Rekreasi ke Kota Depok ; Taman Lembah Mawar dan Taman Lembah Gurame

Pengen jalan jalan tapi ngga mau jauh jauh … Besok Senin kemungkinan sudah mulai puasa, mesti balik hari karena ada hal hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan.


Kemana roda sepeda harus berputar … ke Depok … Meskipun dekat dari Jakarta tapi jarang saya kunjungi. Inginnya wisata taman .. Di Depok juga ada taman cantik cantik … Taman Lembah Mawar dan Taman Lembah Gurame … Taman yang berada di lembah … Hmmm.

Berangkatlah saya kesana di minggu pagi ini melalui Cawang, Condet, Lenteng Agung, Situ Babakan … Bolak bolek bolak bolek bahkan sampai masuk masuk jalan kecil dan … Tiba tiba sampai di jalan yang ramai padat oleh para pedagang kaki lima, dari jualan makan minuman, mainan anak, bahkan baju dan perlengkapan dapur juga ada. Orang orang banyak lalu lalang berjalan kaki … suasananya crowded.
Gowes pelan pelan .. mata fokus ke depan takut nabrak manusia .. ehhh pas lihat ke kiri … Ada Taman dan ada tulisannyaTaman Lembah Mawar … Ohhh ini dia tamannya … Karena hari mingggu pagi jadi banyak aktifitas perekonomian umat di sisi jalannya.Taman Lembah Mawar
Masuk ke dalam taman … tidak perlu bayar, ternyata meskipun di jalanan penuh hiruk pikuk manusia … Tapi di dalam taman bisa dikatakan lengang … Tidak banyak orang.

Taman ini bersih dan terawat, tanahnya sedikit berkontur naik turun … namanya juga lembah. Berdasarkan info di internet, lahan taman seluas 13.213 m² disediakan oleh pemkot Depok sedangkan yang membangun pada tahun 2016 adalah dari Kementrian PUPR sebagai bagian dari program pembangunan infrastruktur dasar yaitu salah satunya adalah pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) dan penataan kawasan kumuh.

Banyak fasilitas publik yang tersedia dan dapat dimanfaatkan ; peralatan olah raga (nge-gym), permainan anak anak, tempat duduk saung saung dengan colokan listrik supaya ga galau kalau sudah low bat, spot selfie, wc, dan yang paling asyik sih … Disini ada embung dan diperbolehkan mancing … Gratis … Bahkan ikannya juga ditanam gratis.

Taman kota merupakan ruang publik hijau yang disediakan oleh pemerintah untuk warganya, agar bisa menikmati suasana outdoor kota sambil berekreasi murah meriah dan berinteraksi dengan warga lainnya.

Taman Lembah Mawar
Tiket masuk : Gratis
Jl Mawar Raya, Pancoran Mas, Depok.
Koordinat googlemaps -6.392199, 106.810036

 

Taman Lembah Gurame
Taman Lembah Gurame letaknya bersebelahan dengan Taman Lembah Mawar … posisinya berada dalam satu bentangan lembah.

Atmosphrenya hampir sama dengan Taman Lembah Mawar. Bedanya kolam ikan Gurame disini tidak boleh dipancing … Jadi di kolam sangat banyak ikan guramenya berenang renang berkelompok kesana kesini.

Disini juga ada spot selfie, peralatan olah raga, permainan anak anak, wc, mesjid, perpustakan gratis .. bahkan ada mini amphitheatre dan lapangan futsal.

Pepohonan di taman ini lebih banyak dan rindang, meskipun panas terik … Tapi berada ditaman ini tetap terasa adem.

Dikedua taman bertetanggaan ini banyak juga keluarga yang datang bermain … Bahkan Ada juga beberapa yang piknik … Bawa makanan dan makan bersama sama ditaman ini, sambil ngampar atau duduk duduk disaung di tepi kolam. Taman ini juga dijadikan sebagai tempat kumpul komunitas pada hari hari tertentu.

Kedua taman ini recommended untuk dikunjungi … untuk family maupun remaja jika ingin bersantai dibawah kerindangan pepohonan … sambil menyaksikan ikan ikan yang berenang. Sesekali makan sambil piknik ditaman pasti terasa beda dan menyenangkan.

Taman Lembah Gurame
Tiket masuk : Gratis
Jl. Gurame Raya Pancoran Mas, Depok
Koordinat googlemaps -6.394423, 106.808445

 

Jalan pulang sengaja melalui situ Rawagede Depok, beberapa tahun lalu pernah main juga kesini … Hmmm ternyata ada perbaikan, rumah rumah kumuh disalah satu sisinya sudah tidak ada dan sekarang ada jembatan apung yang dikombinasikan dengan perahu tarik untuk menyebrang .. jadi tidak perlu lagi jalan berputar.

Minggu 5 Mei 2019

 

Iklan

18 thoughts on “Rekreasi ke Kota Depok ; Taman Lembah Mawar dan Taman Lembah Gurame

  1. Catet….untuk dilongok suatu saat. Ada situ dan taman pemikat. Ugh ada ‘ketidakklopan’ nama dan isi…berharap dapat sajian rumpun mawar di lembah mawar hehe…
    Ayolah PemDa setempat bakalan asiik loh pasangan mawar dan gurame..
    Hanupis Kang diajak ngabuburit di sore hari.

    • sekarang kota kota pada menata diri … malu … soalnya banyak kota2 kecilpun tamannya tampil lebih cantik …
      wah sudah lama banget ngga ke Depok … sudah banyak progressnya/perubahannya di kota Depok

    • Sudah lama tidak ke taman Menteng … wah kalau makin rame .. artinya warga sudah senang bermain ke taman … mudah2-an tetap terjaga dan terawat tamannya. Kita kita melipir aja cari taman2 baru yang masih sepi .. dan bagus .. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s