Tambah lagi wisata mangrove di Bekasi — Sunge Jingkem

Ada lagi spot destinasi keren di daerah romansa Bekasi
Berdekatan atau tetanggaan dengan Sungai Rindu.

Namanya tidak ada nuansa nuansa romantis
Namanya Sunge Jingkem
Mingkem …. ??? Jingkem … Sunge Jingkem.

Mungkin Jenuh mendengar manisnya kata cinta …
Hmmm …. Kayaknya quote ini pernah dengar …

Menyusuri Banjir Kanal Timur (BKT) ke arah muara

Ya sudahlah saya pergi kesana, jam 7 kurang sedikit meluncur dari rumah dengan menyusuri BKT kemudian masuk ke perumahan Harapan Indah Bekasi …. ke area pengembangan baru … jalanannya besar besar … masih banyak area kosong dan sebagian sudah ada cluster cluster perumahan baru.

Keluar dari area perumahan menyusuri pesawahan membentang … yang kayaknya tinggal nunggu waktu untuk berubah menjadi perumahan. Lalu berbelok lagi kejalan yang lebih kecil …. Sebelah kiri adalah jejeran perumahan yang jarang jarang dimana bagian belakangnya adalah pesawahan dan sebelah kanan adalah sungai irigasi yang airnya hitam pekat. Jalannya adalh cor semen … kadang mulus … kadang hancur.


Panjang juga menyusuri jalanan ini sampai ketemu lagi jalan yang lebih besar, memotong pembangunan jalan tol JORR baru lalu berbelok lagi ke jalanan kecil bahkan masuk gang dengan perumahan yang tidak terlalu padat dan muncul muncul di area kosong blong … di area tambang gas pertamina … menyusuri jalan berbatu yang di area sisinya bentangan pipa gas, sisi kanan kirinya adalah rawa atau pesawahan yang mengering karena musim kemarau.

Setelah beberapa kali belak belok ditanah gersang ini … akhirnya mentok sungai Cikeas … atau ada juga yang menyebutnya sungai CBL, sepeda belok kiri mengarah ke muara, jarak sekitar 2 km-an lagi. Sebelah kanan adalah sungai yang terhalang oleh semak dan pepohonan, sebelah kiri adalah semak belukar dan setelah beberapa meter disebelah kiri berubah menjadi hamparan tambak ikan yang sangat luas membentang.

hamparan tambak ikan

Kemudian berbelok membelah tambak ikan … melalui pematang … ada yang lebar dan ada yang cukup kecil … bikin sport jantung … deg degan …. Gowes perlahan dan konsentrasi full …. Kalau sampai kecebur …. Hancur semua reputasi yang sudah selama ini dibangun … halahhh. Baca lebih lanjut

Melihat Bekasi ; Masjid Jami Betawi Al Karomah / Mesjid Tugu NKRI dan Pantai Samudra Jaya

Kembali kepo melanda

Bermain didaerah pantai Marunda pernah kebeberapa, termasuk yang popular disana adalah Jembatan Cinta.
Bermain pantai di ujung sungai CBL pernah … sekarang di daerah sana ada yang popular jadi destinasi wisata kuliner di tepi sungai yaitu sungai Rindu.

Nah … pantai diantara Jembatan Cinta dan Sungai Rindu saya belum pernah kesana
Kalau dilihat di googlemaps versi satellite sih tidak ada tepi laut yang jelas …. Karena areanya sudah jadi rawa dan tambak ikan. Sudah terjadi abrasi air laut seiring hilangnya hutan bakau sehingga tepi pantainya “hilang”.

Tapi dasar kepo …. Mumpung musim kemarau … cocok untuk jalan jalan kesana, karena kalau dimusim penghujan jalanannya susah dilalui karena tergenang banjir rob.

