Curug di area hutan Pinus – Curug Luhur Cibodas Lembang

Sekitaran Bandung banyak sekali curug dari yang kekinian, terlupakan, kurang terdengar sampai baru dengar.

Salah satunya adalah curug Luhur Cibodas di daerah Maribaya Lembang. Tidak tahu ini masuk kategori curug yang mana .. butuh para ahli untuk mendefinisikannya.

Kebetulan lagi di Bandung.. sekalian aja jalan kesana. Berangkat jam 6.30-an melewati Gasibu yang ramai orang berolahraga terus ke area CFD Dago, Simpang Dago terus ke atas dan masuk ke Dago Bengkok.

di area Dago

Mulai tanjakannya terasa.. lewat pintu masuk Dago Dream Park masih tutup tapi mobil2 sudah pada antre mau masuk … terus saja menanjak dengan santainya.
Disatu titik berhenti sebentar … minum dulu, mengatur napas menyiapkan tenaga untuk tanjakan tercuram di daerah sini.

Beres rehat sejenak… Langsung tancappp .. ehh ngga deng… gowes nyantai banget.. kata orang lewatin tanjakan ini ngga usah nafsu .. bisa batal .. nikmatin aja … ehh bener lho.. ngos-ngos-an juga… tapi nyampe keatas.

Sekarang tinggal meluncur terus … terus kebawah .. dan sampailah di titik dasar lembah, di pintu masuk Maribaya resort, melintasi jembatan… dan mulai lagi merayap nanjak, menyusuri jalan dengan sebelah sisi kiri tebing menjulang tinggi dan sisi kanan jurang. Ngeri juga kalau lewat sini diwaktu hujan.. khawatir longsor … ada beberapa papan pengumunan yang menyampaikan untuk menghindari area ini saat hujan.

jalanan setelah Maribaya menuju desa Cibodas

Setelah menyusuri tebing … sampailah di desa Cibodas.. jalannya relatif mendatar, melewati spot wisata baru ” Rumah Belanda ” … kayaknya didalam suasananya bernuansa Belanda.. yaiyalah masa nuansa sunda, masih terlihat sepi. Terus lewat lagi spot wisata lain ” Mulberry Hill by the Lodge” … sudah ada beberapa mobil parkir. Lanjut lagi dan melewati The Lodge… nah kalau ini sudah rame.. sudah banyak mobil parkir bahkan bis bis… kayaknya ini menjadi spot wisata yang paling ngehitss.

Tidak jauh dari sana ada belokan ke kiri, belok disana… jalan kecil tapi bisa 2 mobil berpapasan, melewati rumah rumah penduduk, jalan mulai menanjak kembali. Tanjakannya bersahabat.. terus saja.. sampai keluar dari perkampungan, melalui jalan cor semen yang menyecil.. hanya cukup satu mobil, menyusuri sisi bukit, kanan kiri sudah kebun kebun penduduk… ada wortel, tomat.. apa lagi ya.. pokoknya sayur sayuran deh. Tetap menanjak bersahabat dan mulai terlihat jejeran pohon pohon pinus yang rapat di kaki gunung, jalan ini mengarah kesana.

mendekat menuju area hutan Pinus milik Perhutani

Dan sampailah di area pohon pinus. .. masuk ke area wisata yang dikelola perhutani. Parkiran sepi… kayaknya belum ada wisatawan yang datang.. bayar tiket masuk murah meriah 5.000 rupiah.

entrance Hutan Pinus Perhutani

“Pak kalau mau ke curug kemana? ” tanya saya pada penjaga loket. Ke curug ke arah kanan kalau terus ke area perkemahan katanya. Kalau pakai sepeda paling 5 menit sampai curug, katanya.

jalan setapak menuju curug Luhur Cibodas

Saya menyusuri jalan setapak yang rindang dengan pepohonan pinus, suasananya sangat menyenangkan, segar .. dan melihat pohon pohon pinus yang berjejer berhektar hektar … gimana gitu ….. terus saja.. ketika melewati pohon pohon kopi maka tak lama kemudian sampailah di area curug. Disini ada beberapa warung2 yang ditata rapi, sepi juga…

tanaman kopi di sekitar curug Luhur

Curugnya tinggi, mungkin sekitar +- 30 meteran bertingkat tiga. Tidak bisa cebur ceburan … dangkal, cukup bermain main air saja. Airnya jernih dan segar, sepertinya aliran sungai ini tidak melalui perkampungan karena area diatasnya adalah pegunungan.

Area sekitar curug ini terawat dan bersih, ada beberapa permainan anak anak seperti ayunan dan jungkat jungkit. Beberapa spot selfie juga disediakan .. seperti perahu perahuan dan lainnya dengan view hutan pinus. Dilokasi ini juga di tata dan diatur batu berbentuk cinta yang juga bisa digunakan untuk api unggun dan juga sekaligus dijadikan andalan untuk tempat selfie. Saya pikir bakalan ada kedai kopi manual brew dengan biji kopi lokal … tapi sayang ternyata tidak ada.

Objek wisata ini dibuka tahun 2016 berada di area Perhutani tapi pengelolaannya menggandeng penduduk lokal.

warung warung yang ditata dengan rapi dan menarik

Ngobrol dengan salah satu pemilik warung disana sambil pesan mie kuah, dikatakan bahwa di sekitar area ini ada 3 curug, penduduk lokal menyebutnya curug Cibodas pernah disebut juga curug Keraton .. tapi sekarang lebih dikenal curug Luhur, selain yang ini ada juga curug Lalay yang tidak terlalu tinggi dan satu lagi curug yang paling tinggi diarea sini yaitu curug Luhur .. posisinya lebih kedalam lagi sekitar 3 km dari pos masuk, masih jarang orang yang kesana katanya.

Saya cukup sampai sini dulu aja, jam 10-an.. sudah makan mie .. saatnya pulang.

Perjalanan pulang melewati jalur yang sama… The Lodge sudah semakin ramai, dan ketika melewati Dago Bengkok .. wow.. traffic jam .. stuck, crowded.. kacau beliau.. wisatawan liburan akhir tahun sudah membanjiri Bandung… jalur Dago Bengkok ini selain untuk menuju Dago Dream Park juga merupakan jalur alternatif untuk menuju Lembang…

Jalan kecil dan menanjak… sepeda aja. susah lewat.. bau kopling menyengat, dengan susah payah akhirnya sepeda bisa lewat dan kembali meluncur menuju rumah.

Ini videonya … barangkali ada yang lebih suka nonton daripada baca

Lokasi Curug Luhur Cibodas
Desa Suntenjaya, Kec Lembang Kabupaten Bandung Barat
Koordinat Googlemaps -6.813093, 107.713245


Minggu 23 Desember 2018

Iklan

14 thoughts on “Curug di area hutan Pinus – Curug Luhur Cibodas Lembang

  1. tarik nafas membayangkan rutenya..
    perasaan pakai mobil aja jauh banget ke Maribaya, ini nyampe pelosok2 lagi…
    biar curugnya kecil tapi indah ya berlatar hutan pinus

  2. Lembang mah emang ga ada habisnya ya.. Banyak banget potensinya.. Pake sepeda pasti capek banget nih, tapi begitu kena segarnya air di curug ini, semua lelah hilang ya bro hihi

    -Traveler Paruh Waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s