Menikmati Pantai Baru Jakarta — Pantai Maju

Slide7Wah …. ada pulau baru
Pulau new arrival

Pulau baru di Jakarta
Namanya Pulau Maju

Mumpung masih new arrival … siapa tahu ada promo promo menarik .. hehehe

Matahari sudah bersinar terang, ketika pintu pagar rumah terbuka … jam 7 pagi kurang sedikit. Sepeda melaju ke arah jalan raya … melalui Kalimalang dan berbelok ke area CFD Radin Inten …. Cukup ramai dengan orang yang bersepeda dan berjalan jalan …. dan tempat teramai adalah di di area jembatan BKT … menjadi tempat favorit untuk ngumpul dan sekedar duduk duduk saja.

Ban sepeda berbelok ke jalan Casablanca …. Terus saja dan sampailah di terminal Kampung Melayu … yang lengang … lewat Matraman, Salemba, Senen … Tugu Tani, Gambir, Monas …. Stop dulu di sisi luar pintu Monas.

Dari sepanjang perjalanan ketemu banyak kelompok pegowes … dan dipintu sisi Monas ini … banyak pegowes yang foto foto …. Saya juga dong ikutan ….

Lanjut kembali melewati Istana Negara … Gajahmada … ternyata sebagian jalan Gajahmada dibuat area CFD. Stop sebentar ke minimarket untuk membeli minuman … diluar minimarket ada pos jaga satpol pp dan pada saat itu ada dua yang kena “tilang” … cowo abg dan pria dewasa tidak mengenakan masker.
Pelajaran … buat kita semua untuk selalu mengenakan masker.

Perjalanan sampai di Glodok … dibawah jembatan toko Glodok, sepeda belok kiri dan tembus ke Asemka … dipagi hari jam 8-an … sudah lumayan ramai oleh para pembeli …

Terus sepeda bergerak … tidak tahu nama daerahnya …. baru kali ini juga saya sepedahan ke daerah ini … dan ketika di satu daerah saya baca papan nama … Pluit … ohh sudah sampai daerah Pluit toh.

Bolak belok … masuk area perumahan perumahan lama … masuk area komersil … ruko ruko … dan .. sampailah di gedung besar tinggi …. Mall … Emporium Pluit Mall. Dari sini tidak jauh lagi …. Bolak belok dulu kemudian naik jembatan dan … sampailah di area Pantai Indah Kapuk alias PIK.

Seumur umur … baru kali ini saya ke daerah PIK …. Jadi ini adalah pertama kalinya …. Serasa gimana gitu .. hehehe

Melewati area komersial .. ruko ruko .. berisi tempat berbagai aneka kuliner dan toko toko yang menjual berbagai macam produk dan jasa … Gedung gedung besar juga … perkantoran .. rumah sakit … melewati pintu masuk cluster cluster perumahan …. Pengen nyoba masuk kesana … melihat rumah rumah mewah disana … yang katanya wahhh … tapi di pintu gerbangnya dijagain satpam …. Nanti kalau ditanya mau apa … jawabnya apa dong … mau sesepedahan …

Sudah saya ikutin jalan rayanya saja … tidak akan ada yang nyetop nyetop …. dan nanya nanya. Ketemu banyak kelompok gowes … ada yang berlawan arah maupun searah …. Sepertinya mereka juga menuju arah yang sama dengan saya.

Ketika menyusuri suatu jalan … disisi kiri ruko ruko berjejer dan disisi kanan memanjang area hijau … rawa yang dipenuhi tanaman … dan ketika melewati suatu gerbang disana tertulis Suaka Marga Satwa Muara Angke Jalur Destinasi wisata pesisir …. Ohh ini dia toh tempatnya. Kabarnya di suaka itu ada berbagai aneka unggas dan juga ada monyet. Tapi saat ini tidak buka … gerbangnya ditutup oleh seng.

