Jalan jalan yuk ke Kampung Tematik Mulyaharja dan Saung Eling

Rute perjalanan jalan jalan sesepedahan ini seperti biasa melewati Kalimalang, Pondok Gede dan ….. menunggu di tikum Cibubur sejenak duajenak tigajenak …. si om muncul … ngobrol sejenak … lalu meluncur kembali.

Gowes santai dan stabil, tak terasa sudah melaju di jalan raya Bogor, ketemu sepeda yang mengarah ke Bogor … yang sendirian maupun berombongan.

48 km kemudian sampailah di trotoar di luar Kebun Raya Bogor …. Jika pergi kearah Bogor seperti biasa kita rehat dulu disini ngemil ngemil snack …. di spot rindang adem …. sambil melihat aktifitas yang lalu lalang … yang jalan kaki maupun sepedahan .. yang jomblo … yang couple … yang rame rame juga ada.

Tidak lama rehat … perjalanan dilanjutkan, melewati Bogor Trade Mall, menurun kebawah, masuk gang dan muncul di jl Sedane. Menyusuri sungai dan gps mengarahkan untuk menyebrang sungai … melalui jembatan yang pas semotor, antri sebentar .. sabar … menunggu giliran.
Melewati jembatan ini dan langsung diberi tanjakan yang bikin betis panas. Menanjak keatas dan masuk ke gang gang yang padat pemukiman, bolak belok di gang senggol ini .. dan muncul di jalan yang bisa dilalui mobil.

Menyusuri jalanan ini di daerah Cibeureum … menanjak .. dan terus menanjak … meskipun tidak parah tapi bikin ngos ngos-an. Dan muncullah di area Bogor Nirwana Residence di jalanan lebar dua jalur. Berputar arah sebentar dan langsung masuk ke jalan Arjuna, dan tidak lama ada papan petunjuk untuk menuju kampung tematik di suatu pertigaan … kita belok kiri disana, melewati rumah rumah yang padat …. masih menanjak, lumayan cukup banyak mobil mobil dan motor yang searah …. sepertinya sih mereka mau berdarmawisata … mungkin mau ke kampung tematik Mulyaharja.
Menuruni lembah yang ada sungai … menanjak lagi …. menuruni lembah lagi .. menanjak lagi …. dan sampailah di gapura kampung wisata tematik Mulyaharja, banyak mobil berderet parkir dan motor motor juga. Kanan kiri adalah rumah rumah penduduk.

Kita gowes terus …. melewati mobil2 yang terparkir disisi jalan dan orang orang yang bejalan kaki …. Hmmm mana pintu masuknya … terus saja gowes … sampai tidak ada lagi mobil yang parkir parkir …. Kondisi disisi kanan kiri berubah dari perkampungan menjadi kebon kebon … jalan sepi, rindang dan berkelok kelok …. serta … menanjak. Wahhhh …. kayaknya pintu masuknya kelewatan …. Tapi karena jalannya aspal hotmix mulus kita terus gowes sampai di puncak bukitnya. Berhenti disana dan memandang ke arah lembah …. Wah betul, dibawah lembah adalah hamparan pesawahan dan disana ada jalan khusus memanjang membelah pesawahan, saung saung … dan ada orang orang disana …. Itulah pesawahan kampung tematik Mulyaharja.

— kampung tematik Mulyaharja dilihat dari atas bukit

Sebetulnya spot saya berhenti ini sangat keren dan ideal …. berada di atas dan memiliki view ke lembah pesawahan …. tapi ditanah ini sudah ada papan tertancap milik perusahaan swasta, mungkin kedepannya nanti akan berubah menjadi sesuatu.

Ketika sedang rehat dititik ini sambil memandang kebawah lembah, datang juga sekelompok pesepeda seli, lumayan banyak jumlahnya …. mereka akan menuju Kampung Mulyaharja …. terlewat juga … hehe.

Dititik kita berhenti pas di pertigaan … ada papan petunjuk, jika terus bisa mengarah ke kampung alpukat dan jika belok menuju atas akan mengarah ke Saung Eling.

Kita penasaran dengan Saung Eling …. ambil yang belok kanan … kalau yang lurus agak banyak motor mobil lewat, tapi yang belok kanan ini lebih sepi. Melanjutkan perjalanan melalui tanjakan dan beberapa tanjakan, tidak ada tanjakan yang ekstrem tapi tetap aja tanjakan bikin ngas ngos, jalanannya aspal hotmix mulus … melewati kampung kampung kecil … kebon kebon, lalu kita belok kanan masuk jalan lebih kecil … pas semobil, agak ribet juga kalau bawa mobil … melewati kebon kebon … kampung kampung kecil.

Sampailah di Saung Eling … dari pertigaan tadi kurang dari 2 km, posisinya ada di area kampung.
Untuk masuk area Saung Eling harus bayar tiket Rp. 10.000 dan mendapatkan free minuman hangat.
Ngobrol dengan yang menjaga … bahwa Saung Eling ini adalah swadaya warga desa ini. Saat ini masih tahap awal dan akan terus dikembangkan. Pada tahap awal ini yang sudah ada adalah rumah makan yang menyajikan aneka makanan kampung dengan harga paketan dan sangat ekonomis rata2 Rp. 25 ribu. Yang juga sudah tersedia adalah saung saung untuk rehat … wahana selfie perahu di ujung tebing yang menghadap ke lembah ke kebun kebun dan pepohonan.

