang menarik dan searah menuju kesana.

Jam 7 kurang saya baru berangkat, sengaja pilih rute terpendek dari kalimalang menuju jl narogong raya Bekasi. Melalui jalanan bahkan gang kecil di daerah Jatibening.

rute terpendek … kenyataannya jadi lebih lama. lewat gang2 .. gowesan ga bisa cepet2 …. dan polisi tidurnya itu lho… banyak benerrr. Mulai dari yang sopan sampai yang dibuat seperti tanggul.

akhirnya sampai jl narogong dan belok ke jalan Raya Setu Bantar Gebang. Terus aja lanjut berbelok belok menyusuri jalanan yang relatif sepi.

Situ Rawa Sadang
Sampailah di target pertama …. Situ Rawa Sadang. Bisa dibilang situ ini adalah yang terbesar dari sekian banyak situ2 yang ada diarea sini.

slide6

Akses masuk dari jalan raya Serang Cibarusah menuju sisi situ tempat warung2 ikan bakar

Baca lebih lanjut

Mencari secuil sejarah Cibarusah Bekasi – Rel Kereta Dogong

slide3

konon… pada zaman dahulu .. zaman penjajahan Belanda di daerah Cibarusah Bekasi ada rel kereta.
kereta bukang sembarang kereta tapi kereta dogong.

kereta dogong ???

apaan.. .. bingung kan…

menuntaskan kebingungan, saya pergi kesana, melakukan ekspedisi pencarian sisa sisa rel dogong.

Untuk mencapai kesana, saya blusukan ke area pelosok bekasi, melalui daerah2 yang pernah saya lalui dan daerah2 yang belum pernah saya lalui… daerah2 pelosok bekasi yang baru pertama saya lihat.

slide1

daerah pelosok bekasi suasananya masih pedesaan… pesawahan., kebun2 … pepohonan dan rumah2 tipikal desa. di kota punya punya halaman luas… wong sugih… di desa… orang biasa saja… orang yang hidup sederhana.

memasuki daerah Serang Baru, suasana berbeda, disini banyak sekali pabrik2 tradisional pembuat batu bata. dampaknya…. banyak lubang2 besar yang akhirnya menjadi kolam bahkan menjadi danau yang besar. otomatis disini banyak sekali danau2 buatan… bisa dikatakan daerah seribu danau.

slide4

danau bekas penambangan bata merah

slide15

pabrik2 bata merah

lanjut lagi klayapannya.. dan … sebentar lagi akan melalui daerah “malam” di pelosok bekasi, saya suka heran …. koq di tengah2 daerah pesawahan dan danau2 .. ada komplek cafe2 dangdut dan karaoke2. di pagi hari begini komplek sepi … tapi ada wece2 pakaian “irit bahan” yang sudah bangun dan nongkrong di depan cafe. ya inilah realita yang terjadi.

slide14 Baca lebih lanjut

Mencari Cinta di Jembatan Cinta Tarumajaya Bekasi

Jembatan Cinta

Apakah Anda belum menemukan cinta di kehidupan ini ?
Apakah Anda sedang mencari cinta ?
Apakah Anda Rangga ?? #AADeCe keless

Kalau juga belum menemukan cinta … tenang .. coba deh cari di Jembatan Cinta … mungkin jembatan ini bisa menghubungkan anda dengan cinta.

Jembatan Cinta ini ada di daerah Bekasi dekat pantai Marunda.
Untuk menuju kesana, jam 6.30-an pagi saya sudah menyusuri Banjir Kanal Timur (BKT) menuju pantai Marunda. Sepanjang perjalanan relatif sepi .. dan hanya sedikit ketemu penggowes, mungkin orang orang pada upacara kali ya .. lha saya malah sepedahan …

Udara pagi yang segar, matahari cerah dan jalan yang sepi .. bener2 nyaman untuk sesepedahan. Tak terasa sudah di daerah pantai Marunda, sampai disini suasana berbeda … jalanan berdebu, kadang berlobang lobang dan bergelombang disertai truk container lewat, kebayang kalau hari kerja .. pasti padat dan banyak sekali truk container lalu lalang, karena disini memang area pergudangan, menjadi pemandangan yang lazim melihat box box container warna warni yang disusun tinggi dan berderet deret.