Tak jauh dari sana sepeda berbelok ke satu jalan yang lebar dan besar …. sepeda berhenti di depan gedung besar megah dengan arsitektur cina …. Terpampang di bagian atas gedung tulisan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, gedungnya besar sekali … karena disini juga ada berbagai tingkatan sekolah.
Slide1
Tak jauh dari sini …. Sudah terlihat jembatan dengan ornamen melengkung …. Itulah jembatan untuk menuju pulau Maju. Sepeda melintasi jembatan yang lebar …. Dan sampailah di ujung seberang di pulau Maju. Horeeee …. Jarak tempuh 40 km-an untuk sampai kesini …. Sama dengan jarak tempuh ke Bogor … hahaha .. tapi karena melewati terus rumah rumah, toko toko, gedung gedung … tidak terasa begitu jauh.
Pulau Maju ini adalah pulau reklamasi D, yang sempat disegel diberhentikan, lalu dilanjutkan kembali. Luas pulau sekitar 312 ha, yang akan ada area komersil, perumahan, lap golf dll.

Setelah melewati jembatan saya melintasi area ruko yang luas dan saat ini dijadikan sebagai area kuliner … area food street, kabarnya sih kalau sore sampai malam banyak yang datang kulineran ditempat ini.

Selepas area food street adalah ruko thematic bergaya china town dan area perumahan, tapi masih dalam proses pembangunan, sepertinya rumah rumah yang jadipun belum ada yang ditinggali.

Sampai di bundaran saya berbelok kiri mengarah ke jembatan yang akan menuju pulau PIK 2 atau pulau C.
Tapi ternyata akses untuk melintasi jembatan tersebut harus mendapatkan izin. Hmmm izin dari pak eR Te saya laku ngga ya disini ….. #$%@&

Saya mendekat dan perhatikan …. Ada beberapa sepeda yang diperbolehkan lewat oleh security tapi ada juga yang tidak boleh karena tidak ada izin ….
Ngurus izin-nya dimana sihhhh …. Ahhh sudahlah …. Males ngurusin birokrasi …. Saya melipir saja ke sisi ke bawah jembatan yang menuju PIK 2.

Jadi sepanjang sisi pulau dibuat tanggul yang tinggi, diatas tanggul ini ada jalan yang melingkari pulau, bisa untuk jalan kaki atau sesepahan. Saat saya datang ini, jalan melingkar sisi pulau belum menyambung jadi satu, masih ada sebagian dalam pengerjaan.

Slide2

Jembatan ke PIK 2

Dulu sebelum saya kesini …. Saya pikir sisi pantainya adalah pantai berpasir putih …. kan pulau mewah … bayangan saya seperti foto foto pulau reklamasi di Dubai. Tapi ternyata bukan pasir … apalagi pasir putih …. Hanya batu bebatuan mengelilingi seluruh pulau ini.

Pulau PIK 2 diseberang sepertinya masih kosong melompong …. kalau saya melihatnya dari sisi seberang ini tidak terlihat ada bangunan, tidak tahu kalau di tengahnya bagaimana.

Banyak yang bersepeda di pulau ini …. Dari keluarga, sampai rombongan komunitas …. Banyak yang gowes langsung dan banyak juga yang datang kesini di loading pakai mobil …

