Potensi Destinasi Wisata Pulau di Jonggol – Jati Pulo Cipamingkis

Dengar kabar … desas desus … gossip
Katanya ada tempat baru yang akan dijadikan destinasi wisata, suatu pulau di daerah Jonggol.
Pulau …. beneran pulau ??? … pulau di daerah Jonggol …. Wahhh …

Kepo … mesti kesana … pergi ke pulau

Sebenarnya berangkat gowes kali ini serba dadakan, ada urusan …. jadi tidak pergi di hari minggu masih ragu …. tapi akhirnya berangkat juga … bawa yang bisa dibawa cepat … dan cusss meluncur jam 7 kurang …. agak telat … bisa terlambat sampai tikum.

Berusaha gowes cepetan …. ada road bike di daerah Narogong Bekasi … ikutin sebentar … ngos ngos-an … dan sampailah di tikum Cileungsi … sudah kontak2-an sama si om ketemu disini.
Telat 2 menit … janjian jam 8.00 … si om sudah duduk menanti sambil sibuk mainin handphone.
Tidak lama berbasa basi … kita cusss lagi.

Melaju di jalan raya Cileungsi Cariu …. Melewati taman buah Mekarsari, lalu lintas tidak ramai dan matahari bersinar dengan semangat …. Kita gowes dengan ceria, tak terasa sudah dipertigaan dan belok kanan mengarah ke alun alun Jonggol. Di pertigaan ini di monumen Jonggol ada komunitas sepeda yang sedang foto foto …. tempat ini jadi icon untuk spot foto terutama komunitas sepeda …. hmmm saya belum pernah foto disini.

Berhenti untuk rehat sejenak dan minum ….. perjalanan lanjut lagi, melewati pasar Jonggol, pertigaan alun alun … dan mengarah ke Sukamakmur. Jalanan mulai menanjak … tapi diselang seling dengan rolling naik turun.

Melewati turunan cukup panjang, melewati pesawahan dan sampailah di pasar Dayeuh. Selepas pasar Dayeuh, mulai ada tanjakan yang kerasa di betis … merayap, dan mulai menyusuri jalanan yang disebelah kanan adalah sungai irigasi dan di sisi kiri jauh di lembah terlihat sungai Cipamingkis.

Melewati pesantren modern dan tidak lama sampai di destinasi wisata spot foto sungai Cipamingkis.
Area ini sekarang makin ramai … di sisi jalan banyak warung tempat makan, bahkan warung sampai ada di tepi sungainya. Kondisi unik bebatuan sungai Cipamingkis dan posisi sungainya yang pas ditepi jalan menjadi daya tarik wisatawan datang untuk bermain main air dan foto foto.

destinasi Wisata Sungai Cipamingkis di Dayeuh Jonggol

Berhenti sejenak disini … melihat lihat sebentar dari atas jalan … dan melanjutkan kembali perjalanan. Dari sini jarak ke destinasi utama sekitar 3 km lebih.

Jalanan lebih didominasi tanjakan … semakin banyak kelok kelok, tipikal jalanan luar kota. Dibeberapa titik sudah ada warung warung … terlihat warung warung tersebut relatif baru. Sejak era akses mudah googlemaps dan medsos maka jalanan ini menjadi lebih ramai, sekarang banyak dijumpai mobil2 bagus dan motor2 yang terlihat akan pergi berdarmawisata … sama seperti saya .. cuman naik sepeda .. : )

Di area sini juga sudah dibuka area perumahan perumahan … ada di atas lereng …. Dengar dengar sih mereka menjualnya dengan konsep kavling berkebun …. Jadi orang kota ditawarkan untuk memiliki kavling kebun … sekaligus kalau mau buat vila mungkin bisa.
Sebetulnya di area Jonggol Cariu selama saya sepeda kluyuran didaerah ini, ada beberapa yang menawarkan investasi dengan konsep seperti ini …. beberapa sih gagal … terbengkalai … bahkan ada yang saya dengar bermasalah … mudah2-an sih yang di daerah ini pada sukses.

Kita melewati suatu area di pinggi jalan yang diratakan dan dibuka luas … tempat wisata, hotel, rumah makan …. tidak tahu …

Perjalanan terus berlanjut dan saya jadi lebih sering lihat gps … mencari titik belok …. ya sebentar lagi … nah disini belokannya, kalau tidak pelan pelan … sepertinya belokannya akan terlewat, karena tidak seperti ada jalan masuk, hanya seperti mau masuk pekarangan orang. Belokan ini tepat di sebelah jembatan Cijangkung … di jalan masuk ada tumpukan batu batu dan truk truk yang parkir.

