Menikmati Pedesaan dan Pesawahan Bekasi – Embung Air Batu Beureum

Destinasi ini termasuk baru, dan ada dalam list untuk dikunjungi. Selama ini belum ada momen yang pas … dan ketika minggu pagi saya bangun kesiangan … mood pergi jauh hilang … destinasi ini muncul dikepala … lokasinya bisa dikatakan tidak terlalu jauh … Embung Air Batu Beureum … ya ok berangkat kesana.

Jam tujuh lebih berangkat dari rumah … matahari bersinar menyemangati, padahal beberapa hari ini selalu mendung dan turun hujan.

Sepeda bergerak di Kalimalang mengarah ke Bekasi di bawah jalan tol baru Becakayu, melewati perempatan Metmall Bekasi dan terus bergerak menyusuri jalanan kota Bekasi mengarah ke jalur Pantura.

Dan ketika melintas di jl Sultan Hasanuddin Tambun …. ketika melintas Gedung Juang Bekasi …. saya heran dan takjub …. Gedung Juang ini telah berubah menjadi cantik ….. betul betul telah di tata dengan indah dan menarik … kerennnn.

Akhirnya Bekasi memiliki museum … dan museum yang cantik … arsitektur gedung kolonial yang klasik selalu indah dilihat, apalagi telah dibersihkan dan di cat ulang serta area outdoornya ditata dengan indah seperti ini.

Setelah menepi dan menikmati suasana luar Gedung Juang …. lumayan banyak juga pesepeda yang datang kesini. Tak lama saya berhenti disini … perjalanan berlanjut, masih mengarah ke jalur Pantura, melintas daerah Cibitung dan di daerah Cikarang sepeda berbelok keluar dari jalan utama masuk ke jalan yang lebih kecil menyebrang rel kereta api, berbelok belok dan di daerah kampung Pelaukan banyak spot kubangan air selokan, dari yang sedikit sampai yang banyak …. akibat saluran drainase yang tidak baik. Gowes enjoy aja … pelan pelan setiap melewati genangan comberan ini … berharap tidak ada motor atau mobil melintas kenceng sehingga memercikkan air kemana mana … umumnya sih para pengemudi mengerti dan paham … tapi suka aja ada oknum … yah bagaimana lagi.

Dan di satu titik sepeda berbelok menyusuri jalur aliran irigasi … warna airnya bener bener hitam pekat penuh polusi, tapi air ini yang digunakan untuk mengairi bentangan pesawahan di area ini.
Jalan jalur irigasi ini hanya sebagian di semen sebagian lagi tanah merah, untungnya semalam tidak hujan sehingga jalurnya kering.

— menyusuri jalur irigasi pesawahan Bekasi

Menyusuri kanan kiri pesawanan sangat menyenangkan, ketika jalur irigasi ini melintas jalanan desa, saya belok kanan mengikuti jalanan desa … masih dengan bentangan pesawahan … sepeda bergerak perlahan karena akan berbelok … ketika ada belokan jalan tanah … jalan ini seperti mau masuk ke pekarangan suatu bangunan … tapi GPS memang menunjukkan untuk belok masuk kejalan ini, dari sini sudah dekat, paling 200 sekitar meter lagi, memang jalur yang diambil melalui jalur belakang untuk menuju embung.

Sepeda masuk kejalan ini … suasana di area ini sangat berbeda … selain rindang banyak pohon tapi juga banyak kolam …. kolam disini … kolam disana, tidak tahu kenapa disana banyak kolam. Disini juga ada kolam pemancingan. Sepeda terus bergerak … suasananya benar benar pelosok … benar benar di perkampungan … asyikkk ….

Tak lama kemudian sepeda menyebrang sungai kecil dan terlihatlah ….. Embung Air Batu Beureum, berada di area pesawahan. Jalur masuk utamanya untuk menuju embung ini adalah melalui jalanan desa yang mulus di cor semen.

Saya pikir di destinasi ini akan ada beberapa turis … ternyata hanya ada anak anak kecil lokal yang sedang bermain sambil sibuk selfa selfie … selepas mereka pulang … hanya ada saya dan beberapa pemancing.

Embung Batu Beureum seluas 7.200 m2 ini belum lama dibangun pada tahun 2019 oleh pemkab Bekasi sebagai bagian dari system pengairan pesawahan di area ini. Ketika sedang dilakukan penggalian di kedalaman 3 meter diketemukan bongkahan bekas bangunan batu bata merah yang sudah mengeras seperti batu dan sulit dihancurkan, artinya dahulu disini ada bangunan kuno … bersamaan dengan itu diketemukan juga koin mata uang tahun 1899. Tempat ini memiliki nilai historis sehingga sekalian dikemas menjadi detinasi wisata. Karena bongkahan batu bata merah yang mengeras sehingga dinamakanlah tempat ini Embung Air Batu Beureum – beruem = merah.

Bagi yang ingin mencari suasana pedesaan, suasana panorama pesawahan yang tenang dan damai …. datanglah ke tempat ini … Embung Air Batu Beureum.

Suasana yang tenang dan damai ditempat ini memang cocok buat saya rehat sejenak … menikmati suasana sambil menyeduh kopi dan …. seruput kopi hitam di tepi embung …. priceless.

Awan hitam makin tebal …. saatnya pulang … meskipun perjalanan pulang diguyur hujan besar tapi hati riang.

Embung Air Batu Beureum
Tiket masuk gratis
Kp Lemah Abang, Karangmukti, Kec Karang Bahagia, Kab Bekasi
Koordinat googlemaps -6.22029, 107.23504

Minggu 6 Februari 2022

4 komentar di “Menikmati Pedesaan dan Pesawahan Bekasi – Embung Air Batu Beureum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s