Perjalanan berkelok memutari Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di area Jabodetabek. Keunikan landscape gunung Batu serta sekarang ada kedai kopi yang terkenal disana sehingga semakin membuat tempat ini cukup popular.

Untuk menuju kesana dari arah Jakarta ada beberapa pilihan rute …. Melalui Sukamakmur Bogor atau dari arah Mengker atau lewat jalur dalam …. Melalui jalur offroad.
Saya pernah gowes menuju gunung Batu melalui jalur dalam … offroad apruk aprukan dan muncul dari belakang gunung Batu.

Sudah lama ingin bersepeda memutari gunung Batu melewati Mekarsari Cileungsi, Jonggol, dan berbelok melalui Mengker lalu berkelok kelok sampai ke Gunung Batu. Perjalanan dilanjutkan sehingga melewati pasar Sukamakmur dan akhirnya sampai kembali di Jonggol.

Mengapa memilih melalui jalur Mengker …. karena tipikal jalan dari Mengker sampai gunung Batu sangat menarik …. jalurnya sepi, aspal mulus 90% dan …. berkelok kelok terus, banyak melalui kelokan u …. mengemudi kendaraan bermotor melintasi jalur ini sangat menantang dan mengasikkan …. apalagi jika menggunakan sepeda .. jalurnya mendaki melalui suatu bukit .. kemudian menurun dan kemudian terus mendaki sampai di gunung Batu.

Ok … di Sabtu pagi yang cerah … matahari bersinar dengan semangat … ehhh saya malah bangun kesiangan … setelah subuh ngantuk dan tertidur lagi .. malah bablas … akhirnya jam 7 lebih sepeda baru berangkat meninggalkan rumah.

Bergerak melalui Kalimalang, Narogong Bekasi dan sampailah di Metland Cileungsi … tidak ketemu banyak pesepeda, mungkin karena hari Sabtu.

Melaju lancar di jalan Cileungsi Jonggol … jalanan yang lebar dan beraspal mulus membuat ban sepeda berputar lancar dan tak terasa sampailah pertigaan di tugu Tegar Beriman Jonggol.
Rute pulang, rencana nanti akan nonggol dari pertigaan tugu ini.

Perjalanan berlanjut mengarah ke Cariu … dan bertemu dengan rombongan pesepeda, ngobrol dengan dengan salah satu pesepeda …. ternyata mereka sedang melakukan test rute Audax … kerennn …. ternyata bakalan ada event Audax melalui daerah Jonggol …. kuper saya.

Sepeda terus bergerak dan kemudian di satu titik belok kanan dan mulai mengarah ke Mengker.
Perjalanan mulai di dominasi tanjakan …. Menanjak terus tapi landai, jadi gowes santai menikmati setiap kayuhan. Tipikal jalanan di rute ini selain menanjak landai juga berbelok belok. Melewati beberapa tempat makan atau warung khas sunda … pilihan tempat makan cukup banyak di daerah sini bahkan spot makan berthema jagung juga ada …. Beberapa kali melewati spot makan thema Jagung ini … pengen mampir … belum sempat … penasaran saja. Dan juga melewati warung durian …. daerah disini memang terkenal dengan kebun duriannya …. kalau musim durian … main deh kesini … bisa pesta durian.

Terus landai menanjak sambil menikmati pemandangan … lembah lembah hijau dan gunung Batu yang bentuknya unik terlihat dikejauhan. Ternyata untuk menuju kesana rutenya melambung, melewati destinasi wisata Villa Naga Jonggol … belokan yang menuju Jajar Gunung Kinayungan.

Dan …. jalanan mulai menurun … dan terus menurun melewati pesantren Al Andalus …
Seru banget turunannya … berkelak kelok terus … terus turun dan sampailah di jembatan …. Titik lembahnya, dan mulailah perjalanan menanjak kembali … tanjakannya tidak curam tapi masih berkolak kelok, melewati beberapa perkampungan dan gunung Batu semakin mendekat … semakin terlihat jelas … tinggi runcing menjulang.

