Kluyuran Klapanunggal – Bukit Parahyangan Indah dan Gua Bajing

Lagi Klapanunggal

Ya…ke Klapanunggal lagi …
Banyak spot menarik disana untuk dijelajahi.

Sekalian bikin hattrick, tiga minggu berturut turut kluyuran ke area gunung kapur ini.

Jam belum menunjukkan jam 7 pagi… ban sepeda sudah menggelinding di Kalimalang mengarah menuju Bekasi.

Ketemu beberapa qoweser … krang kring .. berbelok ke Grand Galaxy lanjut ke Kemang Pratama muncul di Narogong …. Lurus saja jangan belok belok … Sampailah di bawah jembayan fly over Cileungsi.

Jam 8 kurang …

Menanti sejenak … celingak celinguk ..
Si om muncul, cengengesan dulu sebentar … Dan meluncur … Mengarah ke Citeureup.

Di pasar Meong … ya miauw .. meong kucing … Kita belok, masuk gang tanah … gang kecil … Melewati jalanan kecil membelah sebidang pesawahan luas tersisa…. dikelilingi rumah rumah disisinya.

Masuk lagi jalanan utama desa … Bolak belok bolak belok, dan … di depan terlitat bentangan gunung Kapur Klapanunggal, jalanan berubah hancur … berbatu batu … ketemu qoweser2 yang wara wiri di daerah sini.

Kita gowes di jalan tanah berdebu lingkar luar gunung … di sebelah kanan gunung menjulang, tebing tebing terbentang, galian galian kapur berserakan … di sebelah kiri bentangan sawah dan kebun penduduk.
Gowes melewati pemandian Alam Gua lalay yang menjadi destinsi baru … Goweser2 banyak yang mengarah kesini.

di tebing putih itu adalah Pemandian Alam Gua Lalay

Perjalanan dilanjutkan … jalanan berbatu batu berubah menjadi jalanan aspal … melewati perkampungan kecil di sisi tambang kapur dan kemudian belok kanan keluar kampung langsung menanjak berbatu batu .. kita akan menanjak menaiki lereng gunung kapur.

Kanan kiri jalan pepohonan dan semak belukar …
Terus saja menanjak ..melewati area Gua Cicurug yang kita singgahi 2 minggu yang lalu ..
Tertatih tatih sepeda menanjak di jalanan berbatu batu ini …. Handling sepeda jadi semakin menantang.
Melewati titik aman pertama area sedikit mendatar … bisa atur napas sebentar dan kemudian menanjak berbatu batu lagi. Ketika menanjak di satu spot di sisi tebing atas ada saung … Ya itulah destinasi pertama yang akan kita tuju … namanya bukit Parahyangan Indah.

Bukit Parahyangan Indah
Tetap gowes menanjak jalanan berubah menjadi tanah merah dan sampailah di akses jalan menuju bukit, jalan setapak yang mengarah ke bukit.

Sekitar 200 meteran kita tiba puncak bukit, tidak sulit untuk naik kesini … bikefriendly. Di atas sini kita bisa memandang jauh kebawah lembah. Ada saung tinggi di atas bukit ini, dari atas saung kita bisa melihat lebih luas dan jauh. Dari saung terlihat jelas sebelah timur sisi gunung Klapanunggal yang masih hijau rimbun dan lebat. Ingin sekali explore kearah sana, tidak ada jalur pasti untuk menjelajah kedalam hutan itu. Sedangkan di sisi barat adalah bentangan pesawahan yang sangat luas menghijau.

Terlihat ada sekelompok pesepeda yang sedang beriringan menanjak kearah bukit.
Saat ini …. Di area Klapanunggal ini .. jadi pemandangan yang lazim … melihat kelompok sepeda wara wiri, padahal setahun kebelakang … sangat jarang sekali ketemu pesepeda disini … syukurlah … semoga tetap bertahan dan ramai … jadi tidak kesepian kalau kluyuran di daerah ini.
Pertama kali nyepeda membelah gunung ini tahun 2014, naik dari arah Sukamakmur ke situs Batu Tapak Pasir Awi dan lanjut tembus ke pertambangan kapur yang tadi saya lewati. Gowes berdua juga sama si om ini …. Jalanan hancur … benar2 sepi … ketemu orang hanya waktu mendekat kampung …. kapok rasanya. Ehhh tapi malah datang lagi dan datang lagi kesini …. Hahaha ….

