Peralatan ngopi yang dibawa ketika gowes – pengalaman, review dan harga

Jalan jalan sambil sesepedahan ketempat tempat keren adalah hal yang menyenangkan. Mendatangani tempat yang belum pernah dikunjungi … merasakan dan melihat hal hal baru.

Ngopi juga hal yang saya suka, apalagi ngopi diruang terbuka … menikmati alam dan suasana.

Bagaimana kalau dua hal ini – gowes dan ngopi – saya lakukan bersamaan …. harusnya jadi double asyikkk dong …. mulailah di tahun 2016 kalau pergi sesepedahan suka bawa peralatan ngopi … ternyata memang asyikkk.

Karena biasa ngopi dari kopi giling …. dan hampir semua destinasi saya tuju tidak ada kopi giling, biasanya ada kopi instan atau sachetan. Jadi supaya bisa ngopi giling … mau tidak mau harus bawa peralatan ngopi sendiri.

Meskipun tidak selalu bawa, tapi bisa dibilang cukup sering juga bawa peralatan ngopi. Bawa tidaknya peralatan ngopi tergantung situasi di destinasi gowes atau sempat tidaknya menyiapkan peralatan ngopi sebelum berangkat.

Untuk menyeduh kopi outdoor maka ada 2 kategori perlengkapan yang harus di bawa ; alat alat untuk memasak air dan alat alat untuk menyeduh kopi.

Perlengkapan Memasak Air
Air yang diperlukan untuk menyeduh biji kopi agar terasa nikmatnya, menurut para ahli harus di kisaran 90 – 96 derajat celcius, (for info, umumnya panas mesin dispenser air minum di 60 derajat celcius) maka untuk mendapatkan kisaran panas tersebut mau tidak mau harus masak air dulu.
Untuk memasak air yang ringkas dan ringan, maka saya biasanya membawa, kompor mini, adaptor untuk ke tabung gas portable mini, korek api dan teko.

Kompor
Dari beberapa jenis kompor yang pernah saya coba, maka untuk saat ini saya memilih kompor mini ini, karena ini adalah kompor yang paling kecil dan ringkas.
Tapi ada kekurangannya ;
Tidak ada pemantik internal (bawaan) sehingga harus bawa korek api
Membutuhkan adaptor agar dapat tersambung dengan gas portable kecil.
Membutuhkan waktu relatif lebih lama untuk memasak air karena hanya ada satu titik panas di tengah tengah saja.

Kompor kecil harganya 100.000 sd 130.000-an

Adaptor Gas
Seperti yang disampaikan sebelumnya. Supaya gas kecil dapat tersambung ke kompor kecil, maka harus menggunakan adaptor.
Pastikan ketika memasang adaptor ke kompor, terpasang sekrupnya dengan benar dan kuat sehingga tidak ada gas yang bocor. Karena jika bocor api akan keluar dari titik bocor tersebut dan akan membakar plastik adaptor.

Adaptor kompor ke gas portable mini harga sekitaran 90.000 – 130.000

Gas Portable Mini
Jenis gas portable mini ini yang paling mudah didapatkan, karena tersedia di toko toko minimarket yang tersebar dibeberapa tempat dan harganya relatif ekonomis. Mereknya juga ada beberapa. Meskipun isinya hanya 230 gr tapi jika hanya digunakan untuk memasak air saja, maka bisa dipakai berkali kali cukup lama.

Tabung gas portable mini harga 12.500 sd 20.000

Teko
Setelah coba sana sini jenis teko, maka teko ini jadi favorit saya saat ini. Teko silicon collapsible alias dapat dilipat sehingga bisa menghemat space ketika dimasukkan kedalam tas.

Ada review jelek dan bagus dari teko model ini, tapi pengalaman saya pakai sih oke2 saja. Ya mungkin frekuensi pemakaian saya tidak sering … hanya seminggu sekali atau bahkan tidak.

Teko lipat / collapsible silicon 170.000 – 200.000

Mug
Mug yang dibawa dipilih yang ringan dan dapat dilipat, untuk menghemat tempat.
Mug lipat dari merek asal Swedia – Wildo, sangat saya suka dan recommend untuk di miliki bagi yang suka travelling, hemat tempat dan sangat ringan, serta bahannya tahan dan aman dari air panas.

Wildo fold-a-cup harga di kisaran 70.000-an

Perlengkapan Seduh Kopi
Untuk menyeduh kopi, supaya rasanya benar benar maksimal maka harus dari biji kopi yang digiling secara langsung sesaat sebelum menyeduh kopi. Maka alat yang diperlukan adalah penggiling biji kopi dan alat seduh kopi.

