Berwisata ke tempat Pengaduan — Leuwi Pangaduan Sentul

Apakah ini tempat melakukan pengaduan jika tidak ingin birokratis bertele tele … yang simple, informal, sekalian ingin outdoor dan ada sense of adventure …

Hmm mungkin juga

Atau … tempat untuk mengadu nasib … ???

Mungkin juga …

Supaya pastinya saya datang kesana saja …

Beberapa kali kluyuran di Sentul tidak pernah dengar tempat ini.
Saya baru dengar tempat ini dari om Pandoe …. teman di internet yang mengabari tempat ini.

Berangkat dari rumah hampir jam 7 pagi …
Bisa telat ke tikum Cibubur… Untung pas lewat Kalimalang ada kelompok roadbike lewat … Saya ngintil aja dibelakang … Lumayan jadi ikut ketarik. Berpisah di Pangkalan Jati, Saya mengarah ke Pondok Gede dan terus saja akhirnya tiba di tikum sesuai janji 7.40 … Si om sudah menanti disana … Katanya baru saja landing — Pesawat kali yeee.

Ngobrol ngalor ngidul sebentar … Lalu meluncur lagi via perumahan golf Podomoro Cimanggis, susuri pinggir tol Jagorawi dan muncul di sisi pintu tol Gunung Putri.

Melewati pabrik Semen Citeureup … Sentul Sirkuit dan sampailah di bundaran Love Sentul.
Selama perjalanan dari Citeureup sampai Sentul … lalu lintas lumayan ramai … mobil mobil bahkan motor ramai ramai berombongan mengarah ke Sentul.

Kita istirahat dulu sejenak … duduk duduk dirumput sambil mengeluarkan bekal …. mode piknik on.

rehat sejenak di Sentul Bawah

Tidak lama rehat … kita lanjut … melewati jalanan utama Sentul yang lebar dan menanjak.
Menanjak perlahan yang penting tetap bergerak stabil … ketemu beberapa pegowes yang juga mengarah ke atas.

Setelah Taman Budaya Sentul belok kanan mengarah ke KM Nol Bojong Koneng Sentul.
Dari sini tanjakan mulai terasa dan terus menanjak … kadang curam bikin ngos ngos-an …. kadang mendatar untuk sedikit bernapas … menanjak lagi.

Ketika disatu tanjakan yang curam berbelok … kita ambil belok kiri … jika ke kanan maka akan sampai di KM Nol sedangkan belok kiri mengarah ke Curug Cibingbin. Jalanan ini lebih dikenal sebagai akses untuk menuju Curug Cibingbin …. Pernah gowes main ke curug Cibingbin tahun 2016 , curug yang masih asri dan air yang jernih …. khas curug di daerah Sentul.

Selain menuju Curug Cibingbin … jalan ini juga bisa menjadi akses untuk menuju Curug Bidadari melalui jalan belakang.

dipertigaan menuju Leuwi Pangaduan dan Curug Cibingbin

Kita menurun terus kebawah …. meluncur terus kebawah sambil tersenyum mesem … ngebayangin baliknya mesti gowes nanjak nanti …

Melewati belokan yang mengarah ke curug Bidadari … terus saja meluncur menurun …. Melewati belokan yang menuju curug Cibingbin, terus saja ….

Jalanan berubah menjadi gang untuk pejalan kaki, melewati perumahan di kampung ini, gang semen yang menurun terus dan melewati rumah di kanan kiri. Keluar dari perkampungan masuk ke kebon sejenis ilalang mungkin ini rumput untuk pakan sapi … terus menurun terus … dan sampailah di bawah.

Disini sudah ada warung, ngobrol dengan teteh yang jagain warung, katanya belum boleh masuk ada acara yayasan di dalam. Konfirmasi dengan petugas tiket …. Ya betul belum boleh masuk.

area pintu masuk Leuwi Pangaduan

Ya sudah kita nongkrong diwarung si teteh …. Katanya destinasi ini masih baru, di buka Lebaran 2020. Dulu tempat ini … biasanya kalau malam Jumat suka ada yang mandi di leuwi … dipercaya bakal enteng jodoh … dulu disebutnya leuwi jodoh … tapi sekarang namanya Leuwi Pangaduan, karena dua aliran sungai bertemu atau beradu … aliran sungai curug Bidadari dan aliran sungai curug Cibingbin … oooo …. Saya kira untuk mengadukan permasalahan …. mengadukan permasalahan kepada alam …. ok ok ok.

Tanah sekitaran sini katanya sudah banyak dikuasai oleh perusahaan swasta, termasuk area leuwi ini … wah … pantesan tadi diperjalanan menuju sini ada beberapa lahan yang dipasangi plang menandai kepemilikan perusahaan swasta besar.

Kita makan mie … makan gorengan … minum …. duduk duduk … ngobrol ngobrol …. bengong bengong … belum juga boleh masuk …. Kapan selesainya nih …

Karena tidak jelas sampai kapan menunggunya … jadi saya hanya melihat dari sisi luar, leuwi ini ada dua atau tiga kolam bertingkat … (leuwi = bagian sungai yang dalam — bahasa sunda), dibendung oleh bebatuan … sepertinya sih tidak terlalu dalam … tapi nyaman untuk berenang renang, airnya terlihat segar dan jernih.

Selain itu juga di sisi leuwi banyak pepohonan … adem tidak terlalu panas terik. Disekitar leuwi sudah tersedia saung saung untuk rehat, warung yang menjajakan makanan minuman serta tempat bilas untuk bersih bersih jika sudah bermain main di leuwi.

Leuwi Pangaduan ini sudah ditata dan disiapkan untuk menjadi destinasi wisata, jadi pilihan tempat wisata jika bermain ke Sentul. Apalagi jika bermain ke curug Cibingbin, bisa sekalian mampir kesini karena letaknya bertetanggaan.

Menanti menanti … sudah jam 12-an … selama menunggu ini tidak ada wisatawan lain datang … hanya kita berdua. Tidak ada kepastian maupun kejelasan kapan selesainya … ya sudah kita pulang saja …. pulang sambil mencari makan siang di perjalanan menuju rumah.


Leuwi Pangaduan
Tiket Masuk Rp. 15.000
Kp. Muhara Ds. Bojong Koneng, Sentul, Kab. Bogor
Koordinat googlemaps -6.602307, 106.908344


Minggu 2 Agustus 2020

9 komentar di “Berwisata ke tempat Pengaduan — Leuwi Pangaduan Sentul

    • Tempatnya memang asyik untuk berleha leha sambil ngopi …. mudah2-an ide mas Sitam di dengar oleh pengelola destinasi ini … dan dibuat kedai kopi disini .. pasti jadi daya tarik tersendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s