Pencarian Danau Terbesar di Bekasi ; Situ Pasir Raya

Danau terbesar di Bekasi apa ???

Kepo aja ..
Pencarian yang begini faedah atau unfaedah ???
Biarlah para pengamat yang menentukan
Saya sih jalan jalan saja sambil gowes

Tapi danau terbesar di Bekasi apa ya … Cari cari di internet tidak ada info pasti … Tapi berdasarkan terawang satelit … Maksudnya googlemaps terlihat danau yang besar … situ yang luas … ada di daerah Serang Baru Bekasi. Namanya Situ Pasir Raya. Ada juga yang menyebutnya Rawa Tablo atau Rawa Sadang yang sepertinya kedua nama itu adalah salah satu area yang bersisian dengan situ Pasir Raya.

Supaya bukan hanya fiksi maka untuk memastikan fakta … harus pergi kesana … Sekalian jalan jalan … klayaban di pelosok Bekasi

Start dari rumah, melewati Kalimalang, belok ke Grand Galaxy, muncul di Kemang Pratama, lanjut Narogong dan berbelok belok ke arah Setu, melewati dulu tugu Belah Duren … Hmm mungkin dulunya daerah Setu banyak kebun Duren ya … bukan maksud lain lain …. Emangnya apa ???

tugu Belah Duren Setu Bekasi

Terus aja gowes …. Kadang melipir dulu ke pesawahan … Hamparan pesawahan yang Saya lewati …. Kering tandus …. Tanahnya pecah pecah … dahaga akan air.

Di daerah Jayasampurna mulai berbelok kejalanan kampung … bertahun tahun yang lalu pernah gowes lewat sini … dahulu umumnya jalanannya masih tanah dan sebagian berbatu batu, tapi sekarang sudah cor …. cor cor-an semen semua … yeayyy

Tapi kanan kirinya tidak banyak berubah … Di daerah sini masih banyak pabrik bata dan genteng, tidak hanya satu jumlahnya ada banyak … Tapi ada beberapa yang sudah mati terbengkalai.

Banyaknya pabrik bata genteng ini otomatis jadi banyak area yang digali dijadikan tambang … Akibat penggalian ini area yang digali menjadi kolam kecil sampai besar, bisa dikatakan menjadi danau atau situ.

area pabrik bata dan genteng di pelosok Bekasi

pesawahan yang mengering

Gowes terus blusukan di area ini, melewati hektaran pesawahan dan kebun2 yang mengering.

Disuatu area …. Tanahnya datar kosong melompong dan panas … Luas sekali bisa hektaran. Sepertinya ini bakalan menjadi perumahan … Rumah kecil bersubsidi … Beberapa tahun lalu ketika lewat daerah ini adalah pesawahan …. Sekarang sudah datar dan rata …. Siap untuk jadi perumahan.

Lanjut lagi melewati situ atau danau2 kecil, melalui perkampungan2 … Kebun kebun, sawah sawah … Dan tibalah di salah satu sisi danau Pasir Raya.

Gowes berusaha menyusuri pinggir danau …. Tapi kadang harus melewati pesawahan mengering …. Beberapa perumahan.

menyusuri area sekitar situ Pasir Raya

Ada beberapa bagian tepi danau yang bersisian langsung dengan perumahan yang sudah jadi, tapi masih banyak sisi danau yang tanah rata kosong melompong … Panas terik menyengat tanpa bisa berlindung dari sinar matahari. Tanah yang diratakan ini sepertinya akan dibangun perumahan.

Situ atau danau disebagian area dijadikan ternak ikan dalam karamba karamba yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar di beberapa area.

Pada saat dahulu gowes kesini di salah satu sisi area danau ada warung warung ikan bakar berjejer … Tapi saat ini berdasarkan pantauan citra satelit telah kosong melompong … menjadi dataran tanah merah.

Disekitaran danau ini terjadi pembangunan massive perumahan2 … Semoga pembangunan tsb menjadikan danau ini sebagai ikon daya tarik … dipercantik dan ditambahkan fasilitas2 publik lainnya.

sayangnya perumahan ini menutup akses dan tidak menjadikan danau sebagai “keindahan”

Saat ini yang datang ke danau hanya petani ikan, pencari ikan dengan jala, para pemancing … Dan siapa lagi ya …. Yang mau datang ke tempat gersang kosong panas menyengat begini … Paling orang kepo … Haha

Danau Pasir Raya tercipta dari bekas penggalian pasir dalam skala besar dan luas …. Bercabang cabang sambung menyambung …. Sehingga danaunyapun tidak berbentuk bulat tapi bercabang cabang. Tidak tahu berapa besar luasnya.

Menurut Saya, setelah mendatangi beberapa situ/danau di Bekasi dan berdasarkan pantauan citra satelit googlemaps …. Bisa di klaim situ Pasir Raya adalah danau terbesar di Bekasi.

Memang besarnya tidak seperti luasnya danau Toba …. tapi inilah yang terbesar di Bekasi.

Apakah ada klaim yang lain …. monggo …

Berada lama di tepi danau yang plong begini … terasa makin panas …. hareudang …
Saya gowes balik saja ditemani sengatan matahari yang makin asyikkkk.


Situ Pasir Raya
Tiket masuk ; Gratis
Sukasari, Serang Baru, Bekasi
Koordinat googlemaps -6.378972, 107.097497

Minggu 31 Agustus 2019

 

Iklan

17 thoughts on “Pencarian Danau Terbesar di Bekasi ; Situ Pasir Raya

  1. Bagus kak tulisannya. Danau? Apakah bisa dimanfaatkan lebh lanjut, mgkn seperti air terjun niagara jadi pembangkit listrik. Danau mgkn bisa(Harus inovatif, mgkn sistem waduk), mengingat indonesia dari negara berkembang yang mencontoh negara maju

  2. Posisi perumahan malah memunggungi danau ya, kalau dikelola ‘situ view’ pemandangan termanfaatkan malah nambah nilai jual cluster. Terima kasih, oleh gowes kunjungan danau terbesar di Bekasi.

  3. Lihat banyak keramba ikan, jadi ingat sekitaran Rawa Jombor. Di sana diberdayakan untuk para peternak ikan. Biasanya banyak juga yang mancing.

    Kalau sore kayake bagus itu kang di foto. Apalagi pas ada aktivitas nelayannya

  4. Ya ampun Mas…sekian lama saya tinggal di Bekasi rasanya belum pernah dengar nama Situ Pasir Raya ini… Saya hanya pernah kelayaban ke Muaragembong saja nih…

    Salut kepada Mas yang tetap rajin menulis di blog…

    Salam dari saya di Sukabumi,

  5. Ping-balik: Pencarian Danau Terbesar di Bekasi ; Situ Pasir Raya — – bekasi cerdas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s