Muncak ke puncak yang ngga pakai lama – Puncak Batu Roti

Jika ingin pergi ke puncak gunung, tapi … tidak pakai jauh, tidak pakai lama dan tidak pakai susah ….. pilihannya adalah puncak Batu Roti di gunung Batu Ciampea.

Jaraknya dari Jakarta sekitar 60 km, tidak jauh dari kampus IPB Dramaga Bogor.

Cocoklah untuk pergi ngegowes kesana dengan santai. Hari minggu pagi sepeda bergerak melalui Kalimalang, Pondok Gede dan sampai di tikum Cibubur.

Hanya sejenak menunggu, si om datang dan langsung cuss.
Melalui jalan Raya Cibinong Bogor yang lancar dan tak terasa sudah memasuki area kota Bogor.
Di perempatan tol lingkar luar Bogor sepeda belok kanan menyusuri berkilo kilo meter kolong bawah tol dan belok kiri melalui perumahan Taman Yasmin.

Menyebrangi jembatan sungai Cisadane dan terus bergerak sampai mentok di pertigaan dan belok kanan. Dari sini perjalanan mulai merayap …. jalan raya Cibadak Ciampea selalu ramai dan melewati beberapa titik macet – pertigaan atau perempatan. Perjalanan sedikit lancar ketika sepeda melewati gerbang utama kampus IPB dan setelahnya … macet lagi … merayap lagi … terus merayap. Jalanan rolling naik turun dan dikejauhan mulai terlihat bukit hijau … itulah destinasi yang dituju, gunung Kapur Ciampea.

— gunung kapur Ciampea

Tapi sebelum sampai kesana … harus enjoy dulu dengan jalanan yang ramai padat … terus merayap sambil melewati beberapa jembatan dan gunung semakin dekat.
Setelah melewati pertigaan ke arah pasar Ciampea, posisi gunung ada di belakang perumahan padat, kemudian di satu titik kita belok kanan masuk ke jalanan kampung yang berbatu. Melewati jejeran rumah di perkampungan dan sampai di ujung kampung, melewati kuburan, menanjak dan sampailah di gapura masuk ke area parkir.

Mobil dan motor yang hendak menuju puncak Batu Roti parkirnya disini. Area parkirnya cukup luas.
Kita bayar tiker masuk 10 ribu dan parkir sepeda 5 ribu … hmmm aneh juga sih … sepeda harus bayar parkir.

— di area parkiran Puncak Batu Roti

Gunung Kapur Ciampea berdasarkan info di internet memiliki ketinggian 385 mdpl, di area gunung kapur ini terdapat beberapa destinasi wisata ; puncak Lalana, puncak Galau, puncak Arca Lima, puncak Karang Gantung, puncak Batu Roti. Puncak yang tertinggi adalah puncak Lalana dan yang terendah adalah puncak Batu Roti.
Selain itu juga terdapat beberapa gua yang menarik dan indah ; gua Sigeulis, gua Sinema, gua Silecet, gua Sipeso, gua Simushola, gua Sibiuk (AC), gua Sipanjang, gua Kelelawar dll. Keberadaan destinasi ini sudah di dokumentasi dan dipetakan oleh mahasiswa IPB, dan ditampilkan di papan pengumuman di warung pintu masuk.

Untuk menuju ke masing masing destinasi, jika ingin cepat maka aksesnya berbeda dan parkirannya berbeda. Tapi jika ingin eksplore dan berpetualangan ke beberapa destinasi dengan jalur menantang bisa dimulai dari jalur Puncak Batu Roti ini.

Puncak Lalana adalah puncak tertinggi sedangkan puncak Batu Roti adalah yang terendah sekitar 250 mdpl. Untuk kelas saya .. saya pilih yang terendah …. dan yang tercepat untuk dicapainya …. cemen kan … untuk mencapai puncak Batu Roti dari parkiran jika bejalan kaki sekitar 15 menit. Disebut puncak Batu Roti karena katanya terlihat seperti Roti …

Sebetulnya sepeda bisa saja ke bawa sampai mendekat ke puncak Batu Roti, ya sudah pasti butuh perjuangan tapi tidak terlalu sulit. Bahkan kata bapak yang jaga di warung, dia pernah di minta tolong oleh seorang ibu untuk bawain sepeda lipat sampai ke atas puncaknya ke puncak Batu Roti, si Ibu ingin foto sama sepedanya di puncak.

