Eksplorasi Nambo – 5 Destinasi Wisata Baru yang berdekatan

Ada ada di Nambo ?

Jarang banget saya main kedaerah ini, padahal dekat sekali dari hiruk pikuk Jakarta paling sekitar +- 30 km-an …. areanya berkontur … masih banyak area yang hijau hijau …. sawah sawah … serta sungai.

Dipikir pikir saya mesti klayapan kesana ….
hadeuhhh ngga usah pakai pikir pikir segala …. ngga dibayar untuk mikir … langsung berangkat.

Setelah 18 km-an gowes, tibalah ditikum Cibubur. Ongkang ongkang kaki dulu sambil melamun dan ketika si om datang tanpa banyak argumentasi si om mengiyakan untuk berangkat ke Nambo ….
Ya karena bagi si om ini sih deket banget banget …. “ tenang om, kita bisa santai ngopi ngopi disana “ …. “ oke oke … sippp kalau begitu ”

Kita langsung berangkat menyusuri jalanan Leuwinanggung Cibubur kearah Citeuterup. Memasuki area perumahan Podomoro Golf View Cimanggis yang sekarang jadi lebih ramai orang yang berolahraga disini … perumahannya belum jadi, yang tinggal di apartmennya baru sedikit …. Jadi yang membuat ramai adalah orang orang disekitaran sini …. Bahkan sekarang satu sisi jalan dijadikan area makan …. food truck dan sejenisnya membuka dagangan disini. Kita hanya lewat saja sambil ngiler lihat lihat makanan dan minuman.

Keluar dari perumahan dan masuk ke gang menyusuri sisi tol Jagorawi sampailah di area gerbang tol Gunung Putri. Menyebrang jalan dan langsung ambil arah yang menuju area kawasan Pabrik Semen. Melintasi jembatan yang cukup panjang, dan selepas jembatan belok kiri masuk kedalam jalan kecil dan berlika liku disini, melewati stasiun KA Nambo. Jadi jika mau main ke daerah sini bisa naik KA Commuter … asyikk-kan.

Tepat sebelum underpass rel KA kita belok kiri masuk jalan yang lebih sepi dan …. suasananya berubah …. nuansanya seperti jauh dari Jakarta …. serasa benar benar dipedesaan …. jalanan sepi dan ditumbuhi pepohonan bambu yang rimbun dan lebat.

Menyusuri jalanan dengan jurang disebelah kiri dan melewati pesawahan …. gps mengarahkan belok kiri masuk jalan gravel … ehhh berbatu menurun kebawah … kesungai … ke destinasi pertama … ke Niagara … ya betul Niagara …. kabarnya di sini ada Mini Niagara …. sepengetahuan saya sih banyak banget ya curug yang mengklaim atau menasosiasikan dengan air terjun Niagara …. termasuk spot yang satu ini. Jadi bagi yang belum pernah ke Niagara termasuk saya … jangan khawatir, bisa pilih Niagara ala ala yang terdekat dengan rumah anda, hemat di ongkos.

Tepat di belokan ini ada “gunung” kecil yang hijau pepohonan dan terlihat di atasnya sedang dibuatkan semacam saung saung dari bambu …. terlihat sangat nyaman … tapi kita tidak kesana … kita tetap ke destinasi Niagara.

Mini Niagara
Menurun ke bawah dan sampailah di tepi sungai …. ya … memang ada sejenis jeram kecil atau curug mini … retakan tanahnya memanjang sampai ke sisi seberang. Ada beberapa mancinger yang sedang nongkrong … sepertinya area ini lebih dikenal sebagai spot mancing.
Disungainya sih … sampahnya sedikit tapi di tepian sungai sampah berserakan … hiyyyy …. aromanya juga tidak asyikkk

—- sayang pinggiran sungainya kotor sampah

Mini Niagara
Bantar jati, Klapanunggal, Bogor
Koordinat googlemaps -6.458671, 106.907237

Tidak betah berlama lama … kita berangkat kembali … balik lagi ke atas … kejalan semula.
Menyusuri jalanan kampung yang sepi … dan pesawahan yang membentang, lalu sepeda belok masuk kedalam gang … rute sepeda memang di buat sesering mungkin melewati bentangan pesawahan dan tempat yang hijau hijau.