Berangkatlah saya kesana, menyusuri Banjir Kanal Timur … masuk ke perumahan Harapan Indah (HI) Bekasi yang sedang mengadakan Car Free Day.

melewati komplek Harapan Indah Bekasi

Keluar dari perumahan HI dan tak lama kemudian masuk lagi ke perumahan Mutiara Gading City, terus gowes mengarah ke belakang komplek melewati cluster cluster perumahan dengan nama nama Inggris … jadi serasa gowes tembus keluar nagrek … ehhh negeri.
Baca lebih lanjut

Pencarian Danau Terbesar di Bekasi ; Situ Pasir Raya

Danau terbesar di Bekasi apa ???

Kepo aja ..
Pencarian yang begini faedah atau unfaedah ???
Biarlah para pengamat yang menentukan
Saya sih jalan jalan saja sambil gowes

Tapi danau terbesar di Bekasi apa ya … Cari cari di internet tidak ada info pasti … Tapi berdasarkan terawang satelit … Maksudnya googlemaps terlihat danau yang besar … situ yang luas … ada di daerah Serang Baru Bekasi. Namanya Situ Pasir Raya. Ada juga yang menyebutnya Rawa Tablo atau Rawa Sadang yang sepertinya kedua nama itu adalah salah satu area yang bersisian dengan situ Pasir Raya.

Supaya bukan hanya fiksi maka untuk memastikan fakta … harus pergi kesana … Sekalian jalan jalan … klayaban di pelosok Bekasi

Start dari rumah, melewati Kalimalang, belok ke Grand Galaxy, muncul di Kemang Pratama, lanjut Narogong dan berbelok belok ke arah Setu, melewati dulu tugu Belah Duren … Hmm mungkin dulunya daerah Setu banyak kebun Duren ya … bukan maksud lain lain …. Emangnya apa ???

tugu Belah Duren Setu Bekasi

Terus aja gowes …. Kadang melipir dulu ke pesawahan … Hamparan pesawahan yang Saya lewati …. Kering tandus …. Tanahnya pecah pecah … dahaga akan air. Baca lebih lanjut

Wisata Romantisme Bekasi ; Jembatan Asmara, Sungai Rindu dan Jembatan Cinta

Bingung mau romantis romantisan dimana …. gampang main aja ke Bekasi sekalian berwisata pesisir.

Galau belum mendapatkan asmara … main aja ke Jembatan Asmara …
Masih belum juga menemukan cinta … main aja ke Jembatan Cinta …
Kangen .. rindu … tenang tidak perlu gundah … main aja ke Sungai Rindu …

Ya tiga tempat itu semuanya ada di Bekasi.
Lokasinyapun tidak terlalu berjauhan

Berangkatlah saya kesana .. ingin melihat dan merasakan keromantisan Bekasi dengan menggowes menyusuri BKT (Banjir Kanal Timur) dan kemudian melintasi Kota Harapan Indah Bekasi. Di area gerbang masuk saya melihat taman yang didesain khusus untuk aktifitas Parkour … keren … saya sih baru kali ini melihat taman khusus untuk Parkour. Tapi sayang di minggu pagi ini tidak ada yang “jumpalitan”.

taman berthema Parkour di Harapan Indah Bekasi

Perjalanan dilanjutkan, keluar dari perumahan ini dan menuju kearah pesisir pantai Bekasi dengan menghindari jalanan utama .. yaitu melalui “jalanan desa” yang sepi dengan dominasi bentangan pemandangan pesawahan, walau di beberapa area sudah atau sedang dibangun komplek komplek perumahan dilahan yang sebelumnya adalah pesawahan.… ternyata makin menjauh ke arah pantai … masih ada saja perumahan perumahan …. banyak banget ya manusia ini …

Beberapa kali melewati tambang gas milik Pertamina, area tambang gas yang berada di tengah pesawahan. Banyak yang tidak tahu kalau di daerah pesisir Babelan Bekasi banyak tersebar tambang gas dan minyak milik Pertamina. Jalan jalan yang membelah pesawahan yang saya lalui umumnya merupakan jalan yang di bangun oleh Pertamina sebagai akses menuju tambang dan sekaligus jalur lalu lintas pipa yang ditanam di sisi jalan. Baca lebih lanjut

Berwisata Seru ke Taman Bunga Matahari Bekasi

Taman Bunga Matahari di Bekasi … wow keren
Bertambah lagi destinasi wisate Bekasi … wisata kekinian .. wisata selfie.

