Spot Oke untuk Piknik Asyik — Swargiloka

Sekali kali pengen dong … main ke tempat piknik.
Tempat yang benar benar untuk piknik yang proper dan representative.
dan … tidak ramai … ingat hindari kerumunan.

Tempat yang seperti itu, yang kebayang sama saya adalah Swargiloka.
Pernah suatu kali lewat … sepertinya asyikkk tempatnya.

Setelah semuanya dipersiapkan … barang barang yang mesti dibawa …. ehhh tapi yang mesti dibawa kalau mau piknik beneran banyak banget ya …. mesti dikurangin … banyak … ya sudah ngopi aja ahhh.

Minggu pagi sedikit mendung … sepeda berangkat melalui Kalimalang, Pondok Gede dan menunggu sejenak di Cibubur … si om datang dan perjalanan berlanjut.

Menyusuri Leuwinanggung … melewati tapal batas Bekasi dan masuk ke Kabupaten Bogor, melalui Tapos Cimanggis dan muncul di jalan Raya Bogor. Gowes santai landai menanjak dan sampailah di sisi luar Kebun Raya Bogor … sekitar jam 9.30-an. Duduk sejenak di trotoar … minum dan makan camilan. Tapi koq sepi ya … tidak seperti biasanya, tidak banyak orang lalu lalang …. ohhh ternyata ada pembatasan pergerakan …. apa namanya … ppkm mikro istilahnya. Beberapa aera disekitaran kebun raya ini ditutup atau dilarang melintas, akibatnya … orang yang datang benar benar sangat berkurang jauh … efektif juga ya …

Beres rehat sebentar, kita melanjutkan pergowesan dengan memutari 1/4 Kebun Raya … melintas Taman Topi, Stasiun KA Bogor, masuk ke gang yang padat penduduknya … berkelok kelok disana … dan muncullah di jalan Raya Ciomas.

Jala Raya Ciomas ini ternyata padat dan ramai … tidak tahu mengapa … apa karena masih tanggal muda atau bagaimana ..

Tidak lama menggowes di jalan Raya Ciomas, kita berbelok masuk ke jalan yang lebih kecil yang kanan kirinya masih padat rumah rumah. Jalanan terus menanjak … tidak ekstrem … tapi terus menanjak.

Disalah satu area ada hajatan pernikahan ditengah jalan … rute dialihkan masuk gang .. muter muter dulu dan kembali masuk ke jalan raya … kalau sepeda atau motor sih enak bisa masuk gang … kalau mobil .. kasihan mesti muter jauhhh.

Rumah rumah yang semula padat berisi di sisi jalan sudah mulai berkurang, bangunan rumah agak jarang jarang …. kanan kiri lahan hijau .. kebun kebun. Dan kemudian jalanan menurun berbelok ke bawah dan tepat di belokan bawah ada lahan hijau terbuka … terlihat berbeda … tidak ada papan petunjuk sama sekali … tapi inilah Swargiloka, atau disebut juga Swargiloka Waterland … yeayyyy.

Masuk kedalam area … seperti masuk ke pekarangan rumah yang luas … dan berhenti di portal, penjaga buka portal … katanya “ sekarang bayar tiketnya di atas pak “ … ohhh gitu … saya sih hanya mangguk mangguk …
Sepeda di gowes kearah atas melewati area parkir motor dan mobil. Dari sini area Swargiloka sudah terlihat suasananya …. indah … ada lereng hijau dengan batu batuan … aliran sungai berundak undak … kolam renang.

area Swargiloka dengan sungai mengalir

Sepeda terus digowes … kalau motor mobil tidak bisa lanjut harus parkir di parkiran. Sampai di loket …. ditanya sama penjaga loket “ mau ke atas ke Pohon Cemara atau masuk ke sini Swargiloka “ … Yang disebut Pohon Cemara terlihat agak ke atas, tidak jauh …. disana terlihat ada bangunan kantin … bingung deh kita … untung ada sepeda jadi bisa pegangan … ngobrol dengan penjaga loket … …. dulu satu kawasan ini Swargiloka cukup bayar satu tiket di bawah di pintu masuk. Sekarang sudah dipecah dua bagian “ Pohon Cemara “dan “ Swargiloka “ … yang punya masih saudaraan …

