Wisata Amphibi di Bekasi .. ada di Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede sudah diklaim dari dulu sebagai salah satu destinasi wisata di Bekasi, jika kita cari destinasi wisata Bekasi di internet, maka situ Rawa Gede akan muncul … maka berangkatlah saya kesana ketika itu tahun 2013. Tempatnya bisa dikatakan “nyempil”didalam area perkampungan .. dan bersebelahan dengan komplek Kemang Pratama tapi dibagian belakangnya. Dan ketika sampai disana … hmmm … kumuh dan banyak sampah disisinya, airnya lebih kehitaman .. boro boro ada wisatawan disini .. sepi, bahkan jadi orang aneh sendiri .. ada orang sepedaan kesini … jadi perhatian warga lokal … hehe.
Saya berusaha mengitari situ ini … masih ada area hijau hijaunya … pohon pohon dan semak semak yang rimbun dan ada jalan setapaknya … juga ada seperti area pemulung. Saya memang tidak berekpektasi lebih … ya menerima saja apa adanya.

Bertahun tahun berlalu .. sekarang adalah Zaman NOW … banyak tempat disulap menjadi destinasi kekinian … termasuk Situ Rawa Gede ini. Mendengar kabar tersebut berangkatlah saya kesini … mumpung lagi libur nasional di hari Kamis .. dan tidak jauh juga untuk kesini … Kurang dari satu jam perjalanan gowes saya sudah sampai di destinasi … di Situ Rawa Gede.

Masuk melalui akses utamanya di sisi Gedung Seni Budaya Bekasi .. masih pagi jam 8-an .. kepagian jadi sepi … tapi sekarang suasananya sudah berubah … sudah ada penataan bahkan ada plang “ Amphibi Bekasi ” .. wow.

Ada dermaga tempat berlabuh perahu perahu dan rakit rakitan untuk bermain layar layaran keliling danau … saung nongkrong juga ada ditepi danaunya. Didesain warna warni .. meriah dan ada juga spot untuk selfie. Sampah sampah juga tidak terlihat .. sudah jauh lebih bersih.

Masih banyak butuh penataan, tapi ini sudah progres yang jauh lebih baik daripada ketika pertama kali saya kesini. Dengan dikemas menjadi destinasi wisata maka situ ini jadi lebih terawat .. tidak akan seenaknya membuang sampah disini … bahkan bisa sekaligus membantu perekonomian warga sekitar dan juga membantu masyarakat yang butuh tempat rekreasi yang murah meriah seru.

Situ yang seluas 7,3 ha ini kabarnya akan dirancang sebagai ekowisata dan pusat kebudayaan Kota Bekasi. Mudah2-an bisa segera terwujud dan membuat tempat ini jadi lebih menarik dan menjadi destinasi wisata favorit … paling tidak seBekasi 🙂

Mau berwisata amphibi … mainlah ke Situ Rawa Gede Bekasi.

Tiket Masuk Gratis
Lokasi Situ Rawa Gede
Bojong Menteng, Rawalumbu, Bekasi
Koordinat Googlemaps -6.294376, 106.978449


Kamis 7 Maret 2019

 

10 komentar di “Wisata Amphibi di Bekasi .. ada di Situ Rawa Gede

  1. Saya malah tertarik penggunaan bekas atempat air minum kemasan dimanfaatkan untuk tulisan. Ini jarang ada kang. Biasanya tulisan menggunakan semen. Sebuah terobosan yang patut ditiru sekaligus sebagai sarana menyadarkan wisatawan dalam pentingnya menjaga kebersihan.

  2. Situ yang jadi obat mujarab untuk menenangkan jiwa ditengah kota Bekasi yang panas. Ajib walikota nya Bekasi.

    Harusnya bebankan saja biaya pemeliharaan kepada perumahan sekitar situ itu. Pemda cukup bangun saja situnya.

  3. Selaku penggemar situ, senang sekali masyarakat sekitar berbenah mengemas situ jadi bagian ekowisata. Paduan reservoir alam pengendali air, kawasan hijau dan budaya. Hanupis ya Kang, sajian situ wisata amphibi ini.
    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s