Me Time di kawasan Industri – danau Jatiwangi

Gowes yang ngga jauh jauh
Target jam 12an sudah dirumah lagi
Hanya ngopi sebentar diluar
Cari tempat yang cozy … dan balik

Cari tempat yang berbeda
Bukan tempat yang biasa dituju

Area bisnis … kawasan industri seperti sangat menarik untuk di explore
Apakah disana ada …. diantara bangunan bangunan pabrik yang massive dan colossal menyisakan cozy spot buat ngopi.

Check dulu di googlemaps area yang hijau hijau di 3 kawasan industry yang berdekatan … MM2100, Delta Silicon dan EJIP. 3 kawasan industry ini berdekatan bahkan bersisian menyatu menjadi satu kawasan industri yang sangat besar.

Tempat yang kelihatannya cozy … adalah area danau … hijau hijau dan ada view airnya kerennn. Ternyata di 3 kawasan industri ini ada beberapa danau, digunakan sebagai area resapan dan juga water treatment untuk penyediaan bahan baku air bagi kebutuhan di kawasan industri.
Spot spot tersebut saya di tandai di GPS sebagai destinasi yang nanti dituju.

Matahari bersinar cerah di minggu pagi …. Sepeda bergerak melalui kalimalang yang sepi karena masih ada penyekatan lalu lintas PPKM. Dengan santainya sepeda melintas perempatan Bekasi kota …. terus menyusuri kalimalang.

Setelah melintas jembatan iconic Grand Wisata sepeda berputar arah menyebrang sungai Kalimalang dan masuk ke jalan Raya Setu, menyebrang tol Cikampek dan kemudian belok kiri menyusuri sisi tol Cikampek dan muncul sudah di area industri MM2100, melalui akses samping – bukan akses utama – tepat tidak jauh dari akses tol Cikampek keluar masuk menuju kawasan ini.

Dijalanan ini ternyata sedang dibangun jalan layang tol … tol baru lingkar luar Bekasi, wah semakin mudah saja akses tol menuju kawasan ini.

Di 3 kawasan industri ini banyak nama perusahaan terkenal maupun tidak terkenal yang lokasi pabriknya disini. Kawasan industri Pulogadung jika dibandingkan dengan kawasan ini …. tidak ada apa apanya, dari skala total lahan, luasan satu kavling dan besarnya jalur jalan dikawasan ini …. jika orang pertama kali masuk kawasan ini pasti terheran heran ….

Sepeda bergerak ke spot spot hijau yang sudah ditandai di GPS … ke “danau” hijau … ternyata area area tersebut sudah dipagari …. ada yang benar benar rapat pagarnya ada juga yang masih ada celahnya untuk masuk …. tapi jika masuk sana kemungkinan nantinya bakalan di usir security, karena sudah ada papan pengumuman dilarang masuk.

area water treatment kawasan industri MM2100

Berputar putar di MM2100 kemudian ke Delta Silicon lalu ke EJIP – East Jakarta Industrial Park. Tapi menurut saya kawasan yang rindang jalanannya adalah area Delta Silicon, karena umurnya lebih lama dari kawasan lain, sehingga penghijauannya sudah lama …. sehingga pohon pohonnya sudah tinggi tinggi rindang menaungi jalan. Disinipun area hijau yang dituju adalah sebuah danau water treatment .. dan dikelilingi pagar, tidak bisa masuk.

Kembali sepeda bergerak menuju area lain … dan tak terasa sudah masuk di kawasan EJIP …. Seperti biasa melewati pabrik pabrik besar …. bangunan pabrik yang skalanya raksasa sampai yang biasa …. banyak sekali bertebaran …. melihat ini sepertinya – seolah olah – gampang untuk cari kerja … tinggal bawa map dan datangi pabrik2 yang banyak ini satu persatu … olskoll banget ya … tapi tidak semudah itu fergusoooo … haha.

Tapi bagi saya yang kebayang bagaimana ya supaya bisa punya bisnis yang pabriknya segede gede ini terlihat bersih teratur modern dan menguntungkan … dari banyak banyak sekali gedung gedung pabrik – seolah olah lagi – sepertinya mudah ya .. hehehe

Sudah jangan ngayal muluuu …. sepeda terus dikayuh melewati jalan jalan lebar umumnya dua lajur … kadang masuk ke jalan yang hanya satu lajur tapi tetap lebar. Dan sampai ke spot yang sudah ditandai di GPS …. Sebuah danau …. Mendekat ke jalan yang menuju sisi danau, jalan yang berubah menjadi jalanan tanah berbatu batu … ada papan pengumuman … intinya tidak boleh dimasuki kecuali petugas EJIP …. Tadinya mau coba diteruskan masuk … tapi di arah ujung terlihat ada pos security …