Berangkatlah saya kesana .. melewati Metropolitan mall dan terus berkelok kelok menyusuri perkotaan Bekasi. Setelah berkilo kilo meter gowes … bangunan rumah di sisi kanan kiri mulai berkurang .. berganti dengan hamparan pesawahan.

Kondisi Bekasi yang mengarah ke pantai … suasananya lebih hangat … maksudnya lebih panas udaranya, ditambah lagi pepohonan yang jarang, berbeda dengan Bekasi kearah timur yang masih banyak rimbunan pepohonan. Satu perbedaan kontras lagi dengan arah ke Timur Bekasi … di antara hamparan pesawahan disini banyak komplek perumahan … bahkan baru baru … tapi rumahnya kecil kecil sederhana … mungkin ini rumah ekonomis bersubsidi

Ketika di daerah Gabus …. di hamparan pesawahan terihat beton pancang berjejer banyak dan panjang …. apaan ??? … setelah di perhatikan baru saya ngeh … ini adalah pembangunan tol JOR II … wah ternyata melintas daerah sini juga … ckckck

Setelah Gabus .. saya banyak sekali melewati hamparan pesawahan berhektar hektar … padinya masih menghijau. Udaranya makin panas menyengat … lihat jam masih jam 8-an .. untung saya sudah pakai sunblock, berhenti dulu dan pasang manset supaya tangan tidak tambah hitam.

Destinasi semakin mendekat .. memasuki area perkampungan … ada rumah rumah tapi hamparan sawah masih mendominasi … gowes perlahan dan … sampailah di tujuan. Dibagian depanya ditutup oleh banner panjang dan besar dengan gambar gambar bunga matahari dan bertuliskan “Taman Bunga Matahari”.

Bayar tiket masuk Rp. 5.000,- jam 9-an …. suasana masih sepi dan saya adalah pengunjung pertama .. belum ada yang lain … horeee


Baca lebih lanjut

Nongkrong Cantik di Bekasi – Taman Suplesi

Mau nongkrong murah meriah
Nongkrong nongkrong cantik
Di tepi kali

Main aja ke Taman Suplesi.

Lokasinya bisa dikatakan berada di kotanya Bekasi … tidak jauh dari perempatan Metropolitan Mall (Metmall) Bekasi atau tepatnya dibelakang Islamic Center Bekasi.

Sekitar 15 menitan gowes nyantai saya sudah sampai di taman ini. Saya masuk dari arah jalan Mayor Hasibuan … yang ada di seberang Metmall. Ini adalah akses masuk dari belakang, akses depan ke Taman Suplesi dari Jl Rawa Tembaga.

Kalau masuk dari akses belakang, kita akan menyusuri cabang aliran sungai Kalimalang, ikuti aja jalan paving blok ini dan akan tembus ke Taman Suplesi. Jalanan setapak ini kabarnya nanti akan di percantik sebagai bagian dari Taman Suplesi.

akses masuk belakang ke Taman Suplesi

Taman Suplesi didesain unik dari pipa pralon dan besi lengkungan yang berwarna cerah … instagramable untuk foto foto. Aliran sungainya juga bersih … jadi sangat nyaman untuk duduk duduk di pinggir kali menikmati suasana pagi hari atau sore hari. Jika kesini di malam hari suasananya akan lebih dramatis dengan pantulan sinar lampu di tiang tiang taman.

Baca lebih lanjut

Pencarian Kursi yang konon kursi Raja di Bekasi

Ditemukan kursi raja di Bekasi …. itulah kabar yang saya dengar.
Kursi ukiran unik yang tetimbum didalam tanah … itulah kabar yang saya dapatkan.

