Pesona panorama 3 gunung – Bukit Batu Sirip Hiu

Ingin pergi ke tempat yang unik
Tempat yang eksotis
Tempat yang sepi
Tempat yang memiliki panorama yang indah
Tempat yang tidak ribet untuk di kunjungi

Ada tidak tempat sekomplit itu ….

Menurut saya sih ada …. dulu pertama kali melihat spot ini dari kejauhan … begitu mengundang … terlihat sangat menarik. Tapi tertunda tunda terus sampai lupa dengan spot ini.
Dan ketika mencari spot dengan specs seperti di atas … teringat lagi spot ini. Googling2 tidak ada informasi bahkan foto2 tentang spot ini … herman deh .. ehhh heran

Sepeda bergerak di hari Minggu yang cerah, melintasi Pondok Gede dan nikum dulu di Cibubur ketemuan sama si om … dan lanjut kembali bergerak.

Melewati area perumahan Podomoro golf view Cimanggis di Minggu pagi yang semakin ramai dan ramai … yang pergi ke masjid, yang olah raga dan ramai juga yang kulineran ….
Hmmm … bolak balik di area ini perasaan jadi agak sedikit aneh … karena dulu sebelum jadi perumahan ini adalah area kebun dan semak semak, bermain sepeda off road off road-an kesini, lalu di bangun menjadi perumahan ini … masih kosong … sepeda melintas di gedung2 kosong dan jalanan kosong … dan sekarang … sudah ramai seperti ini …. dan akan terus semakin ramai dengan semakin banyak penghuni baru yang akan tinggal di area perumahan ini …. jadi saksi sejarah .. hehe.

Sepeda keluar melalui jalan belakang perumahan, masuk gang gang, menyusuri gang sisi luar tol Jagorawi dan muncul di area Gunung Putri.
Sepeda terus melaju nyaman santai di jalan Mayor Oking Citeureup, melintas pabrik semen, melintas Sirkuit Sentul dan belok kiri tepat di pertigaan hotel Harris Sentul. Biasanya dipertigaan ini di tanggal muda macet parah … tapi saat ini lancar.

Kemudian belok kanan di pasar Babakan Madang, dan melintas di kolong jalan MH Thamrin – jalan raya perumahan Sentul. Kita bergerak mengarah ke KM Nol Sentul tapi mengambil rute Bukit Pelangi, biasanya untuk menuju KM Nol Sentul orang mengambil rute Bojong Koneng.

Selepas kolong jalan MH Thamrin … tanjakan mulai terasa. Dan memang rute kedepan 90% akan terus menanjak .. lagi dan lagi.
Jalan via Bukit Pelangi lebih lebar dari jalur Bojong Koneng tapi kendaraan bermotor terutama roda dua sangat banyak …. rombongan besar, kecil maupun boncengan atau sendirian … karena jalan ini adalah jalur alternatif untuk menuju Puncak Bogor.

Motor umumnya kencang kencang ngegas di tanjakan …. sepeda sih gowes merayap … melewati beberapa tikungan hairspin …. dan terus menanjak merayap. Mendekat Bukit Pelangi tanjakan semakin terasa.

Dipertigaan Bukit Pelangi aka Rainbow hill, kita terus lurus … sedangkan motor2 itu umumnya belok kanan masuk ke area Bukit Pelangi dan nanti tembus ke daerah Gadog Ciawi.

Selepas pertigaan Bukit Pelangi … lalu lintas lebih sepi … Biasanya di jalur ini ketemu rombongan goweser … tapi kali ini sepi goweser … hanya ketemu satu dua, itu juga yang turun kebawah … entah kenapa sepi.

Sepeda masih merayap terus menanjak, ketika melewati daerah pagar benteng batu panjang … dari sini, dikejauhan sudah terlihat bukit yang dituju, terlihat batu batu besar beraneka bentuk di puncak bukitnya.

