Be Inspired at Rumah Pelangi Bekasi

Tempat tempat yang dikunjungi umumnya karena daya tarik keindahan alam atau unik  … jarang yang seperti itu atau… tempat yang memiliki sejarah.

Tapi jika ada tempat yang membuat kita terinspirasi… maka tempat itu sebenarnya sangat menarik dan sangat layak dikunjungi.

Salah satu tempat itu adalah Rumah Pelangi yang berada di pelosok Bekasi.

Menuju kesana saya melalui area Summarecon dan terus menyusuri jalanan pinggir kali di jl Raya Perjuangan dan berbelok untuk menyusuri kali yang lebih besar …. sungai Bekasi. Terus saja ikuti aliran sungai ini. Jalanan relatif sepi mungkin karena masih pagi dan hari libur pula jadi masih pada malas bangun.

Sepanjang perjalanan rumah rumah padat berjejer sambung menyambung sampai di satu titik rumah2 makin jarang dan jalanan makin sepi.  Pesawahan dan kebun mulai menjadi teman perjalanan.

hmm .. sepi begini .. bagaimana ya ..

menyebrang sungai Bekasi

Belok dari jalan desa ke jalan yang lebih kecil dan langsung masuk ke area kuburan Tionghoa. Di Bekasi area sini memang terdapat beberapa kuburan Tionghoa yang bertebaran di beberapa lokasi.

Melewati area kuburan dulu..  kuburan Tionghoa bagi saya tidak seseram kuburan biasa … kenapa ya…. malah bangunannya menarik,  jadi saya foto2 dulu..

Dibalik area kuburan Tionghoa ini ada gedung, seperti bekas gedung sekolah… nah itulah Rumah Pelangi yang disingkat Rungi.

Rumah Pelangi digagas oleh mahasiswi penduduk sini,  Lailatus Sifa atau Lala bersama teman2nya di desa ini yang peduli terhadap pendidikan dan memiliki tekad untuk meningkatkan kehidupan warga desa ini dan sekitarnya. Dengan manfaatkan lahan wakaf bekas sekolah sebagai “base”. Rumah Pelangi bertujuan agar masyarakat gemar membaca dan menulis, sekaligus membantu proses belajar mengajar yang telah di laksanakan di pendidikan formal serta berusaha meningkatkan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan pengembangan karakter warga.

Rumah Pelangi selain menjadi perpustakaan (Taman Baca Masyarakat) juga menjadi tempat kegiatan2 untuk meningkatkan mental dan ketrampilan melalui pelatihan, permainan tradisional dan out bond yang bernuansa lokal.

Berhubung saat ini hari libur jadi tempat ini sepi. Bangunannya memang tua dengan cat sudah kusam tapi tampil menarik dengan berbagai hiasan dan ornament yang unik dan kreatif, membuat tempat ini terasa semarak dan ceria. Apalagi posisinya tepat di sisi sawah yang membentang luas membuat atmosphere yang berbeda.

Tempat ini memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang berkarya dan berguna bagi masyarakat sekitar dan masyarakat luas karena didukung dan dikembangkan oleh para remaja yang memiliki gairah dan semangat yang besar. Kata orang bijak ; hanya gairah dan semangat besar yang dapat mengubah keadaan.

Berkunjung ketempat ini merasakan kerja keras dan semangat para pembina Rumah Pelangi, membuat terinspirasi untuk berkarya, tidak mudah menyerah … dan semangattt

Lokasi Rumah Pelangi

Kampung Babakan Kali Bedah, Desa Sukamekar Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi

Koordinat Google Maps -6.135453, 107.058688

Kamis 11 Mei 2017

Iklan

18 thoughts on “Be Inspired at Rumah Pelangi Bekasi

  1. sepertinya menyenangkan bersapedahan di jalanan yang rata, Bekasi, masih banyak tempat-tempat sepi yang malah asyik untuk dikunjungi. biarpun gedungnya tua tapi berada di tengah-tengah sawah, bikin aktivitas menjadi tak membosankan

    • ya betul mas, meskipun tua tapi memiiki daya tarik, ornamen2-nya unik dan kreatif, apalagi letaknya yang ditepi sawah membuat atmosphere “berbeda” terutama bagi orang kota 🙂

    • masih muda dan dengan segala keterbatasan tapi memiliki karya nyata yang sangat berguna .. hebat
      coba remaja2 kita seperti ini ya .. daripada sibuk ngeblast hal2 negatif di medsos 🙂

  2. Acung jempol tuk Lala dkk yg memprakarsai juga Kang Bersapedahan yang mempublikasikannya. Rasanya jalur sepedaan hampir selalu sebrangi sungai dengan getek ya…

  3. Eh, mangga? Di foto di atas ada mangga? Bekasi sudah musim mangga? Jadi pingin mangga. Jogja belum musimnya mangga 😦

    Hoooo… sepintas memang mirip replika SD-nya Laskar Pelangi di Belitung. Eh, itu seperti bekas bangunan SD Inpres. Semoga saja nggak digusur…

    • belum musim mangga sih … ini kayaknya mangga yg curi start 😀

      mengingatkan SD laskar pelangi 🙂
      ini kabarnya tanah wakaf sekolah swasta, mudah2 sih… bangunannya diperbagus
      … aamiin

  4. Hebat ya ada mahasiswa yang peduli seperti dia, padahal itu tempatnya kayanya sulit dicari dan deket persawahan tapi dia tetep mencoba melakukannya. Moga rumah pelangi semakin dikenal banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s