main ke kebun sambil berwisata – Donny’s Farm

Ada suatu tempat yang terlihat menarik …. spot ekowisata. Supaya ada variasi, sekali kali main ke kebun, sekalian ingin tahu bibit bibit pohon apa saja yang dijual disana.
Namanya Donny’s farm, terletak di kaki gunung Salak Bogor.

Minggu pagi awan sedikit mendung … hmm mungkin akan turun hujan.
Tidak masalah … sepeda bergerak melintas Kalimalang, Pondok Gede dan terus roda sepeda berputar. Meskipun mendung … tapi banyak sekali ketemu rombongan sepeda, dan paling sering ketemu rombongan seli … ada acara komunitas selikah …

Tiba di tikum … Cibubur dan si om sudah menanti disana. Kali ini terlihat berbeda … sepedanya … Polygon Heist 3 … seri lama tapi terlihat baru … asyikkk.

Melajulah kita melalui Leuwinanggung mengarah ke Cibinong. Kalau pakai sepeda yang lama biasanya si om, kalau di jalan datar anteng saja di belakang … tapi pakai sepeda “baru” … pengennya nyalip mulu … hehe … mungkin karena pakai ban 700 jadi bawaannya mau ngebut mulu.

Tak terasa kita melintas di flyover Cibinong … dan di atas jembatan fly over ini ramai sekali rombongan pesepeda … titik atas ini menjadi tempat regrouping. Kita terus melaju, tersendat di pasar Cibinong yang selalu ramai dan padat.

Selepas pasar perjalanan berlangsung lancar aman tentram loh jinawi … melaju di jalan raya Bogor. Gowesan mulai sedikit terasa berat dikaki … kita sudah memasuki Bogor … menanjak di jl Pajajaran. Kemudian melewati sisi luar Kebun Raya Bogor. Biasanya kita rehat sebentar di sini …. Tapi kali ini tidak, kita terus saja … melintas pertigaan Tugu Kujang dan seperti biasa di spot ini sangat ramai berbagai kelompok pesepeda yang sedang rehat atau regrouping.

Terus menanjak landai di jl Pajajaran Bogor, banyak sekali mobil dan motor yang lalu lalang, sepertinya mereka mau pergi berwisata. Diperjalanan jalan Raya Cibinong Bogor beberapa kali ketemu rombongan sepeda motor … bahkan beberapa rombongan moge melintas dengan suara khasnya yang kencang.

Dipertigaan mall Ekalos kita belok kanan, melewati situs Sumur Tujuh, situs Purwakalih berbelok menurun ke bawah melintas stasiun KA Batu Tulis lalu belok kanan menyebrang jembatan Cipaku Batu Tulis.

Bagi saya dan si om … ini adalah pertama kalinya kita main ke daerah ini … yeayyyy, kata orang akan selalu ada untuk yang pertama kalinya.
Ternyata selepas jembatan ini langsung menanjak curam dan terus menanjak, melewati BonBinBor alias Bogor Mini Zoo … dan tetap menanjak. Agak sedikit kurang nyaman ketika menanjak di daerah sini …. jalannya tidak lebar tapi ramai lalu lintas kendaraan, karena jalan ini menjadi jalur alternatif untuk menuju Cihideung Sukabumi. Pas kita lewat, lalu lintas lumayan ramai – mungkin orang2 pergi wisata – jadi ketika termehek mehek menanjak … kadang di klaksonin mobil di belakang yang ngga sabaran ingin menyalip …. heuhhhh.

Untungnya disatu titik kita belok kanan keluar dan masuk jalanan kampung yang beraspal mulus. Melewati perkampungan dan mulai menanjak menanjak kembali. Meskipun kadang masih ada rumah rumah tapi diselang seling oleh lembah yang hijau hijau.

Disatu titik kita menurun berbelok melewati pintu masuk Bukit Tajhal dan menanjak kembali … tapi pas di tanjakan ada jalan masuk ke kanan dan ada plang kecil “ Donny’s Farm Ekowisata “ … ya inilah jalan masuknya.

Jalanya tidak terlalu lebar cukup 2 mobil pas pas-an dan menanjak melewati rumah rumah penduduk dan jalan berubah menjadi jalan setapak, gang kecil yang berbelok belok di antara perumahan penduduk. Untuk memastikan arah kita kadang bertanya ke penduduk setempat.

Kolak kelok di gang kecil dan tak lama, sampailah kita di ujung desa … jalan setapak menanjak melewati rumpum bambu dan kebun kebun. Ada gerbang bambu dan disana ada semacam pondok bambu …. inilah entrance Donny’s farm. Dari jalan raya mungkin sekitar 500 meteran kurang untuk sampai ke gerbang ini.

mendekat ke area Donny’s Farm

Sepi … kita “kulo nuwun” dan disambut ramah oleh istri pemilik farm. Ternyata untuk berkunjung kesini seharusnya melakukan reservasi dulu … bukan go show atau slonong boy aja … maaf.

Tapi tetap kita disambut dan dilayani dengan baik dan sangat ramah oleh Bapak dan Ibu Donny keluarga pemilik ekowisata ini.

Tempat ini hanya melayani satu perjanjian perhari … jadi private … serasa yang punya pertanian ini. Ada berbagai macam paket aktifitas yang dapat dilakukan di Donny’s farm. Selain aktifitas yang berhubungan dengan pertanian juga bisa melakukan long trekking ke Curug Putri Pelangi sekitar 1,5 km atau medium trekking ke hutan pinus atau kalau tidak mau jauh jauh cukup trekking mengitari perkebunan ini.

kolam renang alami

Di pertanian ini kita bisa juga menginap .. camping juga bisa disini. Disini juga tersedia kolam renang alam …. sungai yang bersih dan jernih, air terjun juga ada di area pertanian ini … sayangnya waktu kita datang kesana … debit airnya sedang kecil.

curug di area Donny’s farm, karena kemarau debit airnya kecil

Donny’s farm juga menyediakan berbagai aneka bibit pohon, salah satunya bibit pohon bamboo kristal, jadi bisa membeli bibit sekaligus mendapatkan advice langsung, dikondisi lahan yang seperti apa serta bagaimana merawatnya sehingga pohon tumbuh dengan optimal.

Kita berjalan jalan, mini trekking, menyusuri area pertanian ini …. jika membawa keluarga atau melakukan aktifitas komunitas outdoor, tempat ini sangat layak dan recommended. Untuk melakukan reservasi dapat menghubungi list kontak yang ada di bagian bawah tulisan ini.

Sebelum pulang, kita dijamu makan siang … wah … betul betul keramahan yang paripurna. Sambil lanjut ngopi gayo dan ngobrol ngobrol santai berbagai hal termasuk mengenai pertanian. Dalam waktu dekat tempat ini akan di tanami pohon duren asli asal Bogor ….. tak sabar balik lagi kalau pas sudah panen duren …

Background pak Donny yang berasal dari teknik penerbangan tapi semangat dan passion-nya di bidang pertanian terutama untuk memajukan dan mengenalkan varietas duren asli Bogor betul betul sangat menginspirasi.

Kontak :
FB Donny Farm
IG @donnysfarm_bogor
http://www.donnysfarm.com

Donny’s Farm
Tajur Halang, Kec. Cijeruk, Bogor
Koordinat Googlemaps -6.67574, 106.78141

Minggu 12 September 2021

3 komentar di “main ke kebun sambil berwisata – Donny’s Farm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s