Berendam Air Panas Yuk di Cipanas Nagrak Lembang

Destinasi wisata air panas alami Cipanas Nagrak ini masuk kategori destinasi baru. Dari zaman dahulu memang sudah ada tapi belum dikemas dan dikenal publik. Hanya warga lokal saja yang tahu.

Mumpung sedang ada di Bandung saya berangkat piknik gowes asyik kesana. Melalui jalur klasik.. nanjak landai di jalan Setiabudi, melewati Isola … di terminal Ledeng belok kiri dan masuk jalan Sersan Badjuri.

Tanjakan tanjakannya mulai terasa dikaki.. tapi terhibur tanaman dan bunga hias warna warni yang dijual di kanan kiri hampir sepanjang jalan. Desa Cihideung Lembang ini memang terkenal sebagai tempat petani bunga.

Terus saja menanjak … melewati kampung Gajah Wonderland… tapi koq.. rumput2nya seperti tidak terurus.. di pintu masuk ada tulisan ” Ditutup Sementara ” .. wah lagi ramai2nya libur lebaran malah ditutup.

Sudah 1/2 perjalanan .. terus saja .. melewati Kampung Daun … dan kemudian sampailah di jalan utama Parongpong Lembang. Berdasarkan GPS sudah dekat ke destinasi.

Terus mengikuti panduan track yang sudah dibuat sebelumnya sambil bertanya kepada penduduk sekitar untuk memastikan … ” ya betul ke arah sini pak “.

jalan shortcut menuju Cipanas Nagrak – bukan jalan akses utama

Ternyata ini adalah jalan short cut … saya harus melewati jalan setapak kecil melewati kebun2 penduduk. Dari atas tebing terlihat destinasi Cipanas Nagrak dibawah lembah.. saya harus menurun curam kebawah sambil mengangkat sepeda melalui tangga yang berkelok kelok sempit. Kebayang.. pulangnya mesti manggul sepeda ke atas.

Sampai dibawah ada warga yang jadi petugas jaga di pintu shortcut ini. “Pak.. nanti pulangnya lewat sebelah sana, pintu masuk utama.. jalurnya landai”. Saya nyengir … ternyata memang waktu pulangnya lewat akses utama sangat nyaman … lebar dan landai, bahkan parkiran motor dan mobilnya cukup luas.

Untuk masuk dikenakan tiket Rp 15.000,- Ketika saya coba sentuh airnya … hangat … asyik untuk berendam rendam. Air panas ini keluar dari tanah seperti mata air. Area tersekat menjadi 3 kolam besar, jadi bisa pilih dimana saja untuk nyebur nyebur. Karena kontur tanahnya berbukit bukit maka jadi terbentuk air terjun … air terjun air panas… jarang jarang hal ini terjadi.

Disini telah disediakan toilet dan ruang bilas .. jika ingin bersih2 setelah bermain air panas. Juga sudah ada area tempat makan .. kalau yang ngga bawa bekal dan lapar bisa tinggal beli aja …. yang penting bawa duit.

Penataannya sudah baik.. mungkin saran saya sih.. terpal terpal atap biru diganti dengan bambu atau ijuk atau genteng tradisional sehingga lebih natural dan enak dilihat apalagi di photo.. menyatu dengan suasana alamnya.

Ngobrol2 dengan warga lokal yang sedang bekerja.. kata beliau dahulu lembah ini milik kakeknya dan berupa pesawahan. Aliran air panasnya hanya berupa kolam kecil dan di gunakan bermain dan berendam warga lokal. Kemudian tanah ini terus berganti ganti pemilik. Bahkan sebagian menjadi area kandang sapi … sehingga aromanya kurang sedap. Suatu waktu tanah ini dibeli oleh orang kota dan terus dibeli lahan2 sekitarnya .. sehingga peternakan sapipun tergusur dari sini.

Lalu sejak tahun 2016 mulailah dibenahi bekerja sama dengan karang taruna desa dan dijadikan destinasi wisata … diviralkan melalui medsos.. mulailah orang2 berdatangan kesini … termasuk saya yang juga penasaran.

Menurut beliau air panas ini berasal dari gunung Tangkuban Perahu .. mengalir sampai kesini, jadi air panas ini mengandung belerang. Jadi kalau sering sering berkumur pakai air ini giginya jadi berwarna kekuningan… kata si bapak sambil nyengir nunjukin giginya yang kuning dan berflak … hiyyy si bapak … itu karena air ini apa karena jarang gosok gigi ..

Yang bikin heran … tanah tanah yang terlewati air panas belerang ini jadi mengeras seperti batu… bukan jadi tanah yang lembek seperti jika dilalui air biasa.

Semoga kedepannya destinasi Cipanas Nagrak ini semakin baik sehingga semakin menarik dan nyaman untuk dikunjungi. Juga kerjasama karang taruna dan pemilik lahan semakin harmonis, solid dan kreatif .. bisa dicontoh oleh tempat2 wisata lainnya.

Jadi jika ingin bermain air panas alami disekitaran Bandung, sepengetahuan saya bisa ke 3 tempat : Maribaya, Ciateur… dan Cipanas Nagrak.

Hayuk atuh kita ameng kadieu … berendam air panas alami

Lokasi Cipanas Nagrak
Jl Nagrak Kulon, Sukajaya, Parongpong, Lembang
Koordinat googlemaps -6.799192, 107.592478


Bandung 21 Juni 2018

 

Iklan

8 thoughts on “Berendam Air Panas Yuk di Cipanas Nagrak Lembang

  1. di daerahku, Banjarnegara pun ada curug yang aliran airnya air hangat mengandung belerang, dulu pas datang sih masih sepi, entah sekarang. Yang unik adalah di lokasi yang sama terdapat 3 air terjun dan salah satunya yang air hangat tadi. tanah2 yang terkena aliran air ini pun mengeras dan berwarna kekuningan.
    tadi juga sempat mikir, itu terpal2 warna birunya bikin ganggu pemandangan hehehe

    • wah air terjun disana lebih unik 3 air terjun dan satunya air panas .. kalau zaman now.. sudah muncul di medsos… bakal banyak yang datang.
      seharusnya para pengurus tempat wisata sadar keindahan .. supaya tempatnya instagramable jadi tetep rame 🙂

    • betul mas sitam … cocok banget gowes kesini .. habis gowes nanjak nanjak … terus daerahnya adem … berendam air panas .. wah bener2 cucok.
      Jogja .. seharusnya ada aliran air panas dari gunung merapi.. cuman mungkin belum muncul ke permukaan 🙂

    • kalau mau main air panas .. sekarang ada pilihan tambahan nih … kalau sudah sampe kesini … coklat2 juga tetap nafsu nyebur berendam aja 😀
      kolam atasnya sih lebih jernih airnya

  2. Ooh di jalur Cihideung – Dusun Bambu…. kebayang eloknya panorama sepanjang jalan. Juga jauhnya gegowesan dari Bandung.
    Sepakat dengan model atap ijuk yg menyatu dg alam. Apalagi kalau ada upaya penjernihan air hangatnya ya.
    Selamat berendam air hangat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s