Bermain main ke Jonggol – Wonjo dan Goa Kelong

Kabarnya di area Jonggol ada destinasi baru …. destinasi yang dikemas dengan nuansa pertanian.

Wah cucok nih … saya lagi kepengen piknik di kebon.

H-1 menyiapkan logistik, dan supaya seru … saya buat rute baru menuju kesana …. tidak melalui jalan utama tapi melalui suatu bukit, daerahnya masih hijau dan rumah2nya masih jarang.
Melihat daerah yang baru pasti lebih seru.

Jam 6.30-an lebih sepeda berangkat dengan membawa tas besar di bagian depan sepeda … membawa perbekalan piknik … rencananya mau piknik di kebon.
Berangkat melalui Kalimalang, Grand Galaxy, Kemang Pratama, Narogong dan sampailah di tikum Metland Cileungsi.

Ternyata tiba lebih cepat dari jadwal janjian …. menanti sekitar 15 menitan dan si om akhirnya muncul.
Ngobrol ngobrol sejenak sambil menyampaikan destinasi yang dituju tapi melalui rute yang tidak biasa, yang belum pernah dilalui … melihat suasana yang berbeda.
Dengan rute ini …. secara jarak lebih pendek tapi waktu tempuh akan lebih lama karena akan melalui bukit … kemungkinan akan melalui jalan jelek dan jalan setapak.
” Ok tidak masalah … ayokkk ” kata si om … easy going … cocok untuk diajak apruk aprukan.

Lanjut …. melewati Taman Buah Mekarsari .. pit stop sebentar di minimarket menambah amunisi dan ketika baru jalan lagi beberapa goweser Fedtriot ngebut menyalip …. dan kita ngikutin dibelakang ketarik, kabarnya ini adalah rombongan depan yang lain masih dibelakang, mereka akan mengarah ke arah curug Ciherang kalau tidak salah …. beriringan sebentar dan kita belok kanan masuk jalanan kampung, bolak belok melalui kampung kampung dan kemudian berbelok masuk jalanan tanah yang membelah pesawahan yang menghijau.
Pesawahan hijau membentang luas membuat hati selalu bahagia dan damai.
Dikejauhan adalah bukit … bukit Singasari, kita berdua pernah kluyuran kesana, perbukitan yang rimbun … kombinasi semak belukar dan sedikit kebun penduduk … bukit yang sepi dan banyak jalan yang tidak jelas disana. Tapi kali ini kita akan mengambil jalan berbeda … memutari bukit.

Sepeda sampai di kaki bukit, disini terdapat kampung kecil hanya ada sedikit rumah … rumah khas kampung yang rata rata memiliki halaman yang luas.
Melewati kampung ini dan sampailah di area kosong blong …. padang rumput luas …. dikejauhan ada dua blok perumahan … perumahan kecil sederhana.

Yang satu masih proses pembangunan dan satu lagi sudah jadi …. kebayang ya tinggal di lokasi ini …. lokasi yang solitaire dan remote … memang ada akses lain untuk menuju kesana .. tapi tidak mudah juga.

Kita gowes dijalanan tanah memutari bukit dan sampailah di gerbang area lahan penelitian pertanian IPB …. wah koq IPB di daerah ini …. ” ya inikan masih Bogor ” kata si om … ehhh iya iya sambil garuk garuk kepala, Jonggol adalah bagian dari kabupaten Bogor.

