Curug Lembah Pelangi – Gowes Piknik yang tak Terlupakan

Curug ini kategori curug lama yang dahulu wara wiri dan kemudian sempat “menghilang” dan di era piknik zaman now muncul kembali dikancah perpiknikan. Mumpung ada kesempatan saya juga akan piknik kesana.

Sampai di tikum Cibubur pas 7.30 … Menunggu sejenak … Sengaja duduk di area yang terkena langsung sinar matahari pagi … Berharap panas sinar matahari pagi dapat membuat badan segar … Tidak tahu ketika bangun pagi badan merasa tidak fit … Tidak segar … Bawaannya lemas dan ingin tidur terus .. tapi saya paksakan tetap berangkat.Selama perjalanan menuju Cibubur memang agak terasa tapi tidak terlalu dirasakan.

Menunggu sejenak .. dan om Adi muncul, ngobrol2 sambil makan bekal roti. Dan cusss … meluncur menuju Bogor, melewati Cimanggis, Cibinong dan sampailah Bogor. Kita berbelok menyusuri kolong tol lingkar Bogor, melewati taman Yasmin dan terus. Sampailah di jalanan macet panjang di depan kampus IPB Dramaga … Kayaknya jalanan disini selalu macet, sepeda selap selip … Om Adi yang lebih lincah selap selip sehingga saya mulai tertinggal.


Disatu titik dia menunggu dan mengajak rehat … duduk berteduh di emperan rumah kosong … Buka lagi perbekalan … makan camilan sambil mendinginkan badan dari sengatan matahari.
Lanjut lagi … Sampailah di Ciampea dan terlihat bentangan gunung Kapur Ciampea, posisi curug Lembah Pelangi ada di sebelah sisi barat gunung tersebut. Terus saja gowes dan disatu titik berbelok masuk kejalanan desa. Mengikuti jalanan desa aspal mulus sampai ke ujung desa dan tibalah di parkiran Curug Lembah Pelangi, tercatat 62 km lebih untuk sampai kesini.

Bayar tiket Rp 10.000, di dekat lokasi pos tiket ada sungai … Sungai bebatuan ini mengarah ke jurang … Ya disanalah curug Lembah Pelangi.

Untuk menuju curugnya kita harus menuruni lembah. Jarak dari parkiran ke dasar lembah sekitar 100 meteran… Diangkat angkatlah sepeda menuruni anak tangga … Awal awalnya sih landai tapi semakin kebawah tangganya semakin curam … Weleh weleh …

curug pertama di bagian atas

Dalam perjalanan menuruni tangga kebawah Kita akan melewati satu curug dibagian atas dan satu curug lagi yang langsung kedasar Lembah Pelangi. Meskipun masih dalam suasana musim kemarau tapi debit air di area curug Lembah Pelangi masih lumayan besar …. Terbayang kalau disaat musim penghujan di area ini … airnya pasti sangat berlimpah.

kolam renang anak anak

Di dasar lembah Pelangi ada kolam renang, bisa untuk berenang renang, pada saat kita datang kondisinya kurang terawat mungkin karena musim kemarau. Di lembah ini juga ada saung saung untuk rehat.

curug kedua dibawah lembah

Di dasar lembah ada beberapa wisatawan … tidak banyak, ada keluarga dan beberapa pasangan muda mudi yang hanya duduk2 berdempetan …. heran ya … Luas begini malah sempit2an … #MasaMudaTerlewatkan

Di dasar lembah ada sungai dan diposisi kanan terlihat curug yang tinggi … Inilah curug Lembah Pelangi … Dahulu namanya curug Jatake karena ada di kampung Jatake. Diganti namanya biar kekinian jadi Curug Lembah Pelangi … Pada saat saya datang tidak ada pelangi … Pelanginya tercipta hanya pada momen2 tertentu.

curug Lembah Pelangi aka curug Jatake

CURUG JATAKE bgrBentuk curug Lembah Pelangi ini unik … Agak sedikit ngumpet dibalik bebatuan besar. Meskipun musim kemarau tapi cucuran airnya masih lumayan besar.
Bentuk bebatuan di curugnya juga unik … Tapi Kita tidak mendekat karena ada papan pengumuman untuk tidak mendekat … rawan longsor. Tebing batu kapur yang menjulang tinggi ini terlihat ringkih.
Slide11Sayangnya airnya kotor dan banyak sampah plastik … Sangat tidak nyaman untuk bermain main disungainya. Bagaimana tidak kotor … Sungai ini melewati banyak perkampungan … Posisi lembah ini bukan di awal2 aliran sungai … sepertinya awalnya ada di daerah gunung Bunder.

curug ketiga dibawah lembah

Di dasar lembah ini ada lagi curug kecil jadi di Lembah Pelangi totalnya Ada 4 curug … Yeayyy
Setelah kesana kemari melihat lihat … Kita akhirnya duduk di saung … Memakan lagi perbekalan … Menikmati semilir angin … dan … badan mulai terasa berbeda … Suhu badan jadi panas … Wahhh bagaimana ini …

Jam 12 kurang kita putuskan beranjak pulang …. dan dimulailah perjuangan … badan terasa lemas …. Gowesan tak bertenaga … Ditambah sengatan matahari siang yang pol pol-an … Membuat badan tambah drop. Kalau lagi nggak enak badan begini … duduk di sadel terasa tersiksa …. Tangan pegang stang-pun terasa sakit … serba tidak nyaman.
Perjalanan pulang ini saya lebih sering melihat kilo meter …. 50 km lagi …. 40 km lagi … 30 km lagi … perubahan angka kilo meter terasa pelan dan lama.

Disatu titik kita rehat dulu sambil makan siang di rumah makan sunda … Badan pengennya gogoleran … Setelah makan dan rehat selonjoran cukup lama badan agak sedikit membaik … Tapi hanya sementara … gowes baru 5 km-an drop kembali … Gowes gontai … Beberapa kali berhenti karena merasa capek bangettt … lemah letih lesu … Yang terbayang adalah tempat tidur … Jadi motivasi untuk terus bergerak … Terbersit juga untuk loading … Tapi merasa masih bisa bergerak walaupun pelan … Di Cibubur Om Adi berpisah dan menyampaikan semangat serta nasihat … saya hanya mengangguk angguk … 17 km-an lagi … melanjutkan perjalanan sendiri terasa lebih berat … lebih tidak bersemangat …. Jadi lebih sering berhenti.

Akhirnya dengan segala lika liku dan perjuangan … Allhamdulillah … sampailah dirumah jam 17.10 …
Sesaat sampai rumah … badan langsung menggigil …. Dingin … Demam … Koq badan tahu ya untuk menahan selama perjalanan dan demamnya muncul ketika sudah dirumah … akhirnya tepar.

Ya itulah dinamika perpiknikan … Bagian pengalaman piknik yang tidak terlupakan.


Curug Lembah Pelangi /Jatake
Tiket masuk Rp. 10.000
Kampung Jatake, Desa Cimanggu, Cibungbulan, Kab Bogor
Koordinat googlemaps -6.554645, 106.667992

Minggu 22 September 2019

 

Iklan

10 thoughts on “Curug Lembah Pelangi – Gowes Piknik yang tak Terlupakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s