Melihat Bogor dari puncak Cijulang ternyata ada Situs Awas Paninggal

— di puncak Cijulang

Area kaki gunung Salak banyak sekali tempat yang belum pernah saya kunjungi.
Ada satu area yang sepertinya jarang sekali terdengar …. Puncak Cijulang … jadi ingin tahu ada apa disana, sekalian mencari spot ngopi dengan view kota Bogor di kejauhan.

Minggu pagi langsung meluncur ditemani awan mendung, melalui Pondok Gede dan sampai di tikum Cibubur. Menanti sejenak dan si om muncul … dan cusss lagi kita berangkat.

Sepeda bergerak santai dan tak terasa sudah menggelinding di jalan raya Bogor Jakarta, melewati Cibinong dan terus … terus … sampailah di sisi luar Kebon Raya Bogor.

Berhenti sejenak di trotoar setelah monumen Lawang Salapan …. suasana tidak ramai … tidak banyak pejalan kaki atau yang berolah raga, karena area sisi luar kebon Raya Bogor ini dijagain oleh satpol PP untuk mengurangi kerumuan dan keramaian.

Hanya minum dan ngemil snack sejenak …. perjalanan dilanjutkan.
Potong jarak dengan masuk gang gang di kota Bogor dan setelah berbolak belok, nongol di daerah perumahan Bogor Nirwana Residence …. hanya melintas sebentar dan keluar lagi masuk jalanan kampung mengarah ke destinasi wisata Ciharashas Mulyaharja, tapi sebelum sampai ke sana, belok kanan mengambil jalan ke arah puncak Cijulang.

Jalanan kampung … melewati rumah rumah penduduk … kebon kebon … jalanannya kecil sepi tapi menanjak terus … nyaman digowes karena tidak terganggu lalu lintas ketika menanjak.

Terus saja menanjak dan kembali muncul di jalan yang lebih besar … sepertinya jalan utama desa. Masih terus menanjak dan tiba di perempatan …. Kita ambil belok kanan masuk jalan kecil. Di perempatan ada papan petunjuk Situs Awas Paninggal …. wahhhhh …. ada situs sejarah di daerah sini …. belum pernah dengar …. posisinya searah juga.

Perjalanan masih terus menanjak …. sekarang sudah berada di lereng gunung Salak …. Kota Bogor terlihat di kejauhan dibawah lembah. Sisi kanan kiri umumnya di dominasi kebon kebon.
Jalan ini jika diteruskan, di sekitar area sini paling tidak ada 2 perkemahan yaitu Alang Alang Nature camp dan camping ground Bukit Gajah, dan jika diteruskan adalah hutan.

Tapi sebelum sampai perkemahan tersebut ada beberapa bangunan villa …. ck ck ck … sudah ada aja villa di daerah sini …..

Di satu pertigaan berdasarkan GPS kita harus ambil jalan tanah berbatu yang menanjak curam ….
Kenapa dituju spot yang di atas ini … karena jika diteruskan menuju perkemahan berdasarkan pantauan citra satellite, tidak akan mendapatkan view lembah luas ke arah Bogor dan sekitarnya …. hanya akan mendapatkan view gunung Salak, makanya spot yang dituju adalah di puncak bukit ini, karena akan mendapatkan view lembah ke arah Bogor.

Tanjakan ini curam dan sulit digowes … ban selip terus …. #AlasanAja …. saya tuntun dorong dorong sepeda …. ehhh si om juga akhirnya tuntun dan dorong sepeda.

— tanjakan mendekat situs Awas Paninggal

Ketika sedang mendorong sepeda ke arah atas, ada petani yang berjalan turun ….. katanya jalan ini buntu …. tapi kalau memang mencari spot dengan pemandangan yang oke memang di daerah sini ….
sippp … ketika ditanya situs ada dimana …. ternyata ada disekitar sini juga …. yang ada tangga semen ke atas katanya …… sippppp.

Kita pilih sekalian menuju ke arah situs, tepat di sebelah situs ada alat berat sedang bekerja meratakan lereng …. ngobrol dengan pekerja proyek … ternyata sedang dibangun villa disini.

— tangga semen menuju Situs

Sepeda di dorong dorong dan diangkat melalui tangga semen ini … mesti hati hati karena licin berlumut … akhirnya sampailah di titik aman …. sepeda diparkir disini dan kita melanjutkan menaiki tangga licin sedikit lagi dan ada bangunan yang dinaungi rumpun bambu yang tinggi dan lebat …. langit lagi mendung dan di bawah rumpun bambu ini cahayanya lebih temaram.

Nuansanya a little bit spooky …. saya mengucapkan salam dan baca baca …. situsnya ada dalam bangunan ini … berupa makam … Situs Awas Paninggal. Tidak ada orang disini …. dan cari info di internetpun tidak didapatkan info yang jelas. Hanya disebutkan adalah tokoh yang dikeramatkan oleh warga …

Dibelakang situs ini adalah hamparan kebon nanas dan dibelakangnya berdiri dengan megahnya dan terlihat sangat dekat …. Gunung Salak.

Sebetulnya spot yang paling oke banget …. adalah spot yang sedang ada proyek pembangunan villa …. Spot ini mendapatkan pandangan ke arah lembah kota Bogor, juga dapat melihat ke arah utara gunung Pancar dan beberapa rangkaian gunung disekitarnya serta dapat melihat ke sisi timur ke arah gunung Gede Pangrango …. kerennnn ….

Kita cari spot yang nyaman dan tidak terganggu …. spot di sepeda parkir … hanya mendapatkan view ke arah lembah Bogor dan rangkaian gunung Pancar …. sudah okelah ….

— ngopi sek biar tambah hepi

Ketika kita menyiapkan perlengkapan untuk ngopi ada lelaki bule yang menghampiri kita … dan ngobrol ngobrol …. ternyata beliau adalah pemilik villa yang sedang dibangun ini …. wowww … istrinya adalah orang Indonesia. Orangnya sangat ramah, beliau menceritakan kondisi sekitar area villa ini … tempat tempat yang menarik … tapi menurut saya tetap villanya beliau yang memiliki view juara.

Ngopi dengan menikmati semilir sejuk udara pegunungan … dengan view kota Bogor dikejauhan serasa healing … halahhh …. ngopi dengan ngemil kue kue sangat nikmat … tak terasa waktu cepat berlalu dan udara semakin mendung.

Kita beranjak pulang dan ditemani hujan terus menerus sampai mendekat Jakarta …. bahkan ketika di kota Bogor …. seperti seluruh air dicurahkan semuanya dari langit …. sangat lebat …. menepi berkali kali ketika curah hujannya sangat lebat karena pandangan sangat sulit … selebihnya kita bablasin hujan hujanan terus gowes balik.

Situa Awas Paninggal
Cijulang, Sukaharja, Bogor
Koordinat googlemaps -6.669774, 106.775066

Minggu 6 Maret 2022

4 komentar di “Melihat Bogor dari puncak Cijulang ternyata ada Situs Awas Paninggal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s