Taman Thematic di Bekasi – Taman Sehati

Melihat photo2 di internet sepertinya Taman Sehati ini sangat menarik untuk didatangi. Di Bekasi jarang ada taman thematic .. tapi taman Sehati bisa di kategorikan taman thematic .. menarik untuk dikunjungi.

Melaju dari Kalimalang menuju Cikarang tidak ada ada kejadian spesial .. menggelinding begitu saja .. jam 8 kurang sudah masuk area Jababeka. Seumur umur baru kali ini saya kesini.

Memasuki area jalanan 2 lajur yang besar lebar dan beraspal. mulus. Melewati gedung2 perkantoran … gedung2 hotel.. saya baru ngeh.. ternyata disini banyak hotel .. hotel2nya berderet … tinggal dipilih. Lanjut melewati ruko2 .. cluster2 perumahan dan… tibalah di Stadion Wibawa Mukti. Baca lebih lanjut

Iklan

Destinasi baru, piknik nuansa desa di Bekasi — Taman Limo Jatiwangi

Banyak daerah yang terinspirasi daerah lain dengan membuat destinasi wisata dengan memanfaatkan resources yang dimiliki. Salah satunya adalah desa Jatiwangi di Cikarang dengan membuat Taman Limo Jatiwangi.

Taman Limo Jatiwangi ini tergolong masih baru, dibuka beberapa bulan lalu … masih gress. Piknik kesana ah … Minggu ini adalah hari terakhir 2017 .. biasanya sih anak2 sepeda menyebutnya #LastSundayRide… atau mungkin cocoknya #LastSundayPicnic.. hehe.. ya atur aja deh..

Pokoke minggu terakhir ini saya piknik ke Taman Limo Jatiwangi.
Dari Kalimalang melewati Mettmall melipir dulu sebentar melihat sisi sungai yang sudah dirapihkan.. tempatnya asyik untuk bersantai… butuh sedikit sentuhan lagi supaya lebih indah dan lebih nyaman dan lebih asyikk ; ditambahkan tempat duduk menghadap ke sungai apalagi jika tepian sungainya di buat berkelok kelok … pasti keren … hehe banyak maunya ya ..

Lanjut lagi menyusuri kalimalang lalu berbelok belok ke jalan kecil dan gang mengikuti panduan gps mode jalan kaki tapi malah kacau beliaw … ada jalan yang sudah di tembok adayang sudah jadi bangunan besar… pabrik … ujung ujungnya kembali ke panduan kuno manual .. pilihannya call a friend atau ask a stranger.. saya pilih opsi ke dua, akhirnya sampai ke destinasi. Baca lebih lanjut

Menyaksikan bayi bebek Raksasa – Giant Yellow Duck di Meikarta

Kisah bebek ini .. Giant Yellow Duck .. yang berkelana keliling dunia membuat saya penasaran ingin melihat langsung menyaksikan. Sekalian lihat balon balon warna warni … pengen main balon lagi mengenang masa masa kecil ..

Melaju dengan santai menyusuri Kalimalang menuju Cikarang. Melewati Metmall dan terus .. jalanan tidak teralu ramai, kring kring … sesekali ketemu sama rombongan pegowes.

Disatu titik di daerah Cikarang belok kanan keluar dari Kalimalang dan masuk ke jalanan kampung .. melewati rumah2 penduduk lama. Dan .. balon balon sudah terlhat .. sebetulnya bisa melalui area belakang Central Park (nama taman danau di Meikarta).. tapi berhubung jalanan tanah merah lembek karena hujan semalam .. saya terus mengikuti jalan kampung dan muncul di sisi depan area Central Park.

Jam 8an .. parkiran Central Park yang sangat luas hanya diisi beberapa mobil dan motor. Mungkin karena luas .. jadi hanya berkesan kendaraannya sedikit. Tidak ada tiket masuk alias gratis untuk masuk Central Park. Baca lebih lanjut

Mata Air Bekasi – Situs Sumur Batu

Di Bekasi ada mata air ?

Heran kan … daerah Bekasi yang bisa di bilang flat … datar, banyak pabrik dan perumahan … mana mungkin..

Kenyataannya … selama kluyuran di Bekasi memang masih ada mata air.. benar … dan umumnya di keramatkan, seperti Sumur Ambaro, Sumur Binong, Sumur Awisan.

