Horeee .. Video Youtube Pertama – Jembatan Cinta Bekasi

Setelah ratusan purnama tertunda tunda.. di penghujung tahun 2018 .. saatnya sekarang buat video youtube…. daripada kelewat satu purnama atau beberapa purnama lagi… horeee.

Tidak mudah untuk memulainya… start dari nol, tidak ngerti apa apa … nonton youtube sering .. tinggal click aja. Buat video dan upload-nya … wahh … kumaha …

Kata orang .. selalu ada pertama untuk segala sesuatu, tidak ngerti cara buat … di zaman digital dan internet mudah sekali dapat informasi.. tinggal googling dan youtubing aja.

Bagaimana cara buat video youtube… hmmm … setelah menghabiskan berjam jam baca berbagai tips dan pengetahuan untuk buat video serta nonton beberapa tutorial di youtube … maka saya merasa sedikit lebih ngerti.

Biar bagus katanya harus punya storyboard-nya.. apaan tuh .. pokoknya alur cerita gitu.. ngga ngasal .. sudah direncanakan jadi pengambilan video-nya.. scene-nya sudah terencana.

Biar bagus … camera video-nya juga penting .. hasilnya akan kece katanya… wahhh… cek rekomendasi camera video di internet … harganya mantaff … saya pakai aja yang saya ada sekarang, no cost.. camera pocket yang saya pakai juga untuk potret2.

Tahap berikutnya adalah edit video… ini yang paling membingungkan dan benar benar belajar. Cari video editor yang gratisan… ada banyak rekomendasi yang gratisan dengan fitur dan plus minusnya .. daripada bingung.. saya download beberapa untuk saya pelajari.. ada satu video editor yang banyak direkomendasikan di blog dan youtube … dan cara menggunakannya mudah dengan fitur yang mumpuni … fitur mumpuni bagi saya adalah yang track video dan audio-nya terpisah sehingga memudahkan nanti untuk mengatur atau memasukkan audio yang diinginkan.

Meskipun relatif mudah di operasikan … tapi butuh belajar banyak … termasuk trial and error supaya mengerti cara mengoperasikan video editor ini, tapi setelah videonya beres dan dirender… ehh muncul watermark di tengah2 … genggess bangettt … kalau mau tidak muncul harus ambil paket yang berbayar… lhaa.. kenapa ga disampaikan dari awal atuhhh, di tutorial youtube dan tips di blog tidak disampaikan hal ini… kayak kena jebakan betmen.

Coba lagi yang lain .. ada yang ribet banget pakainya… menurut saya sih.. ngga ngerti ngerti, ada lagi yang direkomendasikan oke tapi kadang suka crash.. tapi saya pakai malah crash mulu… bete. Ada lagi yang ternyata meminta ram video lebih besar supaya dapat di operasikan … laptop saya sudah jadul nih ..

Akhirnya ada yang okelah nama video editornya ShotCut .. tidak terlalu ribet pakainya, fitur sesuai keinginan saya.. setiap kali mentok … saya googling dan youtubing untuk dapat solusinya .. terus begitu .. Tapi menggunakan editing video menguji dan melatih kesabaran buat saya … laptop jadul saya membuat editing video jadi lemot … kadang setiap perpindahan butuh menanti .. ehh menunggu. Ketika gambar dan audionya sudah banyak .. mulai deh sering crash … loading terusss .. tidak bisa di operasikan. Kejadian begini berkali kali … setiap terjadi artinya harus di closed dan di buka lagi … benar benar mesti telaten dan sabar.

Dan yang paling mesti bersabar .. adalah ketika meng-upload video yang hanya berdurasi 2 menitan ini … butuh waktu 15 jam … betul 15 jam untuk upload ke youtube … ya 15 jam-an … Paket internet saya memang basic banget ya .. ya sudahlah … pokoknya dengan segala keadaan dan kondisi .. akhirnya … taraaaa … video youtube pertama saya akhirnya muncul … allhamdulillah.

Setelah ditonton … banyak banget kekurangannya … aneh pula …. hahaha …
Silahkan ditonton … jika tidak suka .. di dislike saja

Kamis 27 Desember 2018

Iklan

20 thoughts on “Horeee .. Video Youtube Pertama – Jembatan Cinta Bekasi

  1. Saya sudah tonton, kang. Saya penonton yang ke 47, like yang ke 3 dan subscriber yang ke 4.

    Sebagai pemula saya menilainya itu karya yang keren. Semoga nanti bisa sejalan dengan blog. Jadi sepedahan nanti ada vlognya, keren.

  2. Beneran pemula kang? Videonya udah keren gitu.
    Untuk hasil pengambilan video dengan kamera pocket sudah sangat bagus. Rapih…

    Nama aplikasi gratisannya namanya SnotCut ya, akan saya coba.
    Salam…

    • ya pemula ting ting ..
      Allhamdulillah kalau pengambilan video sudah baik dan rapih, mungkin karena keberuntungan pemula dan suka foto2 ada pengaruhmya.

      nama video editornya ShotCut .. menurut saya sih.. fiturnya ok dan relatif mudah di operasikan

  3. Wah…sepertinya tahun baru ini mau merambah ke dunia baru nih, jadi vlogger ya Mas?
    Saya pernah iseng beberapa kali bikin video dan di upload juga ke youtube,tapi belum berlanjut. Kapan2 mungkin bikin video lagi.
    Oh iya, saya pake filmora untuk bikin videonya.

    Salam,

    • di awal tahun memulai mainan baru .. nge-vlog .. hehe
      wah pernah buat video juga .. nanti tak lihat di youtube. Saya juga baca2 filmora dan jadi pertimbangan .. tapi sepertinya butuh ram yang besar sedangkan laptop saya ram-nya kecil.

      salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s