Berkelana ke Curug Country alias Curug Jodoh di Jonggol

Curug ini termasuk destinasi curug yang sudah lama “terdengar” kalau mencari curug di daerah Jonggol. Tapi seiring perjalanan waktu dan makin banyak destinasi destinasi wisata curug lain disekitar Jonggol dan makin populernya curug curug di daerah Sentul … Lama lama curug ini seperti makin tenggelam dan hampir tidak terdengar lagi.

Dari dulu pengen kesini .. tapi selalu ada 1.000 alasan untuk tidak pergi, akhirnya tanpa butuh satu alasanpun saya pergi kesana. Datang di di malam minggu .. ujug ujug aja … seperti dapat wangsit … curug Country … oke, sms om Adi “ke curug Country .. ikut ga “ … “ Ok aku ikut “

Besok paginya, biasalah pergi agak siangan dan jam 8.04-an tiba di tikum Metland Cileungsi … Om Adi lagi sibuk menunggu sambil focus sketching … sampai ga sadar kalau saya sudah duduk disebelahnya memperhatikan …. wah keren banget deh hasilnya .. top markotop … dengan pekerjaaannya sekarang berarti dia salah jurusan … hehe

Ngobrol2 dulu bahas sketching … biasa sok tahu mode saya on .. sambil makan leupet yang dibawa om Adi. Lalu cus deh kita gowes mengarah ke Cariu melewati Taman Buah Mekarsari. Hari ini jalanan lebih ramai … tidak hanya mobil .. tapi juga bis bis .. bahkan truk truk yang lewat, tidak tahu kenapa ramai begini .. apa orang2 udah pada gajian di pertengahan bulan begini ya … saya mikir sambil garuk garuk kepala yang tidak gatal.

Gowes meski agak hati hati … bis bis kalau menyalip .. mepet banget ke sepeda, selepas belokan ke alun alun Jonggol .. baru lalu lintas agak sedikit lengang, tapi kadang ramai kembali terutama di area tanjakan atau turunan panjang .. dimana truk truk berjalan pelan …. ngagokin kita kita aja … #banyak gaya.

gunung unik di jalanan Jonggol Cariu

Setelah rolling naik turun berkali kali dijalanan Jonggol Cariu akhirnya kita belok kanan dan langsung menanjak .. terus dan sampai di belokan yang ada plang Cariu Indah, kita belok masuk ke dalam … ada pos jaga yang menyatakan bahwa jalan ini bukan akses umum. “Kayaknya ngga lewat sini, ngga begini jalan masuknya .. “ kata om Adi yang dulu pernah main ke Curug Country. Tapi ini track terdekat yang saya buat di gps untuk menuju curug. Tidak ada yang jaga disana … kita berhenti di pos menunggu … tidak ada yang datang ya kita lanjut masuk … kalau nanti di usir .. ya kita akan balik lagi.

tipikal jalan di resort Cariu Indah

Makin masuk .. jalanan makin menanjak dan curam menanjak .. ban depan sampai terangkat angkat, ternyata ini adalah semacam resort perkebunan, total luasnya mungkin puluhan hektar, satu kavling mungkin luasnya minimal 5.000 m2 bahkan ada yang sepertinya hektaran. Permasalahannya banyak kondisi rumah/vila2 tersebut sudah terbengkalai … ada beberapa yang terawat dan terlihat ada yang menginap. Melintasi vila vila yang terbengkalai dan saling berjauhan posisinya … membuat merasa bagaimana gitu ….

Dan disatu titik ada satu yang bangunan vila yang benar2 bikin takjub … di antara belantara pohon pohon tinggi yang lebat .. ditambah suara suara serangga khas hutan yang nyaring .. ada satu bangunan yang besar dan lebar menjulang tinggi, 3 tingkat dengan kombinasi bata merah, kayu dan ukiran ukiran. Tetangga vila lainnya cukup jauh … hmmm gimana ya …. suasananya itu …. kalau saya sih pikir pikir menginap disana … #dasarpenakut. Tapi ada orang yang sedang menginap disana .. hebat.
Kita berhenti sejenak mengamati … “ cocok untuk tempat shooting film thriller “ kata om Adi. Tadinya pengen foto dari depan .. berhubung ada orang2 di depan villa tersebut saya tidak jadi, hanya foto dari pintu gerbang samping yang sepertinya sudah lama tidak dilalui.

pintu samping vila terbesar di Cariu Indah

Perjalanan dilanjutkan terus masuk ke dalam dan masih melewati beberapa villa yang terbengkalai kemudian belok kejalanan setapak dan muncul dijalanan desa. Jalan desa ini seharusnya menjadi jalan utama menuju curug. Sampailah kita dibundaran yang ada pohon ditengah tengahnya. Belok kiri disana ada plang “ Cariu Resort, PT. Pesona Tanjungrasa “ wah … masuk komplek resort lagi. Sepertinya komplek resort ini dibagian dalam bersebelahan dengan resort Cariu Indah. Bayar tiket masuk Rp. 10.000 perorang, di tiket tertulis Curug Jodoh .. Curug Country ini disebut juga dengan curug Jodoh, konon kalau berendam di curug ini akan enteng jodoh.