Ketika belok masuk kesana, tiba tiba ada yang berteriak “ jalan buntu pak “ …. hanya nyengir saja … ya saya sudah tahu jalan ini hanya mentok ke sungai …

Tepat di area akses masuk ada curug mini … curug yang terbentuk dari bongkahan batu besar …. hmmm unik.

Kita meneruskan perjalanan menurun kebawah melalui jalanan berbatu batu, terus menyusuri sungai dan hampir mentok diujung, disana ada pertigaan … lurus mentok ke sungai besar … sungai Cipamingkis … sedang belok kanan menyebrang sungai akan menuju bukit pepohonan kecil. Area bukit itu secara teknis adalah pulau …. daratan yang dikelilingi oleh air. Sungai Cipamingkis ini di arah hulu terbelah menjadi dua, mengelilingi area ini …. inilah pulaunya …. namanya Jati Pulo.

Kita masuk ke sungai … dan takjub lagi … ada lagi curug kecil disini …. wuihhh kerennn

curug kecil di area Jati Pulo

Menyebrang sungai dan naik ke atas bukit kecil … di bukit ini ditumbuhi pepohonan, pohon jati … sangat rindang dan adem … ditambah semilir angin … asyikkk banget. Ternyata disini sudah disiapkan beberapa tempat duduk dari bambu, sudah sedikit ditata … dan ditanami bunga bunga.
Nyaman banget duduk disini … teduh … dengan pemadangan sungai bebatuan yang unik dan hamparan pesawahan diseberang sungai plus deburan suara air dan gemersik angina menerpa dedaunan … pengalaman indera yang kaya.

sudah tersedia bangku bangku ditempat yang adem rindang

Dibawah .. di sungai Cipamingkis yang besar ada akamsi – anak kampung sini – yang sedang bermain main air. Sungai Cipamingkis ini keren …. sungainya berkontur bebatuan … jenis batu yang berbeda dengan umumnya sungai sungai … unik, meskipun saat ini aliran air sedang surut — hal yang positif karena bisa bermain main ke sungainya – tapi ada spot yang cukup dalam untuk berenang renang … mantap dehhh.

Agak sedikit ke hilir … terlihat truk truk dan pekerja yang menambang batu batu dari dasar sungai. Truk truk tersebut berguncang guncang melaju menerjang aliran sungai dan bebatuan …. hmmm …. sepertinya sungai ini bisa dijadikan area off road sungai …. pasti seruuuu.

Setelah menjelajah kesana kemari …. kaditu kadieu … merana merene …. kita rehat di bangku yang telah disiapkan … dengar dengar sih … tempat ini memang ingin dijadikan tempat wisata …. recananya berkonsep agrowisata dan eduwisata …. mungkin karena masih belum siap dan kurang promosi jadi sepi sepi saja … tidak ada turis lain yang datang kesini … hanya kitalah turisnya.

Duduk duduk, ngobrol ngobrol sambil makan camilan …. sayang ngga sempat bawa peralatan ngopi … ngopi kaleng kalengpun jadilah … tempatnya sudah juara ini.

Pulau ini … sangat potensial sekali menjadi destinasi wisata, kondisi alamnya, keunikan yang dimiliki. “Dipoles” sedikit lagi … dan dipromosikan .. bakalan nge-viral tempat ini. Di area pepohonan ini bisa dibuat area hammock … ada warung makan style kampung maksudnya dibuat bangunan desain kayu/bambu yang nge-blend sama suasana “hutan kecil” ini … apalagi jika ada kedai kopi … rumah pohon … tiny house untuk bermalam … bla bla bla …. ha ha … banyak banget maunya …

area hutan jati di atas pulau, bisa jadi area hammock atau spot kedai makan atau ngopi

Tapi tanpa ada itu semua … hanya seperti sekarang ini … sudah oke banget.
Bermain … bersantai … ngadem …. piknik …. foto foto ….

Yukkkk kita main kesini … ke Jati Pulo

Jati Pulo Cipamingkis
Tiket Masuk – Gratis
Sukajaya, Kec Jonggol, Bogor
Koordinat googlemaps -6.543758, 107.018034

Minggu 14 Maret 2021

7 komentar di “Potensi Destinasi Wisata Pulau di Jonggol – Jati Pulo Cipamingkis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s