Ya sudah kembali sepeda bergerak kearah lain lagi … ini adalah spot terakhir yang ditandai di GPS … kembali arahnya menuju MM2100 … menyebrang sungai yang membatasi kawasan EJIP dengan MM2100 …

Sampailah disekitar area spot yang dituju, sepertinya ini adalah area lahan pengembangan baru …. Tanah tanah sudah diratakan dan kosong berhektar hektar tapi bangunan pabriknya masih sedikit … dan terpencar pencar.

lahan kosong rata yang disiapkan untuk pengembangan kawasan industri

Sepeda berbelok ke satu jalan …. dan jalan ini berdasarkan pantauan googlemaps adalah jalan buntu … tapi di ujung jalan ini ada danau yang memiliki area yang masih hijau hijau yang akan saya tuju. Di jalan ini hanya ada satu pabrik besar dan selebihnya lahan kosong yang sudah rata dan dipenuhi ilalang.

Mendekat ujung jalan … jalan berubah menjadi berbatu batu … dan sampailah di ujung jalan …. Didepan adalah lembah dan disana ada danau …. ya danau … disekeliling danau tumbuh berbagai tanaman liar pepohonan dan semak semak … seperti hutan. Dibawah danau ini adalah sungai yang tadi saya lewati jembatannya. Berdasarkan googlemaps sih danau ini bernama danau Jatiwangi.

danau ada dibawah lembah

Tempatnya asyik untuk dijadikan tempat bersantai …. sepi sunyi … tapi harus merasa aman juga jika ingin bersantai apalagi sendirian begini …. selama ini berdasarkan pengalaman kluyuran ketempat tempat yang tidak jelas … jika feeling atau insting merasa tidak aman saya tidak akan teruskan …. play safe.

Allhamdulillah sampai saat ini belum pernah mengalami tindak kejahatan … paling hanya mengalami beberapa kejadian “aneh” yang diluar nalar … dan paling hanya diherani oleh orang dan diminta untuk cepat menjauh dari sana … sebelumnya secara feeling juga tidak tahu kenapa tapi merasa tidak aman di suatu daerah sepi antah berantah … dan juga bingung, untuk balik lagi jauh, diteruskan tidak tahu bagaimana … dan tiba tiba bertemu seorang bapak tua yang sedang berjalan sendiri … ketika melihat saya … heran dan kaget … beliau berpesan untuk segera pergi dari sini karena daerah sini tidak aman … dan menunjukkan rute terdekat untuk mencapai “keramaian” …

Kembali ke situasi danau ini …. memang sepi … tapi saya lihat di salah satu titik ada keluarga kecil – bapak ibu dan anak – sepertinya sedang bersantai piknik dibawah pohon rindang … ngobrol tertawa tawa … riang gembira … tidak sibuk sendiri sendiri bermain gadget … tapi saling berinteraksi …. cukup membawa keluarga kecilnya hanya berwisata disini … sudah berbahagia. Kata orang bijak bahagia itu sederhana, hanya kita saja yang bikin ribet.

Saya bergerak mencari spot ke area di sekitar keluarga kecil tadi … melewati mereka sambil menyapa … dan terus saya bergerak agak sedikit menjauh … duduk dibawah pohon rindang dengan view danau di bawah …. hmmm asyikkk juga.

Dari awal berangkat saya hanya ingin ngopi disatu tempat rindang … dan kalau bisa ada view-nya … dan Allhamdulillah … mimpi jadi kenyataan … terwujud.

ngopi dan makan cookies di spot rindang sambil menikmati suasana

Menikmati waktu sendiri …. duduk duduk dirumput … buka kopi yang sudah saya siapkan dirumah … karena perjalanan ini tidak lama .. paling sekitar 3 jam-an – lamanya karena banyak muter sana sininya – bawa kopi dalam mug thermal dan masih hangat … masih nikmat untuk diminum …

It’s me time ….
Sruput kopi hitam hangat … ngemil cookies … menikmati semilir angin yang bertiup menggoyang goyangkan dedaunan, memandang jauh kebawah lembah … danau dan area yang lebat hijau … pikiran terasa rileks dan tenang …. badan terasa segar kembali.

Tak terasa kopi habis … dan 2 bungkus kue juga habis …
Sudah saatnya saya pulang kembali.

Area danau ini memiliki potensi jika dijadikan tempat wisata yang bernuansa alam
Diantara massive-nya pembangunan pabrik di kawasan industri ini ternyata masih ada hidden gems yang bisa dinikmati sambil bersantai menikmati alam.

Danau Jatiwangi
Tiket masuk gratis
Jatiwangi, Kec. Cikarang Barat, Bekasi
Koordinat googlemaps -6.321639, 107.107292

Minggu 25 Juli 2021

6 komentar di “Me Time di kawasan Industri – danau Jatiwangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s