Lanjut masuk kedalam … kembali dikanan kiri ada bangunan vila vila .. tapi kondisinya umumnya terawat walaupun luas lahannya tidak sebesar besar yang di Cariu Indah. Terlihat ada ada vila vila yang terisi … tidak tahu berapa sewanya permalam .. mungkin diatas satu juta kali ya semalam.

Untuk menuju curug kata om Adi bisa lewat 2 jalur … diterusin ikutin jalan mobil yang menurun ini sampai mentok dari sana ke curug paling tinggal sekitar 20 meteran atau lewat jalan setapak tidak terlalu menurun … maksudnya pulangnya nanti tidak terlalu menanjak tapi mesti angkat angkat sepeda …. hmmm … lewat jalan menurun sajalah.

Kita menurun terus kebawah melewati jalan mobil yang tidak terlalu mulus, melewati lembah dan terlihat hutan disisinya masih sangat lebat … jarang2 hutan dekat dari Jakarta masih lebat seperti ini. Mungkin karena masih area milik perusahaan jadi tetap terjaga keasriannya. Curug Country / curug Jodoh ini berada dalam kawasan Cariu Resort. Akhirnya kita mentok di ujung jalan, tidak ada siapa siapa disini tidak ada mobil atau motor parkir, dijalan tadi ketemu sekelompok orang yang menuju curug ini dan memarkirkan mobilnya diatas tidak membawanya menuruni jalanan tadi … mungkin khawatir dengan tingkat kecuraman dan jalanannya yang jelek … khawatir kembalinya nanti menanjak akan terkendala.

ujung jalan mentok dan menurun ke jalan setapak

Kita kembali turun kebawah melalui tangga batu dan disisinya ada jalan tanah setapak, sepeda melalui jalan tanah setapak … 20 meteran .. sudah terlihat curugnya. Kita kembali turun melalui tangga tanah dengan gotong2 sepeda .. melalui 2 warung, turun lagi melalui tangga batu dan … sampailah kita di curug Jodoh alias curug Country.

Curugnya lebar maka kadang disebut pula Niagara mini oleh orang orang. Berada di lembah dan dinaungi pohon pohon .. sehingga teduh tidak terasa panas, asyik untuk bermain main air. Kolam dibawah curug ini tidak dalam, hanya bisa untuk berendam tidak bisa untuk berenang … kecuali anak anak kecil.

Ada beberapa orang yang sedang bermain di curug …. duduk duduk di batu sambil “dipijitin” oleh cucuran air dari atas, ada juga yang berendam di kolam bawahnya …. hmmm … kayaknya dia jomblo.

Kita nyantai nyantai dulu di tepi curug sambil makan perbekalan yang dibawa … beres ngemil ngemil, om Adi buka baju dan ikutan “dipijitin” oleh air curug. Kalau saya … saya sih jadi pengamat aja … sekarangkan zamannya banyak bermunculan pengamat.
Saya kluyuran kesana kemari .. kesisi curug, kebagian hilir arus sungai. Fasilitas disini selain warung juga ada toilet dan tempat untuk bilas jika sudah bermain main air di curug.

Selama berada dicurug ini … dihari minggu ini .. tidak banyak yang datang .. bisa dikatakan sepi. Cocok untuk bersantai berleha leha … atau berendam lebih lama … siapa tahu makin lama berendam jodohnya akan cepat ketemu … haha.

Jam 11-an … kita beranjak pulang, tidak masuk ke resort Cariu Indah tapi mengikuti jalanan desa yang berputar, kembali ke jalan Jonggol Cariu yang rolling naik turun. Ishoma dulu .. kebetulan ketemu warung nasi bergaya sunda prasmanan yang ada bacaan Toilet dan Mushola. Lanjut gowes lagi … berhenti cukup lama beteduh dari hujan yang sangat lebat … sedikit reda lanjut lagi melalui jalanan Jonggol Cariu yang harus selap selip melewati macet panjang dari daerah sebelum Citra Indah sampai Mekarsari. Hujan berhenti sebelum Mekarsari … kita sempat buka jaket … tapi di jalan Narogong Bekasi kembali hujan, pasang jaket lagi .. berpisah dengan Om Adi .. dan terus gowes mengarah pulang kearah Kalimalang dengan ditemani hujan sepanjang perjalanan sampai ke rumah.

Lokasi Curug Country / Curug Jodoh
Desa Tanjung Rasa, Kec Tanjung Sari, Kab Bogor, Jawa Barat
Koordinat Googlemaps -6.5735556, 107.120444

Minggu 13 Januari 2018

10 komentar di “Berkelana ke Curug Country alias Curug Jodoh di Jonggol

• curugnya ” tenggelam ” kalah pamor sama curug2 “baru”.
      Gunung yg ada di photo diatas bukan gunung Batu yg dekat curug Cibengang … tapi dekat curug Ciomas .. lokasinya jauh bersebrangan dengan gunung Batu Jonggol.