Cibinong Heritage – Batu Tapak, Batu Gagang Golok dan Bumi Perkemahan Pramuka Cimandala

Area Cibinong selama ini dikenal hanya sebagai area perumahan dan perkantoran pemerintahan kabupaten Bogor. Sebelumnya tidak pernah mendengar ada situs sejarah yang berhubungan dengan kerajaan Padjajaran di daerah Cibinong.

Ketika menemukan artikel yang menyebutkan ada situs bersejarah di daerah Cibinong, saya tertarik untuk mengunjunginya. Cari cari info di internet, sangat minim sekali infonya … lokasinyapun tidak jelas, tidak masalah … paling tidak saya dapatkan ancer ancernya, sudah lumayanlah, nanti tinggal tanya tanya saja disana seperti biasa jika jalan jalan ke situs yang tidak jelas lokasinya seperti ini.

Jam 7.45-an saya sudah mempresentasikan ke si om, di tikum Cibubur, kemana kita akan bergerak. Si om hanya manggut manggut saja …. oke sipppp kita berangkat.

Sepeda melintas perumahan The Address, Bukit Golf Cibubur, Podomoro golf view dan setelah beberapa kilometer kemudian sepeda sudah melaju di jalan Raya Bogor. Melintasi pasar Cibinong yang tidak tahu mengapa kali ini sepi padahal tanggal muda … lalu lintas lancar jaya.

Kita berbelok di pertigaan Cibinong City Mall masuk ke jalan Tegar Beriman dan terus bergerak menyusuri jalan besar lebar ini, melintasi kantor pemerintahan kabupaten Bogor, menyebrangi jembatan sungai Ciliwung. Menanjak sedikit dan masuk ke perumahan Graha Kartika Pratama dan keluar di akses belakang masuk ke area perkampungan.

Sepeda bolak belok di gang gang perkampungan. Dari satu perkampungan ke perkampungan lain …. benar benar di daerah pedalaman Cibinong yang padat.

Batu Tapak Bojonggede Cibinong
Setelah berbolak belok di perkampungan, sepeda muncul di jalan cukup besar jl H Abdul Halim, dan gps mengarahkan masuk ke perumahan Genteng Biru. Sepeda masuk ke dalam perumahan, berdasarkan info lokasi situs ada dalam pemakaman Batu Tapak … dan berdasarkan di gps lokasinya ada disini … tapi koq tidak ada kuburan disini …. hanya jejeran rumah dikanan kiri.

Tanya sama bapak yang ada di pos jaga, katanya TPU Batu Tapak ada di belakang rumah rumah ini dan harus masuk gang untuk kesana. Si bapak mengantar kita menuju kesana, masuk kedalam perumahan berbelok dan mentok di pagar tembok. Ada gerbang kecil, masuk kesana dan kita sudah masuk kedalam area pemakaman. Ternyata pemakaman ini sudah dikelilingi perumahan dan perkampungan, untuk masuk kesini ada beberapa akses dan semuanya adalah gang kecil.

Kita di antar oleh si Bapak sampai ke lokasi batu tapak …. Hmmm … tepat dibawah pohon dan disana hanya ada tembok kecil berkeramik merah dan putih serta bertuliskan “ Makam Batu Tapak “. Kata si Bapak dahulu batu tapak itu ada disana tapi telah hilang. Hilang sejak lama, sudah puluhan tahun hilangnya. Wah … sayang sekali ….
Tidak ada informasi yang pasti mengenai sejarah batu tapak ini, tapi dipercayai berhubungan dengan kerajaan Padjajaran.

— Lokasi batu tapak dahulu berada, batu tapaknya kini sudah hilang

Di area pemakaman ini ada beberapa kuburan yang konon berhubungan dengan perjuangan kemerdekaan dan petinggi dari kerajaan Banten.

— berada di area TPU Batu Tapak

Perjalanan dilanjutkan kembali untuk menuntaskan misi ke dua. Kita keluar melalui gang kecil lain dan muncul kembali di jalan H Abdul Halim dan menyebrang rel KA, belok kanan melalui stasiun KA Bojonggede kemudian belok masuk ke gang gang kecil kembali.

Batu Tapak Cibinong
TPU Batu Tapak, Bojonggede, Cibinong, Bogor, Jawa Barat
Koordinat Googlemaps -6.495333, 106.796650

Batu Gagang Golok
Tidak ada info yang jelas mengenai lokasi situs ini. Hanya ancer ancer dan perkiraan saja …. salah satu patokannya katanya dekat Stasiun KA Bojonggede.

Pokoknya kita masuk masuk kedalam gang kecil, bolak belok terus. Bertanya beberapa kali … tapi sepeti biasa …. tipikal … masyarakat sekitar tidak tahu dimana lokasinya … bahkan tidak tahu apa itu batu gagang golok …. hmmm ….

