Situs Prasejarah yang tidak terdengar di Bogor – Punden Berundak Gunung Batu

Di area Bogor, banyak situs sejarah bertebaran. Tidak hanya di kabupaten Bogor … bahkan di dalam kota Bogornya sendiri banyak sekali situsnya.
Dari situs sejarah perjuangan kemerdekaan, situs kerajaan Padjajaran sampai situs Prasejarah ada di Bogor.

Hal ini merupakan fakta bahwa kota Bogor dan area sekitarnya sudah ditempati manusia …. Bahkan sejak zaman prasejarah … kemungkinan dari sekitar 1.000 sd 200 tahun sebelum masehi.

Sambil sesepedahan saya senang mengunjungi situs situs bersejarah … di kota Bogor-nya saya pernah ke situs peninggalan kerajaan Padjajaran – Prasasti Batu Tulis, Kupa Landak, Rangga Pati, Purwakalih, Sumur Tujuh. Situs prasejarah – Batu Congkrang, Batu Dakon Empang dan situs perjuangan kemerdekaan – Bungker Belanda.

Ketika ada yang mengabari saya bahwa ada lagi situs prasejarah di kota Bogor …. Benar benar bikin penasaran …. Punden Berundak Gunung Batu … cari cari informasi di internet, sangat minim sekali.

Dengan bermodalkan ancer ancer lokasinya … saya berangkat … gowes sepeda ke Bogor.

Ketemuan dahulu dengan si Om di tikum Cibubur yang akan menemani pencarian ….
Si om memang menjadi teman asyik untuk pergi dan mencari alamat alamat yang tidak jelas. Biasanya ketika pergi ke satu tempat .. dan untuk mencapai situsnya umumnya kita sudah bertanya kesana kemari … tidak ada yang tahu … bahkan sering juga dijawab dengan kerutan muka heran …. “ngapain sih nyari nyari yang begini “ pikirnya …. serasa jadi orang bloon … merasa hopeless … sudah cukup … balik saja .. tapi si om yang terus menyemangati .. dan 99% akhirnya situsnya di temukan.

Setelah bertemu di tikum … gowes berduaan beriringan menuju Bogor melalui Cibinong, … ketemu beberapa rombongan pesepeda di jalan raya Bogor dan tak terasa beberapa saat kemudian sudah masuk kota Bogor.

Kita berbelok di pertigaan Plaza Jambu Dua, menaiki fly over di jl RE Martadinata, melintasi jalan besar dan kecil. Kemudian masuk ke gang kecil dengan perumahan sangat padat di kanan kiri … banyak becak terparkir di sela sela petak petak kecil. Kemungkinan banyak penarik becak yang tinggal di area ini.

Keluar dari gang kecil ini dan kita melihat hamparan lembah kota Bogor …. Penuh padat perumahan dimana mana … dan sungai Cisadane mengalir di bawah lembah.

Jalan gang ini menurun terus kebawah … melintasi jembatan besi yang beralaskan kayu sehingga berbunyi cukup keras ketika ban sepeda menggilasnya … gradak gruduk … selepas jembatan … dihadang tanjakan curam …. pokoknya bikin napas ngos ngosan.

Diujung gang tanjakan ini … muncul di jalan raya tepat di sebelah pasar Gunung Batu.
Berdasarkan ancer ancer …. lokasinya situsnya ada di daerah sini.
Kita bertanya kebeberapa warga dan bergerak kesana kemari … tapi tidak ada yang tahu ….
Jawabannya kalau tidak tahu … mungkin ke arah sana …. Hmmm

Tak putus asa kita terus bertanya … dan mendapatkan lokasi dari seorang penjual es keliling … beliau menguasai daerah sini … karena berjalan kaki keluar masuk gang menjajakan jualannya.

— Akses masuk Situs Punden Berundak, di jl Raya Gunung Batu

Ternyata akses gang-nya tidak jauh dari pasar Gunung Batu … ada di seberangnya.
Di atas gang ada gapura beton melengkung bertuliskan “Situs Punden Berundak” … karena tidak eye catching jadi mudah terlewatkan begitu saja.
Akses ini bertuliskan jalan Wates Dalem … meskipun bertuliskan jalan … tapi mobil susah masuk kesini … pas banget semobil ukuran kecil … lebih cocok disebut gang.