Penggiling Kopi
Alat penggiling biji kopi / coffee grinder yang saya pergunakan adalah yang portable, kuat dan cukup ringan untuk dibawa bawa. Jika cara menyeduh kopi memerlukan biji kopi yang digiling kasar atau agak kasar maka alat yang penggiing kopi yang saya bawa ini sangat cocok dan harganya juga ekonomis. Seduh kopi dengan metode French press memerlukan biji kopi yang agak kasar.

Sedangkan jika seduh kopinya dengan metode lain seperti ; hand pump espresso, v60, dll membutuhkan gilingan biji kopi yang setengah halus sampai halus. Umumnya penggiling kopi yang bisa giling halus secara konsisten dan awet, harganya relatif mahal, diatas 500 ribu sampai jutaan.

Coffee grinder seperti ini harga di kisaran 50.000-an

Alat Seduh Kopi
Cara seduh kopi ada banyak caranya, dan cara seduh berbeda menghasilkan rasa kopi yang berbeda. Dari berbagai alat seduh kopi yang saya bawa …. ada satu yang cukup sering saya gunakan, yaitu metode French press, kenapa disebut French press …. Karena kabarnya yang menemukan metode ini dua orang Perancis bernama Mayer dan Delforge dan dipatenkan tahun 1852.

Kelebihan seduh dengan metode French press, selain cukup simple juga tidak perlu gilingan kopi yang halus (artinya dengan penggiling kopi yang ekonomis saja sudah bisa) selain itu, kopi yang dihasilkan akan menyimpan lebih banyak minyak alami dari bubuk kopi sehingga rasa kopi alaminya sangat terasa.

Saya bawa French press untuk travelling, terbuat dari sejenis bahan plastik yang sudah BPA free, FDA approved dan tahan panas, ya pokoknya amanlah untuk digunakan. Dengan bahan plastik maka kuat untuk dibawa sesepedahan dan ajrut ajrutan di jalan … tidak akan pecah dan rusak.

Cara menyeduh kopi dengan French press adalah dengan memasukkan biji kopi agak kasar kedalam tabung, lalu masukkan air panas, tunggu 3 – 4 menitan dan kemudian ditekan plunger-nya perlahan lahan kebawah … lalu tuangkan kopi kedalam gelas … dan siap untuk dinikmati.
Untuk lebih nikmat lagi, ada beberapa tips dan ticks cara menggunakan French press ini, bisa di cari di internet.

Harga French press model ini dikisaran harga 90.000 – 200.000

Biji Kopi
Terakhir dan yang terpenting adalah bawa biji kopinya. Biji kopi sekarang sangat mudah didapatkan secara online dan toko offline-pun dari toko kopi lama yang turun temurun dari zaman dahulu sampai toko kopi baru … sekarang mulai bermunculan seiring banyaknya kedai kedai kopi. Bahkan penyedia jasa roasting-pun sekarang sudah ada dibeberapa tempat, jadi kita bisa beli biji kopi mentah dari petani lalu kita bawa ke tempat roasting.

Biji kopi yang umum dan terkenal ada dua jenis, Arabica dan Robusta, didunia internasional lebih disukai jenis Arabica dan harga Arabica umumnya lebih mahal dari jenis Robusta.
Menurut data tahun 2019, Indonesia adalah negara ke 4 terbesar penghasil kopi, yang pertama adalah Brazil, lalu Vietnam kemudian Kolombia.

Berdasarkan data GAEKI 2018 (Gabungan Eksportir Kopi Indonesia), produksi kopi Indonesia 83% adalah Robusta dan 17% adalah Arabica.
Ada beberapa biji kopi dari Indonesia yang diakui di dunia internasional bahkan pernah menjadi juara satu dalam lomba rasa kopi.

Jenis kopi Arabica dan Robusta-pun juga bisa dipilih dari berbagai daerah di Indonesia …. Aceh, Padang, Medan, Lampung, Bukit Paniisan, Pangalengan, Bali, Lompok, Papua …. Pokoknya pilihannya sangat beragam … tergantung selera masing masing.

Harga biji kopi per 100 gr harganya 15.000-an ke atas tergantung jenis asal kopi dan toko yang menjual.

Nah itulah sekelumit sedikit pengetahuan perkopian dan alat alat untuk menyeduh kopi dari saya yang baru sedikit tahu tentang kopi.

Jadi …. sudah pada ngopi atau belum …. ???

9 Juni 2021

Disclaimer :
Info yang disampaikan diatas, banyak kekurangan dan tidak akurat, karena pengetahuan saya yang minim di dunia perkopian dan peralatan masak memasak untuk travelling. Info diatas hanya berdasarkan pengalaman pribadi, jika ada yang ingin mengoreksi dan memberikan masukan harap disampaikan.

10 komentar di “Peralatan ngopi yang dibawa ketika gowes – pengalaman, review dan harga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s