Memandang Bandung di beranda Warung Sitinggil

warung-sitinggil

Ingin kulineran di tempat yang keren.
Menikmati pemandangan lembah dan merasakan semilir angin.
Di tempat yang unik, homey dan inspiring.
Makan sehabis cape cape-an sepedahan pasti lebih nikmat.
Apalagi ditambah seruput kopi hangat.

Itu yang terbayang bayang
dan mumpung di Bandung … satu tempat yang terbayang
Warung Sitinggil
dari dulu saya pengen kesini … tapi belum kejadian.

Hari ini saya akan kesana, karena posisinya masih ada di awal awal daerah Dago Giri, supaya lebih nikmat makannya … maksudnya supaya lebih lapar … saya gowes dulu kearah Maribaya.

slide3

gerbang masuk Dago Dream Park

Gowes lewat Dago Giri, menanjak dan melewati tempat wisata baru di Bandung .. Dago Dream Park, masih pagi masih sepi … melewati Resto Lawangwangi .. dan melewati belokan ke warung Sitinggil .. tunggu ya .. nanti saya kesana.

Tanjakan Dago Giri atau biasa disebut Dago Bengkok 1 menuju Maribaya ini memang cocok untuk bakar kalori … tanjakannya bikin lapar … tidak banyak pesepeda yang bermain kesini … hanya sedikit … tanjakan tanjakannya bikin keder, apalagi di tanjakan terakhir yang melewati sisi tebing gunung batu … adalah tanjakan tercuram … mobil yang bawa penumpang banyak aja harus mengambil ancang ancang dari bawah … jika sampai berhenti .. bisa berabe .. untung sekarang jalanannya sudah diperlebar.

Selepas sisi gunung batu yang merupakan bagian dari patahan Lembang, jalanan menurun dan terus menurun sampai ke dasar lembahnya yaitu Maribaya, tempat wisata lama yang sekarang tampil dipercantik .. dibuat lebih keren dan berkelas serta banyak fasilitas2 baru … namanya aja sekarang lebih lengkap .. Maribaya Natural Hot Spring and Resort .. otomatis biaya masuknya jadi lebih mahal … hehehe ..

slide4

menurun menuju Maribaya

Baca lebih lanjut

Tempat Asyik untuk Semua Kalangan – taman Balai Kota Bandung

slide1

Terus mempercantik diri.
Memikat banyak orang.

Taman Balai Kota Bandung terus bebenah … atau istilah zaman sekarang mah di upgrade kali ya …#Sotoy
Sepengetahuan saya, taman balaikota ini sudah beberapa kali didandanin .. dirubah .. ditambah .. baguslah kalau menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Daripada lagi suntuk dan diam di rumah … apalagi kalau tambah suntuk karena ga punya duit …welehh … ya sudah main kesini aja atuh .. bikin happy … bikin fresh .. serasa di recharge bersemangat lagi .. siap menghadapi segala tantangan yang ada di muka bumi ini … tapi yang mudah mudah aja dulu ya … kan yang mudah dikerjain duluan … #UjianKali

Beberapa kali saya berkunjung kesini …dari mulai zaman dulu yang pada saat itu area di depan kantor walikota hanya berupa tanah merah kosong yang biasa dipergunakan anak anak main bola, beberapa pohon besarnya saat itu sudah ada. Kemudian berubah dan terus diperbaiki beberapa kali. Dan sejak kepemimpinan walikota Pak Ridwan Kamil perubahannya terjadi secara significant.