Saya bergerak ke sisi pantai lainnya …. ke arah Timur, melewati komplek komersial yang sedang dibangun …. Cluster cluster perumahan yang juga sedang dibangun. Jalanan di sebelah sini sepi … tidak seperti yang kearah jembatan PIK2. Dan sampailah saya di ujung sisi pulaunya …. Untuk naik ke tanggul sebelah sini harus di thermo gun dulu …. Area penjagaan di daerah sini lebih ketat dibanding sisi pantai yang pertama saya kunjungi. Area disini tidak seramai yang tadi, mungkin karena lokasinya agak jauh.
Slide3
Area di sisi pantai sebelah ini adalah cluster cluster perumahan …. sebagian rumahnya sedang dibangun dan ada beberapa yang sudah jadi …. Wah kebayang ya … berapa harga rumah disini …. Yang ukuran terkecil saja kemungkinan harganya sudah M.
Slide4
Dari sisi pantai ini bisa melihat kearah pantai Mutiara di kejauhan, saya pernah gowes ke pantai Mutiara … disana benar benar area rumah wah …. Rumah rumah yang halaman belakangnya adalah kanal kanal sungai … dihalaman belakang terparkir boat atau kapal yacht … gileee ….
Slide5
Setelah mengamati di daerah sini, saya gowes menyusuri jalan di atas dam ini, memutar kearah kanan, makin ke kanan makin sepi …. Apalagi saat ini jam 9-an …. Panasnya makin terasa.

Makin ke kanan … ternyata area pantai Maju ini bersisian dengan area Suaka Marga Satwa Muara Angke. Area hijau …. Banyak ditumbuhi berbagai tanaman. Cukup lama saya berada di area ini …. Menikmati suasana berbeda …. Masih mendengar suara suara burung …. Bahkan 2 jenis burung bangau yang terbang dengan santai dan indahnya.
Slide9

Slide10

pantai Maju bersebelahan dengan Suaka Marga Satwa Muara Angke

Ketika mengamati suasana laut di area suaka margasawatwa …. Tiba tiba ada yang bergerak mendatar perlahan …. Seperti batang kayu …. Tapi bukan … memanjang …. Apa itu …. ???
Kalau buaya darat saya tahu …. Apakah itu … buaya, ular atau biawak … atau ….

Slide8

Jembatan ke Pulau Maju

Ketika sibuk memperhatikan … fokus saya buyar …. ada 2 security bersepeda menghampiri, meminta saya untuk segera keluar dari area ini …. Katanya area sudah ditutup untuk umum, sudah jam 10. Kalau area sebelah barat yang bersisian dengan pulau PIK 2 masih dibuka. Ooo … sepertinya area yang ditutup adalah area yang bersisian dengan cluster2 perumahan …. Sedangkan pantai yang bersisian dengan area komersil tetap dibuka.

Ya sudah …. Saya lupakan sibuaya tadi … saya gowes melanjutkan menyusuri jalur ini kearah barat …. Melewati kolong jembatan melengkung mengarah kearah jembatan PIK 2, ke arah pertama kali saya sampai di tepi pantai.
Slide11
Slide12Ya memang di area ini … sisi sisinya berjejer ruko ruko …. hanya baru sebagian yang buka …. Tapi di area ini berjejer mobil makanan termasuk food truck …. Tinggal pilih pilih saja mana yang suka.

Rehat sejenak disisi sebelah sini … sekalian berteduh dari sengatan matahari.

Kemudian perjalanan dilanjutkan … sudah jam 11-an lewat …. Diiringi sinar matahari yang sangat terik … gowes pulang dan sampai dengan rumah jam 13 lewat beberapa menit.


Pantai Maju
Tiket Masuk Gratis
Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Koordinat googlemaps -6.091525, 106.744224


Minggu 26 Juli 2020


13 komentar di “Menikmati Pantai Baru Jakarta — Pantai Maju

  1. Ini yang sempat viral di twitter ya mas, yg pesepeda masuk PIK dimintain paspor wkwkw…
    baru tau kalo pulau C dan D dinamai pulau Maju dan PIK 2 🙂
    semoga tetap lestari suaka margasatwa satu2nya di DKI ini, sayang kalo smp ilang

    • ya ini sempat viral …. hehe, pulau D kayaknya nama sementaranya PIK 2, tidak kalau pulau imi sudah jadi betulan apa namanya.
      Sepertinya sih Suaka Marga Satwa ini tetap dijaga — mudah2-an — luasnya kecil, sudah terhimpit oleh proyek2 property raksasa disekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s