—- tipikal jalanan yang terus berkolak kelok

Jalanan mulai menurun lagi … masih berkolah kelok … dan disebelah kiri adalah jurang dan terdengar aliran air …. sungai yang mengalir di dasar lembah. Dan di satu titik berhenti dulu …. Ada curug kecil di sisi jalan … airnya bersih bening … menikmati sejenak suasana.

— curug kecil pinggir jalan di kaki gunung Batu

Tidak lama kemudian sepeda berlanjut … mulai menanjak kembali … melewati satu desa dan mendekat ke titik tertinggi di rute perjalanan ini …. tanjakan semakin terjal … panas matahari menyengat semakin terasa …. napas tersengal sengal dan peluh bercucuran. Untungnya tanjakannya tidak terlalu panjang dan sampailah di area tertinggi di jalur ini.

Di area ini di sisi jalan kanan kiri ada warung warung …. Jadi bisa rehat disini sambil menikmati pemandangan ke bawah lembah yang luas. Sepeda terus begerak dan sampailah di pintu masuk utama menuju gunung Batu.

— situasi di area dekat pintu masuk gunung Batu

Di area pintu masuk ini sekarang ada kedai kopi yang terkenal … namanya Ki Demang Farmer and Brewer atau lebih di kenal Ki Demang Coffee and Resto. Biji kopi yang digunakan berasal dari perkebunan kopi rakyat di daerah sini …. kopi lokal.
Dan jika ingin mendaki sampai ke puncak gunung Batu maka parkir kendaraannya di area sini juga.

Di area parkiran banyak motor mobil … dan Ki Demang terlihat banyak pengunjungnya …. Saya memang tidak berniat untuk ngopi disini … sudah bawa kopi sendiri dan lebih suka tempat yang tidak terlalu ramai.

Perjalanan dilanjutkan …. meneruskan perjalanan .. akan berputar … menuju arah pasar Sukamakmur. Perjalanan menuju Sukamakmur ini meskipun di dominasi turunan … tapi masih rolling … masih harus melalui beberapa tanjakan yang cukup “menyengat” apalagi di siang hari begini … jam 12-an …. matahari sedang terik teriknya.

Ketika sedang menanjak disatu tanjakan …. terasa capek … lelah banget …. tidak bertenaga … rasa lapar dan panas terik matahari benar benar bikin drop.
Sambil bergerak mulai mencari tempat makan yang nyaman …. akhirnya ada satu tempat makan baru … saya mampir disana, area bangunan utamanya sudah selesai … tapi di bagian belakangnya yang luas terlihat masih banyak berbagai fasilitas yang sedang dibangun termasuk kolam renang.

Saya tamu satu satunya disini … makan, sholat (di musholla yang nyaman) dan … ngopi … tapi minta izin dahulu bahwa saya bawa kopi sendiri dan diperbolehkan. Beres makan … sambil rehat … seduh ngopi … nikmat.

Badan segar kembali dan perjalanan dilanjutkan … masih melalui beberapa tanjakan dan beberapa turunan … akhirnya sampai di pertigaan pasar Sukamakmur. Sepeda belok kanan dan bergerak ke arah Jonggol … dominasi turunan 80% … melewati area destinasi wisata sungai Cipamingkis … dan terus bergerak akhirnya sampai di pertigaan Tugu Tegar Beriman Jonggol …. bahagia banget telah menuntaskan perjalanan memutari gunung Batu … gunung Batu loop.

—- pertigaan Tugu Tegar Beriman Jonggol

Serasa perjalanan sudah selesai …. padahal dari sini untuk sampai ke rumah masih sekitar hampir 40 kilometeran lagi … hehehe.

Gunung Batu Jonggol
Sukaharja, Sukamakmur, Bogor
Koordinat googlemaps -6.60433, 107.05160

Sabtu 19 Maret 2022

2 komentar di “Perjalanan berkelok memutari Gunung Batu Jonggol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s