Saya putuskan untuk melakukan expedisi … ehh perjalanan pengen tahu alias penasaran alias kepo.


Menggelindinglah sepeda di minggu pagi, melewati Kalimalang , Kemang Pratama, Narogong berbelok masuk ke jalan Bantar Gebang Setu dan mulai berbelok belok masuk jalan jalan kampung .. dari jalan kecil sampai gang gang … sesekali melintas jalan besar dan masuk kembali ke jalanan kampung.
Blusukan di pelosok Bekasi ini bagi orang kota pasti membuat heran … masih ada area Bekasi yang benar benar serasa di kampung … pohon pohon rindang lebat … rumah rumah kampung yang berhalaman luas tanpa pagar … melewati kebun kebun … melewati pesawahan … benar benar serasa dikampung banget yang jauh dari Jakarta. Baca lebih lanjut

Wisata Amphibi di Bekasi .. ada di Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede sudah diklaim dari dulu sebagai salah satu destinasi wisata di Bekasi, jika kita cari destinasi wisata Bekasi di internet, maka situ Rawa Gede akan muncul … maka berangkatlah saya kesana ketika itu tahun 2013. Tempatnya bisa dikatakan “nyempil”didalam area perkampungan .. dan bersebelahan dengan komplek Kemang Pratama tapi dibagian belakangnya. Dan ketika sampai disana … hmmm … kumuh dan banyak sampah disisinya, airnya lebih kehitaman .. boro boro ada wisatawan disini .. sepi, bahkan jadi orang aneh sendiri .. ada orang sepedaan kesini … jadi perhatian warga lokal … hehe.
Saya berusaha mengitari situ ini … masih ada area hijau hijaunya … pohon pohon dan semak semak yang rimbun dan ada jalan setapaknya … juga ada seperti area pemulung. Saya memang tidak berekpektasi lebih … ya menerima saja apa adanya.

Bertahun tahun berlalu .. sekarang adalah Zaman NOW … banyak tempat disulap menjadi destinasi kekinian … termasuk Situ Rawa Gede ini. Mendengar kabar tersebut berangkatlah saya kesini … mumpung lagi libur nasional di hari Kamis .. dan tidak jauh juga untuk kesini … Kurang dari satu jam perjalanan gowes saya sudah sampai di destinasi … di Situ Rawa Gede. Baca lebih lanjut

Piknik Kekinian di Kawung Tilu Bojong Rangkas

Ehh .. Ada tempat wisata kekinian baru nih .. namanya Kawung Tilu alias Kawung Tiga. Mumpung dihari minggu ini ada kesempatan .. saya jalan jalan kesana.

Berangkat jam 7 lebih … menunggu hujan berhenti dulu … sambil mikir mau jalan kemana … sebelumnya sih mau ketempat yang lain … berhubung dari subuh hujan, perasaan ini jadi bimbang. Akhirnya diputuskan ketempat yang gampang gampang aja … ketempat wisata kekinian aja.

Ternyata setelah pergi 2 km-an … kering … hujan lokal doang, mungkin hanya di rumah saya aja hujannya ….

Setelah menyusuri Kalimalang di daerah Bulak Kapal saya berbelok dan berjalan dibawah pembangunan … Hmm apa ini ya .. tol atau LRT, pokoknya jalan dibawahnya serasa benar2 diatapi .. sangat lebar … bakalan tidak akan kepanasan dan kehujanan.

Lalu muncullah di jalur Pantura .. jalur legend .. menyusuri jalur ini sampai disuatu daerah dan berbelok masuk kejalanan kampung dan berbelok lagi kejalanan yang lebih kecil dan berbelok lagi masuk pematang sawah yang panjang membelah pesawahan. Sekalian blusukan .. mencari pengalaman yang beda.