Tapi yang ini kabarnya mata airnya lebih wah … dan juga di keramatkan, namanya Situs Sumur Batu. Ternyata nama Sumur Batu ada di beberapa tempat… di Bekasi juga ada.

suasana desa di daerah Bekasi, jalanan sepi dan rimbunnya pohon bambu

Posisinya tepatnya saya tidak tahu hanya tahu daerahnya di Sumur Batu Bekasi…. ya berangkatlah saya kesana, melewati kalimalang, kemang pratama, narogong dan berbelok belok terus masuk ke dalam dalam. Baca lebih lanjut

Piknik ke pelosok Bekasi ; Gabus Desa Wisata dan Danau Arjuna Samba

Seiring dengan masyarakat Indonesia yang semakin sadar piknik, tempat tempat wisata baru bermunculan, tak ketinggalan juga di daerah pelosok Bekasi. Sekarang ada desa Wisata .. Desa Gabus dan tempat makan yang memiliki danau buatan Danau Arjuna Samba.

klayaban ke situ di area sekitar Gabus Bekasi

Pergi nyantai aja, berangkat jam 7 lebih .. eitss jadi semakin siang aja … biasanya anak sepedahan keluar jam 6 kurang .. tapi ngga apa2 yang penting pergi piknik .. horeee.
Dari Kalimalang melewati area CFD Bekasi mengarah ke Summarecon yang padat dan ramai .. benar2 tumplek blegh. Selepas Summarecon menyusuri jalan Perjuangan kemudian belok ke arah Tambelang. Biar tidak bosen melewati jalan raya dan jalanan aspal terus maka dibuat agak melipir melipir dikit sekalian lihat pesawahan dan situ yang ada didaerah sana. Sebenarnya kalau situ yang ada ini dibuat bersih dan dibuat menarik bisa juga di jadikan tempat piknik. Sayang sekali suka aja ada sampah2 berserakan.

Beberapa kali kluyuran di daerah Bekasi yang di area ini .. satu yang tidak banyak berubah adalah gundukan2 sampah di pinggir jalan .. heran deh .. #KenapaCoba. Beda banget dengan Bekasi area lainnya yang relative lebih bersih. PR bagi masyarakat dan pemerintah untuk berbenah.

GABUS DESA WISATA
Ketika melewati tugu Golok artinya sudah sampai di area Gabus. Kampung ini dinamakan Gabus karena dulunya banyak ikan gabus disini. Otomatis disini ada waung gabus pucung makanan khas daerah Bekasi. Selain ikan gabus jika pada musimnya disini banyak ditemukan penjual timun suri karena selain hamparan sawah yang luas di daerah sini masih banyak petani timun suri, bisa dikatakan jika musim ramadhan maka pasokan timun suri untuk Jabotabek datangnya dari daerah sini.
Nama lain dari Kampung Gabus adalah kampung Jawara karena dari tanah ini secara turun temurun banyak lahir para jawara, makanya golok menjadi logo kampung ini.

warung Golok di pinggir jalan utama kampung Gabus

Baca lebih lanjut

Hutan Tersisa di Bekasi – Hutan Kebun Belanda

Siapa sangka Bekasi masih punya hutan .. bukan taman hutan kota .. ini bener2 hutan yang vegetasinya lebat. Hutan itu disebut Hutan Kebun Belanda.
Lokasinya didaerah Tambun Bekasi, daerah yang penuh dengan komplek2 perumahan baru .. ternyata masih tersisa.. sepotek hutan disana.

Hari minggu saya meluncur kesana melalui area CFD Bekasi yang sangat ramai dan padat oleh warga terus melalui jalan yang yang sudah ramai dan penuh dengan bangunan kehidupan kota – toko toko, ruko, perumahan dan juga komplek perumahan baru yang sedang dibangun. Berkilo kilo meter saya melalui area Bekasi yang sudah padat dan ketika mendekat ke titik lokasi mulai suasana berubah masih ada tanah2 kosong, pesawahan dan kebun penduduk. Baca lebih lanjut

Secuil Hutan di kegersangan – Hutan Jeng Jeng Deltamas Cikarang

Jika melewati tol Cikampek di siang hari bolong pasti terasa banget panas menyengat … begitu gersangnya area ini.
Tapi dikegersangan tol Cikampek ada satu tempat yang teduh, satu area dengan pohon yang cukup lebat seperti hutan kecil, tepat di pinggir tol di sisi kota Deltamas.

Dari dulu bolak balik tol Cikampek area ini bikin penasaran. Pernah sekali, sepedaan kesini itupun sudah lama, saat di Deltamas ini area perumahannya masih sedikit selebihnya area kosong yang berbukit2 seperti padang savana seperti bukit teletubies.

Dihari minggu ini saya mau kesana lagi, ingin nengokin bagaimana kondisinya sekarang..
Start jam 7 lebih… lumayan telat, bakalan makin panas diperjalanan..

Perjalanan hanya menyusuri Kalimalang.. terus aja .. melewati Metmall Bekasi.. lurus aja pokoke susuri aja jalanan di sisi sungai Kalimalang, jalanan tidak begitu ramai, tapi malah agak sedikit khawatir karena motornya kenceng2.