Untuk yang tidak tahu keberapa kalinya saya datang lagi kesini seperti mengunjungi sahabat lama, senang bisa bertandang lagi. Kabarnya sudah ada perbaikan dan ada taman2 baru. Kepo juga bagaimana sih …

Saya datang lagi kesini … kalau hari Sabtu disini tidak seramai hari Minggu jadi lebih enak untuk dinikmati. Bersapedahanlah saya kesini .. di Bandung pagi2 enak sekali untuk bersepeda dan tidak butuh lama untuk sampai ke taman Balai Kota. Baca lebih lanjut

Mengejar Bidadari ke Curug Bidadari

curug-bidadari

Curug ini sudah termasuk mainstream.
Termasuk curug yang pertama ngetop di daerah sentul, dibanding curug2 lain yang sekarang bermunculan.
tapi koq… saya belum pernah kesini … kasian banget ga sih.
ngga juga ah… soalnya banyak juga yang belum kesini, masak mereka semua harus dikasihani juga.
saya pikir sudah saatnya saya kesana .. siapa tahu ketemu yang manis2, yang cantik2 … ketemu bidadari.

jam 06.38 mulai mengayuh pedal, melalui jalanan kalimalang yang relatif sepi kendaraan yang lalu lalang. Setelah selepas 40 km-an menganyuh ngayuh pedal .. perut semakin lapar, belum sarapan dari berangkat … celingukan mencari sasaran tembak .. akhirnya ada warung soto ayam yang lagi siap2 buka … hmm menggoda juga, saya bakalan jadi customer pertama… siapa tahu dapat diskon ..
jam 8.30-an sarapan soto di dekat Sentul sirkuit … rasa sotonya biasa aja sih .. berhubung cape .. rasa tak terlalu dipermasalahkan .. ngga lama jalan lagi… oh ya … ngga dapet diskon juga… eh masih ngarep.

mulai masuk jalanan sentul dan mulai menanjak panjang. melewati Taman Budaya Sentul dan berbelok kanan menuju daerah yang terkenal bagi para pegowes penyuka tanjakan .. km nol, kenapa disebut begitu coba…

Tanjakan didaerah sini memang bener2 menguras tenaga dan stamina, peluh mengucur deras seiring napas yang megap megap … gowes merayap … enjoy aja. Baca lebih lanjut

Berubah Menjadi Lebih Baik – Kalijodo Park

kalijodo-park

Kalijodo memiliki riwayat yang kelam.
Tapi masa mau kelam terus sih
Harus berubah
Harus hijrah

Kalijodo yang dahulunya tempat prostitusi melalui drama perjuangan yang ramai akhirnya berubah menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Dahulu hanya “tempat permainan” laki2 dewasa hidung belang sekarang menjadi tempat permainan keluarga ; anak2, remaja dan orang dewasa, baik pria maupun wanita.

Dulu, saya pernah lewat Kalijodo … bener lho .. lewat doang, ngga ngapa ngapain … pagi2 sesepedahan itu juga. Percaya ngga …
Bagi yang percaya saya orang baik2 …. berarti anda orang yang keren 🙂

Waktu gowes ke Hutan Kota Penjaringan yang berada di pinggir tol Bandara .. saya melewati tempat ini .. saya bingung … ini apaan sih … #Pura2NggaNgerti
Setelah baca2 baru tahu kalau itu adalah Kalijodo … makanya baca .. baca Baca lebih lanjut

Sebuah Danau Yang Masih Asri di Depok – Situ Jatijajar

situ-jatijajar

Situ ini bikin penasaran.
Situ ini bisa dikatakan anomali.
Dilihat dari google maps, terlihat begitu hijau… untuk situ atau danau yang berada di dalam kota yang biasanya sekelilingnya dipenuhi rumah2 … seringnya berkesan kumuh dan air danaunya penuh sampah … Situ Jatijajar ini masih dipenuhi pohon2 seperti hutan dan airnya bisa dikatakan tidak ada sampah … wewww hebat.

slide2

situ Jatijajar yang masih memiliki hutan kecil

Jam 7 kurang sedikit sudah meluncur melalui pondok gede, lubang buaya dan mulai masuk ke jalan kecil dan di satu jalan kecil .. wah.. ada pura disini… ???
oh… ternyata ini adalah rumah Ki Joko Bodo… unik bener.

slide3

sudah sampai ke Bali-kah ? ? ?

