Selain Taman Pandang Istana … ada apa di Monas ???

slide1

Kata orang “ Monas sekarang sudah jauh lebih bersih, teratur dan sangat nyaman ”

bener …. ???

Terakhir kesana masih banyak pedagang kaki lima dan delman2 berkeliaran.
Dan susah sekali utuk mentertibkan kawasan Monas ini, sudah berjalan bertahun tahun … akhirnya …

Jadi penasaran …. ingin membuktikan kabar kabar tersebut. Beneran atau hoax …
Mumpung ada waktu di hari minggu pagi, maka saya menetapkan hati untuk berangkat kesana, sekalian kluyuran di kawasan taman Monas yang besar …. 80 hektar … gede aja atau gede banget kalau seluas itu. Pokoknya gemporlah kalau jalan kaki kluyuran di area Monas.

slide9

Sampai di pintu masuk di dekat sebrang gedung Indosat … sudah rame bener. Kalau Minggu, pintu di buka di area ini, di sebrang Istana Negara dan di Pintu Utama di area parkir IRTI ( Ikatan Restoran Taman Indonesia ) Monas yang ada di sebrang gedung Balaikota. Di area IRTI ini ada banyak spot kuliner khas Indonesia, pedagang non-kuliner (baju, mainan dll) dan area permainan anak berbayar. Katanya mereka semua umumnya adalah pedagang kaki lima yang dulu beroperasi di dalam area Monas. Sekarang di tertibkan dan di berikan training supaya memberikan service dan produk yang lebih baik.

Memang di area pintu masuk dan taman dalam di dekat IRTI ramai, tapi di area taman2 lainnya .. sepi, banyak area adem yang pohonnya besar2 … jadi tidak perlu takut kepanasan. Selama ini banyangan Monas adalah tempat yang blong dan panas. Ya .. kalau di jalan besar sekitaran monumennya sih pasti blonggg .. panas nian deh

slide1

Yang paling penasaran adalah Taman Pandang Istana, area publik baru. Ya sudah pasti posisinya ada di sebrang Istana Merdeka. Diresmikan 30 Juli 2016 oleh Gubernur DKI Jakarta. Di desain oleh seniman Yasser Rizky, dengan menggunakan tiga jenis instalasi ; bangku berbentuk tulisan “Berbeda Tapi Satu”, jejak aspirasi berupa kutipan para tokoh nasional – Abdurrahman Wahid, Mohammad Hatta, YB Mangunwijaya, dan Buya Hamka, dan karya instalasi tiga dimensi bertulisan “Ragam Insan”. Taman ini juga diperuntukkan bagi para pendemo yang ingin melakukan aksi di depan Istana Merdeka. Bagi para pendemo jadi asyik .. bisa duduk sambil ngadem disini sambil nonton demo …. ehh mau demo apa ngadem ….

slide2slide3 Baca lebih lanjut

Hal hal yang dibawa ketika bersapedahan

gembol

Apa sih yang dibawa bawa di “gembolan”… ?
uang … ? …. alat alat …? … makanan …? …. kerupuk ..? .. koq kerupuk sih … emang saya ada tampang tukang kerupuk .. hikss

Ada aja yang kepo … ada aja yang want to know … mungkin cocok menjadi menteri urusan orang lain …
yah .. tapi gimana .. sekarang jaman serba keterbukaan … di mall aja banyak yang terbuka begitu … #HematKain

Daripada persepsi semakin liar … saya harus belokkan … kalau diluruskan akan semakin jauh.
Ada 2 “gembolan” yang kadang saya bawa … tergantung perginya jauh atau tidak, yaitu tas pinggang dan tas pannier yang menempel di rak sepeda belakang.

Tiap orang kalau bepergian jauh atau agak jauh umumnya bawa tas ; ransel, tas selempang, tas pinggang, dll …. yang ga bawa juga ada kali ya … memiliki keyakinan kalau ada apa2 …. pasti ada orang yang membantu .. alias mengandalkan orang lain .. atau … orang-nya kaya bangett … ada masalah apa2 .. saya bayar …

Jenis tas dan isi tas tiap orang berbeda beda tergantung mahzab-nya. Tas yang selalu saya bawa adalah tas pinggang karena untuk bawa smartphone — keren amat… kan mesti selalu update status dan selfie … #ManaBuktinyaaAAA. Juga untuk bawa pocket camera … kenapa pocket camera …?? karena supaya ringkas bawanya bisa masuk ke tas pinggang, … kedua .. apa ya … euuu .. karena ga punya dslr.
Selain itu juga ada beberapa peralatan kecil lainnya …
Eh ya … saya sukanya tas pinggang model templek alias yang ga gelembung atau besar … perasaan lebih enak aja pakainya .. dan relatif lebih ringan bobotnya.