Tak jauh dari gerbang ini kita sampai di perkebunan sawit, kita gowes di area luarnya dan mulai menanjak dan semakin menanjak …. menuju ke atas bukit.
Bukit ini adalah area yang tandus dengan jalan tanah …. dimusim hujan pasti akan sulit sekali melewati jalan ini. Di kejauhan terlihat ada sawah terasiring. Masih ada sedikit tersisa pesawahan didaerah ini.
Ketika berada di daerah antah berantah panas gersang ini … kita putuskan rehat disebuah saung, sepertinya saung penggembala sapi … didaerah padang rumput ini lumayan banyak sapi dan dibiarkan begitu saja. ” Seharusnya jam 10 ini kita sudah sampai jika lewat jalan biasa ” kata saya sambil memandang jauh …. ” tidak masalah …. lewat sini kita jadi lihat tempat tempat baru ” kata si om.
Asyiknya jalan sama si om … tidak pernah mengeluh … meskipun perjalanan sulit dan tidak jelas.
Setelah rehat kita meneruskan perjalanan .. gowes terus menanjak dan sampailah di area perkampungan … seperti perkampungan sebelumnya … disinipun ada rumah khas perkampungan … halaman yang luas dan masih banyak rumah rumah panggung kayu …. benar benar serasa jauh dari Jakarta. Area kampung ini teduh …. rimbun oleh pepohonan besar. Jalanan berubah menjadi jalan semen, terus saja menanjak dan sampailah di jalan aspal, jalan utama kampung.

Jika ke kanan akan menuju pemandian alam mata air Sodong dan ke kiri ke arah Jonggol Garden. Mengikuti GPS kita belok kiri menuju Jonggol Garden … jalanan terus menanjak dan menanjak … pokoknya bikin ngos ngos-an …. sampailah kita di pertigaan, kita belok kanan dan jalanan sedikit menurun, melewati spot destinasi wisata selfie Jonggol Garden, sudah lumayan ada beberapa mobil parkir, kalau motor lebih banyak yang parkir.
Untuk yang senang selfie mania cocoklah kesini … banyak spot selfie dengan background lembah hijau terbentang luas.

Kita tidak berhenti, lewat saja … jalanan semakin menurun dan sampailah di bawah dan mulai menanjak kembali … terakhir lewat sini 3 tahun lalu, saat itu jalanan masih berbatu batu, sekarang sudah mulus cor-an semen.

di area goa Ciwadon

Tak jauh menanjak sampai di destinasi goa Ciwadon …. sepi tidak ada wisatawan disini, sekarang di sekitar area goa ini sudah dibuatkan beberapa spot selfie … tapi mungkin kurang promosi sehingga wisatawan yang ke Jonggol Garden tidak sampai kesini.

Melewati area goa Ciwadon kita sampai di lereng dengan pemandangan lembah hijau terbentang … wowww … beda banget sekarang suasananya …. sudah banyak warung warung berjejer … dan beberapa area sedang dipersiapkan untuk menjadi sesuatu. Dulu ketika wara wiri kedaerah sini …
heran …. tempat sekeren ini tidak ada yang menggarapnya menjadi destinasi wisata …. ternyata hanya butuh waktu … sekarang sudah terjadi.

di puncak Jonggol sudah mulai ada warung warung

Mengingatkan area Punclut di Bandung …. tapi disini jauh lebih keren … pemandangan alamnya lebih keren …. bentangan lembah yang hijau.
Suasananya belum ramai … meskipun ada beberapa warung tapi masih sepi.
Sepertinya hanya tinggal nunggu waktu saja …. nanti akan muncul cafe cafe bahkan villa villa disini.

Dan saat ini sudah ada Wonjo — Wonderful Jonggol, kebun bunga dan pertanian yang dikemas jadi tempat wisata. Tapi lho koq .. tutup …. ngga jadi dong mau piknik di kebon …. kabarnya sedang ada pembenahan.

Wonjo – Wonderful Jonggol yang sedang tutup karena ada pembenahan

dibalik sepeda adalah area Wonjo

Ngobrol dengan warga sekitar … area disini umumnya milik perhutani, jadi pihak swasta bisa bekerja sama dengan perhutani memanfaatkan lahan, sedangkan area yang ke atas lagi masih banyak yang milik pribadi orang kota dan bahkan beberapa sudah milik perusahaan … katanya, walahhh … telat dong saya mau beli …. hehehe.

Kita stop dibeberapa spot kece …. foto foto dengan background alam yang indah … jika di area goa Ciwadon landscapenya memiliki keunikan sendiri …. bebatuan … rock garden.

Memperhatikan area disini … dikejauhan di lembah seperti ada track sepeda … memasuki hutan hutan di lembah dan menaiki bukit bukit yang masih rimbun dan hijau.
Cocok untuk anak anak mtb bermain offroad kesini.