pokoke sejak Lubang Buaya.. melipir terus lewat jalan kecil, gang2 … melewati sisi belakang Taman Mini, jalan kecil lagi .. gang lagi, melewati Rawa Babon… jalan kecil .. gang kecil, pasar dan muncullah di jalan Raya Bogor. Selama perjalanan bisa dikatakan 98% melewati perumahan perumahan yang padat hanya sesekali melewati sedikit kebon yang tersisa. Baca lebih lanjut

Keasrian Gua Purba – gua Dayeuh Karawang

gua-dayeuh-karawang

Di Karawang ternyata ada gua purba … peninggalan zaman prasejarah.
Hmm .. menarik juga untuk dikunjungi. Om Adi pernah mencari cari gua ini tapi tidak diketemukan. Dia pernah mengungkapkan perasaan … ehh memangnya ngapain … maksudnya dia masih kepo alias want to know akan keberadaan gua ini, makanya saya ajak om Adi supaya dia tidak penasaran. Sekalian merayakan last Sunday ride di tahun 2016.

Jam 7.40 ketemuan dengan om Adi yang menunggu di stopan jl RA Kartini. Si om sedang santai duduk di warung “ayo om .. kita hayuk atuh ..”

Perjalanan kali ini adalah main lurus lurusan … pokoknya lurus aja menyusuri jalanan kalimalang mengarah ke Karawang sampai bosen. Ketika ban sepeda menggelinding di jalanan cor beton sepanjang jalanan kalimalang, awan sedikit mendung tidak membuat badan terpanggang … meskipun jalanan kalimalang ini rata … anginnya sangat kencang … beberapa kali angin datang dari arah depan … serasa gowes menanjak yang panjang.

Di daerah Cikarang kita berhenti .. tepat di area jembatan siphon Cibeet.
Yang unik … aliran sungai kalimalang harus menyebrangi sungai Cibeet yang dalam dan besar .. dan caranya … adalah menyelam … yap di buat “underpass” sungai Kalimalang mengalir di bawah sungai Cibeet … wow … rekayasa teknik sipil yang hebat ya ..

slide3

jembatan siphon Cibeet, tempat “underpass” kalimalang melewati sungai Cibeet

Baca lebih lanjut

Situs Cilebut yang telantar dan merana – Situs Tugu Lonceng

situs-tugu-lonceng

Cilebut …

Bagi penumpang commuter Bogor Jakarta pasti mengenal nama ini.
Perjalanan KA Jakarta Bogor pasti melalui stasiun Cilebut.

Cilebut memiliki sejarah yang panjang, sejak zaman penjajahan Belanda.
Disini pernah ada tangsi militer Belanda dan sekarang hanya tersisa seonggok bangunan.

Penasaran ..

Meskipun Cilebut ga jauh dari Jakarta, tapi saya belum pernah kesini.
Hayo siapa aja yang pernah kesini .. ? ngacung .. yang bukan tinggalnya di Cilebut ya ..
Sekalian ingin jalan jalan ke tempat yang belum pernah saya datangi, siapa tahu disana ada sesuatu …

Baca lebih lanjut

Ngopi di pantai Marunda .. nikmat bangettt

ngopi-di-pantai
Long weekend neh …
tapi ga bisa pergi jauh2,
ga bisa pergi lama2
#SokSibukBanget

Mendingan nyantai
ngopi di pantai

pantai yang deket ya pantai Marunda, hanya 20 km-an dari rumah.

Berangkat dari rumah sudah jam 7 kurang sedikit, menyusuri pinggiran BKT.
Mendung menemani perjalanan, was was hujan. .. tapi plus-nya tidak kepanasan.

slide2

selepas portal jalan masuk ke ujung BKT

Baca lebih lanjut

Gunung Batu Super Keren – Gunung Batu Jonggol

gunung-batu-jonggol

Tempat ini sudah lumayan ngehits … keren banget deh pemandangannya apalagi untuk photo2. Orang mengenalnya Gunung Batu Jonggol walaupun sebenarnya bukan di Jonggol hanya berbatasan dengan daerah Jonggol.

