Satu tempat di gunung Salak tidak popular tapi keren dan wah

— pandangan dari AuntyLa camping ke kota Bogor

Ada satu tempat yang bukin terpesona
Terpesona karena crowded
Crowded sama spot camping dan glamping
Dalam satu area ada banyak tempat glamping
Suatu tempat yang mewah …. tidak hanya Glamour camping … tapi café atau resto berkonsep alam yang wah juga ada disini … bikin heran …

Berarti area tersebut view-nya keren ….

Tempat ini … tidak sengaja saya menemukan tempat ini.

Sebetulnya tujuan awal hanya pergi ke satu tempat yang tinggi .. disatu kaki gunung yang udaranya segar, memiliki pemandangan keren dan … tempat tersebut belum pernah saya kunjungi.
Maka dipilihlah satu spot di lereng gunung Salak … tepatnya di atas curug Putri Pelangi.

Perjalanan akan didominasi tanjakan tanjakan manja dan cantik … hmmm oke oke, namanya juga pergi mencari spot keren di ketinggian … ya gimana lagi … enjoy aja.

Minggu pagi matahari bersinar terang … cerah …
Semangat untuk bergerak, mudah2-an terus cerah bersinar seharian.

Melewati kalimalang, Pondok Gede dan tiba di tikum Cibubur hampir bersamaan dengan si om.
Fist bum dulu .. dan rolling thunder .. ehhh emang naik moge … pan kita cuman naik sepeda …
Pokoke sepeda bergerak menuju Bogor … jarang sekali ketemu pesepeda.
Ketika kita berhenti bersama pengendara lain di lampu merah perempatan tol lingkar luar Bogor, tiba tiba muncul dari belakang 2 pesepeda … yang satu pakai RB berhenti di depan ditengah tengah jalan dan melakukan track stand … sedangkan yang satu lagi pakai fixie memfoto dan shooting …. Keduanya asyik aja dan cuek …. dengan kondisi sekitarnya …. keren.

Selepas lampu merahpun .. kedua pesepeda ini terus sibuk foto2 dan shooting … mungkin lagi buat content … pastinya kerennnn.

— kedua pesepeda ini cuek asyik foto foto dan shooting ditengah jalan

Disatu perempatan mereka belok kiri, kita terus lurus, melewati sisi luar Kebon Raya Bogor yang ramai, melewati monument Lawang Salapan, BTM dan terus bergerak … potong kompas melalui gang kecil, gotong sepeda menuruni tangga … masuk jalan mobil lagi dan masuk gang lagi … Nyebrang sungai dan masuk gang perkampungan kota Bogor yang sesak padat. Setelah berkolak kelok dalam gang padat … kembali muncul di jalanan mobil.
Terus bergerak … dan muncul di perempatan The Jungle Bogor Nirwana Residence, melewati jalan besar dua jalur sebentar dan masuk kembali ke jalanan kampung yang kecil.

Jalur ini belum pernah saya lalui … tipikal jalanan di Bogor … jalannya menanjak dan terus menanjak. Enaknya … jalannya aspal mulus dan sepi … asyikkk … apalagi tanjakannya tidak ekstrem … tapi karena panjang … lama lama gempor dan bikin ngos ngos juga.

Jalurnya ini muncul di atas destinasi wisata Mulyaharja. Jadi jika belok kanan akan ke Mulyaharja .. tapi kita belok kiri … jalanan menurun cukup curam …. nyebrang sungai … dan jalanan lebih sempit .. dan menanjak melewati rumah rumah kampung dan muncullah di jalan yang cukup besar … jalan utama desa.

Kita belok kanan … dan terus menanjak … kadang landai … dan kadang cukup curam bikin napas ngos ngos-an. Terus merambat menanjak dan akhirnya sampai di pertigaan … lurus akan menurun melewati jembatan sedangkan belok kanan langsung curam menanjak … disana ada papan petunjuk untuk menuju Curug Putri Pelangi belok kanan.

Sepeda belok kanan … dan menanjak perlahan lahan … tidak jauh dari sana ada pertigaan … disana ada banyak papan nama destinasi wisata yang mengarahkan untuk belok kiri, termasuk arah ke curug Putri Pelangi, kita belok kiri .. dan …. tanjakannya lebih curam … termehek mehek kita .. ehhh saya sih … si om langsung ngegas .. melibas tanjakan ini dengan santainya.

