Menikmati Keangkeran dan Keunikan di Gunung Talaga

— Telaga Angker di Gunung Talaga

Tebing yang menjulang tinggi, terlihat megah dan unik.
Suasana sekitarnya masih hijau hijau
Terdapat telaga di area gunung tersebut.
Disebut Gunung Talaga …. tapi telaganya dinamakan Telaga Angker

Keindahan dan keangkeran adalah dua kombinasi yang menarik.
Menarik sekali untuk dikunjungi.

Sepeda meluncur di Kalimalang mengarah ke Cawang dengan santai ….
Di daerah Pangkalan Jati ada RB yang mengalip …. hmmm kayaknya lumayan juga kalau bisa ngikutin dia jadi agak ketarik …. jadilah laju sepeda agak cepat mengikuti si RB ….
Ehh si RB berusaha meninggalkan saya .. tunggu aku tunggu aku …. saya terus ngintilin dia …. Sampailah di daerah Cawang …. berpisah dengan beliau …. hikkss … sedih juga …. saya terus melanjutkan perjalanan sendiri.

Sepeda mengarah ke Semanggi, ketemu rombongan pesepeda yang searah … dalam satu rombongan ada MTB dan RB …. kelihatannya masih banyak yang newbie … satu fenomena yang saya perhatikan … terutama dalam perjalanan PP saya gowes ini, banyak pesepeda baru menggunakan roadbike … terumata jika gowes kearah Sudirman … beberapa kali saya ketemu rombongan roadbike.

Tapi saya tidak sampai ke Sudirman, di daerah jalan Kapten Tendean saya berbelok lalu melewati daerah Wijaya dan tembus ke daerah Panglima Polim. Potong kompas masuk jalan jalan kecil dan muncul di Radio Dalam … menurun sedikit dan sampailah di Pondok Indah …. yeayyy … jarang banget saya main ke Pondok Indah, melewati PIM dan lurus terus sampai ke daerah Lebak Bulus.

Sepeda terus melaju melewati UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, mengikuti terus jalan besar dan disamping kiri ada danau yang besar … Situ Sasak Pamulang … serta melewati area hijau hijau di kanan kiri jalan yang besar dan luas … ternyata ini adalah Pamulang Equestrian Centre atau area berkuda … hmm pantas.

Disatu perempatan yang besar yang disisinya ada Univ Pamulang … terdapat tugu ditengah perempatan …. perasaan saya pernah lihat tugu ini … oohh iya ini tugu yang pernah viral …. Tugu Pamulang.

Tidak jauh dari tugu, sepeda kembali melintasi danau yang luas … situ Ciledug … di sisi situ ada warung warung dibawah pepohonan rindang …. disana terlihat terparkir beberapa sepeda.

Satu hal yang rasa sayakan dalam perjalanan ini … terutama setelah selepas Ciputat … jalanannya rolling naik turun …. ada turunan .. didepan ada tanjakan … ada turunan yang cukup panjang … didepan ada tanjakan cukup panjang pula … begitu terus menerus, tidak tahu beberapa kali rolling naik turun. Perjalanan seperti ini …. perjalanan pergi dan pulang sama capeknya …

Ketika disatu spot sedang menanjak … tiba tiba ada yang manggil “ mas … mas “ saya lihat cewe bersepeda seli ban 16 dipinggir jalan manggil sambil menggerakkan tangannya …. wahhh … penggemar nih …. aduh ngga bawa pulpen dan kertas nih … “ mas … bisa tolong bantuin betulin rantai “ … ohhh … mengutak ngatik dulu rantai yang tersangkut … tak lama kemudian beres.

Gowes kembali dilanjutkan dengan konstan … matahari terasa menyengat … melewati lagi kampus besar yang hijau … Institut Teknologi Indonesia dan selepas ITI, jalanan menurun dan sampailah di jembatan panjang yang membelah sungai Cisadane dan terlihat ada komplek perumahan besar di sisi sebrang sungai.

Setelah melewati jembatan GPS mengarahkan belok kiri masuk ke akses Golden Park 3 Serpong … masuk ke perumahan baru yang tadi terlihat dari jembatan …. masak sih masuk ke perumahan …. Mungkin masuk perumahan dan keluar di pintu belakang … saya pikir begitu … beberapa kali kejadian ketika jalan jalan sesepedahan, masuk kedalam perumahan dan keluar di pintu belakang … bahkan kadang keluar melewati gang kecil di area belakang perumahan.