Track yang bisa digunakan offroad sepeda

Jalan ini jika diteruskan akan menuju ke Desa Cioray dan lanjut tembus ke arah Sukamakmur Bogor.
Berhubung sudah sampai disini … kita melanjutkan sedikit perjalan ke arah atas, ke desa terdekat mengenang memory ketika berjuang menembus melalui hutan dan muncul di desa tersebut serta lanjut ke curug Cimapag di tahun 2017.

Jalannya tidak semuanya cor-an semen … sebagian masih berbatu batu dan mendekat ke kampung menjadi cor-an semen kembali. Ketika sampai disisi kampung, ada pemuda kampung sedang membuat gapura dan disebelahnya ada jalan tanah menurun kebawah dengan papan petunjuk ” Goa Kelong “

Ya katanya ini baru dibuka, dipersiapkan oleh pemuda desa untuk menjadi destinasi wisata. Masih sedang bebenah, kita masuk kesana … tiketnya bayar Rp. 5.000 perorang.
Menurun kebawah sekitar 50 meteran sampailah di mulut gua, posisinya ada di tebing batu kapur. Tidak ada siapa siapa selain kita disini. Suasananya teduh …. dinaungi rimbun pepohonan.

di depan goa Kelong


Mulut guanya lebar … gua vertical, gua ini tidak dalam dan buntu, kata pemuda yang mengantar ke lokasi, kemungkinan ini buntu karena tertutup oleh reruntuhan tanah yang terbawa masuk ketika hujan.
Disekitar mulut gua ini sedang dibuat beberapa fasilitas … rumah pohon, tempat tempat duduk … semua dibangun dari dana swadaya warga.

“fitur” yang disiapkan di goa Kelong

Destinasi Curug Cimapag yang ada di desa ini juga di siapkan oleh warga. Jadi disekitar area sini ada beberapa destinasi wisata ; Jonggol Garden, Goa Ciwadon, Wonjo, Curug Sedong, Curug Cimapag dan goa Kelong.
Jika dikemas dengan baik tempat ini bisa menjadi desa wisata … apalagi dengan pemandangan yang masih indah dan asri … dan lokasinya tidak jauh dari Jakarta.
Setelah melihat lihat gua … akhirnya kita rehat di area tempat duduk disini …. ditempat yang rindang … membuka perbekalan dan piknik disini.

Setelah rehat kita jalan balik pulang …. tidak melalui rute pergi tapi melewati jalan utama … jalanan aspal … terus meluncur kebawah, melalui perumahan Citra Indah dan terus pulang mengarah ke Jakarta.
Perjalanan pulang berjalan lancar dan lebih cepat kembali sampai rumah dengan selamat.


Wonjo – Wondeful Jonggol
koordinat googlemaps -6.514109, 107.008725


Goa Kelong
Tiket masuk Rp. 5.000,-
desa Cibodas, Kec. Jonggol, Bogor
Koordinat googlemaps -6.512150, 107.003433


Minggu 16 Agustus 2020

12 komentar di “Bermain main ke Jonggol – Wonjo dan Goa Kelong

  1. mantap om jonggol maning,

    tanya om, pernah gak waktu di hutan jauh kemana-meni troble dengan sepeda nya seperti ban bocor atw rante putus?

    salam sehat om, keren lah !

  2. Belum pernah ke Punclut, itu di Lembang ya mas? Wonderful Jonggol pisan lah, liat di foto aja udah senang hehe… Apalagi aslinya ada ijo2 membentang luas dan semilir angin … asoy banget mas

    • betul mas, Punclut itu di dekat Lembang, disana banyak cafe dengan view lembah ke arah Bandung.
      saya juga lIhat foto foto lembah hijau sudah senang apalagi jika melihatnya secara langsung …. seneng bangettt … 🙂

    • disatu area ini ada beberapa destinasi wisata yang menarik …. tinggal membuat program yang “terintegrasi” dan “dikemas” menarik …. pasti semakin banyak wisatawan datang ke sini 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s