Kita titipkan sepeda di warung di parkiran … dan mulai melalui pendakian … naik beberapa undakan, melewati satu warung lagi … di area warung kedua ini bertemu dengan beberapa monyet …. ngobrol dengan bapak yang jaga warung, katanya jumlah monyet di gunung bisa sampai ribuan … terdiri dari beberapa komunitas .. ehhh grup. Saking banyaknya monyet ini, bahkan kadang sampai mengganggu … ketika mereka kekurangan makanan dan mencari di perkampungan. Tapi selama mendaki ke atas … hanya ketemu monyet monyet di area warung ini … dan jika ketemu manusia mereka menghindar.

Saya tanya sama si Bapak …. apakah di gunung ini ada binatang buas seperti babi hutan ? Katanya disini tidak ada babi hutan, tapi ada anjing hutan …. wahhhh …. anjing hutan dan selalu berkelompok … katanya perawakannya lebih besar dari anjing biasa dan moncongnya lebih runcing panjang seperti serigala …. wowww. Tapi kawanan anjing hutan ini selalu menghindari manusia. Mereka tinggal di gua gua di gunung ini. Kalau malam kadang suka terdengar lolongan anjing ini. Si bapak pernah beberapa kali melihatnya … yang paling seram kata beliau yang badannya loreng dan kepalanya warna hitam.
Harus ada penelitian lebih lanjut mengenai keberadaan anjing hutan ini, jika memang benar … jadi “asset” Bogor dan harus dilindungi dengan baik oleh negara.

Setelah melewati warung ini pendakian mulai sedikit terjal tapi masih oke … untuk sampai ke puncak Batu Roti ada dua jalur … terpendek tapi terjal, memutar tapi lebih landai … saya pilih yang friendly saja, jalur yang lebih landai .. maka saya ambil jalur yang kanan.

— pendakian ke puncak Batu Roti
— sambil menikmati pemandangan di jalur pendakian

Ada beberapa area tangga berundak terutama di awal awal rute tapi selebihnya adalah tanjakan berbatu batu. Makin ke atas kita bisa melihat pemandangan ke arah perumahan penduduk.
Karena gunung ini tidak tinggi dan dikelilingi oleh perkampungan bahkan ada pasar Ciampea di kaki guung … maka suara suara kendaraan sayup sayup tetap terdengar mengiringi pendakian.

— Makin mendekat ke puncak Batu Roti

Jalur friendly ini memang menyenangkan … menanjak pasti … tapi tidak ekstrem, nyaman. Dalam perjalanan menuju ke puncak Batu Roti, melewati beberapa spot keren …. formasi bebatuan dan view ke jauh kebawah lembah sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

— tebing batu di kanan kiri

Melewati dahulu kanan kiri tebing batu besar dan sampailah di kaki batu besar di bawah puncaknya. Dan untuk menuju puncaknya .. yaitu puncak Batu Roti harus mendaki batu besar cukup curam … untuk safety telah disiapkan tali sebagai pegangan mendaki ke atas. Dengan berpegangan tali ini kita mendaki ke atas dan sampailah di puncak Batu Roti … yeayyyyy.

— mendaki ke atas puncak Batu Roti

Dari atas puncak bisa melihat 360 derajat … ke arah Dramaga, ke arah gunung Rumpin bahkan ke arah gunung Salak … kerennnn. Meskipun panas …. tapi suasana, sensasi serta keindahan pemandangan membuat rasa panas terlupakan. Angin bertiup sepoi sepoi …. suara motor yang kencang masih terdengar ke atas puncak ini.

— puncak Batu Roti

Jika sunset atau sunrise …. pasti indah sekali suasananya. Asyik sekali menikmati suasana puncak ini … duduk duduk bengong saja disini sudah menyenangkan.

Gunung batu Ciampea yang memiliki banyak destinasi …. jika dikemas dengan baik maka tempat ini sangat memiliki potensi menjadi destinasi wisata alam dan petualangan yang menarik … apalagi dekat dari Jakarta.

Jika ingin eksplore dan mencari tantangan lebih … dimulai penjelajahan dari jalur puncak Batu Roti dan terus ke arah barat …. ke puncak tertinggi gunung Ciampea dengan melewati beberapa destinasi.

Setelah puas menikmati keindahan di puncak Batu Roti, kita mencari spot untuk rehat … ada satu spot yang agak datar dekat puncak ini …. sepertinya spot itu biasanya digunakan untuk orang yang nge-camp. Tapi pada saat kita mendaki kesini … dari mulai naik sampai turun kembali tidak ketemu orang yang sama sekali …. jadi puncak ini hanya milik kita … haha.

Rehat di spot ini sambil ngopi … ngemil ngemil … ngobrol kemana mana …
Hari semakin siang … dan akhirnya kita berkemas dan bersiap untuk pulang dengan riang.