Tapi ternyata tepat di sebelah gerbang penjaga, ada jalan lain … jalan kampung yang melipir di sisi tembok perumahan. Menanjak dan jalanan jelek berbatu … tapi tidak lama … jalanan berubah menjadi cor-an semen menyusuri sisi tembok perumahan dan kemudian suasana berubah hijau hijau … suasana kampung.

Perjalanan mulai keluar masuk kampung … kampung di daerah Tangerang, di daerah Serpong masih banyak daerah yang asri …. tidak terhitung beberapa kali melewati rimbunnya pepohonan bambu.
Kadang sedikit masuk melintas jalan raya dan kembali masuk ke jalanan kampung … kadang jalanannya bagus … kadang jalanannya rusak.

Beberapa kali ketemu rombongan sepeda …. tidak hanya rombongan MTB … rombongan gravel-pun ada, sekarang genre sepeda gravel sudah semakin banyak …. apalagi daerah Serpong – Rumpin.. sangat cocok sesepedahan disini, areanya yang berkontur, hijau hijau … banyak sekali jalan gravel maupun single track didaerah sini …

Setelah beberapa kali keluar masuk kampung melalui jalanan desa … sepeda kembali melaju dijalan raya di Rumpin …. daerahnya masih hijau hijau, rumah jarana jarang … dan tipikal daerah sini …. banyak pangkalan batu dan pasir …. karena di Rumpin banyak gunung batu yang dieksploitasi menjadi tambang batu …. dari pertambangan batu kecil sampai pertambangan batu skala besar.

Dan sampailah disisi gunung …. Gunungnya tidak besar … hanya bukit … yang dipenuhi pepohonan. Dari plang di jalan … diatas bukit ternyata ada makam, dan ada akses jalan menanjak menuju ke atas bukit.

Tapi tujuan saya tidak kesana … ke arah telaga dan tebing batu. Meneruskan perjalanan sedikit .. dan ada jalan masuk berbatu menanjak … tidak curam …. sampailah di atas, ada jalan menurun ke bawah tebing dan jalan mendatar.

Kluyuranlah saya disini … kesana kemari …. saya pikir disini akan pesepeda …. boro boro pesepeda … tidak ada orang sama sekali … heran … biasanya kalau ada situ atau telaga … ada pemancing … tapi tidak ada juga. Jadi terasa sepi ….. dan melihat telaganya …. hmmm …. tidak heran dinamakan Telaga Angker.

Airnya berwarna gelap … tenang, berkesan dalam … suasana sekitarnya hijau hijau seperti hutan …. Sepi dan sunyi …. memang auranya jadi berkesan angker. Tapi sebetulnya tidak terlalu sunyi … kicauan suara burung terdengar jelas …. bersaut sautan …. menemani … paling tidak terasa terlalu hening.

Area gunung Talaga adalah pertambangan batu, telaga ini tercipta karena galian penambangan … sepertinya sih masih ada aktifitas penambangan disini, tapi mungkin karena hari minggu .. libur … jadi tambah sepi tempat ini.

Tempat ini sebetulnya sangat menarik … memiliki potensi bagus untuk menjadi destinasi wisata … masih banyak yang hijau hijau, ada telaga keren … ada lembah … ada tebing batu yang menjulang … ada puncak bukit yang tinggi.

Banyak spot menarik … spot bagus untuk foto. Salah satu spot yang bagus adalah di area lembah tebing batu. Tapi saat saya datang … ada batu batu besar berserakan … sepertinya ada longsor … mesti hati hati …

Saya tidak turun kebawah lembah … tetap diatas, berjalan jalan kebeberapa spot disekitar sini …. Mudah2-an tempat ini kedepannya dikelola menjadi destinasi wisata dan tidak habis di eksploitasi sehingga bukit batu ini menghilang menjadi rata atau bahkan menjadi lubang … menjadi telaga.

Gunung Talaga
Tiket masuk Gratis
Sukasari, Rumpin, Bogor
Koordinat googlemaps -6.413291, 106.614401

Minggu 8 Agustus 2021

9 komentar di “Menikmati Keangkeran dan Keunikan di Gunung Talaga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s