—- parkiran Saung Eling

Saung Eling
Tiket masuk Rp. 10.000,-
Jl. Lembur Sawah, RT.02/RW.02, Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor
Koordinat googlemaps -6.65541, 106.78347

Kita tidak jadi masuk …. Memutuskan untuk balik lagi kebawah …
Sepeda meluncur cepat dan tidak lama kemudian sampailah di akses masuk ke Kampung Tematik Mulyaharja. Posisi akses masuk ini tadi agak terhalang orang orang dan ada di tanjakan, jadi ketika bersepeda lebih fokus pada jalanannya … terlewat deh.

Masuk kedalam gang yang sudah ditata dan rapih …. Bayar tiket masuk Rp. 10 ribu, menyusuri gang semen yang rapih … melewati kandang kambing warna warni, beberapa warung bambu yang ditata rapih … dan taraaaa …. di depan adalah hamparan pesawahan …. Hmmm sayangnya bukan pas momen tanaman padi menguning atau menghijau … jadi agak gimana gitu. …. tapi enjoy aja sih.

Kontur tananhnya agak sedikit menurun … sehingga di bawah dikejauhan terlihat kota Bogor dan gunung …. jadi background bagus untuk foto foto.

Kampung Mulyaharja mulai dikembangkan menjadi destinasi wisata pada tahun 2017 atas inisiatif kelompok tani lokal beserta karang taruna. Bekerjasama dengan dinas pertanian, pariwisata, dan akademisi serta bantuan dana hibah pemkot Bogor. Konsep yang dikembangkan adalah Agro Edukasi Wisata Organik (AEWO), karena pesawahan disini sejak tahun 2013 ditanami pada organik.

Oh ya …. Sepeda boleh dibawa masuk kedalam …. sampai ke tepi pesawahan, dan diperbolehkan dibawa masuk ke jalan pematang kayu dipesawahan untuk foto foto dan diparkirkan kembali di tepi sawah dititipkan disana dekat yang check tiket masuk. Tapi nyatanya banyak sekali sepeda yang dibawa sampai ke saung besar di tengah pesawahan.

Pematang kayu yang membelah pesawahan ini bercabang cabang …. Jalur utamanya menuju saung besar, sedangkan cabang cabangnya menuju spot foto instragramable …. umumnya kursi duduk yang ditata menarik.

Dibeberapa spot tersedia kios umkm, di saung besar ditengah tengah sawah serta di tepi tepi pesawahan.
Saat kita datang …. area ini lumayan banyak wisatawan …. Komunitas sepeda lipat yang ketemu tadi diatas sudah berkumpul di saung besar serta ada juga kelompok lain … tidak tahu kelompok apa … pokoknya pakai kaos seragam, di saung besar ramai orang. Kita terus bergerak …. Mencari tempat yang rindang dan teduh …. mau nyeduh ngopi. Kita menuju sisi pesawahan disebelah timur, disana ada beberapa kios umkm. Di area sisi ini meskipun tidak ramai … tapi sudah ada pengunjung yang duduk duduk beristirahat. Diarea sinipun ada rombongan yang menyewa tempat melakukan gathering … dan nyanyi nyanyi karaoke.

Susah cari spot rindang dan nyaman buat bikin kopi …. saran saya sih diperbanyak tempat untuk nongkrong nyantai …. yang rindang … area pesawahan kalau siangkan panas terik, jadi bisa ditambah saung saung ditengah sawah … supaya terasa real pesawahannya … ngga apa2 mesti bayar juga …. Serta tempat tempat duduk di area yang rindang disisi pesawahan … atau bahkan meja piknik ….

Setelah cari sana sini tidak dapat …. Akhirnya kita memilih tempat duduk disisi kios mie, kios ini ada di baris kedua atau belakang jadi tidak dilewati pengunjung dan tidak ada yang datang kesana … lokasinya kurang ideal untuk jualan, dan dekat dengan toilet pengunjung.

Supaya sopan … kita minta izin dan beli mie dulu disana. Setelah makan mie baru deh kita bersiap siap menyeduh kopi …. giling dulu kopi, masak air dan menyeduh dengan V60 …. Meskipun pemandangan di area sini kurang optimal .. terhalang sana sini oleh bangunan kios dan bagian belakangnya kebun yang tidak terlalu terawat … tapi tetap enjoy.

Ngobrol ngobrol yang ngga jelas, nyemil nyemil … ngopi … tak terasa waktu sudah cukup lama berlalu .. sudah lewat jam 12-an … perut keroncongan.

Kita putuskan untuk mencari makan sambil pulang di area Bogor Nirwana Residence, kita ambil jalan pulang melalui jalan jalan utama, meskipun sedikit berputar tapi akan lebih cepat.

Kampung Tematik Mulyaharja
Tiket Masuk Rp 10.000
Kampung Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor
Koordinat googlemaps -6.648560, 106.787346

Minggu 21 Maret 2021

6 komentar di “Jalan jalan yuk ke Kampung Tematik Mulyaharja dan Saung Eling

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s