Taman minimalis yang ngumpet ; Taman Swakarsa

Di tempat yang agak ngumpet ternyata menyempil sebuah taman minimalis dan cantik. Tak sengaja melihat taman ini ketika berusaha menghindari Jl Kalimalang dengan masuk masuk ke dalam gang berbelok belok. Waktu itu hanya melintas saja .. dan terheran heran … melihat taman yang “tersembunyi” rapih dan unik … tidak sempat mampir.

Mumpung bulan puasa .. saya tidak gowes jauh jauh … bisa haus .. berabe nanti, yang dekat dekat aja sambil ngabebeurang (menghabiskan waktu agar cepat siang). Minggu pagi gowes sesantai mungkin .. kayuhan pelan .. yang penting sepeda menggelinding maju.

Agak sedikit lupa … karena waktu itu banyak belok belok dipercabangan gang .. setelah sedikit berputar putar … akhirnya ketemu juga.

Taman yang cantik, rapi dan bersih.
MInggu pagi jam 8-an … sepi, mungkin karena ini bulan puasa.

Sepi begini asyik juga untuk kluyuran … berjalan ke pojok sana ke pojok sini. Dibagian depan ada parkiran paling muat 3 – 4 mobil dan ada tempat untuk mengadakan acara / pertunjukan dengan tempat duduk dari beton yang bertrap.

Yang paling menarik adalah di bagian belakang .. ada semacam dek panggung dengan pohon ditengahnya .. unik dan keren. Terdapat mini playground dan 2 buah kuda kuda-an. Dibagian belakang samping tersedia toilet yang bersih dan banyak tempat duduk duduk di area belakang ini.

Taman ini luasnya tidak terlalu besar, mungkin sekitar + 300 m2, kata petugas yang sedang bersih bersih taman ini baru jadi di awal tahun 2019 dahulunya tanah terlantar. “Disulap” oleh Dinas Kehutanan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadi taman indah ini, namannya adalah Taman Maju Bersama (TMB) Swakarsa atau disingkat cukup Taman Swakarsa.

Bangunan bangunan asimetris warna putih polos dan jenis tumbuhan yang tidak banyak membuat taman ini sangat berkesan modern minimalis. Sepertinya taman ini lebih cocok untuk duduk duduk bersantai menikmati hari atau tempat mengadakan kumpul kumpul. Kabarnya di taman ini pernah diadakan pelatihan urban farming untuk anak anak SD oleh dinas Kehutanan Pemprov Jakarta.

Taman yang jauh dari hiruk pikuk keramaian jalanan Jakarta … sangat fotogenic .. instagramable … jadi selain bersantai .. bisa foto foto narsis kece disini 🙂

Taman Swakarsa
Jalan Swakarsa IB, Pondok Kelapa, Jakarta Timur
Koordinat googlemaps -6.246565, 106.938306


Minggu 12 Mei 2019

 

14 thoughts on “Taman minimalis yang ngumpet ; Taman Swakarsa

    • setuju banget … kalau ada kedai kopinya … taman ini bakalan ramai deh.
      kalau sepedahan bike to work sama aja dengan olah raga ya Mas Sitam … selama bergerak badan jadi sehat

  1. seperti biasa, fotonya selalu keren deh
    Taman Maju Bersama yg dibangun tahun ini ada beberapa, desainnya modern dan unik…., jadi kepengen juga main ke taman lagi, udah beberapa lama nggak nyambangi taman kota

    • Taman Maju Bersama ada di beberapa tempat … bagus banget … memudahkan warga untuk berinteraksi dan melakukan aktifitas outdoor …. saya sih senang .. duduk duduk santai menikmati suasana taman

  2. Ini menarik. Taman minimalis yang memikat. Seandainya setiap sudut tanah nganggur di Jakarta dibuat taman model begini, adem deh. Juga tempat asik bagi warga disekitar taman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s