Spot getaway yang keren – Gunung Butik – Hanjawong

Gunung Butik
Baru dengar saya nama gunung ini …
Kenapa disebut Butik … apa karena disana tempat berkumpulnya para desainer …

Hmm .. menarik .. menarik …
Bikin pemasaran .. ehh penasaran

Berangkatlah ke gunung Butik
Pergi ke tempat baru selalu excited

Langit sedikit mendung … entahlah bakalan hujan atau tidak …
Sepeda tetap bergerak melintas Kalimalang, melewati Kamala Lagoon, kelak kelok melintas Kemang Pratama, terus bergerak dan sampailah di tikum …. Metland Cileungsi.

Janjian jam 8 … jam 7.58 … si om datang
Tanpa banyak cingcong, ban sepeda segera berputar melewati Taman Buah Mekarsari dan terus mengarah ke Jonggol.

Berbelok di pertigaan tugu Jonggol Tegar Beriman …. beberapa goweser sedang berkumpul disana. Melewati pertigaan alun alun Jonggol, sepeda bergerak ke arah Sukamakmur.

Perjalanan mulai menanjak dan kadang ada turunan … menurun menuju pasar Dayeuh … dan jalanan banjir … ehhh tepatnya air meluber dari selokan di pinggir jalan … berkali kali lewat jalan ini … baru kali ini melintas pada saat “banjir” … dan ternyata di bagian depan … dijalanan yang bersebelahan dengan sungai kecil … terdapat bekas bekas “banjir” di jalanan, lumpur dan kerikil … dikarenakan air yang meluber dari sungai yang ada disisi jalan.

Sepertinya terjadi hujan besar di daerah sini …
Sepeda santai bergerak dan tak terasa melewati wisata sungai Cipamingkis yang mulai ramai didatangi wisatawan, menyusuri jalanan yang berkolak kelok dengan dominasi tanjakan yang tidak curam.

Jalan ini sebenarnya menyusuri bagian kaki gunung Klapanunggal … di bagian kaki gunung ini sudah ada banyak bisnis property berkonsep villa kebon … dengan berbagai nama, dari nama timur tengah, western sampai bintang rock juga ada. Jadi kepikiran … sekali kali ingin juga main ke salah satu tempat itu … ke salah satu puncak bukitnya yang memiliki view yang indah.

Ban sepeda terus berputar, mendekat pasar Sukamakmur, tanjakan mulai terasa … bikin ngos ngos. Pemandangan lebih spektakular …. Hamparan pesawahan dengan background gunung yang telihat begitu jelas dan dekat …. itulah gunung Hanjawong.

Dipertigaan pasar Sukamakmur sepeda belok kiri mengarah ke gunung Batu atau ke arah situ Rawagede.
Menurun ke bawah menyebrangi jembatan dan kembali menanjak. Melewati beberapa tanjakan dan turunan … di daerah sini sudah ada beberapa resto besar yang sudah jadi maupun yang sedang dibangun …. wah jadi bakalan ramai nih …

Disatu titik sepeda belok kanan keluar dari jalan raya … ada papan bertuliskan Bukit Alquds, masuk ke jalan kampung jalan akses utama menuju gunung Butik.

Jalan mulai menanjak … melalui kampung kampung, mampir dulu sejenak di proyek Bukit Alquds ….
Lahannya masih datar …. masih belum di proses …. tapi suasana dan view-nya … wowww juara. Background gunung Hanjawong sangat dekat … sangat keren … dan ke depan hamparan lembah serta pesawahan terasiring hijau berundak undak.

Setelah lihat lihat proyek, perjalanan kembali berlanjut. Masih menanjak dan terus melewati rumah rumah penduduk di kanan kiri … makin ke atas, tanjakan makin terasa … makin ngos ngos. Jalannya cor-an semen … hanya cukup untuk satu mobil …. Jadi kalau mobil berpapasan maka harus cari spot untuk lewat …. tapi lalu lintas disini sepi … jarang sekali mobil lewat.

Setelah menanjak nanjak terus … akhirnya sampai ke ujung desa … di sana ada portal … dan … disana ternyata ada banyak mobil motor parkir. Disini adalah basecamp untuk yang mau mendaki gunung atau mau camping. Di area ini ada musholla dan sepertinya di dalam musholla ada beberapa orang yang sedang tidur … mungkin kelelahan …
Memang gunung Butik ini cukup popular di komunitas hiking … makanya cukup banyak kendaraan parkir disini.

Destinasi hiking di area ini ada 2, trek menuju puncak gunung Butik dan puncak gunung Hanjawong … gunung Hanjawong ini bertetangga dengan gunung Butik. Puncak gunung Butik 1250 mdpl sedangkan gunung Hanjawong lebih rendah sekitar 900-an mdpl. Kabarnya untuk mencapai puncak gunung Butik sekitar 3 jam-an dan untuk mencapai puncak gunung Hanjawong periu waktu lebih lama, di kedua gunung tersebut tersedia camping ground.

Sepeda terus melanjutkan perjalanan … selepas portal, jalanan berubah menjadi berbatu batu, menurun sedikit, masih tidak jauh dari basecamp ada lagi tempat rehat hikers … disini ada pondok, musholla dan toilet …

— mendekat ke gunung Hanjawong

Kita terus bergerak … dan jalan berbatu berubah menjadi jalan cor semen … mulus … bikin takjub … jalan semen ini belum lama jadi … jadi asyik gowesnya, sambil menikmati view lembah di sisi kanan.
Ternyata jalan semen ini hanya sekitar 1 km-an kurang … sampai jembatan … jalan berubah menjadi jalan setapak berbatu.

— jalan semen hanya sampai jembatan

Sepeda ajrut ajrutan …. dan … jalan setapak batu berubah menjadi jalan setapak tanah … hmmm …. diperhatikan jalanan tanah ini basah becek … musim hujan. Ngobrol dengan petani lokal … jalan ini rencananya mau ditembusin bisa dilalui mobil tapi saat ini hanya jalan setapak naik gunung masuk kedalam hutan.

Akhirnya kita rehat di saung yang kebetulan ada di dekat sini … background dari saung ini adalah gunung Hanjawong … dan di depan terbentang hamparan pesawahan terasiring ….
Seandainya disini dibuat cabin untuk penginapan … atau semacam kedai … pasti juara banget … air di daerah sini berlimpah jadi tidak pusing untuk menyediakan air.

— background gunung Hanjawong

Duduk di saung sambil ngopi instan kalengan – kali ini bawa kalengan, tidak keburu menyiapkan perlengkapan lenong ngopi – ngemil snack, ngobrol santai …. pemandangan indah … tidak perlu nongki di café atau resto yang mahal … cukup disini saja, malah lebih senang dan bahagia.

Merecharge tenaga dan semangat …
Awan mendung semakin mendekat … dan kita bergerak pulang, meluncur terus ke bawah.

Untuk yang suka camping atau hiking …. Destinasi gunung Butik dan Hanjawong ini layak untuk di jajal … tempatnya masih tidak ramai, jaraknya tidak terlalu jauh dari parkiram kendaraan dan …. suasana alam pemandangannya … kerennnn.

Gunung Butik – Hanjawong
Kp Cisoro, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.
Koordinat googlemaps -6.600846, 106.998253

Minggu 4 Desember 2022

Iklan

2 komentar di “Spot getaway yang keren – Gunung Butik – Hanjawong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s