Situs ngumpet di komplek perumahan — Batu Tapak Cinangka peninggalan kerajaan Padjajaran

Situs Batu Tapak ada dibeberapa tempat …. Di area Bogor juga ada beberapa.

Tapi ada situs batu tapak di daerah Pondok Cabe…. Wah … ini baru saya dengar dan bikin penasaran untuk melihatnya.

Berdasarkan pantauan citra satellite googlemaps … Perjalanan untuk menuju destinasi bisa dikatakan 95% akan melewati daerah yang padat perumahan, melewati jalan raya, jalan jalan kecil bahkan gang gang sempit. Dari Jakarta Timur sampai daerah Sawangan Tangerang Selatan, hanya sedikit melewati area terbuka hijau …. Bisa dikatakan ini adalah petualangan kota … petualangan gowes antar provinsi …. Provinsi Jakarta ke Provinsi Banten …. Petualangan … eitss stop … sudah sudah terlalu kebanyakan dramatisasinya.

Berangkat dari rumah melewati Cawang, Condet … masuk gang, nyebrang sungai Ciliwung dan muncul di Pasar Minggu. Lanjut lagi ke Warung Buncit, tembus ke daerah Ragunan, jalan berbelok kelok tipikal di daerah sini … dan memotong masuk ke area terbuka hijau … Pemakaman Kampung Kandang …. Ehhh ini bisa masuk kategori area terbuka hijau ngga sih …. Pokoke membelah kuburan kearah belakang dan kembali masuk gang yang menanjak, berbelok belok … masuk lagi kejalan raya … tidak tahu berapa kali masuk gang keluar gang … dan melewati ratusan polisi tidur … kemudian masuk lagi ke jalan raya di daerah Pondok Cabe, lalu masuk gerbang perumahan besar South City. Tapi tidak masuk kejalan utamanya, tapi melewati sisinya dan turun curam kebawah lembah melewati sungai Pesanggrahan dan menanjak ke atas sampai kembali ke area datar dan panduan track gps mengarahkan untuk berbelok kiri ke suatu jalan yang besar dan lebar tapi sepi ….

Jalan ini mengarah masuk ke gerbang ke perumahan Modern Hill …. Tapi gerbangnya terkunci dengan pagar yang tinggi …. Pantes jalan segede gini sepi. Ini adalah akses belakang … mendekat ke gerbang. Memperhatikan kemungkinan akses masuk …. Ternyata di sebelah sisi ada celah sedikit untuk pejalan kaki. Agar sepeda bisa masuk, maka stang sepeda di zigzag-in.

Perumahan ini adalah perumahan lama yang berkontur naik turun …. Jalan yang lebar dan sepi serta rumah rumah berlahan luas …. Beberapa rumah dibiarkan kosong terlantar dan rusak … hmmm sayang ya. Ketika menuruni suatu lembah kecil di perumahan ini saya melihat sebuah sign …. JPM Bikepark … wah ada bikepark di perumahan ini …. Memang masih banyak lahan kosong dan besar … dan sepertinya dimanfaatkan oleh komunitas sepeda untuk dijadikan bikepark … bagus .. bagus …

Melintasi perumahan ini hanya short cut dan kemudian keluar lagi di sisi area yang lain, masuk kembali kejalanan umum, jarak ke destinasi sudah semkain dekat … sekitar 2 km kurang … dan melewati pembangunan jalan tol baru …. Wah kalau ada tol … perumahan di komplek tadi bakalan banyak yang minat …

situs Batu Tapak Cinangka ada di komplek perumahan ini

Tidak lama selepas melintasi tol … GPS menunjukkan untuk belok kiri masuk lagi ke perumahan Namanya Wismamas Pondok Cabe, melewati gerbang yang dijaga satpam dengan pede tanpa diberhentikan … terus menurun kebawah melewati rumah rumah komplek, melewati masjid dan lapangan dan menurun lagi …. Sampailah di dekat sisi sungai Pesanggrahan. Menurut ancer ancer seharusnya lokasi situs ada di sekitar sini.

Saya mencari cari … tapi tidak diketemukan … tidak ada orang disekitar sini, meskipun banyak rumah tapi kebetulan tidak ada orang yang diluar rumah, mosok saya harus ketuk pintu ….. ntar dikira mau minta sumbangan.
Kebetulan ada satpam lewat …. Saya tanya sama beliau, satpamnya sangat ramah dan helpful …. sedikit heran dan bertanya kepada saya … koq ada pesepeda nyari situs ini dan dari mana …

Akses gang masuk ke situs Batu Tapak

Pak Satpam menunjukkan situsnya yang ternyata ada di depan saya bertanya sama dia, tapi harus masuk dulu ke gang kecil yang diapit kanan kiri oleh rumah. Kata beliau sebulan lalu ada 3 bis besar dari dinas sejarah dan kepurbakalaan Banten datang ramai ramai kesini.

Saya masuk ke dalam gang sekitar 10 meteran … naik sedikit undakan tangga dan …. ada lahan kecil yang nyempil diapit sekelilingnya oleh dinding belakang rumah dan disanalah Batu Tapak berada.
Selain bangunan yang menaungi batu tapak ini juga ada bangunan kecil yang ada keran airnya yang bisa digunakan untuk wudhu atau bersih bersih. Dan tidak ada papan penjelasan sama sekali mengenai batu ini.

Saya perhatikan … batu ini cukup besar tapi tapak kakinya sudah terlihat samar samar …
Menurut referensi, ada yang menyebutkan bahwa batu ini adalah tapal batas antara kerajaan Padjajaran dan kerajaan Jayakarta … tidak ada penjelasan lain yang lebih lengkap dan detail … misalnya kapan ditemukan dan sebagainya.

Paling tidak kondisinya saat ini sedikit terawat dari sebelumnya … yang kabarnya dibiarkan begitu saja.
Bagi saya situs ini termasuk situs yang nyempil dan ngumpet …. Tapi kalah ngumpet sama situs Kupa Landak yang pernah saya kunjungi di kota Bogor. Situs Kupa Landak adalah juaranya situs terngumpet.
Dua duanya merupakan situs peninggalan kerajaan Padjajaran.

Ketiadan papan penunjuk tentang situs ini … sehingga banyak masyarakat sekitar yang tidak tahu keberadaan situs ini. Mudah2-an kedepannya ada papan petunjuknya mulai dari depan komplek sampai di depan gang masuk ke situs Batu Tapak.

Perumahan ini dari nama kompleknya secara administrasi masuk ke daerah Sawangan Depok Jawa Barat …. berbatasan dengan daerah Tangerang Selatan yang sebelumnya saya lewati … wah berarti saya gowes tiga provinsi dong … hehehe

Situs Batu Tapak Cinangka
Tiket masuk gratis
Perumahan Wismamas Cinangka, Kecamatan Sawangan, Depok
Koordinat googlemaps -6.365070, 106.768334


Minggu 9 November 2019

10 thoughts on “Situs ngumpet di komplek perumahan — Batu Tapak Cinangka peninggalan kerajaan Padjajaran

  1. Kalau dilihat sudah ada bentuk rumahnya seperti ini, artinya sebelumnya memang sudah dijaga, kang.
    Cuma ya begitu, situs seperti ini kurang informasi berkaitan dengan situs tersebut. Memang menjadi tugas bersama dari Dinas Purbakala dan dinas terkait dalam menyebarkan informasi tentang situs tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s