Camping di dalam kota Bekasi — Kalam Kopen Camping Ground

Jika ingin camping tapi tidak ingin jauh jauh dari kota Bekasi.
Ya camping di kota Bekasi saja.
Ya di dalam kota Bekasi.
Betul di dalam kota Bekasi.

Namanya Camping Ground Kalam Kopen.
Lokasinya ada di daerah Tambun Bekasi.

Di hari Minggu pagi saya pergi kesana …. Tidak akan camping …. Hanya jalan jalan saja pengen lihat camping ground Kalam Kopen.

Rutenya mudah dan gampang. Mengikuti jalan Kalimalang mengarah ke Bekasi, melewati Metmall dan sedikit melipir masuk ke area CFD Bekasi karena kalau jalan terus tidak bisa (menjadi satu arah), lanjut lagi mengikuti Kalimalang … terus saja sampai melihat jembatan khas Grand Wisata yang berada di tol Cikampek daerah Bekasi … dan sepeda belok kiri masuk ke jalan Lapangan Kobra. Tidak berapa jauh lalu belok kanan …. Nah dijalan inilah lokasi Kalam Kopen itu berada.


Jalannya tidak terlalu lebar tapi masuk dua mobil dan sepanjang jalan di kanan kirinya dipenuhi oleh rumah rumah. Dan sekitar 100 meteran dari belokan tadi, di sisi sebelah kiri ada tembok tinggi memanjang, menyusuri tembok ini dan ketemu gerbang masuk yang besar …. Ya inilah lokasi camping ground Kalam Kopen.

Sepertinya area ini bukan untuk masuk perorangan tapi sifatnya harus booking terlebih dahulu untuk rombongan. Saya minta izin sama orang disana dan diperbolehkan untuk masuk.
Pada saat saya datang lokasi ini tidak sedang ada yang menyewa.

Masuk dari gerbang langsung ke halaman parkir yang cukup luas dan disana ada Gedung kantor pengelola camping ground ini. Areanya luas dan ditumbuhi pohon pohon yang cukup tinggi. Ditengah tengahnya ada jalan masuk. Saya masuk ke dalam melewati bangunan terbuka yang sepertinya dapat dimanfaatkan sebagai aula serba guna.

Dibagian tengah lahan ini barulah area camping ground utama, lapangan rumput yang luas serta diselang selingi oleh pepohonan sehingga tidak terlalu gundul kepanasan. Dibagian sisi sisi luarnya terdapat jajaran toilet.

Berdekatan dengan area camping terdapat area untuk melakukan outbond, seperti ; panjat tali, sebrang kolam, merayap di bawah tali temali, dll …. kurang lebih sama seperti area latihan militer.

Di sekitaran lahan ini ada beberapa bangunan terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas. Saya bergerak kearah belakang … dibagian itu pepohonanannya lebih padat …. Serasa hutan mini … tapi saya tidak meneruskan sampai mentok … diarea sini nyamuknya sangat banyakkk …. ampunnn … dikerubungi terus oleh nyamuk. Saking laparnya nyamuk nyamuk tersebut bahkan tangan di goyang goyang tetap saja menempel menggigit …. Jadi sibuk mengibaskan dan menepuk nepuk nyamuk ditangan, kaki, wajah, leher …. Hadeuhhhh.

Jadi catatan …. Kalau camping jangan di musim hujan …. Selain mesti menghadapi area becek … juga mesti berjuangan melawan nyamuk.

Terlepas dari permasalahan nyamuk …. Menurut saya camping ground Kalam Kopen bisa menjadi pilihan jika ingin camping atau outbound di Bekasi, lokasinya bisa dikatakan berada di dalam kota dan sangat mudah di akses tapi suasananya seperti tidak sedang berada di dalam kota …. serasa camping di mana gitu …. serasa di hutan.

Fasilitasnyapun cukup lengkap, toilet, aula terbuka serbaguna dan berbagai wahana outbound.
Berbincang dengan pegawai disana jika ingin menggunakan maka akan dikenakan tarif perhari untuk pemakaian lahan dan dikenakan biaya masuk perorangnya.
Untuk keterangan lebih lengkap dan kontak kontak pengelola camping ground ini maka bisa kunjungi situs web Kalam Kopen camping ground.

Sepengetahuan saya tempat camping di Bekasi ada 2 …. satu lokasinya jauh dari pusat kota Bekasi yang berada di daerah Karang Kitri, Bojong Mangu, Bekasi dan satu lagi yang di dalam kota … ya ini …. Kalam Kopen.


Camping Ground Kalam Kopen
Jalan Waru Doyong No.87, Tambun Selatan, Tambun, Bekasi, Jawa Barat
Koordinat googlemaps -6.270264, 107.060273

 

Minggu 26 Januari 2020

 

12 komentar di “Camping di dalam kota Bekasi — Kalam Kopen Camping Ground

  1. Saya sudah lama meninggalkan Bekasi, jadi baru tahu tentang camping ground ini nih Mas.
    Btw, Mas pernah sepedahan ke Muara Gembong belum ya?
    Saya oernah 2 kali ke Muaragembong, disana berperahu ke mesjid alam Blacan, saat itu bersama pemuda2 Muara Gembong. Asik juga suasana disana…

    Salam,

  2. Area terbuka hijau di tengah kota. Smoga terpelihara dan digunakan maksimal oleh komunitas termasuk sekolah2.
    Info serbuan nyamuk sangat bermanfaat tuk persiapan.
    Hanupis Kang, oleh2 info camping ini. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s