Sepeda terus bergerap perlahan … menikmati setiap kayuhan dan tak terasa kita melintasi bangunan sekolah baru …. Sekolah untuk menjadi intel … untuk menjadi agen … bukan agen property, agen asuransi atau agen perubahan .. tapi lebih seperti 007 kali ya … karena ini adalah sekolah kedinasan, STIN – Sekolah Tinggi Intelijen Negara. Kalau sudah melintas STIN maka destinasi sudah semakin dekat.

Melewati beberapa tikungan dulu … dan dari sini banyak area yang terbuka, terbentang luas pandangan ke bawah, ke arah Sentul bawah bahkan ke arah Bogor dan Citeureup.

Dan sampalaih di belokan yang ada batu besar di sisi kiri jalan.
Dari sini destinasi bukit batu yang dituju sudah terlihat sangat dekat, tapi jika kita masuk dari jalur dekat ini maka tanjakannya akan terjal dan melewati semak semak yang lebat. Akses yang lebih mudah adalah terus melanjutkan ke atas, mendekat ke KM Nol.

— Bukit Batu Sirip Hiu

Pandangan dari bawah ke puncak bukit batu … terlihat berbagai formasi bebatuan, tapi yang sangat menonjol unik dan menarik adalah batu yang seperti sirip hiu … seperti sirip hiu runcing yang muncul di permukaan air.

Sepeda terus gowes menanjak, melewati beberapa warung atau sejenis café yang tertata rapi di sisi jalan … lingkungan kanan kiri disekitar ini sudah dirapihkan, dari papan nama yang tertanam ternyata area ini sudah milik perumahan Sentul.

Sebelum sampai titik puncaknya perjalanan yaitu KM Nol, sepeda belok kanan ke akses masuk area D’Jongkon Highland – tempat wisata dan camping. Menanjak menuju gerbang D’Jongkon tapi tepat disisi gerbang ada jalan tanah belok kanan, kita belok kanan dan mulai menurun ke bawah melewati lapangan merah yang luas … wah untung beberapa hari ini tidak hujan … kalau musim hujan pasti ribet masuk ke area ini.

— di hamparan tanah merah menuju Bukit Batu

Kita terus bergerak menurun melalui jalanan setapak tanah, melewati kebon penduduk, melewati area padang ilalang yang tinggi tinggi, masuk lagi ke area kebon penduduk yang tidak terawat dan sudah penuh semak belukar dan … taraaaaa …. sampailah di bukit batu … di destinasi yang kita tuju.

— padang ilalang menuju bukit batu

Formasi bebatuan segede gaban berserakan … dan ada satu batu yang unik … batu berbentuk sirip hiu … ada hiu nyelam disini. Spot ini bukan hanya menarik …. spot ini unik, eksotis dan bener bener bikin takjub …. kece badai.

Duduk santai di atas batu tepat dibawah pohon kecil tapi cukup rindang … nyaman sekali, angin kencang menerpa tapi terasa sejuk. Posisi bebatuan ini tidak jauh dari jalanan sehingga suara kendaraan kadang masih terdengar. Tepat di bawah lembah puncak batu ini adalah lapangan golf Bukit Pelangi atau Rainbow hills golf club.

Yang lebih bikin takjubnya …. pesona panorama 3 gunung terlihat begitu indah dan megah … gunung Pancar, gunung Pangrango dan gunung Salak … bahkan bukit Hambalang terlihat jelas dari sini.

Banyak spot menarik untuk foto foto … atau hanya duduk duduk rileks santai sambil menikmati dan memandangi pemandangan yang indah.

— menggiling biji kopi

Heran … tempat sekece ini koq sepi ya … tidak popular … entah mengapa.
Tapi bagi kita jadinya asyik …. benar benar bisa menikmati suasana tanpa terganggu.
Sesuai misi semula …. Kita ngopi outdoor di tempat yang eksotis ini.
Giling biji kopi dan buat kopi tubruk …. seduh dengan air panas … ditemani berbagai aneka kudapan.
Ngopi sambil menikmati panorama indah di kelilingi 3 gunung … benar benar magical.