Explore Klapanunggal ; Gua Bagong, Gua Lalay, Pemandian Alam Gua Lalay dan Gua Cicurug

Batu Jempol adalah icon gunung kapur Klapanunggal

Pertama kali gowes kluyuran ke gunung ini tahun 2013 dan kemudian berkali kali blusukan di area gunung ini …. Banyak sekali tempat menarik untuk di jelajahi … dari formasi landscape gunung kapur yang unik menarik, berbagai gua — banyak sekai gua di gunung ini, dan juga ada beberapa curug.

Kabarnya ada lagi beberapa tempat menarik dan posisinya berdekatan …. Wah asyikk sekali.

Beberapa hari ini tidak hujan … saat yang tepat untuk pergi kesana, karena kalau dimusim penghujan .. jalananya akan becek parah. Dan kalau sedang puncak puncaknya musim kemarau …. debunya akan gila gilaan …

Minggu pagi sudah bersiap siap … tidak lupa pakai sunblock karena akan berpanas panasan ria.
Tidak lama ban sepeda sudah menggelinding di Kalimalang, ketemu banyak goweser … dari yang sendirian, yang berduan, yang keluarga, rombongan dewasa sampai rombongan anak pantaran es em a … ketemu kelompok kelompok sepeda hampir terus sepanjang perjalanan …. Yang searah maupun yang berlawanan arah …. Terbukti memang sejak masa pandemic yang sepedahan makin banyak.

Ban terus saja berputar melalui perumahan Galaxy tembus ke Kemang Pratama, lanjut ke Narogong yang selalu semriwing aroma sepet asem ketika truk truk pengangkut sampah menuju TPA Bantargebang lewat ….. dan sampailah di tikum … dibawah Flyover Cileungsi.

Si om sudah menanti. Haha hihi sejenak …. makan camilan … ngobrol ngobrol lagi … lalu saya memberi paparan arah pergowesan … si om hanya manggut manggut saja sambil makan …. Ya sudah .. tidak ada keberatan sama sekali … kita lanjut.

Gowes santai berdua mengarah menuju CIteureup … kadang sambil ngobrol .. kadang hanya diem dieman. Di satu titik .. masih jauh dari Citeureup kita belok kiri mengarah ke Gunung Klapanunggal

Suasana makin gersang … dikejauhan terlihat bentangan gunung kapur Klapanunggal.
Gunung kapur ini adalah sumber bahan baku untuk pabrik semen di Citeureup. Dari sini selain bisa melihat bentangan gunung Kapur juga terlihat bentangan pabrik semen di kejauhan.

Ban sepeda berputar dari jalan coran yang bagus lalu berbelok mengarah ke sisi gunung melalui jalanan berbatu batu yang hancur.

tipikal jalanan berbatu di area gunung kapur Klapanunggal

Terus saja sepeda ajrut ajrutan …. Naik sepeda rigid dijalan berbatu ini memang asyikkk .. haha

Disatu titik saya berhenti sejenak karena akan berbelok kanan masuk ke jalan setapak, menanti si om.
Si om bener bener menikmati gowes di jalan hancur ini … digowes dengan santainya.

GUA BAGONG
Destinasi pertama adalah gua dan menurut ancer ancer .. posisi gua-nya tidak jauh dari jalan. Kita masuk jalan setapak … ya betul sekitar 50 meteran kita sampai di gua. Disana terparkir beberapa motor.

Area Gua Bagong

Digua ternyata ada yang ngecamp, mereka adalah pecinta alam dan sekaligus berlatih panjat tebing disini. Ada yang menyebutnya ini sebagai panjat tebing lembah Kikoja.
Posisi gua ini ada dibawah tebing batu. Ngobrol ngobrol dengan mereka ternyata memang area ini sering digunakan untuk camping. Selain camping di sisi gua, bisa juga di balik bukit atau di atas bukit. Saya coba jelajah kesana sini memang ada lokasi untuk camping. Di balik bukit ada yang sedang camping sedangkan di atas bukit .. tidak ada yang camping … tapi memang terlihat biasa digunakan untuk camping.

PIntu masuk gua pipih memanjang …. Tidak tahu seberapa dalam gua ini.

Berdasarkan info dari pecinta alam nama gua ini adalah gua Bagong … mungkin dulunya adalah sarang babi hutan – bagong dalam Bahasa sunda adalah babi hutan.

Gua Bagong
Tiket Masuk Gratis
Klapanunggal, Bogor
Koordinat googlemaps -6.459756, 106.950207

GUA LALAY
Destinasi kedua adalah gua terpopuler disini dan sekaligus gua terbesar di gunung Klapanunggal, Namanya gua Lalay – lalay = kelelawar dalam bahasa Sunda.

