Menikmati ilalang + View = Bukit Ilalang Wangun Sari

Cari ilallang saja mesti sampai Bogor.

Betul …. Kalau mau lihat ilalang plus bonus view …. adanya di daerah daerah yang tinggi, salah satunya yang cukup terkenal adalah Bukit Ilalang Wangun Sari di Bogor.

Bukit atau Taman Ilalang Wangun Sari terkenal karena cukup sering dijadikan spot foto prewedding. Hamparan ilalang dan view gunung atau kota Bogor membuat tempat ini memang keren … cocok untuk spot foto.

— siap siap berangkat

Cuss … sepeda bergerak di Minggu pagi, lintas Kalimalang, Jatiwarna dan sampai di tikum Cibubur.
Sejenak menanti … si om muncul … dan cuss lagi … sepeda bergerak lagi dengan santainya.

Melintas di jalan Raya Bogor …. melewati pasar Cibinong, ketemu beberapa rombongan motor yang convoy panjang bergerak kearah Bogor. Kelompok sepedasih kita tidak ketemu, paling ketemu goweser solo atau yang juga yang hanya berdua atau bertiga.

Tak terasa … akhirnya kita sudah mendekat ke sisi luar Kebon Raya Bogor.
Masuk ke area trotoarnya dan ramai oleh orang berolah raga, berjalan kaki atau hanya berduduk duduk saja. Biasanya duduk rehat dulu disini, tapi kali ini tidak, kita terus lanjut.

Kita melipir dulu ke pasar Surya Kencana, masuk ke jalan Pedati dan bisa dikatakan sangat padat …. khas tipikal pasar …. banyak pedagang kaki lima dan pejalan kaki yang mau berbelanja. Kita sampai di toko Agus …. Ehhh ternyata masih tutup … mungkin masih kepagian …. rencana mau beli kopi legendaris Bogor …. Kopi cap Teko dari toko Agus ini adalah salah satu kopi Bogor yang terkenal.

Karena masih tutup kita lanjut lagi, melewati Bogor Trade Mall menurun ke bawah dan baru ngeh kalau jembatan rel KA sudah dibongkar …. sepertinya mau diganti dengan rel baru dan mungkin jadi double track.

Masuk ke gang muncul lagi ke jalan, masuk gang lagi dan nyebrang sungai Cisadane, menyusuri gang gang sempit dan keluar kembali ke jalan kecil yang bisa dilalui mobil … tidak tahu ini ada dimana, pokoknya kita hanya mengikuti gps saja. Setelah bolak belok dijalanan kecil ini ….. kita muncul di bundaran Bogor Nirwana Residence …. tepat di area waterboom The Jungle.

Dulu area The Jungle ini sangat ramai …. sekarang tidak seramai dulu lagi … bahkan beberapa area luarnya banyak yang kosong dan tidak terawatt …. sedih deh kalau diceritain.

Tepat selepas The Jungle kita melewati Hotel Aston Bogor …. dan herannya …. parkiran mobilnya sangat penuhhh … gile ya kontras …. apakah karena fenomena dan trend stay vacation di hotel hotel … mungkin juga.

Tak jauh dari hotel Aston … diseberangnya ada tempat wisata lain … DeVoyage …. tempat wisata berthema Eropa …. tapi parkirannya sepi juga.

Lewat Devoyage kita belok kanan masuk kampung dan menanjak. Disatu titik kita belok kiri kejalan yang cukup terjal menanjak tepat dipinggir jalan ada rumah kayu besar yang terlantar dan sudah rusak … jadi berkesan spooky.

Tepat di samping area rumah ini ada jalan tanah yang menanjak … kita belok disini.
Sebetulnya untuk menuju Bukit Ilalang Wangun Sari bisa melalui akses jalan aspal atau potong kompas melalui jalan tanah ini.

Kita menanjak termehek mehek disini …. kanan kiri adalah ladang penduduk …. umumnya adalah tanaman singkong. Kita berada di dataran cukup tinggi …. bisa melihat kearah lembah dan kota Bogor di kejauhan.

Terus saja kita menanjak dijalanan tanah … dan beberapa titik jalanan menjadi berbatu makadam dan ada satu titik jalanan berlumpur becek. Kita melipir masuk ke kebun penduduk untuk menghindari area jalan yang becek.

Tidak jauh di depan sudah terlihat puncak bukitnya …. dipuncak bukit ada bangunan sejenis bungalow.
Mendekat ke area puncak … kita sampai dijalan aspal yang memutari puncak bukit.

— jalan aspal yang memutari bukit ilalang

Diarea sekitaran bukit sudah ada pasangan muda mudi selfa selfie …. dan diarea puncak bukitnya ternyata ada 2 atau tiga kelompok …. Foto foto atau hanya menikmati suasana saja.

— di puncak bukit ilalang wangun sari

Berhubung puncak bukitnya “rame” kita melipir cari spot sepi dan teduh, dan menemukan tempat yang cukup rindang di bawah pohon …. dengan pemandangan kearah kota Bogor. Sepertinya spot ini sering dipakai nongkrong …. Karena cukup banyak sampah plastik bertebaran … hiksss sedih …. susah ya …. kita semua untuk tanggung jawab dan menjaga kebersihan.

Cari spot yang agak bersih …. ngopi deh disini … kali ini ngopinya tidak ribet … bawa kopi sachetan dan air panas thermos … Meskipun kopi sachetan … kalau ngopinya habis sepedahan … menikmati view kota Bogor dikejauhan …. semilir angin …. ngemil kue kering sisa kue lebaran … priceless.

Tak terasa waktu berlalu … ngopi sambil ngobrol ngalor ngidul membicarakan geopolitik dunia … #NgarangBanget

Habis ngopi … kita beberes dan membawa kembali semua sampah kita.
Dan kita kembali kearah puncak bukitnya …. horeee … sudah kosong.

Berada di puncak bukit ini bisa memandang 360 derajat. Sayang gunung Salaknya sedang tertutup awan … tapi tidak mengurangi kesyahduan dan keindahan pemandangan.
Bangunan sejenis bungalow ini sudah tidak terawat … kotor … Bungalow ini didesain dengan kaca disekelilingnya untuk menikmati pemandangan maksimal dari atas bukit.

Ilalang tumbuh dengan subur disekitar bukit …. dengan view background gunung dan kota Bogor, menjadikan spot keren untuk foto. Menikmati matahari sunrise atau sunset bahkan gemerlap lampu dimalam hari pasti sangat indah dan syahdu. Jika ingin tidur bukit ini … bisa juga, karena tempat ini suka dijadikan tempat camping. Kalau pagi hari terutama weekend kabarnya banyak juga yang jogging ke bukit ini.

Area ini sepertinya milik perusahaan swasta karena tertancap papan nama perusahaan ditanah ini, sudah ada rencana untuk area ini, sudah dibangun jalan aspal dan bangunan di puncaknya tapi tertunda.

Jadi sebelum menjadi area terbatas dan juga akses yang relatif mudah, tidak jauh dari kota Bogor …. yuk main main ke tempat ini … bersantai dan berekreasi sambil menikmati pemandangan.

Bukit Ilalang Wangun Sari
Tiket Masuk Gratis
Palasari, Cijeruk, Bogor
Koordinat gogglemaps -6.64774, 106.79958

Minggu 13 Juni 2021

6 komentar di “Menikmati ilalang + View = Bukit Ilalang Wangun Sari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s