4 petualang dalam satu kayuhan – Little Ubud, Situ Cipalahrar, Danau Tosca dan Hutan Jati

Ada satu spot yang ngetop viral dikalangan goweser Jabobek (Jakarta Bogor Bekasi) …. Little Ubud Cileungsi… tapi seperti biasa saya kudet …. belum pernah kesana.

Gowes di Ubud mimpi banyak goweser nasional dan internasional … haha …
Mumpung ada versi murah meriahnya … Little Ubud … itung itung pemanasan dulu … biar ngga kaget nanti kalau gowes di Ubud beneran … wkwkwk

Tapi kalau hanya ke Little Ubud saja kurang seru … sekalian saja ke bebepa destinasi disekitaran sana. Ada tambahan 3 destinasi … tempatnya tidak ramai, bisa dikatakan sepi, kurang popular tapi justru terasa lebih originale … lebih ngampung ; Situ Cipalahrar Bihbul, Danau Tosca dan Hutan Jati Cikarang.

Awan mendung menggayut menemani sepeda berangkat dari rumah, menyusuri Kalimalang, Narogong Bekasi … dan beberapa kali hujan turun … hujan gerimis … kalau lumayan besar saya berhenti berteduh … 2 x saya berteduh …

Disatu pertigaan kecil sepeda keluar dari jalan Narogong dan masuk ke jalan yang lebih kecil, berbelok belok, menyusuri jalan tol baru lingkar luar Bekasi, menyusuri jalur pipa gas … kadang melewati jalur setapak tanah … keluar masuk kampung kampung … masuk ke jalan lebih besar … masuk lagi ke jalan yang lebih kecil.

Sepeda melintasi area belakang perumahan Metland Cileungsi … di area ini beberapa kali ketemu goweser … yang berombongan maupun yang jomblo ….
Suasana kanan kiri mulai melewati pesawahan …. bentangan pesawahan …. udara segar, serasa jauh dari Jakarta. Technically … posisi tidak jauh lagi dari Ubud … Ubud Cileungsi … Little Ubud.

Little Ubud Cileungsi
Dan terlihat banner kecil di kanan kiri belokan … “Little Ubud Cileungsi” …. inilah akses masuknya.
Masuk ke jalanan tanah .. dan pohon kanan kiri dililit kain kotak kotak hitam … tipikal Bali … ehhh atau ini sudah di Bali …..

Menurun sedikit ke bawah dan disana ada lapangan parkir … suasananya adem .. banyak pepohonan … mobil mobil parkir … sepeda sepeda parkir berjejer … Little Ubud memang lebih dikenal di kalangan goweser, disini juga ada bike park. Tapi sebenarnya banyak juga non goweser yang bermain kesini …. menikmati suasana “Bali” … bentangan pesawahan yang hijau dan cantik … menikmati semilir angin pedesaan.

Di Little Ubud kita bisa makan … tersedia resto … suasananya bener bener sangat nyaman … bersantai dan menghabiskan waktu disini pasti sangat menyenangkan.

Little Ubud Cileungsi
Tiket masuk gratis
Jl. Mekar, Jatisari, Kec. Cileungsi, Bogor
Koordinat googlemaps -6.39611, 107.05088

Tidak berlama lama disini …. Melanjutkan ke destinasi ke 2.
Sepeda bolak belok di kampung kampung, masuk jalan setapak dan muncul … ternyata tepat di sebelah warung Bondol yang berada disisi jembatan … warung destinasi pesepeda, disana ada goweser2 yang sedang rehat. Ternyata jarak dari Little Ubud ke Warung Bondol tidak jauh sekitar 1,6 km.

Situ Cipalahlar Bihbul
Perjalanan terus berlanjut, blusukan di kampung kampung, dan kadang masuk jalan raya … dan setelah berjalan 7 km-an lebih dari Ubud …. sampailah di tepi situ …. destinasi ke 2 … Situ Cipalahlar Bihbul.

Situ ini tepat disisi jalanan desa …. areanya gersang tidak ada pepohonan … tapi berhubung datang saat dinaungi awan mendung hitam … angin cukup kencang bertiup dingin … sepi … air situ yang beriak riak … bentangan sawah luas disisi sebrang situ …. terasa syahdu … bener2 syahdu bukan syahdu abal abal.

Situ ini bukan area wisata … tidak ada wisatawan yang datang, yang terlihat adalah jajaran para pemancing di satu sisi situ dan satu dua orang yang berada di danau berusaha menjaring ikan.

Situ Cipalahlar Bihbul
Tiket masuk gratis
Wibawamulya, Kec. Cibarusah, Bekasi
Koordinat googlemaps -6.40800, 107.10196

Sepeda kembali bergerak … menyusuri jalanan kampung dan sekitar 3 km kurang tiba di destinasi berikutnya.

Danau Tosca Cibenda
Tidak jauh dari sisi jalan … ada danau bekas galian pasir.
Tapi warnanya tidak hijau tosca … warna seperti kehitam hitaman seperti air biasa.
Mungkin karena saya datang pada saat mendung sehingga menjadi warna kehitam hitaman.

Kalau pada saat terik … pantulan sinar matahari membuatnya berwarna hijau tosca. Danau ini pernah viral dan …. sekarang sepi.

Meskipun sepi tapi masih ada 2 pemancing, tempat ini cocok untuk yang mau bersantai hanya menikmati momen dan tidak terganggu hal hal lain.

Danau Tosca Cibenda
Tiket masuk gratis
Sirnajaya, Kec. Serang Baru, Bekasi
Koordinat googlemaps -6.41213, 107.12157

Hutan Jati Cikarang
Ban sepeda kembali berputar putar menuntaskan misi terakhir, menuju destinasi ke 4.
Dan 3 km-an sudah memasuki area “hutan” … pepohonan satu type berderet berjejer teratur … pepohonan jati.

Area hutan jati ini cukup luas .. mungkin sekitar +- 5 ha. Suasana hutan jati yang rindang apalagi awan mendung jadi terasa lebih gelap …. ditambah areanya yang sunyi sepi … jadi lebih berkesan mistis … hihihi.

Sebetulnya area ini cukup terkenal di kalangan MTB, area hutan jati menjadi jalur MTB … jalur sepeda yang sangat menyenangkan … adem dan rindang. Tapi pada saat datang entah mengapa tidak ada pesepeda sama sekali di area ini.

Hujan rintik mulai turun …. dan semakin lebat … mencari tempat berteduh …. melihat kondisi sekitar … hmmm gimana gitu … saya putuskan untuk terus bergerak keluar dari hutan ini … dan akhirnya berteduh di sisi hutan di dekat rumah penduduk.

Perjalanan pulang ditemani hujan … dan sekali berteduh lagi ketika tambah lebat … selebihnya di bablasin terus … setengah perjalanan hujan berhenti … dan kering terus sampai ke rumah dengan selamat dan riang gembira.

Hutan Jati Cikarang
Tiket masuk gratis
Nagacipta, Kec. Serang Baru, Bekasi
Koordinat googlemaps -6.40998, 107.14102

Minggu 5 Desember 2021

4 komentar di “4 petualang dalam satu kayuhan – Little Ubud, Situ Cipalahrar, Danau Tosca dan Hutan Jati

    • gpx-nya saya hapusin karena memenuhi memory om 😅
      pada dasarnya sih hampir 90% track-nya saya ikuti dari google maps “versi jalan kaki”, koordinat destinasinya sudah ada, jadi tinggal di set direction saja di googlemaps-nya om

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s