Pertama kali ke gua ini tahun 2013, saat itu area ini masih sepi … yang ada hanya ketemu para pekerja gunung kapur dan petani. Sengaja saya mampir lagi ke gua ini karena searah dan hanya sedikit saja melipir dari jalur. Penasaran melihat situasi dan kondisinya saat ini.

Bolong besar dan tembus itu adalah gua Lalay

Kondisinya saat ini sudah beda …. Sudah banyak area lapang atau bahkan menjadi kubangan air …. Bukit bukit batunya semakin menyusut.

Di area gua terlihat lumayan banyak ada orang …. Yang datang menggunakan motor dan juga pesepeda.

pintu depan gua Lalay

Kembali saya masuk ke dalam gua yang tinggi dan lebar …. Ada beberapa kelompok anak muda yang bermain kesini. Bahkan didalam gua sedang ada photosession … mungkin untuk prewed … #SokTahu.

di kejauhan adalah pintu belakang gua Lalay

Gua ini tembus sampai ke belakang, panjang gua ini sekitar 50 meter. Dibelakang gua ada sedikit kecil pesawahan tersisa. Waktu pertama kesini … memang masih ada beberapa area sawah … tapi saat ini sepertinya hanya ini sawah tersisa yang masih ada.

Gua Lalay
Tiket masuk gratis
Klapanunggal Bogor
Koordinat googlemaps -6.463348, 106.953838


Kembali sepeda bergerak melanjutkan perjalanan … tapi sambil gowes mengarah menuju ke destinasi berikutnya kita sengaja melipir lipir dulu ke beberapa tempat …. Melihat gunung batu yang seperti tabletop mountain …. Apakah ini Tabletop mountain yang terkenal itu …. Halahhh.
Disini kita menyaksikan orang yang menanam dinamit dan meledakkan bebatuan … wah seru juga melihatnya …

Naik ke suatu bukit dan ternyata di tengah bukit tersebut bolong besar seperti kawah ….. saya kita akan terus berbukit bukit …. Ternyata jika melihat bukit disini belum tentu itu adalah bukit yang “padat” bisa saja depannya bukit terjal membentang tapi ditengahnya kopong.

PEMANDIAN ALAM GUA LALAY
Dari atas perbukitan kita melihat di lembah yang datar dan gersang ada kolam dan orang orang … itulah destinasi berikutnya.

dibawah lembah adalah pemandian alam gua Lalay

Tidak lama kita sudah sampai kesana …. Di depan terlihat hamparan tebing yang massive menjulang tinggi dan memanjang … spektakular … dan didasar tebing ada aliran sungai yang muncul dari gua.

Tidak ada tiket masuk untuk masuk kesini … hanya kendaraan akan dikenakan tiket parkir …. Kalau sepedasih gratis.

Diparkiran lumayan banyak motor terparkir dan juga ada beberapa mobil.
Berhubung sepeda tidak boleh dibawa mendekat ke gua, jadi sepeda kita titipkan disalah satu warung. Disini sudah ada lumayan banyak warung berjejer.

Ngobrol ngobrol dengan warga yang buka warung, katanya pemandian alam ini baru dibuka sebelum puasa tahun ini. Namanya adalah gua Lalay …. Gua lalay lagi …. Ya katanya disini banyak yang namanya gua Lalay …. Hmmm … sepertinya harus dinomori 1, 2 dst … biar tidak salah kirim …. Ehhh apa sihhhh. Tapi ada juga yang menyebut tempat ini pemandian Alam Karang Mulya.

Kita mendekat ke gua …. Air keluar dari dalam gua …. Unik … Ada sungai mengalir dari dalam gua dan kemudian airnya ditampung di kolam yang besar.

Suasana panas terik … hampir tidak ada tempat untuk bernaung tapi yang datang kesini tetap ceria bermain main dengan air.

Setelah wara wiri merana merene …. Kita berangkat menuju ke destinasi berikutnya.
Tidak jauh dari sini di sisi lain gunung Klapanunggal ini ada pemandian alam yang lebih dahulu dan lebih terkenal Namanya Pemandian Alam Sodong, tempatnya lebih rindang karena dinaungi pepohonan yang besar.

Pemandian Alam Gua Lalay
Tiket masuk gratis (hanya bayar parkir kendaraan)
Klapanunggal Bogor
Koordinat googlemaps -6.470667, 106.962597

GUA CICURUG
Perjalan menuju gua Cicurug akan melewati kampung kecil yang ada di kaki gunung Klapanunggal atau tepatnya kampung yang ada di belakang pertambangan batu kapur. Dahulu jalannya masih berbatu batu hancur …. Waktu saya lewat sekarang sudah diaspal … membuat gowes menjadi lancar.