Disatu titik belok kanan menyebrangi sungai Kalimalang lalu menyebrangi tol Cikampek dan langsung masuk area pinggiran kota Deltamas, terus masuk kedalam dan berada dijalanan utama dua jalur yang lebar dan beraspal hotmix mulus.

jalanan lama sudah ditumbuhi pohon pohon

jalanan baru hotmix mulus tapi gersang

Sepi.. tidak ketemu yang olah raga atau sesepedaan.. ya iyalah sudah jam 9-an sudah makin panas.. orang2 sudah pada balik. Baca lebih lanjut

Di Ujung Kepala Burung Bekasi – Ujung Muara Citarum, Pantai Bahagia Muaragembong

Selalu penasaran ada apa sih di ujung Kepala Burung Bekasi.

Selalu penasaran ada apa sih di muara sungai Citarum.

Travelling kesana adalah perjalanan menuju ujung dunia Bekasi.. 😀

Perjalanan ini selalu tertunda tunda, akhirnya momennya tiba pada musim kemarau ini.. ya mesti musim panas menyengat, karena kalau musim hujan jalanan kesana tidak bisa dilalui, banjir.. dan menjadi kubangan lumpur lembek.. tidak bisa dilalui.

Dari beberapa teman yang saya ajak yang mau gowes jauh dan “tersiksa” .. akhirnya pas hari H hanya ada satu “survival” yang tersisa .. om maryono. Meskipun sebelum berangkat mengajukan berbagai pertanyaan – dengan siapa, lewat mana saja, berapa kali naik perahu, ada apa, dst dst .. ehh ini lagi Panitia Hak Angket atau apa .. sudah mau ikut atau tidak… ikut katanya.
Sudah bungkusss. Berhubung akan melewati daerah antah berantah yang kosong melompong berkilo kilo meter yang jauh dari peradaban … maka satu teman yang menemani akan sangat berarti … #Caelahhh

Seperti biasa jam setengah tujuhan pagi baru berangkat. Melewati Harapan Indah (HI), janjian om Maryono jam 7 disana.

Dari HI kita gowes beduaan, sesuai pesan saya.. si om bawa banyak air di backpack-nya. Saya juga sudah siap, selain bawa backup minuman digembolan juga buff penutup wajah bahkan pakai sun block, saya khawatir kulit saya hitam dan kusam .. #OngkosSalonMahal.

Setelah gowes beberapa saat lalu kita menyebrangi kali CBL dengan perahu eretan.

Menara “api abadi” tambang gas Pertamina Pondok Tengah

Selepas penyebrangan ini .. dimulailah perjuangannya, menyusuri jalanan pipa gas Pertamina Pondok Tengah, di daerah sini banyak tambang gas Pertamina, tipikal jalanan makadam dan jalanan tanah hampir 50 km pp. Yang membuat cape selain panas polll menyengat, tiupan angin dari depan… juga bokong yang kebas… ajrut ajrutan di jalanan makadam dengan sepeda rigid …. adowww mak..

tipikal jalan dan daerah yang gersang melompong

Baca lebih lanjut

Be Inspired at Rumah Pelangi Bekasi

Tempat tempat yang dikunjungi umumnya karena daya tarik keindahan alam atau unik  … jarang yang seperti itu atau… tempat yang memiliki sejarah.

Tapi jika ada tempat yang membuat kita terinspirasi… maka tempat itu sebenarnya sangat menarik dan sangat layak dikunjungi.

Salah satu tempat itu adalah Rumah Pelangi yang berada di pelosok Bekasi.

Menuju kesana saya melalui area Summarecon dan terus menyusuri jalanan pinggir kali di jl Raya Perjuangan dan berbelok untuk menyusuri kali yang lebih besar …. sungai Bekasi. Terus saja ikuti aliran sungai ini. Jalanan relatif sepi mungkin karena masih pagi dan hari libur pula jadi masih pada malas bangun.

Sepanjang perjalanan rumah rumah padat berjejer sambung menyambung sampai di satu titik rumah2 makin jarang dan jalanan makin sepi.  Pesawahan dan kebun mulai menjadi teman perjalanan.

hmm .. sepi begini .. bagaimana ya ..

menyebrang sungai Bekasi

Belok dari jalan desa ke jalan yang lebih kecil dan langsung masuk ke area kuburan Tionghoa. Di Bekasi area sini memang terdapat beberapa kuburan Tionghoa yang bertebaran di beberapa lokasi. Baca lebih lanjut

jelajah kota Bekasi – Urban Discoveries

Beberapa kali kluyuran di pelosok Bekasi.
Tapi jarang jelajah kotanya, menyambangi tempat menarik.
tidak hanya sepintas melintas.

Ono opo nang Bekasi
Ado apo di Bekasi
Aya naon di Bekasi

Ada saatnya blusukan ke kampung dan ada saatnya kluyuran di kota.
Pagi mendung gowes santai melalui Kalimalang dari Jaktim menuju luar kota, menuju Bekasi. Jalanan Kalimalang amburadul oleh pembangunan tol Becakayu .. kadang jalan lebar .. kadang menyempit, kadang bergelombang .. kadang bolong bolong

dibawah proyek jalan tol Becakayu Kalimalang

Baca lebih lanjut