Curug tersembunyi di Gunung Klapanunggal Jonggol – Curug Cimapag

Gunung Klapanunggal yang membentang dari Cileungsi sampai Jonggol, letaknya tidak jauh dari Jakata. Selalu bikin penasaran … biasanyakan digunung pasti ada curug.

Tapi susah sekali mendapatkan informasi… dimana letak curug curugnya.

Berdasarkan info2 sih, didekat gua Ciwadon ada curug, curug Sedong namanya. Tuh .. kan ada satu tuh… ada lagi yang lain gak …

Segala tehnik, cara dan jurus2 simpanan dikeluarkam untuk mencari cari informasi.

Akhirnya didapat informasi bahwa ada lagi curug, ke atas lagi dari pemandian Sodong. Posisinya ada di hutan Klapanunggal dan berdasarkan jarak terdekat harus melewati hutan.

Melewati hutan… hmmm… kalau sendirian cari masalah… mending cari teman saja… kontak om Adi.

Janjian Tikum di Metland Cileungsi dengan om Adi. Sampai disana jam 7.30 kurang dikit. Ternyata ada om Dono juga yang kebetulan lewat sana mau ke sodong .. dan ada lagi Om2 lain yang akan gowes ke Sodong .. hmm .. koq ga ada Tante yang ikut ya …

Berangkatkah kita ke sodong, melewati perkebunan sawit cileungsi dan akhirnya sampailah di pemandian Sodong.
Rehat sambil makan mie di warung, para pengunjung semakin banyak berdatangan. Keluarga dan rombongan2 ..pemandian mata air sodong akan semakin penuh.

Waktu semakin siang.. kelamaan rehat dan ngobrol2, akhirnya kita lanjutkan perjalanan.. ada lagi yg ikut, om maryono.
Berempatlah kita berangkatt.

Gowes nyantai.. disatu titik kita berbelok, masuk jalan berbatu dan langsung menanjak. Ternyata.. dari mulai titik ini.. bisa dikatakan 95% ttb plus plus … tuntun, dorong2 .. dan angkat2 sepeda, sepanjang 4 km lebih …

ayo doronggg … tipikal jalanan berbatu dan menanjak

Selain jalanan batu kapur besar2 … juga melewati banyak kubangan2 lumpur.. 90% jalanan menanjak. Meskipun ada sedikit turunan.. tidak gowesable … kalau bukan batu2 besar .. jalanan tanah yang licin.
Intinya … nanjak sepeda di dorong2 .. turunan sepeda dituntun2.

truk terjebak di kubangan

Baca lebih lanjut

Plesiran ke Goa Terpanjang — Goa Ciwadon Jonggol

Di gunung biasanya ada gua
Di hati kamu ada apa ..

ehh … sudah fokus … mending kita bahas gua dan elo ..
ehh … goa aja deh

Di area pebukitan Jonggol ada beberapa goa yang terdengar, pengen jalan jalan kesana … plesiran .. permasalahannya tidak jelas lokasinya tepatnya ada dimana.
Jadi kita harus nyari nyari sendiri gitu … ihhh .. Kan masih banyak yang harus dicari dikehidupan ini .. jadi nyari2 yang pasti aja deh.

Kebetulan dapat koordinat goa Ciwadon dari blogger yang suka sesepedahan juga kayuhanpedal.com dan lokasinya relatif tidak jauhlah jadi siang bisa sudah sampai dirumah kembali.
Oke sip .. berangkat sudah … jam setengah tujuh kurang cuss meluncur dan jam 7.26 sudah sampai di gerbang Metland Cileungsi. Lesehan ditrotoar dan 7.29 om Adi jatiasih muncul ..

yeayyy on schedule …. Sesuai janjian jam 7.30 .. tapi memang kalau janjian sama om Adi ini selalu ontime .. hebat deh ..
Ngobrol2 dulu ngalor ngidul .. waktu mau berangkat .. ada grup peseda mendekat dan meminta tolong … apa minjem uang … ehh salah denger … pinjem tools.

Om Adi sibuk bantuin ngutak ngatik .. saya .. saya sih duduk lesehan lagi, lumayan lama juga .. ngga tahu berapa menit … tapi bisa buat ngopi ngopi dulu kalau mau ..

Akhirnya berangkat gowes melewati Mekarsari dan terus mengarah ke Jonggol, lalu kita masuk perumahan Citra Indah Jonggol .. jalanan utamanya lebar dengan gerbang segede gaban ..

masuk ke komplek perumahan Citra indah Jonggol

Terus saja masuk kedalam melewati beberapa cluster dan disatu titik harus belok kiri … ternyata jalan desa yang membelah perumahan ini sudah dibuat fly over .. welehhh. Terpaksa kita harus mengotong sepeda ke atas … yang paling risky ketika harus menggotong melewati pager jembatan .. hanya ada pijakan kecil … ngangkat sepeda besi chromoly ini berat euy … hampir saja saya terpelanting jatuh .. untung ada om adi yang bantuin … bikin ngos-ngosan dan sport jantung aja.

keluar komplek harus naik ke atas jembatan

Baca lebih lanjut