Kita ketemu satu keluarga berenam sedang gowes …. 3 masih anak kecil … meskipun terlihat lelah tapi mereka tetap semangat dan ceria, pada saat ini beberapa kali kita bertemu kelompok goweser di daerah sini …. Sesuatu yang sangat jarang terjadi, selama ini kalau gowes ke daerah sini tidak ketemu pegowes lain.

Disatu titik kita belok kanan menanjak jalan berbatu batu, kita akan benar benar memasuki kaki gunung, tapi posisi gua ini tidak sampai jauh naik keatas, posisinya masih ada di kaki gunung. Jika jalan ini diteruskan maka akan melewati situs Batu Tapak Pasir Awi dan kemudian tembus ke daerah Sukamakmur Bogor.

Sekitar 100 meteran dari belokan tadi dan jalanan masih menanjak saya berhenti …. Seharusnya posisi gua ada di dekat ini di sebelah kanan …. Tapi dimana …. Kanan kiri adalah pohon pohon serta semak belukar. Beruntung ada petani yang lewat, dan memang posisi guanya sudah sangat dekat, berdasarkan arahan beliau kita belok kanan masuk jalan tanah dan menurun lalu masuk ke area hutan bambu yang lebat dan rindang … kebetulan disana ada dua orang warga lokal yang sedang menebang bambu.

hutan bambu di area gua Cicurug

Salah satu warga tersebut mengantarkan kita sampai ke pintu gua. Berdasarkan cerita beliau … dia sering masuk kedalam gua hanya untuk sekedar berjalan jalan atau menangkap kelelawar untuk dimakan.

Di atas dimulut gua ini sudah terdengar arus air …. arus air dalam jumlah yang banyak mengalir di dalam gua.

Masuk kedalam gua harus pakai tangga atau tali karena pintu masuk gua vertical, tapi didalamnya mendatar dan langit langit guanya tinggi sehingga nyaman untuk dijelajahi. Ketinggian air kalau bukan dimusim penghujan hanya sebetis atau selutut. Si bapak pernah masuk sampai sangat jauh dalam.

Seru ya …. Kalau kita melakukan susur gua ini … tapi untuk masuk kedalam gua harus bawa perlengkapan yang memadai.

Berhubung tempatnya yang sangat teduh rindang …. Kita mager dulu disini …. Makan makan camilan … minum minum, ngobrol ngalor ngidul dan siap siap untuk pulang mengarungi tanah panas gersang … 😊

Gua Cicurug
Tiket masuk Gratis
Klapanunggal Bogor
Koordinat googlemaps -6.477315, 106.974707


Area gunung Klapanunggal ini memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Banyak sekali spot wisata unik di gunung dan disekitaran sisi gunung. Seandainya tempat ini dikemas menjadi “kampung wisata” dan dibuatkan paket paket berbagai jenis wisata termasuk disediakan penginapan di rumah warga yang dipersiapkan seperti homestay pasti bakalan menarik. Banyak kampung wisata yang sukses terutama di daerah Jogja. Hanya dibuatkan paket wisata naik VW Safari berkeliling ke sawah sawah dan mengunjungi beberapa tempat wisata sudah banyak peminatnya.

Jika dijadikan tempat big day out … event outdoor juga bakalan seru ; running, hiking, offroad, gravel race, XC dll.

Mudah2-an kedepannya tempat ini bisa dikelola dengan baik … melibatkan warga lokal mungkin bisa dalam format bumdes untuk menggerakkan dan meningkatkan perekonomian warga.
Semoga gunung ini tidak habis semuanya menjadi rata untuk dijadikan bahan pabrik semen.


Minggu 21 Juni 2020

12 komentar di “Explore Klapanunggal ; Gua Bagong, Gua Lalay, Pemandian Alam Gua Lalay dan Gua Cicurug

  1. pemakaian nama gua lalay itu banyak yach mas. rasanya aku pernah pergi dan mengenal nama gua lalay tapi ternyata yang aku pernah itu yang di sawarna wkwkwkwk..

    di area gua bagong tidak terlihat seperti area pemanjatan tebing, apa karena tidak terlihat penampakan bukitnya yach mas.

    • gua lalay yang di Sawarna lebih “mendunia” … nama gua lalay terlalu generic … umumnya kalau gua dihuni kelelawar (lalay).

      Penampakan bukitnya agak terhalang mba Adel … tapi bukitnya memang tidak tinggi … cocok untuk latihan atau pemula

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s