Agak deg degan juga gowes dipematang sawah .. khawatir byur kejebur, di spot yang risky .. sepeda dituntun saja. Ditengah pesawahan .. ketemu akamsi – anak kampung sini, yang bikin takjub … dibahunya hinggap seekor burung yang warnanya keren. Sangat jinak .. katanya ini adalah parkit Australia dipelihara dari kecil. Suka warna hijau .. lihat helm hijau yang saya pakai .. senang banget burung ini .. terbang berputar putar dan hinggap diatas helm .. Dipanggil2 Sama tuannya .. hanya terbang berputar dan hinggap lagi atas helm hijau saya .. bahkan saking jinaknya hinggap di stang sepeda … Lucu banget .. jadi pengen dibawa pulang .. haha.

Baca lebih lanjut

Tempat Camping Bekasi ada di daerah tertinggi Bekasi – Bumi Perkemahan Karang Kitri

Tidak banyak yang tahu kalau di Bekasi punya bumi perkemahan

Tidak banyak yang tahu daerah tertinggi Bekasi ada dimana ???
Tinggi seperti gunung … ??

Beberapa tahun yang lalu saya pernah sesepedahan ke daerah ini, waktu itu bermain main ke Situ Abidin, dan melintasi area Bumi Perkemahan Karang Kitri, ya hanya melintasi saja. Beberapa minggu ini terbesit di benak seperti apa sih area dan kondisi di dalam bumi perkemahan Karang Kitri.

Minggu pagi jam 6.30an saya berangkat kesana … ada dua pilihan rute, melalui area pedalaman Bekasi atau melalui perumahan Delta Mas Cikarang. Setelah melalui pertimbangan tanpa konsultasi orang pintar – teman saya yang jago matematika tidak tertarik untuk membahas hal ini – saya memilih rute melalui pedalaman Bekasi … alias blusukan. Pulangnya akan ambil jalur Delta Mas supaya lebih lancar dan cepat sampai rumah.

Dari Kalimalang masuk ke area Taman Galaxy, lewat Kemang Pratama, menyebrang jalan Narogong raya dan masuk lagi jalanan kecil … terus aja berbulak belok bulak belok bulak belok di jalanan kecil .. kadang terlewat belokannya … balik lagi .. atau berhenti mengamati GPS untuk memastikan bahwa ini belokannya … karena kadang jalanannya meragukan atau jalanannya sudah dipagari, atau di teriakin warga …. “pak jalan kesana buntu ..” jadi harus cari jalan memutar. Itulah dinamika jalanan kecil kampung .. kalau kita bikin track atau rute berdasarkan versi jalan kaki di googlemaps .. kenyataan dilapangan suka berbeda, ini hanya bagian dari dinamika blusukan.

Dengan melalui rute perkampungan ini alias tidak melalui jalan utama … kita akan sering melalui pesawahan dan perkebunan penduduk … yang membuat kita merasa seperti bukan di Bekasi .. seperti berada di pekampungan yang jauh dari Bekasi. Karena sedang musim kemarau …. kondisi pesawahan dan perkebunannya kering kerontang … mudah2-an cepat musim hujan supaya para petani dapat menanam hasil bumi kembali.

Memasuki daerah pedalaman Serang Baru suasananya sudah benar benar berbeda .. lebih ndeso lagi, jalanan mulai landai menanjak … ya pokoknya sering ketemu tanjakan, tapi tidak ekstrem masih oke di gowes. Jalanan berkelok kelok .. sepi .. jarang ketemu kendaraan … seperti jalanan mau ke gunung .. haha. Areanya berbukit bukit .. otomatis sawahnya berundak undak … sayangnya karena musim kemarau .. sawahnya kering .. gersang. Kalau musim penghujan pasti keren … hamparan sawah berundak yang hijau .. sejauh mata memandang .. seperti di Ubud .. halahhh.

Ketika melewati jembatan besi .. ada plang ..” Selamat datang di Kecamatan Bojong Manggu “ … wah destinasi sudah dekat nih. Melipir dulu ke Rawa Bedeng. wah … rawanya benar benar kering …. terhampar seperti lapangan yang luas. Suasana musim kemarau … Baca lebih lanjut