Ternyata lokasinya tidak jauh dari situs Batu Tapak.
Kembali lagi ke daerah sana … bertanya tanya lagi … kita masuk ke komplek perumahan tepat di seberang gedung Sekolahan Islam Mandiri Bojonggede dan masuk ke Jl Sawo Raya, masuk ke dalam komplek perumahan.

Bertanya tanya lagi disana, bahkan bertanya pada warga disana yang sebenarnya lokasinya sudah sangat dekat … dia juga tidak tahu …. untungnya ada seorang pemuda yang tahu lokasinya … dan memberikan panduan arah yang detil. Mengikuti panduan pemuda tersebut akhirnya kita sampai ke ujung jalan yang mentok di blok NG 17. Didepan seperti area kebun tadi kurang terawat, kita menyusuri jalan setapak di sisi kebun tersebut sekitar 50 meteran dan terlihat ada batu menonjol disana. Ya itulah Batu Gagang Golok.

Tidak ada penanda apa apa diarea situs ini, bahkan papan pengumumanpun tidak ada. Saya tidak tahu apakah situs ini sudah terdaftar dan diakui oleh pemerintah. Posisi situs ini ada dikebun penduduk yang diapit oleh komplek perumahan. Kearah selatan ada perumahan baru yang sedang dibangun dan terdengar wara wiri kereta yang lewat, situs ini posisinya tidak jauh dari rel KA.

Tidak ada info yang jelas mengenai situs ini, hanya dipercayai bahwa ada hubungannya dengan kerajaan Padjajaran. Dari bentuk batunya memang bukan dari zaman prasejarah karena batunya seperti sudah dibentuk dengan menggunakan alat yang lebih modern.

Mudah mudahan situs ini tetap dijaga dan dirawat dengan baik.

Batu Gagang Golok
Kampung Kedung Jiwa, Desa Kedung Waringin, Bojong Gede, Bogor.
Koordinat Googlemaps -6.499550, 106.796067

Bumi Perkemahan Pramuka Cimandala
Kita meneruskan untuk mentuntaskan misi ke 3, yaitu rehat ditempat yang hijau disekitaran Cibinong yaitu ke Bumi Perkemahan Pramuka Cimandala.

Saya hanya penasaran ketika mengetahui ada bumi perkemahan di Cibinong …. areanya masih hijau hijau.

Bergerak meninggalkan situs Gagang Golok, dengan melalui jalan jalan kecil perkampungan sampai masuk masuk kedalam gang. Melewati gang yang menyusuri sungai Ciliwung, benar benar serasa berada jauh di luar kota, karena kita melalui hutan bambu yang sangat lebat yang berada di sisi sungai dan kemudian menyebrang jembatan kecil dengan rangka besi dan alas kayu.

Yang agak herannya … didaerah sini konturnya naik turun … ada tanjakan dan ada turunan … terus berkali kali begitu. Kadang curunannya agak curam dan tanjakannya-pun agak curam.

Setelah berbelok belok akhirnya sampai di pintu gerbang bumi perkemahan, area luarnya adalah komplek perumahan, pintu gerbang ini agak sedikit tersembunyi. Kita memasuki area gerbang menurun kebawah dan suasana langsung berubah …. areanya hijau, banyak pepohonan besar yang tinggi tinggi. Kita terus kebawah dan sampailah di area gedung utama, seperti gedung pertemuan yang besar. Di dekat sana ada lapangan hijau yang luas yang bisa digunakan sebagai area camping.

Pada saat datang ada sekelompok anak kecil yang sedang belajar memanah.
Kita ngobrol ngobrol dengan bapak2 yang mengantar anaknya memanah. Area disekitar sini banyak yang teduh dan rimbun. Selain gedung pertemuan utama ada bangunan lain yang lebih kecil … bahkan ada musholla yang cukup besar.

Sesuai misi, kita mencari spot yang teduh, dibawah jejeran pohon pinus.
Sudah jam 12-an … saatnya makan siang, kali ini kita bawa nasi sendiri … memanaskan nasi dahulu sebentar dan kemudian memanaskan daging sapi siap saji.

Makan siang hasil masakan sendiri … terasa lebih sedap. Sambil duduk dibawah kerindangan pohon pinus, ngobrol ngobrol nyantai … benar benar sungguh nikmat …. serasa bukan di Cibinong yang padat.

Perut kenyang … sudah jam 13-an lewat … saatnya pulang.

Bumi Perkemahan Pramuka Cimandala
Jalan Bumi Cimandala Permai, Sukaraja, Cimandala, Kec. Sukaraja, Bogor
Koordinat Googlemaps -6.520919, 106.824644

Minggu 31 Oktober 2021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s