Kesempatan yang tertunda tunda … akhirnya datang jua … meskipun hampir tertunda lagi. Minggu pagi .. gerimis datang … galau … berangkat atau tidak .. om Adi ngabarin juga di tempatnya hujan, mungkin gagal untuk jalan katanya. Saya termenung menanti … akhirnya gerimis berhenti di tempat saya … saya putuskan jalan .. biarlah sendiri juga .. biasanya juga suka sendirian ini .. ehh curcol. Akhirnya berangkat sudah agak siangan … tidak apa2 … diiringi awan mendung menggayut, tidak panas.

Sampai di daerah Kemang Pratama saya check HP, eh om Adi ngabarin siap berangkat … Allhamdulillah ada teman .. ya sudah saya bilang tikum di gerbang Metland Cileungsi.

Sampai di Metland … ramai banget di Minggu pagi begini … banyak yang berolahraga, berjualan dan yang berjalan jalan … dan om Adi sudah duduk lesehan di rumput setia menanti. Makan camilan sebentar dan langsung cap cus.

Gowes beriringan om Adi di depan berusaha menarik saya untuk cepetan gowesnya, saya kebawa cepat .. sampai di alun alun Jonggol, ternyata ada CFD disini, jalan ditutup untuk kendaraan bermotor …. wah CFD sudah sampai daerah2 … tidak hanya di kota kota, bener2 nge-trend.

Selepas alun2 Jonggol mengarah ke Sukamakmur – Citeureup, di satu titik saya mengajak om Adi untuk belok kiri sesuai panduan GPS. Om Adi “ lewat sana jalannya jelek …, lewat Sukamakmur aja … meskipun memutar tapi jalannya bagus …” Ehh om Adi ini menguji ke sotoy-an saya “lewat sini lebih pendek”. Akhirnya om Adi mengalah terhadap ketegasan .. eh kepala batu saya .. kesotoy-an saya.

slide2

kondisi jalan setelah Bendungan Cipamingkis

slide3

tidak tahu reruntuhan apa ini ??

slide4

curug mini setelah bendungan Cipamingkis

Baca lebih lanjut

Mencari secuil sejarah Cibarusah Bekasi – Rel Kereta Dogong

slide3

konon… pada zaman dahulu .. zaman penjajahan Belanda di daerah Cibarusah Bekasi ada rel kereta.
kereta bukang sembarang kereta tapi kereta dogong.

kereta dogong ???

apaan.. .. bingung kan…

menuntaskan kebingungan, saya pergi kesana, melakukan ekspedisi pencarian sisa sisa rel dogong.

Untuk mencapai kesana, saya blusukan ke area pelosok bekasi, melalui daerah2 yang pernah saya lalui dan daerah2 yang belum pernah saya lalui… daerah2 pelosok bekasi yang baru pertama saya lihat.

slide1

daerah pelosok bekasi suasananya masih pedesaan… pesawahan., kebun2 … pepohonan dan rumah2 tipikal desa. di kota punya punya halaman luas… wong sugih… di desa… orang biasa saja… orang yang hidup sederhana.

memasuki daerah Serang Baru, suasana berbeda, disini banyak sekali pabrik2 tradisional pembuat batu bata. dampaknya…. banyak lubang2 besar yang akhirnya menjadi kolam bahkan menjadi danau yang besar. otomatis disini banyak sekali danau2 buatan… bisa dikatakan daerah seribu danau.

slide4

danau bekas penambangan bata merah

slide15

pabrik2 bata merah

lanjut lagi klayapannya.. dan … sebentar lagi akan melalui daerah “malam” di pelosok bekasi, saya suka heran …. koq di tengah2 daerah pesawahan dan danau2 .. ada komplek cafe2 dangdut dan karaoke2. di pagi hari begini komplek sepi … tapi ada wece2 pakaian “irit bahan” yang sudah bangun dan nongkrong di depan cafe. ya inilah realita yang terjadi.

slide14 Baca lebih lanjut