Wah … gang ini sih … sudah beberapa kali kita lalui sebelumnya … tapi ngga ngeh ada situs disini.
Kita masuk gang dengan santai … meskipun di area perumahan padat, tapi gangnya sepi …. mungkin karena hari minggu.

Tidak jauh dari akses masuk … disebelah kiri ada area makam yang rindang pepohonan … dan ternyata ada plang putih papan nama “ Punden Berundak Gunung Batu “ … wah selama ini terlewatkan begitu saja.

—- Area Situs Punden Berundak yang ada di dalam gang

Area makam ini tidak begitu besar … sekitar +- 200 meter persegi. Hampir dikelilingi perumahan yang padat …. tapi sepi … tidak ada bocah bocah berkeliaran … yang lalu lalangpun sepi …mungkin karena minggu.

Di area makam yang rindang ada berbagai ukuran batu berserakan … kalau sebelumnya tidak tahu bahwa ini situs … mungkin akan menyangka hanya batu batu berserakan secara alami saja. Dahulunya batu batu ini berbebentuk, disusun berundak undak oleh manusia pada zaman prasejarah dan karena sesuatu hal sehingga menjadi “berantakan” seperti sekarang ini.

Situs ini dinamakan Punden Berundak Gunung Batu … Karena ada di daerah Gunung Batu, mungkin daerah ini pada zaman dahulu adalah gunung batu dan sekarang telah rata menjadi perumahan. Punden Berundak adalah media untuk melakukan upacara ritual pemujaan.

— sebagaian area situs di jadikan makam warga

Media ritual pemujaan punden berundak ada di beberapa tempat, punden berundak dianggap sebagai strukstur asli nusantara dan merupakan rancangan dasar bangunan candi pada zaman kerajaan Hindu-Buddha Nusantara setelah penduduk lokal menerima pengaruh peradaban Hindu-Buddha dari India. Candi candi yang ada di Indonesia dibangun berdasarkan struktur punden berundak.

Situs Punden Berundak berasal dari zaman prasejarah …. Museum prasejarah Bogor ada di daerah Pasir Angin … berdasarkan informasi yang ada di Museum tersebut, daerah Bogor sudah dihuni oleh manusia sejak zaman prasejarah, zaman megalitikum …. antara 1.000 sd 200 tahun sebelum masehi.

Fakta bahwa Bogor merupakan daerah kuno … yang sudah dihuni manusia sejak zaman prasejarah.

Mudah2-an area situs ini ditata dan dikemas lebih baik sehingga tidak dilupakan dan menarik wisatawan untuk berkunjung kesini.

Setelah melihat kesana sini … kita meneruskan perjalan … mencari spot ngopi di taman Bogor.
Tapi setelah ke beberapa taman … ternyata semua taman di Bogor ditutup selama PPKM ini.

Akhirnya kita mencari spot ngopi sambil berjalan pulang … dan memutuskan untuk mampir di area LIPI Cibinong karena disana banyak area hijau yang rindang.

— ngopi dulu di area Lipi Cibinong

Ya … akhirnya kita ngopi di bawah pohon rindang … di area LIPI … ngopi … ngemil ngemil snack sambil menikmati semilir angin meniup dedaunan …

Punden Berundak Gunung Batu
Jl Wates Dalam di Jl Raya Gunung Batu,
Pasirmulya, kota Bogor
Koordinat googlemaps -6.59566, 106.77818

Minggu 15 Agustus 2021

6 komentar di “Situs Prasejarah yang tidak terdengar di Bogor – Punden Berundak Gunung Batu

  1. Punden berundaknya sekilas kayak di sungai penuh yg batunya dipake buat makam karena dipikir batu yg materialnya cukup keras jadinya dibuat nisan makam 🙂 Tambahin aja lokasinya di maps mas biar orang2 paham kalo ada situs prasejarah disitu 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s