Masuk sedikit ke perkampungan kecil dan sampailah di pesawahan …. melewati galengan tanah yang cukup lebar dan kanan kiri adalah bentangan sawah yang masih hijau ….. kerennn.

Wisata Balekambang
Sampai di sisi perkampungan diujung pesawahan, disana ternyata sedang dibuat saung dan spot spot selfie yang menghadap ke sawah …. view pesawahannya memang keren dan indah.

Beberapa pemuda desa sedang bekerja membuat bangunan bangunan dari bambu.
Ngobrol ngobrol …. Wisata selfie ini namanya adalah Balekambang.

Tempatnya asyik sih untuk bersantai menikmati view pesawahan dan para petani yang sedang bekerja. Untuk sampai ke tempat ini hanya bisa dijangkau oleh motor atau sepeda, kalau mobil mesti parkir dan jalan kaki kesini.

Wisata Balekambang
Bantar jati, Klapanunggal, Bogor
Koordinat googlemaps -6.460500, 106.910967

Gowesan kembali berlanjut …. bolak belok dijalanan kampung, sesekali melewati pesawahan dan jalannya lumayan berkontur …. naik dan turun.

Taman Wisata Sigantang
Sampai di satu titik kita menurun ke bawah dan tepat di perempatan yang rimbun oleh pepohonan dan pohon pohon bambu disana ada destinasi wisata …. Namanya Taman Wisata Sigantang …. bukan ganteng ya ….

Untuk masuk kedalam harus bayar tiket, kita tidak masuk hanya mengamati saja dari luar layaknya seorang pengamat.

Musik dangdut sangat kencang terdengar …. di Taman Sigantang ini banyak sekali spot selfie … payung payung dan sebagainya, pokoknya ada banyak. Tidak ada view yang “dijual” … hanya tempat ini teduh karena dinaungi pepohonan.

Taman Wisata Sigantang
Nambo, Klapanunggal, Bogor
Koordinat googlemaps -6.46114, 106.91599

Lanjut lagi …. Menggowes sepeda menyusuri sungai kearah hilir…. berdasarkan maps …. destinasi ke tiga memang ada di pinggir sungai. Selain menyusuri sungai kadang kita melalui perkampungan dan pesawahan ….dan terheran heran ketika melihat ada saung saung di tepi sawah ….. apa ??? ini rumah makan … di daerah pelosok begini ….. ehhhh … ternyata itu adalah area pesantren tahfiz Al Quran …. wiyyyy keren …. menghapal Al Quran sambil menikmati semilir angin pesawahan ….

Pesona Alam Pulekan
Dari area pesantren kita sudah mendengar sayup sayup musik dangdut …. hmmm sepertinya itu berasal dari destinasi ketiga.
Ketika menyusuri jalanan ini ada plang papan nama yang mengarahkan ke “Pesona Alam Pulekan” (PAP) … destinasi ketiga.

Dan tibalah disatu perkampungan kecil …. Masuk kedalam gang sedikit di area perumahan kampung dan disanalah area parkir motor, sepeda tidak boleh dibawa masuk harus diparkir disana juga.
Mobil bisa parkir diarea luar, akses mobil untuk sampai kesin melalui jalan kecil tapi sepi.

Dari area parkiran ini tinggal melangkah sedikit akan sampai ke Pesona Alam Pulekan …. Berada di tepi sungai …. destinasi wisata selfie …. juga.

Tapi entah mengapa … padahal sudah sampai sini … mood hilang …. entah kemana … kita hanya sampai di parkiran motor … mungkin karena disana terpampang peringatan tidak boleh bawa makanan dan minuman dari luar …. kita rencananya kesini mau ngopi di tepi sungai yang bersih dan tertata …. bukan untuk berwisata selfie.