gembol1

Slide2

Kalau isi tas pannier di sepeda saya berisi alat2 dan kebutuhan yang berhubungan dengan sepeda. Selebihnya saya bawa camilan2  … yah lumayankan .. kalau lagi istirahat bisa cemal cemil …
Terus bawa alat2 .. emang tahu cara pakainya … kebanyakan saya tidak tahu cara pakainya, seperti bagaimana menggunakan alat penyambung rantai .. Kenapa dibawa atuh … ???  jawabannya sebenarnya klise … seperti orang yang mau ujian … semua bahan2 di fotocopy … emang dibaca … ya nggaklah … tapi dengan sudah fotocopy aja hidup kita sudah tenang … he he he… Baca lebih lanjut

Thousand Hills … Cianjur

cianjur

Gowes XC rame rame

Jarang banget saya bisa xc rame rame kayak begini

Agak sulit ngumpulin teman teman untuk gowes rame2 barengan lagi.

Karena kali ini .. ada undangan dari komunitas Brown Sugar Cianjur pakai logo Pokemon segala (hadeuhh) … mengundang komunitas sepeda lain untuk gowes barengan di Cianjur. Saya baru ngeh kalau ada logo itu … ketika ada teman dari komunitas lain telepon dan tanya2 tentang event-nya …

241161_1707901460988_4111526_o

Tapi dengan adanya logo ini teman teman .. jadi bersemangat untuk kumpul  dan gowes barengan rame rame

Sepeda sudah diloading malam sebelumnya ke mobil pick up sewaan. Jam 6 kurang 1 minibus dan 1 pick up sudah meluncur menuju Cianjur. Jam 7-an sampai di lokasi dan ternyata sudah ramai banget … kita biasa menjadi yang suka telat 🙂

Start dari sebuah Komplek perumahan di Cianjur. Yang datang banyak banget … disiapkan beberapa truk.

Dari kompek loading dahulu, naik truk  … lewat jalanan aspal yang menanjak, lumayan jauh.

IMG_5953

berangkat … loading dulu pakai truck ke titik start

Disuatu tempat kita turun, dan mulai start gowes keroyokan.

Start langsung jalanan desa aspal yang menurun

Pada kebut kebutan .. tidak tahu berapa km

IMG_6000

foto yang jarang terjadi … gowes barengan dan lumayan lengkap

Baca lebih lanjut

Ber-Gowes Cilacap Ber-Liburan

cilacap

Saatnya liburan kenaikan kelas … berdasarkan berbagai pertimbangan, mencari tempat liburan yang tidak ramai, apalagi di musim liburan anak2 sekolah, maka di pilihlah Cilacap, kota kecil di perbatasan Jawa Tengah. Orang lebih mengenal Cilacap karena pulau Nusakambangan-nya. Cilacap .. selain tidak ramai .. artinya tidak macet, dan disana ada beberapa tempat wisata yang lokasinya berdekatan. Wisata pantai (ada beberapa pantai) dan sejarah, karena disana ada beberapa benteng. Selain itu juga …. penasaran dengan pulau Nusakambangan-nya.

Ini adalah kali pertama kami ke Cilacap. Sekalian liburan keluarga, saya membawa sepeda lipat supaya mudah untuk masuk kendaraan.

Pergi dari Jakarta subuh, perjalanan lancar … tapi ketemu banyak petouring motor dari berbagai komunitas yang mengarah ke Pangandaran … sepertinya disana ada acara kumpulnya komunitas motor. Akhirnya sampai di Cilacap menjelang sore. Hari pertama … seharin penuh sampai malam di pakai berjalan jalan ketempat tempat wisata.

Di hari ketiga …. rencana pergi ketempat wisata start jam 9 pagi, ada waktu di pagi hari untuk bersapedahan dulu. Saya menyempatkan pagi pagi bangun dari hotel sebelum jam 6 pagi dan menggowes menyusuri area pantai Teluk Penyu. Suasana masih pagi …. pantai sepi dan matahari mulai muncul di ufuk timur. Indah sekali suasananya …

IMG_1387

menikmati pagi di pantai Teluk Penyu

IMG_1395

menunggu sun rise

Baca lebih lanjut