Dari Marunda sepeda di arahkan ke PLTU Muara Tawar. Ketika berbelok menuju PLTU, jalanan menjadi mulus, beton cor, sepi dan mulai ada beberapa lapak penjual ikan, kerang, kepiting dll. Perjalanan dilanjutkan mengitari PLTU menuju crematorium Nirwana, bau amis laut mulai terasa …

Tepat di dekat pintu masuk krematorium Nirwana, belok kanan.. ada portal dan papan “Gerbang menuju Jembatan Cinta”. Masuk ke area perkampungan nelayan dan ada pasar ikan.
Kalau mau belanja hasil laut kayaknya murah deh disini … ayo main2 kesini sekalian beli ikan laut. Tempat parkir mobil lumayan luas. Sebenarnya untuk masuk ke area ini, jika bawa kendaraan dikenakan tiket parkir, bayar diportal, tapi pesepeda sih .. nyantai aja gowes masuk.

Jembatan Cinta Bekasi

Dan … taraaa … sampailah di Jembatan Cinta.
Dinamakan Jembatan Cinta karena sepintas mirip Jembatan Cinta yang ada di pulau Tidung. Ya sebelas dua belaslah ..Sebenarnya ini adalah Pusat Restorasi Pembelajaran Mangrove kabupaten Bekasi. Baca lebih lanjut

Berwisata seru di Bekasi

wisata Bekasi

Mau jalan2 .. wisata di sekitar jabodetabek … bingung kemana … ?? masak sih bingung …. sudah cek Bekasi belum ?
ada banyak … bannyakkk tempat wisata disana. Mau apa aja ada kalau memang ada, kalau ga ada bisa cari di tempat sebelah koq .. atau disebelahnya lagi.

Orang mengenal Bekasi umumnya sebagai kota industri, banyak pabrik, banyak kawasan industri. Orang mengenal Bekasi sebagai “area lain” … debunya banyak, gersang, sampah2 dan lain sebagainya. Memang kenyataan begitu koq .. Itu sih hanya sebagian saja dari area Bekasi, masih banyak tempat yang adem, tempat yang menarik, tempat yang asyikk .. yang serasa bukan ada di daerah perkotaan. Baca lebih lanjut

‎Nun jauh ke Tempat Juragan ; Rumah Tuan Tanah Pebayuran

bayur2

Di Bekasi main kemana lagi … yang alami atau bersejarah …
Dari info mengenai tempat2 bersejarah di Bekasi, salah satunya adalah rumah Tuan Tanah Pebayuran.
Lokasinya ada di ujung Bekasi, dekat batas Karawang. Di pelosok Bekasi…. Bekasi di bagian galaxy lain… 😉

Berhubung lumajan jauh… supaya tidak terlalu siang, jam 6.01 saya sudah berangkat…. Melewati tambun, cibitung, lemah abang, cikarang… melalui jalanan besar luar kota, jalan utama lama yang menghubungkan ke jalur legendaris .. jalur Pantura. Berhubung masih pagi.. jalanan belum terlalu ramai tapi motor cukup kenceng2. Gowes nyaman di pinggir… memasuki daerah cibitung… ini pertama kali saya berada di daerah ini. Ya begini begini aja sih … ga ada yang special … tidak beda dengan daerah lainnya disekitar Bekasi, banyak industri2 besar.

Slide2

di daerah Cikarang menuju Pantura

Kruyuk Kruyuk…. koq kayak suara ayam sih… emang ada ayam ….. kenyataannya ini adalah panggilan perut, sudah saatnya untuk makan. Berangkat gowes belum makan …. sudah 25 km-an baru terasa .. pantesan gowes makin melemah … bukan karena pengaruh Lemah Abang nih.
Pas melihat cafe.. eh resto.. eh warteg deng .. saya langsung melipir… loading dulu. Kalau lagi cape lapar begini.. makan apapun enakkk, sekalipun makan di warteg.