Diujung tanjakan .. berhenti atur napas .. lalu lanjut lagi .. masih terus menanjak dan menanjak … tapi tidak terlalu parah … cukup bikin gempor.
Disatu pertigaan kita belok kiri, jalan lebih kecil cukup satu mobil saja … dan menanjak parah lagi …. curam …. tapi suasana disini berbeda … kanan kiri hampir tidak ada rumah penduduk …. hanya area hijau hijau pepohonan … dan kadang ada kebon kebon.

Menanjak ngos ngos-an … dan rehat di suatu café resto yang berada di pinggir jurang … namanya Boja … café resto ini bukan hanya keren … tapi bukan nanggung nanggung … pokoke wah, tempat parkirannya saja luas. Tidak sangka ada resto keren dan wah begini …. saya yang kuper. Atur napas sambil ngobrol dengan security tempat ini … ternyata resto Boja ini ada di beberapa tempat dan memiliki bisnis café resto lainnya dengan nama berbeda …. hmmmm big corporate nih ….
Boja ini selain café resto ternyata ada spot glampingnya … dan bahkan memiliki perkebonan kopi di pegunungan salak .. wow.

Berdasarkan ngobrol ngobrol dengan si mas security ini … ternyata makin ke atas ada banyak spot camping dan glamping …. dan spot glamping tertinggi adalah AuntyLa ….

Mumpung sudah di daerah sini … kita akan kesana sekalian explore.
Bergerak keatas … menanjak dan menanjak … jalan kecil ini kadang ada mobil mobil yang lewat …. Jarang sekali motor lewat … sepertinya mobil2 ini berasal dari salah satu spot glamping atau café resto di arah atas lagi.
Ya kita melewati café resto dan beberapa spot glamping … bahkan ada pondokan wah … model dan desainnya keren … asyik banget, bisa melihat kota Bogor jauh di bawah lembah. Disinipun ada beberapa mobil parkir … tamu yang menginap.

— ada patung macan di atas ini

Terus bergerak … disatu titik … kita melihat patung macan besar memandang ke bawah lembah … sepertinya tempat ini akan dibuat semacam villa atau sejenisnya. Setelah melihat lihat sejenak … perjalanan berlanjut …. Kita potong jarak, daripada mengikuti jalan mobil yang berputar …. Potong kompas menanjak curam ke atas … sepertinya sih ini jalan private masuk ke vila, tapi disisi vila ada jalan setapak tanah … mengikuti jalan setapak, masuk ke area kandang sapi dan kembali ke jalan mobil.

Akhirnya tiba di perempatan …. di area ini terlihat ada beberapa spot glamping … dan belok kanan menanjak ke atas, melalui jalan semen berjalur yang semennya hanya pas untuk ban mobil di kanan kiri … dan di ujungnya terlihat ada bangunan …. itulah AuntyLa.

— jalan menuju ke arah AuntyLa camp

Kita bergerak menanjak cukup curam ke atas … dan sangat sulit .. karena menanjak curam begini ban akan bergerak ke kanan kiri … sulit sekali untuk tetap berada di jalur semen ban mobil.
Setelah berjuang goal geol menanjak nanjak … sampai di pertigaan … naik ke atas sedikit adalah AuntyLa dan belok kanan ke Toba paradise camp.

Di AuntyLa sepertinya ada warung atau resto …. tapi kita tidak akan masuk ke spot glamping …. dan juga tidak akan ngafe …. kita buka warung sendiri saja disini … kebetulan disini ada spot teduh dibawah kerindangan pohon dengan view lepas kebawah lembah …. ke arah kota Bogor dengan background gunung Klapanunggal, gunung Pancar … serta gunung Pangrango …. wowww keren.

— memilih spot teduh di bawah pohon ini untuk rehat

“Buka warung” di spot ini …. seduh kopi dan ngemil ngemil …. ditemani gemersik terpaan angin pegunungan yang segar … pandangan jauh lepas ke bawah …. wahhhh … pokoknya priceless …

— ngopi outdoor dengan view indah … priceless

Daerah ini benar benar bikin takjub …. Tidak popular atau saya yang kuper … disini banyak pilihan spot camping serta glamping yang wah …. jika tidak mau ngecamp … ada pilihan pondokan yang nyaman dan keren … jika hanya cap cus saja … ada pilihan resto dengan fasilitas dan view yang wow …. Asyiklah bawa keluarga main ke area sini …. Meskipun banyak tempat glamping … tapi jalanan kesini masih sepi … tidak crowded seperti ke daerah Sentul … apalagi ke daerah Puncak.