Berkelana ke Curug Rahong Cijambe

Jarang jarang main ke Rumpin …. saatnya sekarang main ke Rumpin lagi.
Disana ada beberapa spot menarik … di Rumpin ada gunung, di gunung biasanya ada curug. Namanya curug Rahong …. nama curug Rahong ada di beberapa tmpat, curug Rahong yang saya tuju nama lengkapnya Curug Rahong Cijambe.

Nah di musim kemarau gersang begini … cocok deh bermain main air …. ehhh di musim kemarau begini di curugnya ada airnya ga …. jangan jangan kering…

menggunakan stang soma osprey ternyata nyaman untuk gowes jauh

Tak perlu risau masalah yang begituan … sudah jalan saja …. namanya juga mau berkelana

6.32 berangkat dari rumah, melalui Kalimalang, Cawang, Pasar Minggu, Lenteng Agung dan sampai di tikum di depan mall Margocity Depok.

Duduk duduk sejenak …7.48 om Adi nongol … ngobrol dulu ngalor ngidul sambil makan kudapan. Dan gowes lagi membelah Kota Depok di pagi hari.

Perjalanan dilanjutkan dengan keluar masuk jalan kecil, gang, perkampungan, perumahan dan muncul muncul di Sawangan.

Gowes melalui jalan raya … Melewati Sawangan golf dan terus … Melalui Pasar Ciseeng yang padat riweuh di daerah Ciseeng jalanan di stop … Ada penyalaan petasan sebagai tanda dimulainya acara lomba Agustusan warga daerah sana yang posisi penyalaan petasan ada di pinggir jalan. Yang bikin lama … adalah panjang renteng petasan …. Sepanjang tiang perlombaaan panjat pinang … Benar benar panjang dan lama … Makin ke atas petasannya makin besar besar …. Otomatis suaranya semakin menggelegar.

Beres penyalaan petasan … Kita menunggu dulu sejenak … Karena lalu lintas yang tadi terhalang lama … Jadi semakin padat.

Satu lagi ciri khas daerah Ciseeng … Banyak sekali polisi tidur … populasi polisi tidur ini sangat banyak … Tidak tahu mengapa … Kerasa banget ngejeglik jeglik di sepeda rigid ini.

Setelah melalui beberapa kelokan …m akhirnya hamparan pegunungan Rumpin ada di depan mata. Bagi om Adi ini adalah pengalaman pertamanya bermain ke daerah Rumpin …

” Itu gunung Rumpin ??? ”
” Curugnya ada disana ??? ”
‘ Kita akan kesana ??? ”

“Iya … Iya … Bawelll ” … Ngga deng, ngga gitu jawabnya … Hehe
Saya jawab dengan sabar, telaten dan penuh pengertian … ;D

Perjalanan menuruni lembah dan sampailah di jembatan Gerandong yang sempit yang hanya bisa dilalui satu mobil … sebelum jembatan sudah panjang antrian truk yang akan ke daerah penambangan pasir dan batu.

Selepas jembatan Gerandong … Jalanan menanjak …. Ngeri ngeri sedap … Ketika merayap nanjak … truk truk kosong ini menyalip dan hanya memberikan space kecil dengan stang sepeda … dan tipis banget dengan ban besar truk yang berputar dengan menakutkan.

Selepas tanjakan sampailah di daerah Nyungcung satu desa kecil yang ramai … Ada pasar dan toko toko di pinggir jalan. Kita berbelok ke kiri terbebas dari rombongan truk yang terus lurus.

Dan belok kanan mengarah ke Gunung Rumpin … Melewati dulu pedesaan di kaki gunung dan mulailah menanjak … dan menanjak. Dari jalan aspal mulus … berubah jadi jalanan berbatu dan kembali menjadi jalanan beraspal.

Di sisi kanan adalah sungai berbatu batu … Meskipun musim kemarau … Sungainya tidak kering dan airnya mengalir dengan jernih. Sedangkan disisi kanan adalah tebing yang penuh semak dan pepohonan.

Setelah melalui beberapa tanjakan di sisi kanan ada tempat parkiran dan warung …. Itulah pintu masuk menuju curug Rahong.

Bayar tiket 5.000 dan melenggang turun kebawah gotong gotong sepeda. Posisi curug ada di bawah lembah, jaraknya +- 100 meteran dari parkiran, tidak jauh.

Sampai di curug … debit airnya masih besar …. Padahal sekarang lagi dipuncak musim kemarau, berarti mata air di gunung Rumpin masih mengalir bagus.

Di lokasi tidak ramain hanya ada beberapa wisatawan dan anak2 lokal yang bermain main air.

Airnya jernih dan tidak terlalu dingin, di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup dalam …. Bisa untuk berenang renang bahkan cukup dalam untuk loncat dari atas curug.

Jika ingin loncat loncat … Harus berhati hati karena untuk mencapai ke atas harus memanjat bebatuan yang terjal dan curam dan berpegangan pada akar akar pohon …

Anak anak kampung sini sih dengan santainya memanjat ke atas dan melompat ke bawah dari ketinggian yang cukup tinggi.

Di area curug Rahong banyak bebatuan besar yang menambah eksotis tempat ini. Bahkan di atas curug Rahong terlihat aliran air yang menggerus dan membelah bebatuan yang besar.

Diatas curug ini terdapat kolam juga … Karena anak anak kecil kampung itu melompat lompat di atas sana.

Musim kemarau saja debit airnya banyak apalagi dimusim penghujan … Bisa berlimpah ruah.

Setelah eksplore kesana kemari … Kita rehat dibebatuan ditepi sungai yang rindang. Perbekalan yang kita bawa kita buka …. piknik sambil menikmati gemercik aliran air sungai.

Area gunung Rumpin yang masih hijau dan lebat serta aliran sungai jernih bebatuan memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Semoga kedepannya dapat terkelola dengan baik.

Hari semakin siang dan ada lagi sekelompok wisatawan yang datang.
Sudah jam 12 lebih sedikit … Kita beranjak pulang.


Curug Rahong
Tiket masuk Rp. 5.000,-
Kampung Cijambe, Cigudeg, Rumpin, Bogor
Koordinat googlemaps -6.473482, 106.612838

Minggu 25 Agustus 2019

 

Iklan

18 thoughts on “Berkelana ke Curug Rahong Cijambe

  1. ternyata ya banyak juga curug yang dekat2 dari ibukota,
    belum pernah deh main sampai ke daerah Rumpin ini …, senangnya ternyata masih ada debit air cukup…
    2 minggu lalu main ke Green Canyon, airnya sudah kering banget, bahkan salah satu sungai dekat situ juga kering kerontang

    • di puncak musim kemarau ini … ternyata masih ada beberapa daerah yang sumber mata airnya tetap mengalir bagus … seperti mata air yang mengairi curug Rahong ini …. di musim kemarau menyengat masih bisa bermain basah basahan air 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s