Slide3

sarapan dulu selepas Lemah Abang

setelah makan, untuk mempersingkat jarak, saya ambil jalanan memotong melalui pesawahan…. sejauh mata memandang sawah terhampar.. mungkin luasnya ratusan bahkan ribuan hektar, karena memang daerah di sekitar Pebayuran ini adalah lumbung padi di daerah Bekasi …Disini masih ada burung putih strip hitam berterbangan… tidak tahu apa namanya.
Asyikk juga melihat orang bertani… pemandangan yang jarang dilihat bagi orang kota.

Slide5

di suatu desa mendekati daerah Pebayuran

bayur3

Jalanan memotong ini 83% beton … enak untuk gowes.. 8.4% jalanan berbatu dan 8,6% jalanan tanah. Nggak percaya…. Yuk hitung aja… Baca lebih lanjut

Ternyata di Bekasi ada 2 air terjun

Slide1Orang mengenal curug di Bekasi adalah curug Parigi atau kadang disebut juga curug Pangkalan Lima, karena adanya di daerah sana. Ternyata ada lagi air terjun lain di Bekasi … banyak sekali yang lalu lalang di daerah ini .. tapi kebanyakan tidak aware … tidak ngeh … tidak tahu … tidak menyadarinya … tidak sadar .. emangnya pingsan ..

Rencananya minggu pagi ini mau ke tempat yang agak jauh ..
Pas mau berangkat .. ternyata ga bisa lama2 … ada urusan harus kembali cepat ke rumah… #FamilyFirst

gowes ga jelas … muter2 sekitar bekasi … kaditu kadieu …merono merene …
Sekoyong koyong … dari jalanan tidak padat berubah jadi macettt … ternyata pedagang sayuran memenuhi sebagian jalan … ditambah angkot dan bis2 besar …. bener2 klopp … arrgghhh

kenapa ada pasar tumpah dan bis2 begini ??? … ternyata saya memasuki area Pasar Baru Bekasi dan Terminal Bekasi … pantessss …. kenapa saya gowes lewat sini pula … sabarrr sabarrr .. selepas area ini jalanan cukup lengang .. sampai Bulak Kapal … kayaknya saya harus balik kerumah .. mengambil rute yang menyusuri sungai Kalimalang.Slide2Ketika sampai di daerah dekat pertemuan sungai Kalimalang dan Cikeas … penasaran … bagaimana sih situasi, kondisi, atmosphere dan penampakan disana … sering banget saya lewat daerah ini .. tapi belum sekalipun saya masuk ke area dalamnya.Slide3

Baca lebih lanjut

XC di dalam kota – Bicycle Park Summarecon Bekasi

Slide3

Menurut hemat saya…. (soalnya kadang suka boros) … area bekasi yang saiki populer (bisa di bilang kekinian gak ya…) adalah summarecon bekasi. Mau nge-mal kesini, kulineran kesini … mau olah raga juga .. sabtu minggu .. ramai juga kesini. Bisa sepedaan, lari pagi, jalan santai, nongkrong2 … jajan2 …
Cukup sering juga saya sesepedahan kesini… Muter2 jalanan aspal mulus, apalagi pesepeda roadies gowes kenceng2, kalau MTB bisa juga main di track XC … disini ada bike park.

Slide14

Slide22

Slide2

Slide13

Slide21

Sabtu pagi ini hanya ingin sesepedahan ga jauh2…. ya kesinilah saya….
Melewati jembatan yang sering banget muncul di TV .. di jadikan tempat/background beberapa iklan TV. Ternyata di area track MTB … ramai pesepeda, sedang ada perlombaan “Summarecon MTB XC Race” Baca lebih lanjut