Akses Mudah, Dekat dan Besar – Curug Biawak Sentul

Jika ingin pergi main main ke curug di daerah Sentul … tapi inginnya ke spot yang gampang dan dekat … tidak perlu sampai nanjak ke atas atas … tidak perlu tracking dulu untuk sampai curugnya. … maka curug Biawak adalah salah satu pilihan yang harus dituju.

Posisinya masih ada di daerah bawah Sentul, di daerah Babakan Madang bawah.
Selama ini curug ini tidak tidak terdengar … terlantar … kemudian baru akhir akhir ini ditata, diurus, dirawat … dan dibuka untuk umum.

Jaraknya relatif dekat dari Jakarta, tempatnya yang mudah dicapai … mengapa tidak saya datang kesana.

Di minggu pagi agak sedikit mendung … saya berangkat.
Lintas Kalimalang, Kemang Pratama, Narogong, Metland Cileungsi …. ketemuan dulu sama si om disini … koq jadi melambung rutenya.
Ya rutenya agak berputar dulu … sekalian jalan jalan saja …. Sudah hampir satu dekade saya tidak melalui jalan Raya Narogong dari Cileungsi ke Citeurep …. sudah lupa ada apa saja disana …

Melintas jalan Raya Narogong dari Cileungsi – Citeurep, perasaan hampir tidak ada yang baru … melintasi pabrik semen yang ada di daerah sini, kalau ngga salah pabrik semen Holcim …. tapi saya tidak ingat kalau harus melintas sungai yang cukup besar …. sedikit heran saja.

Gowes nyantai … sesekali ketemu rombongan goweser berseragam …. dan tidak lama kemudian sudah sampai di Citereup, melewati pabrik semen Indocement. Melewati Sentul sirkuit. Ketemu pesepeda sekali dua kali … tapi motor yang bergerak kearah Sentul sangat banyak, dari yang perseorangan, pasangan dan bahkan rombongan rombongan bermotor.

Kita berbelok di sisi hotel Harris Sentul …. melewati pertigaan pasar Babakan Madang dan terus ….
Tidak jauh lagi kita akan berbelok menuju destinasi curug.

—- Belokan Akses masuk ke curug Biawak

Dan sampailah dibelokannya … ada banner dan baliho Curug Biawak di pertigaan … Kita belok kiri masuk jalan tanah berbatu batu, melewati perkampungan, sedikit pesawahan … hutan jabon dan ada portal tiket, kita bayar 15 ribu dan lanjut …. Masih melewati jalanan tanah berbatu batu dan jalanan sedikit menurun …. terlihat bahwa area ini sudah ditata dan dirapihkan. Parkirannya bisa dikatakan luas dan lebar, serta ada beberapa saung saung untuk bersantai dan beberapa spot selfie kekinian.

Curugnya terlihat dibawah, lebar dan cukup tinggi …. airnya lumayan deras .. berhubung masih musim hujan. Di curug sudah ada beberapa wisatawan yang datang dan bermain main air. Aliran sungai ini berasal dari dua sungai yang bersatu. Ada yang dari arah Leuwi Kunten dan ada yang dari arah Leuwi Pangaduan, jadi debit airnya double … lumayan besar .

Sungainya bisa dikatakan bersih … tidak ada sampah berserakan yang buat jijay …. mungkin karena aliran sungai ini melewati beberapa spot wisata sehingga dijaga kebersihannya.
Area sungai yang dekat air terjun terlihat dalam … bisa untuk berenang renang … tapi mesti hati hati. Dan untungnya ada “life guard” yang mengawasi area lengkap dengan pelampung.

—- curugnya bersih dari sampah dan airnya besar

Tapi sepertinya sudah tidak ada lagi biawak disini … ehhh atau masih adakah ???

Tempatnya asyik untuk bermain main air … selain ada bagian yang dalam juga ada area yang dangkal untuk anak anak kecil bermain main dengan aman. Selain itu, karena area ini sudah ditata, maka sudah disediakan area bilas dan toilet.

Setelah berjalan jalan diarea curug …. Maka kita cari tempat rehat di area yang rindang.
Di bagian atas ada hutan jabon … spot yang nyaman untuk bersantai, di area hutan jabon ini juga sudah ada warung warung yang menjajakan makanan dan minuman.

— area parkir yang sangat besar dan luas

Kita bergerak kearah ujung … ternyata dibagian ujung ada area camping …. bisa camping disini.
Ada spot yang pas … dibawah pohon, ada tempat duduk dan meja …. Spot yang asyik untuk ngopi. Kita siapkan perlengkapan ngopi …. masak air … giling biji kopi bukit Paniisan yang kita beli minggu lalu dari petani langsung … dan seduh dengan metode french press …. nikmat.

— secangkir kopi sambil menikmati suasana outdoor

Perbekalan makanan ringan kita keluarkan semua …. ngopi … ngemil ngemil … ngobrol ngobrol nyantai … menikmati suasana outdoor … semilir angin … pesawahan, sungai dan background suara deburan air terjun …. bahagia.

Tak terasa matahari sudah semakin tinggi … jam 11-an …. masih “pagi sih” … sesekali pulang cepat … bisa menikmati tidur siang di rumah 😀.

Curug Biawak
Tiket masuk Rp. 15.000
Sumur Batu, Kec Babakan Madang, Sentul, Bogor
Koordinat googlemaps -6.57082, 106.88217

Minggu 30 Mei 2021

6 komentar di “Akses Mudah, Dekat dan Besar – Curug Biawak Sentul

    • saya juga merasa mahal mba Dini ,,, tapi kalau melihat areanya terawat … oke dan wajar …. perawatan butuh biaya dan warga/pekerja yang menglola merawat tempat tersebut butuh pemasukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s