Bagi konsumen sih .. enak bayar sekali aja ya …. penasaran ingin lihat area atas … sepeda menyebrangi sungai yang menyebrang … bingung kan …

Bayar diloket atas 15 ribu perorang, dan sepeda lanjut ke atas. Paling semenitan sepeda sudah sampai diatas … disini ada kolam renang juga … tapi sepertinya khusus untuk bocil … anak anak. Ada tempat duduk duduk dan juga kantin.

kolam renang di area ” Pohon Cemara “

Pepohonannya belum tinggi dan masih jarang … jam 11-an … matahari cukup terik bersinar … pandangan berkeliling mencari tempat ngopi yang asyikkk dan adem.. tapi tidak ada diarea sekitaran sini ….

Yang terlihat adem adalah area Swargiloka yang ada dibawah … tapi kita tidak bisa langsung masuk ke area Swargiloka … karena dipagari besi kawat berduri … kalau anak2 kecil sih .. ada yang ngolong kebawah pagar … berpindah dari Pohon Cemara ke Swargiloka .. mereka berpindah spot kolam renang.

area kolam renang Swargiloka

Kita kesini niatnya mau piknik ehh ngopi outdoor …. Di area Swargiloka lebih menggoda … ya kita pergi kesana … bayar lagi tiket 15 ribu perorang …. hmmmm

Area Swargiloka ini lebih menarik … lebih indah … banyak spot kece untuk foto foto …. aliran sungai berbatu batu dan berundak undak ini menjadi background foto yang sangat unik menarik.

Kita memilih spot di bawah pohon adem di lereng berbatu batu. Sepeda didorong sampai keatas, buka dan mempersiapkan perlengkapan lenongnya. Kali ini kita akan buat kopi susu … Vietnam drip.
Setelah tetek bengek dipersiapkan, giling biji kopi dan bla bla bla … finally kopi susu tersaji ….

“ wah … enak banget kopi ni …. “ si om senang banget

Apalagi kita ngopi piknik …. sambil cemal cemil … menikmati suasana sekitar yang hijau hijau … wah mantap banget. Tak terasa hampir sejam-an kita disini … duduk duduk … ngopi ngopi .. ngobrol ngobrol .. nyemil nyemil snack

Tak jauh dari kita juga ada beberapa keluarga yang piknik … menggelar makanan di rumput ,,,, asyikkk …. senang banget melihatnya … simple life … hanya bawa makanan dan gelar tikar di rumput makan bersama …. mereka bahagia .. saya juga turut berbahagia … happiness is contagious

Anak anak kecil juga hepi …. berenang dikolam.. Tempat ini tidak terlalu ramai, sepertinya yang datang kesini umumnya bukan warga jauh … tapi hanya dari sekitaran sini saja, soalnya beberapa datang berjalan kaki. Sepertinya tempat ini kurang begitu popular …. Padahal tempat ini sangat potensial, tempat, kontur alam dan situasinya sudah oke. Tinggal dikemas sedikit lagi dan promosi lebih banyak … bakalan lebih ramai yang datang kesini.

Disini juga sepertinya ada gedung atau bangunan yang dapat disewa jika ingin mengadakan kegiatan ramai ramai atau komunitas …. toiletnya bersih dan airnya berlimpah … musholla juga nyaman.

“ Mas dari mana ? koq tahu tempat ini “ ada bapak yang bertanya kepada kita …. Dia heran ada orang jauh dari Jakarta tahu tempat ini. Kita juga tahu tempat ini tidak sengaja … waktu bermain kearah curug Sukaharja dan melewati tempat ini ….Terlihat adem dan nyaman … makanya sekarang datang kesini membuktikan dan memang benar.

Karena sudah jam 12-an … lapar … tidak bawa makanan piknik, maka kita beranjak pergi berniat mencari makan didaerah kota Bogor sambil pulang.

Swargiloka Waterland / Pohon Cemara
Tiket Masuk Rp. 15.000,-
Jl. Ciapus Kompas, Sukajaya, Kec. Tamansari, Bogor
Koordinat googlemaps -6.62098, 106.74151

Minggu 7 Maret 2021

17 komentar di “Spot Oke untuk Piknik Asyik — Swargiloka

  1. Tempat-tempat yang dikunjungi asik-asik nih, bisa jadi referensi. Ada account di strava mas? Biar bisa nyontek rutenya.
    Makasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s