Di atas saung angin bertiup sejuk … Padahal di luar begitu panas … tapi di dalam saung ini terasa sejuk.
Kita istirahat sebentar di saung sambil ngobrol dan ngemil ngemil makanan yang dibawa.

Bukit Parahyangan Indah
Tiket Masuk Gratis
Klapanunggal, Bogor
Koordinat googlemaps -6.480532, 106.976572

Gua Bajing
Tidak terlalu lama berada disini kemudian perjalanan dilanjutkan.

Arahnya menuju ke pemandian Alam Sodong. Gowes menyusuri jalan tanah ke arah bawah … Menurun terus … Melewati area hutan bambu yang rindang Dan masuk kembali ke perkampungan, jalanan berubah menjadi beton.

Sekarang umumnya jalan2 kampung dibeton … mungkin karena adanya Dana desa.

Suasana perkampungan disini sangat nyaman … jalanannya rindang pepohonan dan bersih resik, pekarangan rumahnya terawat dengan baik.

Terus saja sepeda menurun di jalanan perkampungan rindang ini, Dan di satu pertigaan belok kiri, mengikuti GPS menuju destinasi ke Dua.

Kita mengikuti jalanan beton, kanan kiri masih ada rumah2 penduduk meskipun agak jarang jarang …

Di satu titik kita berhenti …. berdasarkan ancer2 … seharusnya diarea sinilah Gua Bajing berada …

Tapi dimana ….

Masih di area perkampungan … Masih ada rumah2 penduduk, Kita bertanya sama warga yang kebetulan ada di luar rumah.

“Ya disebelah sini yang ada temboknya “
Beliau menunjuk ke arah kebun yang ada disebelah rumahnya.

“Mana Pak …. ? ” Kita bingung …

Beliau berjalan menunjukkan posisinya ….

di sisi jalan ini gua Bajing berada

Ternyata letaknya bisa dikatakan ada di sisi jalan .. di kebun penduduk, agak terhalang oleh tanaman sayuran. Dan posisinya ada di dalam cerukan jadi tidak terlihat jelas apalagi di sekitarnya banyak tumbuhan.
Di bawah cerukan tanah ini ada 2 bagian, satu gua hanya menjorok sedikit kedalam dan buntu. Sedangkan satu lagi di tembok dan ada pintu masuk terlihat gua ini sepertinya bisa dijelajah jauh masuk kedalam. Mungkin ditembok seperti ini supaya tidak ada anak kecil kampung yang bermain masuk kedalam …. Berbahaya.
Gua ini sebenarnya potential untuk dikelola menjadi destinasi wisata. Apalagi posisinya tidak jauh dari pemandian Alam Sodong yang menjadi destinasi utama di daerah sini.

area gua di balik tembok … dalam

gua yang ada disebelah gua bertembok … pendek dan buntu

Setelah memperhatikan kesana kemari di area Gua ini, kita menuruskan perjalanan.

Balik lagi ke arah jalan masuk tadi lagi ikuti jalur menurun dan tidak lama paling sekitar 5 menitan sampailah di pemandian Alam Sodong …

Dan … Wowwww …. ramai henar … bahkan menurut saya sih ini lebih ramai dari biasanya. Heran …. Sehabis masa “lockdown” .. orang prang pada ingin keluar rumah .. rekreasi.

Tidak ada physical distancing … orang2 pada berdekatan … Bahkan jarang sekali orang yang pakai masker …. hmmm
Di warung yang biasa pesepeda rehatpun … Benar2 padat oleh goweser … sepeda parkir seperti ikan bandeng … berderet rapat …. ramai sekali.

Kita putuskan tidak berhenti disana … Meneruskan perjalanan pulang sambil mencari tempat makan.

Dan akhirnya kita jatuhkan pilihan makan disatu tempat makan yang sepi …. hanya kita berdua … tampatnya nyaman .. dan rasanya oke.

Sebenarnya belum terlalu lapar masih jam 11-an … mumpung ketemu tempat makan yang oke … apalagi diluar panas menyengat …. kita makan disini … lalu ngobrol ngobrol cukup lama.

Kemudian perjalanan pulang dilanjutkan … Melewati perkebunan sawit … Metland Cileungsi … berpisah dengan si om di Narogong Bekasi … lanjut Kalimalang … dan sampailah dirumah.