Yuk .. Berendam Air Belerang di Gunung Peyek

Pergi ke Gunung Peyek adalah pengalihan destinasi … bukan pengalihan isu.
Semalam sudah all set .. supaya pagi2 tinggal cap cus wes.

Ternyata Minggu pagi .. hujan … lalu hujannya berhenti.
Diam termangu … mood langsung berubah … tapi sekarang hujan sudah berhenti … cuacanya masih gelap, awan hitam tebal memanyungi langit. Setelah ditimbang timbang … destinasinya saya rubah … cari yang relative lebih dekat … dan kalau bisa anget anget …. jadi inget saran ide destinasi dari blogger Adie Riyanto .. Gunung Peyek, ya oke .. cucok banget deh tempatnya … ada air panas alami.


Semua logistic dipindahkan kesepeda yang pakai spakbor … jam 7 kurang akhirnya baru cus wes.
Ehh..baru berangkat 500 meteran .. hujan lagi … berteduh di bawah pohon … berpikir lagi … #SokJadiPemikir … tapi bagi saya Gunung Peyek adalah harga tawar … ya .. bukan harga mati … jadi boleh berubah lagi .. atau … bahkan batal.

Meskipun niat mulai goyah … saya tetapkan untuk terus lanjuttt. Pakai perlengkapan hujan dan berangkatlah. Tapi didaerah Jariwaringin saya lepas jaket .. hujan sudah berhenti lagi .. gerahhh.
Gowes menuju Pondok Gede, melintasi halaman depan TMII dan muncul di daerah Kampung Rambutan .. lanjut ke Lenteng Agung belok ke daerah Setu Babakan … terus berbolak belok .. pokoknya lewat Sawangan .. muncul di Pasar Parung yang macet … tipikal khas kemacetan pasar … pedagang yang jualan sampai di bahu jalan .. angkot yang berhenti seenaknya … plus hal hal lainnya … intinya macetos lezatos.

Selepas pasar ini … destinasi sudah tidak terlalu jauh … tapi sempat pasang dan buka jaket lagi .. biasa hujan .. dan berhenti lagi hujannya. Lalu berbelok ke gang gang kecil perkampungan … melalui jalan pintas dan muncul di jalanan pintu masuk belakang jika ingin ke Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Tapi saya tidak kesana … pernah kesana tahun 2014 .. jadi tetap menuju ke Gunung Peyek … lokasinya sih bertetanggaan .. paling kurang dari 1 km.

Melewati terlebih dahulu jalanan di komplek perumahan lalu masuk ke gang … lalu masuk ke pesawahan .. dan terlihat bukit kecil hijau dengan pepohonan .. itulah gunung Peyek.

Bayar tiket masuk Rp. 5.000,- .. masih murah meriahlah …
Gunung Peyek ini adalah bukit kapur, terdapat sumber mata air panas belerang .. dengan bau yang khas walaupun tidak menyengat. Dahulu waktu belum dikelola .. di sumber mata air ini orang bisa berendam … jadi semacam jacuzzi alami. Tapi sekarang tidak boleh lagi berendam disini. Air panas dialirkan dari sini ke kolam penampungan di bawah bukit. Disana baru boleh berendam sepuasnya, tapi untuk berendam disana harus bayar tiket lagi. Disana juga tersedia wc, tempat bilas dan area ganti baju.

Selain ada sumber mata air panas juga terdapat gua … saya sih tidak masuk kedalam .. soalnya berair .. banyak air menetes dari atas … #AlasanMulu … cukup lihat lihat dari luar saja .. Juga ada puncak tertinggi dari gunung Peyek ini yang dinamakan Bukit Cinta …

Area sekitar gunung Peyek ini menurut saya sih asyik .. masih ada area rindangnya untuk berteduh jika cuaca panas terik, selain itu banyak spot untuk piknik piknik asyik. Saat saya datang .. area ini sepi … tidak ada wisatawan yang berendam di kolam air … mungkin karena sedari pagi sudah turun hujan .. jadi banyak yang menunda kepergian jalan jalan.

Pas saya kesini ada sekelompok goweser dari daerah Tangerang … sedang ngariung sambil menyeduh kopi .. “ ayo om .. sini om .. kita ngopi bareng ..”. ” ngga usah om … “ saya malu malu .. sambil mendekat … #DasarModus. Daripada terjadi pemaksaan .. akhirnya saya pasrah saja … Ngopi bareng sama mereka … ketahuan banget ngarepnya.

Ada satu bapak bapak senior … yang lucu banget … kita hanya dengerin dia cerita macem macem … dari pengalaman gowes sampai mancing … dikemas dengan lucu .. kita jadi terpingkal pingkal .. semuanya jadi serba cair … apalagi sambil ngopi pahit bareng .. serasa sudah ketemu lama.

Tidak terasa waktu berlalu cepat .. ngobrol dan ngopi2 … sudah jam 12 kurang .. akhirnya rasa lapar jualah yang memisahkan kita … “ hati hati dijalan ya om .. semoga aman dan selamat sampai rumah “ mereka menyemangati saya .. karena perjalanan pulang saya masih cukup panjang.

Perjalanan pulang diwarnai dengan pasang lepas jaket berkali kali … hujan .. berhenti .. hujan .. berhenti … terus begitu berkali kali … dan sampailah di rumah dengan aman dan selamat … allhamdulillah.

Gunung Peyek
Tiket masuk Rp. 5.000,-
Ciseeng, Parung, kab Bogor
Koordinat googlemaps -6.429739, 106.699918


Minggu 27 Januari 2019

 

14 komentar di “Yuk .. Berendam Air Belerang di Gunung Peyek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s