Tapi bagi yang cari spot selfie, destinasi PAP layak untuk dipertimbangkan …. memiliki view berbeda dari Taman Wisata Sigantang dan sepertinya spot selfie-nya ada yang berbeda dan unik …. bagus untuk portofolio foto selfie.

Karena saya tidak masuk kedalam … ya jadi tidak ada foto fotonya.

Pesona Alam Pulekan
Lengkong, Nambo, Klapanunggal, Bogor
Koordinat googlemaps -6.45646, 106.91561

Kita niatnya mau ngopi … pingin ngopi …. spot ngopi yang terbayang adalah diatas gunung kecil di akses masuk ke Mini Niagara.
Balik lagilah kita gowes kesana ….

Wisata Alam Gunung Ambeng
½ jam-an kemudian sampailah kita kembali dibelokan menuju Mini Niagara. Menuju atas bukit, kita ambil jalan kecil mendaki yang telah disemen. Gowes mendaki sejenak dan sampai di area parkiran kecil …. dan dilanjutkan dengan menaiki anak tangga.

Sampailah di area saung saung …. Disana ada pemilik area ini yang dengan ramah menyambut dan menjamu kita dengan buah buahan hasil kebun. Ngobrol ngobrol dengan beliau … ternyata tempat ini masih sangat baru dan masih dalam proses pengerjaan … berhubung dikerjakannya hanya pada saat weekend, maka penyelesaiannya butuh waktu lebih lama.

Berdasarkan informasi beliau spot spot destinasi yang kita lalui sebelumnya merupakan kerjasama program dana Bumdes … tapi spot gunung Ambeng ini full murni dana dari beliau …. Karena beliau ingin berkreasi sendiri.

Wisata Alam Gunung Ambeng
Bantar jati, Klapanunggal, Bogor
Koordinat googlemaps -6.45931, 106.90829

Kita dapat spot yang cucok banget untuk ngopi …. sambil ngopi, makan kudapan dan buah buahan …. kita kembali ngobrol ngobrol …. beliau meminta masukan dari kita ….. ya kita hanya memberikan masukan berdasarkan pengalaman cetek dari kluyuran di daerah daerah sini saja.

Di area Nambo ini ada beberapa destinasi baru yang sangat berdekatan semuanya berkonsep wisata selfie dengan spot foto2 yang relatif hampir sama. Permasalahannya disekitaran area Bogor saja destinasi selfie sudah banyak yang tutup atau jadi sepi …. Penonton ehh wisatawan pindah ke destinasi selfie yang baru …. Jarang sekali wisatawan datang dua kali ke destinasi selfie yang sama. Apalagi thema spot spot selfie-nya kurang lebih sama diantara destinasi destinasi selfie ini, hampir tidak ada keunikan atau kekhas-an.

Sepertinya lebih baik dijadikan tempat makan misal warung atau kedai makanan / minuman dengan nuansa alam biasanya akan lebih bertahan, apalagi jika kedai ini dijadikan tempat kumpul …. kerjasama dengan komunitas sepeda, komunitas hiking maupun komunitas trail running … sehingga jadi tambah ramai atau bahkan jadi tujuan destinasi bersantai nonkomunitas seperti untuk ngopi saja sambil menikmati view sawah …. bisa berduaan maupun bersama teman teman.

Nambo memiliki potensi untuk wisata olahraga alam …. tanahnya berkontur, memiliki pesawahan, kebon kebon …. sungai …. dan dekat dari Jakarta, akses sangat mudah dari pintu tol Gunung Putri dan anti macet …. bahkan bisa ditempuh dengan KA commuter … sehingga bisa jadi pilihan destinasi. Track-track sepeda, hiking atau trail running bisa dikembangkan didaerah ini, jika kerjasama antara warga Nambo dengan komunitas, maka komunitas komunitas ini yang akan membangun dan mengembangkan track yang sesuai dengan kemauan mereka.

Hmmm …. sepertinya masukannya biasa saja …. mungkin ada yang memiliki ide yang sangar dan wow bisa disampaikan.

Minggu 20 Juni 2021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s